sumber-utama-penambahan-devisa-negara-berasal-dari

Sektor keuangan suatu negara dapat dikatakan sebagai sektor yang paling penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sektor keuangan jika diibaratkan seperti jantungnya negara. Dalam sektor ekonomi terdapat juga faktor dari devisa.Salah satu yang paling sering diketahui sumber utama penambahan devisa negara berasal dari ekspor impor dan tenaga kerja Indonesia.

Sebagai contoh jika bekerja atau memiliki usaha jasa untuk keperluan perusahaan dan individu negara lain maka pertukaran atau pembelian tersebut mampu menghasilkan devisa. Mungkin anda bertanya-tanya sebenarnya dari mana sebuah negara bisa mendapat devisa yang cukup besar.  Devisa adalah salah satu faktor yang membuat sebuah negara tersebut bisa berkembang dan bekerja untuk negara lain. Pendapatan dari devisa inilah yang perlu selalu diperhatikan oleh pemerintah agar terus ditingkatkan, sehingga perekonomian juga ikut meningkat.

Hal ini sangat penting bagi negara karena mampu mengukur seberapa besar negara tersebut bisa berkembang. Jika anda ingin mengetahui tentang devisa, pengertian, sumber utama penambahan devisa negara hingga fungsi, contoh dan bentuk-bentuknya, yuk simak ulasannya di artikel dibawah ini.

Apa itu Devisa? 

Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan untuk pembayaran internasional. Barang yang termasuk devisa adalah valuta asing, emas, dan juga surat berharga yang dapat berlaku untuk pembayaran internasional. Namun tidak semua mata uang asing adalah setiap kita. Mata uang tersebut harus tercatat terlebih dahulu di bank sentral seperti mata uang Dolar Amerika, Yen Jepang, Euro eropa, Franc Swiss, Deutsche Mark (DM) Jerman dan Poundsterling Inggris. Valas dipersiapkan oleh bank sentral untuk membayar kewajiban ke luar negeri, sebagai contoh pembayaran hutang negara impor dan lain-lain. Semakin  banyak cadangan devisa negara maka semakin stabil juga kondisi keuangan dan ekonomi makro sebuah negara.

Menurut Undang – Undang nomor 24 tahun 1999 mengenai Lalu Lintas Devisa dan Sistem Nilai Tukar dikatakan bahwa devisa adalah salah satu sumber pembiayaan bagi bangsa dan negara. Suatu negara yang mampu mendanai impor dengan cadangan devisa merupakan tanda bahwa sektor keuangan negara tersebut berjalan stabil sehingga negara dapat melakukan perdagangan internasional dan memperluas pasar produksi .

Sumber Utama Penambahan Devisa Negara Berasal Darimana?

Seperti diketahui bahwa sumber utama penambahan devisa negara berasal dari perdagangan internasional antarnegara. Namun Selain perdagangan ada juga sumber pendapatan devisa negara yang berasal dari kegiatan berikut ini.

1. Kegiatan Ekspor

Kegiatan ekspor adalah kegiatan dalam perdagangan internasional yang cukup penting. Ekspor bisa diartikan sebagai sebuah proses penjualan komoditas kepada negara lain yang sesuai dengan peraturan dan dengan valuta asing sebagai bentuk pembayarannya. Pembayaran menggunakan valuta asing Inilah yang menjadi devisa. Semakin banyak kegiatan ekspor maka semakin banyak juga devisa yang bisa didapat kan oleh negara.

2. Kegiatan Pariwisata

Kegiatan pariwisata juga merupakan sumber utama penambahan devisa negara yang cukup banyak. Berdasarkan laporan dari kemenparekraf sejumlah langkah yang dilakukan untuk meningkatkan devisa negara melalui kegiatan pariwisata adalah ripparnas 2010-2025. Dalam penyusunan tersebut kegiatannya yaitu mengembangkan 11 destinasi Pariwisata prioritas, meningkatkan devisa dengan strategi peningkatan  ASPA/Length of Stay dan bekerjasama dengan perwakilan RI di luar negeri.

3. Pinjaman Dari Luar Negeri

Pinjaman dari luar negeri adalah sumber utama pendapatan devisa negara. walaupun pinjaman ini nantinya akan dikembalikan tetap pinjaman yang masuk tercatat sebagai devisa negara.

4. Hibah Dari Luar Negeri

Tidak semua hibah atau bantuan yang masuk ke dalam sebuah negara adalah golongan pendapatan devisa. Hibah yang termasuk sumber utama pendapatan devisa negara adalah hibah dalam bentuk uang.

5. Warga Negara Yang Bekerja Di Luar Negeri

Sumber devisa lainnya adalah warga negara yang bekerja di luar negeri seperti Tenaga Kerja Indonesia atau TKI. Tenaga kerja ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap penghasilan devisa melalui uang yang mereka transfer dari asal negara di mana ia bekerja. 

6. Pemungutan Bea Masuk

Sumber utama penambahan devisa negara lainnya adalah dari pemungutan bea masuk. Barang yang masuk ke dalam negeri akan dikenakan biaya administrasi atau yang dikenal dengan biaya masuk. Semakin banyak barang asing yang masuk ke dalam sebuah negara maka semakin besar juga pemasukan devisa negara tersebut.

Fungsi dan Manfaat Devisa 

Keberadaan devisa sangat mempengaruhi sektor ekonomi dalam sebuah negara. secara umum, fungsi devisa adalah alat pembayaran untuk transaksi internasional, namun devisa memiliki berbagai fungsi seperti berikut ini:

1. Alat Tukar Internasional

Hal ini merupakan fungsi dari devisa negara yaitu sebagai alat pembayaran barang dan jasa di luar negeri seperti kegiatan ekspor dan impor. Sebagai contoh ada pedagang Indonesia melakukan impor di Cina maka ia harus melakukan pembayaran dalam dolar Amerika Serikat. Bank sentral adalah pemegang devisa dan bisa membantu pedagang Indonesia Bank Central mampu membantu menukarkan mata uang Rupiah dengan dolar Amerika Serikat.

2. Alat Pembayaran Barang Dan Jasa Impor 

Banyak negara yang memasarkan produknya ke perdagangan internasional. Hal ini merupakan sebuah usaha untuk menambah devisa negara. Maka dari itu kegiatan ekspor-impor barang, devisa adalah alat pembayaran yang sah untuk digunakan oleh negara.

3. Pembayaran Cicilan Utang Luar Negeri

Devisa memiliki fungsi lainnya yaitu melunasi utang dari luar negeri. Walaupun demikian tidak semua cadangan devisa dipakai untuk mengatasi hutang. Pengelola dilakukan secara agar bisa membantu mengembangkan sektor lainnya.

Sebagai contoh jika sebuah negara mengambil utama untuk keperluan infrastrukturnya, maka diLihat dari satu sisi infrastruktur bisa dianggap sebagai penambah utang. Namun jika dilihat disisi lain, infrastruktur bisa membantu menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan pendapatan devisa negara. Penggunaan devisa harus diatur sehingga bisa dipakai untuk mengangsur utang negara tetapi pada saat yang bersamaan juga mampu menumbuhkan ekonomi dalam negeri.

4. Alat Membangun Relasi

Devisa negara berfungsi untuk membangun relasi dengan negara-negara lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa devisa negara dipakai untuk mewujudkan berbagai aktivitas yang umum dilakukan di luar negeri atau bertaraf internasional. Sebagai contoh saat Indonesia memiliki pertemuan untuk melaksanakan perjanjian di Singapura maka dana yang dipakai oleh pihak yang berkepentingan untuk melakukan dinas ke luar negeri adalah berasal dari devisa negara. Maka dari itu devisa negara juga bisa membantu membangun relasi internasional. 

5. Pembiayaan Hubungan Luar Negeri

Devisa berfungsi untuk membiayai perjalanan dinas, kegiatan diplomatik, pemanfaatan kantor kedutaan dan lain-lain. Fungsi devisa ini adalah untuk membangun hubungan internasional. 

6. Sumber Pendapatan Negara Dan Membiayai Pembangunan

Selain berfungsi sebagai alat pembayaran devisa juga bisa menjadi sumber pendapatan sebuah negara. Maka dari itu keberadaan devisa secara tidak langsung bisa membantu proses pembangunan nasional dan peningkatan ekonomi negara.

Jenis Devisa

Setelah anda mengetahui pengertian devisa dan sumber utama penambahan devisa negara maka selanjutnya adalah jenis devisa yang ada beberapa kategori. berikut penjelasan jenis-jenis devisa sebagai berikut ini:

a. Devisa Umum

Devisa umum adalah devisa yang didapat dari kegiatan perdagangan internasional seperti penerimaan modal ekspor-impor pengadaan jasa, dll. Dana devisa umum umumnya dipakai untuk memajukan atau meningkatkan sebuah kualitas produksi perusahaan.

b. Devisa Kredit

Devisa kredit adalah Devisa yang didapat dari pinjaman luar negeri atau kredit yang biasa dipakai untuk kepentingan masyarakat pada sebuah negara itu sendiri.

c. Devisa Pelengkap

Devisa pelengkap adalah devisa yang dimiliki oleh swasta yang penggunaannya diatur oleh pemerintah. Umumnya dana dari devisa lengkap ini berasal dari hasil penjualan jasa valas.

d. Devisa Negara

Devisa negara adalah devisa yang dimiliki Pemerintah pada sebuah negara.  Dana devisa ini didapat dari pajak ekspor bea masuk dan lain-lain. Cadangan devisa adalah aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dalam devisa negara karena bisa mencerminkan kestabilan ekonomi.

e. Devisa Ekspor

Devisa ekspor berasal dari hasil ekspor barang atau visible goods. Tujuan Dari penggunaan devisa ekspor ini juga harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan melewati pengawasan. 

Contoh Devisa 

Contoh di Indonesia, mata uang asing yang dijadikan nilai devisa adalah mata uang seperti misalkan Dollar, Yen, Yuan, Euro dan Poundsterling. Sementara mata uang dari negara seperti Honduras tidak dijadikan nilai devisa negara Indonesia karena belum memiliki catatan kurs resmi di Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia. 

a. Mata Uang Asing 

Mata uang asing atau valuta asing sering menjadi contoh devisa yang dipakai dalam proses transaksi pembayaran luar negeri atau internasional. Kita pasti sudah mengetahui bahwa mata uang di setiap negara berbeda seperti Indonesia dengan nama mata uang Rupiah Jepang disebut dengan Yen, Korea disebut dengan won, dan Thailand disebut dengan bath. Di negara Indonesia ada mata uang asing yang bisa dijadikan sebagai sumber nilai devisa negara seperti mata uang Dolar, Yen, Euro dan Poundsterling. Lalu bagaimana caranya menerapkan valuta asing atau valas saat seseorang dari Indonesia sedang transaksi dalam pembayaran internasional? Caranya adalah dengan menukar mata uang Rupiah dengan mata uang asing tersebut.

Sebagai contoh jika ada seseorang yang berasal dari Surabaya yang ingin membeli mesin dari negara Jepang maka penguasa dari Jepang hanya ingin dibayar dalam bentuk mata uang Yen saja. Lalu yang harus dilakukan adalah menghubungi Bank devisa untuk membeli valas sesuai yang dibutuhkan dalam membayar dalam bentuk rupiah. Alasan terbesar mengapa saat terjadi transaksi internasional pihak asing selalu meminta bayaran dalam bentuk uang Dolar, Yen, ataupun mata uang Eropa karena valuta asing tersebut nilainya relatif lebih stabil.

b. Emas

Selain valuta asing emas juga bisa dipakai sebagai alat pembayaran internasional dengan proses transaksi pembayaran luar negeri. Namun tidak semua emas bisa digunakan, emas yang bisa dipakai adalah emas batangan saja yang dianggap sah sebagai bentuk devisa. Pembayaran devisa yang menggunakan emas batangan di nilainya harus setara dengan nilai barang yang dibeli. selain Itu pembayaran devisa yang menggunakan emas juga harus mendapatkan izin dari pemerintah terlebih dahulu.

c. Surat Berharga

Surat yang dipakai untuk proses transaksi pembayaran internasional tidak bisa instal karena surat berharga devisa yang dimaksud adalah surat yang memiliki nilai berharga dan diterbitkan oleh pemerintah. Bentuk surat berharga tersebut seperti SDR, wesel, cable order, TC.

  • SDR adalah Special Drawing Rights adalah hak kredit bagi negara yang merupakan anggota IMF yang bertujuan untuk membantu negara-negara dalam proses pembayaran internasional atau saat mereka mengalami kesulitan pembayaran.
  • Cable order atau telegraphic transfer adalah cek yang dikirimkan melalui telegram telepon dari bank atau radiogram dari bank di dalam negeri ke bank tujuan di luar negeri.
  • Traveller check atau TC adalah cek yang dibawa oleh para turis saat berpergian berpergian ke negara asing dan cek tersebut bisa dicairkan pada bank-bank perwakilan tertentu.
  • Bill of exchange atau wesel adalah Surat Perintah yang ditujukan bagi bank untuk membayarkan sejumlah uang kepada seseorang.

Bentuk- Bentuk Devisa 

Selain jenis-jenis devisa ternyata ada juga bentuk-bentuk devisa yang perlu Anda ketahui. Bentuk-bentuk devisa antara lain valuta surat berharga, surat wesel luar negeri dan valuta asing. Untuk lebih jelasnya bentuk-bentuk devisa maka berikut penjelasannya untuk anda. 

a. Surat Berharga

Surat berharga atau dokumen yang punya nilai serta dilindungi hukum dan negara. Surat berharga harus dijaga dengan baik agar tidak ada yang hilang. Misalnya adalah obligasi, saham, dan juga commercial papers.

b. Surat Wesel Luar Negeri

Surat wesel merupakan suatu yang dikirimkan dari luar negeri oleh para Tenaga Kerja Indonesia untuk keluarganya yang tinggal di Indonesia. TKI ini bisa dikatakan sebagai pahlawan devisa bergantung pada besarnya nilai devisa yang dikirim ke Indonesia akan masuk ke kas negara. 

c. Valuta Asing

Ketika melakukan perdagangan internasional, maka suatu negara harus menggunakan valuta asing. Valuta asing merupakan mata uang yang dapat digunakan oleh kedua negara yang dapat digunakan untuk transaksi perdagangan internasional. 

Apa itu Cadangan Devisa 

Pemerintah maupun swasta dalam melakukan perdagangan internasional harus memiliki cadangan devisa. Cadangan devisa ini bisa membantu menjaga stabilitas moneter dan ekonomi makro sebuah negara. Cadangan devisa adalah indikator moneter yang mampu menunjukkan lemah kuatnya ekonomi sebuah negara. Cadangan devisa adalah sejumlah valuta asing yang dicadangkan oleh Bank Indonesia untuk berbagai keperluan seperti pembiayaan dan pembayaran kewajiban terhadap luar negeri, seperti seperti contoh pembiayaan kepada Pihak asing dan pembiayaan impor.

Dalam perkembangan perekonomian nasional ada dua terminologi cadangan devisa yaitu antara lain:

  • Official Foreign Exchange: Cadangan devisa milik negara yang juga dikelola oleh bank sentral
  • Country Foreign Exchange Reserve: semua devisa milik badan perseorangan lembaga dan juga lembaga keuangan nasional yang secara moneter adalah bagian dari kekayaan nasional. 

Pinjaman Bunga Rendah Aman & Terpercaya

Danamas Pinjaman Bisnis merupakan pinjaman yang ada dalam Danamas, yakni pinjaman beragunan properti dengan limit pinjaman hingga Rp 2 miliar. Pinjaman aman berizin OJK dari Danamas ini sangat sesuai bagi Anda yang ingin mendapatkan modal usaha besar untuk membantu bisnis lebih lancar. Pinjaman beragunan properti ini bisa Anda ajukan lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang sudah bisa di download di Apple Store dan Play Store. Agar Anda lebih yakin sebelum mengajukan pinjaman bunga rendah di Danamas, coba simulasikan di kalkulator simulasi kredit. Selain itu, cek juga nilai properti di kalkulator pinjaman yang bisa Anda akses dari website ini. Segera download Aplikasi Danamas, daftar dan ajukan pinjaman online terpercaya Anda sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

perhitungan-pensiun-dini

Cara Perhitungan Pensiun Dini PNS, Swasta & Syarat Pengajuan

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini karena berbagai faktor yang dirasakan, mulai dari tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati keh

uang-100-juta

10 Cara Menghasilkan Uang 100 Juta di Tahun 2023!

Cara menghasilan uang 100 juta memang terdengar tidak mudah, karena ini bicara tentang mengatur sistem & mindset. Uang memang bukanlah hal yang paling penting dal

jenis-jenis-sim

7 Jenis Jenis SIM, Cara Membuat SIM Online & Biaya Perpanjangan

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu surat tua yang wajib dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di I