equilibrium adalah

Dalam mengelola sebuah bisnis atau usaha, bukan hanya pengetahuan seputar pemasaran produk saja yang anda harus kuasai. Terdapat banyak hal yang harus anda ketahui atau perhatikan, salah satunya adalah equilibrium atau keseimbangan pasar. Keseimbangan ini berkaitan dengan permintaan dan penawaran dalam pasar.

Simak penjelasan mengenai equilibrium lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Equilibrium

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) equilibrium berarti seimbang, sepadan atau kesetimbangan. Dalam dunia perekonomian juga dikenal istilah equilibrium atau keseimbangan pasar, yang berarti sebuah keadaan dimana terjadinya keseimbangan antara jumlah produk atau jasa yang diminta maupun yang ditawarkan, dalam harga tertentu. Keadaan ini menandakan adanya kesamaan antara harga produk yang diminta konsumen dengan yang ditawarkan oleh produsen.

Jika keseimbangan pasar telah tercapai, maka semua harga akan cenderung stabil dan membentuk keseimbangan harga. Akan tetapi keseimbangan harga ini juga tergantung dengan kekuatan permintaan dan penawaran. Jika permintaan konsumen lebih tinggi dibandingkan penawaran produsen, maka harga suatu produk akan meningkat. Sebaliknya jika penawaran lebih tinggi daripada permintaan, maka harga barang akan ikut turun.

Kondisi ketika kemampuan permintaan tidak sama dengan jumlah penawaran, baik lebih kecil ataupun lebih besar disebut sebagai disequilibrium pasar. Namun kondisi ini biasanya tidak akan bertahan lama, karena kemampuan permintaan dan penawaran akan mendorong ke titik keseimbangan pasar atau ekuilibrium yang baru. Anda dapat menghitung kesimbangan pasar atau equilibrium dengan menggunakan rumus berikut:

Fungsi Equilibrium atau Keseimbangan Pasar

Terdapat dua fungsi utama yang mempengaruhi terbentuknya equilibrium atau keseimbangan pasar. Berikut penjelasannya:

1.     Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan (demand) bertugas menunjukan jumlah permintaan produk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi fungsi permintaan, salah satunya adalah hukum permintaan, yang menyatakan jika harga suatu produk mengalami peningkatan, maka permintaan terhadap produk tersebut akan menurun. Kemudian, jika harga suatu produk menurun, maka permintaan akan meningkat.

Hal ini yang menyebabkan, gradien fungsi permintaan selalu negatif. Apabila harga di suatu produk di pasar lebih rendah daripada harga keseimbangan, maka akan terjadi kelebihan permintaan produk. Kemudian hal ini dapat mendorong terjadinya persaingan antar konsumen untuk mendapatkan suatu produk karena jumlah persediaan yang terbatas, hal ini kemudian diikuti dengan harga yang melonjak dan jumlah penawaran serta permintaan menuju ke titik keseimbangan.

2.     Fungsi Penawaran

Fungsi Penawaran (supply) bertugas menunjukan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen. Layaknya fungsi permintaan, fungsi penawaran juga memiliki hukum penawaran yang menyatakan jika jumlah produk meningkat maka harga produk yang ditawarkan juga meningkat. Kemudian jika jumlah produk menurun maka harga produk juga ikut mengalami penurunan.

Hal ini yang menyebabkan gradien fungsi penawaran selalu positif. Ketika harga suatu produk melebihi titik keseimbangan atau equilibrium, maka akan terjadi kelebihan penawaran atau market surplus. Pada situasi ini, jumlah barang yg ditawarkan oleh produsen lebih daripada permintaan harga pasar, kemudian produsen akan bersaing untuk menjual barang dengan harga yang lebih murah. Hal ini akan membuat harga turun, kemudian jumlah permintaan dan penawaran akan menuju ke titik keseimbangan atau equilibrium.

Proses terjadinya Equilibrium atau Keseimbangan Pasar

Berikut ini adalah proses pembentukan equilibrium atau keseimbangan pasar:

  •   Produksi Produk yang Diminta

Proses pertama adalah produsen akan memproduksi barang sesuai dengan permintaan konsumen, hal ini merupakan kewajiban utama sebagai produsen. Selain memproduksi, produsen juga perlu mengetahui jumlah permintaan konsumen agar sesuai dengan kebutuhan, karena apabila produsen memproduksi terlalu banyak barang ketika jumlah permintaan menurun, maka akan terjadi disequilibrium.

  •   Pengendalian Harga

Selanjutnya adalah pengendalian harga produk. Harga suatu produk di pasar harus selalu seimbang supaya tercapai titik equilibrium atau keseimbangan pasar. Apabila harga suatu produk terlalu mahal, maka konsumen akan dirugikan, dan sebaliknya ketika harga produk terlalu murah, maka produsen yang akan merugi.

Oleh karena itu, sangat penting menerapkan kebijakan ekonomi untuk mengintervensi keseimbangan pasar, yaitu dengan cara mengendalikan harga terendah dan tertinggi suatu produk.

Ø  Pengendalian Harga Tertinggi

Pengendalian harga tertinggi bertujuan untuk menetapkan batas harga teratas yang boleh ditawarkan suatu produk. Tindakan ini perlu diambil ketika harga suatu produk terlalu mahal dan tidak dapat dijangkau oleh pembeli. Tindakan ini dilakukan supaya harga tetap stabil dan produk dapat dijangkau oleh konsumen.

Ketika kebijakan ini diterapkan, maka jumlah permintaan akan meningkat dan penawaran barang akan menurun. Hal ini berdampak pada kondisi kelebihan permintaan dan membuat produk menjadi langka. Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menjaga ketersediaan barang, bisa dilakukan dengan menetapkan kebijakan impor atau mendorong peningkatan jumlah produksi.

Ø  Pengendalian Harga Terendah

Pengendalian harga terendah bertujuan untuk menetapkan batas bawah harga suatu produk di pasar. Tindakan ini diambil pemerintah ketika harga jual suatu produk terlalu rendah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko agar penjual tidak merugi. Walaupun namanya harga terendah, tapi pemerintah akan menetapkan batas harga diatas harga tersebut.

Ketika kebijakan ini diterapkan diharapkan konsumen dapat mengurangi permintaan. Biasanya penjual akan memanfaatkan situasi dengan menambah jumlah produksi barang yang mengakibatkan surplus, dan apabila terjadi surplus seperti ini, maka pemerintah akan membeli kelebihannya untuk disimpan dan dijual kembali di masa depan. Selain itu, surplus pasokan barang membuat produsen bisa mengekspor produknya ke luar negeri.

Menentukan Titik Equilibrium

Cara yang paling mudah untuk menentukan titik equilibrium adalah dengan melihat kurva penawaran dan permintaan. Equilibrium terjadi di titik perpotongan antara kedua kurva. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat tabel dan kurva dibawah ini:

Harga (per kantong dalam rupiah)Jumlah yang Diminta (kantong)Jumlah yang Ditawarkan (kantong)Sifat Interaksi
15.000150230Kelebihan Penawaran
17.000170210Kelebihan Penawaran
19.000190190Keseimbangan Pasar
21.000210170Kelebihan Permintaan
23.000230150Kelebihan Permintaan

Dapat dilihat pada tabel permintaan dan penawaran diatas, bahwa harga keseimbangan gula adalah Rp 19.000 dan kuantias keseimbangan adalah 190 kantong gula. Dengan demikian bentuk kurva keseimbangan pasar adalah sebagai berikut:

Dari artikel ini, anda bisa melihat apa yang dibutuhkan dan perlu dilakukan untuk mencapai keseimbangan pasar. Keseimbangan harga, permintaan dan penawaran selalu diupayakan supaya tidak ada pihak yang dirugikan, pembeli tetap dapat membeli produk dengan harga wajar dan produsen tetap bisa mendapat keuntungan dari produk yang telah mereka buat. Dengan memahami titik keseimbangan pasar, anda bisa ikut mengawasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dan juga bisa melihat kondisi pasar untuk menetapkan harga yang ideal di pasaran sehingga bisnis yang anda kelola bisa semakin maju dan bekrembang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Podcast Finansial biar Makin Melek Keuangan

Apabila anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, jangan khawatir karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah satunya adalah Danamas, platform peminjaman modal yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

perhitungan-pensiun-dini

Cara Perhitungan Pensiun Dini PNS, Swasta & Syarat Pengajuan

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini karena berbagai faktor yang dirasakan, mulai dari tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati keh

uang-100-juta

10 Cara Menghasilkan Uang 100 Juta di Tahun 2023!

Cara menghasilan uang 100 juta memang terdengar tidak mudah, karena ini bicara tentang mengatur sistem & mindset. Uang memang bukanlah hal yang paling penting dal

jenis-jenis-sim

7 Jenis Jenis SIM, Cara Membuat SIM Online & Biaya Perpanjangan

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu surat tua yang wajib dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di I