manajemen properti

Bagi Anda yang yang ingin berbisnis dalam bidang properti maka akan ada banyak hal yang perlu anda pelajari salah satunya adalah manajemen properti. Dengan manajemen properti maka anda akan dilatih untuk mampu mengelola sumberdaya termasuk properti yang anda miliki untuk bisa dijadikan aset yang menguntungkan bagi anda. Berikut penjelasan tentang manajemen properti yang bisa anda Simak berikut ini.

Apa Itu Manajemen Properti

Manajemen properti adalah sebuah kegiatan pengelolaan dan pengawasan aset properti seperti real estate perumahan industri maupun komersial yang dilakukan oleh kontraktor dan atau pihak ketiga. Sebagai seorang manajer properti Ia memiliki tanggung jawab atas kegiatan perbaikan hingga pemeliharaan keamanan properti yang berkelanjutan sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dan pemilik properti. Selain itu orang yang memiliki properti juga akan bekerja bagi para pemilik properti seperti bangunan apartemen komplek perumahan kos-kosan Kondominium pusat perbelanjaan dan lain-lain.

Apa Tujuan Manajemen Properti

Tujuan utama dari manajemen properti antara lain:

  • Mengelola properti sebagai sebuah investasi atau bisnis yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan pengelolaan properti yang bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan dan modal investor.
  • Mengelola dan melaksanakan berbagai aspek fisik secara efisien dan efektif yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan biaya seminimal mungkin.
  • Mempersiapkan dan membuat kontrak manajemen
  • Memelihara dan mengelola bangunan
  • Melakukan penawaran dan negosiasi harga sewa
  • Mengatur sistem administrasi dan keuangan
  • Mengatur sistem penagihan dan pengelolaan uang sewa
  • Mengatur sistem administrasi dan keuangan 

 Ruang Lingkup Manajemen Properti

  •  Mengelola Properti Sebagai Sebuah Investasi

Ada berbagai indikator yang bisa anda perhatikan dalam mencapai tujuan manajemen properti agar bisa menjadi sebuah investasi yang menguntungkan. Hal tersebut seperti contoh total modal investasi total aset disewakan, prediksi harga jual dan beli properti, biaya operasional, tingkat penjualan dan lain-lain. Maka dengan adanya manajemen properti diharapkan investasi bisa memiliki kinerja yang cukup baik, seperti:

  • Tingkat pengembalian hasil intern dan internal Rate Of Return IRR
  • Nilai bersih saat ini atau net present value NPV
  • Indikator penilaian investasi yang bisa memperlihatkan kinerja dari investasi properti
  • Periode pengembalian investasi
  • Mengelola Properti Sebagai Bisnis Atau Usaha

Dengan manajemen properti yang baik maka anda bisa memasarkan properti yang dikelola untuk mendapatkan penawaran terbaik, memelihara properti yang dititipkan, menagih biaya sewa dan pelayanan, memonitor setiap nilai aset properti yang dikelola, mengelola keuangan dan melaporkannya, memahami pentingnya komunikasi dan informasi, sehingga melengkapi sarana dan fasilitas yang dibutuhkan.Dengan pengelolaan properti yang baik untuk bisnis, maka Anda pun semakin siap untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Lengkapi strategi pengelolaan properti untuk bisnis lewat modal yang cukup sehingga Anda semakin siap untuk memasarkan properti Anda. Salah satu fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK adalah Lancar by Danamas. Pinjaman agunan properti dari Lancar by Danamas bisa jadi solusi untuk modal usaha hingga Rp 2 miliar.

  • Strategi Optimalisasi Manajemen Properti

Strategi ini untuk mengoptimalkan manajemen properti sehingga memaksimalkan bisnis properti anda maka ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan dalam hal manajemen properti antara lain.

  • Kenali Calon Penyewa / Pembeli Properti

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyaring penyewa atau pembeli properti agar anda menemukan target market yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk itu anda perlu mengenal calon penghuni property baik dari latar belakang seperti pekerjaannya pendapatan dan lain-lain. Untuk menghindari prospek yang kurang berkualitas maka sebaiknya Anda mendeskripsikan kriteria penyewa properti yang diharapkan saat Anda mempromosikan properti anda.

  •  Tingkatkan Kualitas Agen Manajemen Properti

Untuk bisa meningkatkan kualitas agent property Anda maka anda perlu mengoptimalkan manajemen properti. Agen properti Anda harus benar-benar memahami properti yang ingin anda jual dan juga bertindak sebagai konsultan bagi Calon Penghuni properti. 

  • Optimalkan Konten Situs Website Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk menemui agen properti maka sebaiknya Anda harus mengecek properti Anda terlebih dahulu melalui situs website. Dari sini calon konsumen akan melihat apakah bisnis Anda benar-benar percaya dan layak untuk disewakan atau dibeli. Agar menarik penyewa maka anda bisa membuat situs website seinformatif mungkin dan semenarik mungkin dengan gambar-gambar yang berkualitas baik. Jangan lupa juga berikan tampilan ulasan dari para penghuni properti anda untuk meningkatkan kepercayaan bagi calon konsumen.

Baca juga: Tips Investasi Properti Apartment & Untung Ruginya

  •  Gunakan Sistem Manajemen Properti Otomatis

Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan sistem manajemen properti otomatis yang bisa anda dapatkan dari berbagai software tentang manajemen properti. Software manajemen properti memungkinkan anda untuk mendapatkan akses yang lebih cepat dengan informasi yang lengkap tentang bisnis properti anda. Dengan sistem ini maka anda bisa menyimpan semua salinan kontrak dengan penyewa, penyewa mengecek ketersediaan properti, pengelola anggaran dan biaya, dan mengelola pembayaran. Anda akan menghemat banyak waktu tenaga dan biaya. 

  • Tingkatkan Keamanan Dan Kenyamanan Properti Anda

Agar penyewa bisa nyaman dan betah maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan keamanan kenyamanan properti anda. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin kepada semua ruangan dan perabotan.

Dengan memahami manajemen properti ini, maka Anda bisa dengan mudah berbisnis properti seperti rumah, apartment, dll. Pahami definisi dan tujuan tersebut untuk bisnis yang lebih mudah.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

akses ksei

Langkah Daftar Akses KSEI & Cara Cek Portofolio Reksadana

Aktivitas trading dan investasi kian marak belakangan ini, sehingga banyak sekali investor pemula yang tertarik untuk mencoba berinvestasi untuk meraup berbagai keuntungan dan mewujudkan tujuan finansial. Ada istilah yang yang perlu Anda ketahui dalam berinvestasi saham yaitu KSEI. Apakah anda tahu apa itu KSEI? dan bagaimana akses KSEI sebagai bagian dari investasi saham? berikut ini kami akan menjelaskan berbagai informasi tentang akses KSEI.

Apa itu Akses KSEI?

KSEI adalah singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. KSEI adalah sebuah lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal di Indonesia. Hal tersebut seperti yang tertuang pada UU Nomor 8 tahun 95 tentang pasar modal di mana tugas KSEI Allah menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek sesuai dengan aturan yang berlaku secara efisien.

Untuk pertama kalinya KSEI berdiri pada tanggal 23 Desember 1997 yang merupakan bagian dari self regulatory Organization dalam tataran pasar modal di Indonesia. Tugas dari organisasi ini adalah bertanggung jawab dalam penerapan aturan di dunia pasar modal. Lalu setahun setelah beroperasi barulah KSEI memiliki tugas sebagai LPP atau lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal.

KSEI pun menjadi organisasi pasar modal mandiri di Indonesia bersama dengan Bursa Efek Indonesia dan lembaga kliring dan penjaminan. KSEI memiliki aturan untuk pemilik sekuritas dengan menyediakan (SID) Single Investor Identification. Single investor identification bisa memudahkan proses identifikasi bagi Anda yang ingin berinvestasi dan menjadi landasan untuk pengembangan pasar modal lain.

Apa Itu Akses KSEI?

akses ksei

Akses KSEI adalah layanan informasi bagi investor untuk memantau posisi atau mutasi efek yang dimilikinya dalam rekening efek di KSEI. Sebenarnya semua investor berhak untuk mendapatkan sarana akses informasi lewat jaringan internet ini. Pemegang rekening KSEI di tempat investor terdaftar menjadi seorang nasabah. Tidak ada biaya yang akan dikenakan untuk investor ataupun pemegang rekening KSEI.

Bagaimana Cara Kerja KSEI?

Berikut alur pengelolaan saham yang bagian dari cara kerja KSEI:

  • Membuka rekening efek: Saat Anda mendaftarkan diri ke broker maka ia akan membukakan rekening efek agar anda bisa mulai berinvestasi.
  • Membuka rekening dan RDN rekening dana nasabah. Melakukan transaksi saham pertama Maka Anda membutuhkan rekening dana nasabah dan selanjutnya Anda bisa mendapatkan Sub rekening dan SID di KSEI. masing-masing nasabah memiliki SID dan SDN yang tidak bisa dipakai oleh orang lain.
  • Kepemilikan dana dan saham. hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan dana dan transaksi dimutasikan lewat RDN pribadi investor. sementara itu kepemilikan saham dan efek tersimpan dalam rekening di mana milik pribadi investor dan tidak ada kaitannya dengan broker. jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti broker bangkrut maka saham yang sudah anda beli tidak akan hilang.

Manfaat KSEI

  • Anda bisa mengecek kepemilikan efek dalam sub rekening KSEI secara real-time sekaligus mutasinya dalam jangka waktu 30 hari.
  • Jika Anda membeli saham lewat banyak broker maka, KSEI akan memudahkan anda untuk melakukan konsolidasi laporan ke seluruh portofolio yang anda miliki.
  • Memberikan rasa aman bagi para investor saat Anda membuka rekening efek untuk investasi saham.
  • Memberikan transparansi karena semua info di pasar modal bisa anda akses dan ini adalah salah satu hal yang menjadi keuntungan para investor.
  • Akses KSEI Bisa dijadikan sarana komunikasi untuk menyajikan informasi berbentuk informasi Inkuiri atau report bagi para nasabah dengan data yang akurat.
  • Akses KSEI bersifat terbuka bagi keperluan pengembangan lebih lanjut dan spesifik sesuai dengan kebutuhan pemegang rekening.

Cara Daftar KSEI

Untuk melakukan cara daftar KSI anda perlu registrasi akun akses KSEI:

1. Investor pasar modal Indonesia yang sudah memiliki single investor identification.

2. Non investor atau register user yaitu individu lokal yang belum terdaftar sebagai investor pasar modal

Jika investor Reksadana sudah memiliki nomor si maka mereka cukup registrasi akun secara mandiri dengan langkah berikut ini:

  • Masuk Ke Situs Web Akses KSEI
  • Telusuri menu daftar lalu pilih tipe investor
  • Masukkan data-data pribadi seperti nama nik alamat Email nomor ponsel dan lain-lain.
  • Lakukan aktivasi sesuai dengan panduan yang muncul.
  • Buka email pribadi untuk melakukan aktivasi lalu Klik tautan yang tersedia
  • Buat kata sandi atau password sesuai login pada Access KSEI
  • Setelah semuanya sesuai maka klik Aktifkan akun saya
  • Pendaftaran selesai

Cara Cek Portofolio Reksadana Di Akses KSEI

akses ksei
  • Masuk ke situs akses KSEI, lalu Klik tombol masuk di kanan atas
  • Masukkan email dan kata sandi Anda
  • Buka portofolio ku, maka di bagian ini anda akan melihat nama-nama di sebelah kiri atas halaman lalu sebelah kiri juga ada berbagai tab dan pilih portofolio ku.
  • Pilih saldo, menu ini akan menunjukkan total nilai investasi di seluruh produk yang dimiliki dari saham obligasi Reksadana dan kas.
  • Ada pula menu mutasi. Menu ini akan menginformasikan transaksi yang sudah anda lakukan seperti pembelian dan penjualan. Anda bisa memasukkan kisaran periode tanggal yang ingin anda lihat dan akan tampil history transaksi pembelian dan penjualan. informasi tersebut juga termasuk tipe transaksi kustodian kode efek nilai investasi dan jumlah unitnya.

Jika melakukan daftar KSEI, maka kini Anda bisa mengakses laporan secara langsung. pada bagian menu laporan nantinya akan ditampilkan investasi berdasarkan mutasi Reksadana atau laporan bulanan reksadana. 

Kemudahan mengakses KSEI ini sudah bisa Anda rasakan seperti mudahnya untuk mendapatkan modal usaha dari fintech lending Danamas. Anda bisa dapatkan pinjaman modal usaha dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan agunan properti yang aman dan terpercaya karena sudah berizin OJK.