Resesi

Belakangan ini anda pasti sering mendengar berita tentang Resesi. Berita tentang Resesi kita jumpai di berbagai Lini media massa online hampir setiap harinya.  Resesi diakibatkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah pandemi covid 19 yang yang menyebabkan kemerosotan ekonomi yang cukup signifikan di tahun 2022 ini, juga perang yang sedang berlangsung di Ukraina. 

Hal ini menyebabkan beberapa harga komoditas mencapai tingkat rekor sehingga pertumbuhan ekonomi yang melambat dan inflasi yang meningkat. Kondisi inilah yang membuat presiden Bank Dunia, David malpass menyimpulkan pada bulan Juni lalu terjadi Resesi ekonomi yang mungkin akan sulit dihindari oleh beberapa negara. Namun sebenarnya apa itu resesi, berikut ulasannya untuk anda.

Apa Itu Resesi

Resesi adalah penurunan aktivitas ekonomi yang cukup signifikan pada periode stagnan atau lama. Resesi bisa dimulai dari berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Resesi juga memiliki arti kontraksi besar-besaran dalam kegiatan ekonomi. Ini terjadi saat ekonomi sebuah negara mengalami peningkatan dalam jumlah penurunan ritel, pengangguran, produk domestik bruto yang negatif sehingga terdapat kontraksi pendapatan dan manufaktur untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga pertumbuhan ekonomi riill yang bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Dampak dari lambatnya ekonomi ini akan membuat beberapa sektor riil menahan kapasitas produksinya bahkan bisa terjadi PHK. Selain itu kinerja instrumen investasi juga bisa mengalami penurunan sehingga investor akan menempatkan dananya dalam bentuk investasi yang aman hingga melemahnya daya beli masyarakat karena mereka lebih selektif dalam mengeluarkan uangnya untuk pemenuhan kebutuhan.

Resesi

Penyebab Resesi Ekonomi

  • Inflasi

Inflasi adalah proses meningkatnya harga secara terus menerus. Inflasi sebenarnya bukan hal yang buruk namun jika terjadi berlebihan akan masuk kedalam kategori berbahaya sehingga bisa membawa dampak resesi yang lebih besar. Bank Sentral Amerika Serikat mengendalikan inflasi dengan menaikkan suku bunga yang lebih tinggi lalu bisa menekan aktivitas ekonomi. Kenaikan tingkat suku bunga AS yang excessive atau berlebihan yakni 3-4 kali kenaikan di tahun ini memicu terjadinya resesi. 

Hal ini terjadi karena kenaikan biaya bunga bagi pelaku usaha yang memiliki rasio utang yang tinggi, mereka akan sulit untuk membayar pinjaman sementara tidak semua permintaan mengalami kenaikan. Tidak hanya itu, kenaikan suku bunga yang berlebih juga bisa memicu larinya modal asing secara masif, sehingga mereka akan mengurangi investasi di negara-negara berkembang atau emerging market. Kondisi ini bisa memberikan dampak ke pemulihan ekonomi Indonesia yang tumbuh 5% bisa terkoreksi atau bahkan kembali minus.

  • Deflasi Berlebihan

Walaupun inflasi yang tak terkendali bisa menyebabkan resesi, deflasi juga bisa memberikan dampak yang lebih buruk lagi. Deflasi adalah kondisi saat harga turun dari waktu-waktu yang bisa menyebabkan upah menyusut lalu menekan harga. Deflasi bisa berdampak kepada pemilik usaha saat individu dan unit bisnis berhenti mengeluarkan uangnya yang akan berdampak pada rusaknya ekonomi. Penyebab deflasi antara lain adalah jumlah produksi yang membludak secara bersamaan dari beberapa perusahaan juga menurunnya permintaan produksi pada sebuah produk hingga menurunnya jumlah uang yang ada di pasaran.

  • Gelembung Aset

Gelembung aset adalah salah satu faktor resesi dimana banyaknya investor yang panik sehingga mereka menjual sahamnya yang mampu memicu Resesi. Hal ini umum disebut dengan kegembiraan irasional. Kegembiraan irasional ini bisa menggabungkan pasar saham dan juga Real Estate. Hingga akhirnya gelembung-gelembung tersebut pecah dan terjadilah panic selling yang mampu memunculkan pasar yang kemudian menjadi penyebab Resesi. Hal ini terjadi saat Para investor yang mengambil keputusan dengan emosi. Lalu mereka membeli banyak saham saat ekonomi sedang naik dan berlomba-lomba menjualnya saat ekonomi sedang turun.

  • Guncangan Ekonomi Yang Mendadak

Guncangan ekonomi terjadi sangat mendadak yang mampu memicu Resesi hingga masalah ekonomi lainnya seperti tumpukan hutang secara individu ataupun perusahaan. Banyak juga hutang yang dimiliki lalu kemudian otomatis membuat biaya pelunasan juga meninggi. Biaya dalam melunasi hutang lama-lama akan meningkat ke titik di mana mereka tidak bisa melunasi hutangnya lagi.

  • Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bisa menjadi faktor terjadinya Resesi. Revolusi industri ini akan membuat semua profesi menjadi usang bahkan memicu Resesi. Saat ini beberapa ekonom cukup khawatir dengan kehadiran artifisial intelijen atau AI dan robot yang mampu menyebabkan resesi karena banyaknya pekerja yang kehilangan mata pencaharian.

  • Nilai Impor Lebih Besar Daripada Ekspor

Negara yang tidak bisa memproduksi kebutuhannya sendiri lalu mengimpor dari negara lain. Sebaliknya negara yang memiliki kelebihan produksi bisa mengekspor ke negara lain yang membutuhkan komoditas tersebut. Namun sayangnya nilai impor yang lebih besar dari nilai ekspor mampu memberikan dampak yang cukup negatif yaitu defisitnya anggaran negara. 

Hal ini serupa dengan Sri Lanka yang mengurangi biaya pengurangan dari impor yang besar seperti pupuk sintetis. Pelarangan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dengan menyediakan pupuk lainnya yang lebih murah dan ramah lingkungan. Namun, sayangnya kebijakan ini menjadi masalah karena produsen pupuk organik Sri Lanka tidak memiliki kapasitas memenuhi permintaan. Akibatnya, semua industri pertanian mengalami kekurangan pasokan pupuk. Lalu, pendapatan negara dari pajak ekspor pun anjlok karena pasokan teh yang merupakan komoditas utama Sri Lanka karena masalah pupuk ini. Anjloknya beberapa produksi pangan ini membuat inflasi harga-harga makanan pun melonjak hingga 50%. 

  •  Inflasi Atau Deflasi Yang Tinggi

Harga-harga komunitas yang melonjak tinggi hingga tidak bisa dijangkau oleh semua kalau jangan apalagi kalangan ekonomi menengah ke bawah maka kondisi ekonomi yang kian terpuruk ini juga akan diikuti dengan daya beli masyarakat yang rendah. Tidak hanya inflasi yang berpengaruh pada regresi, namun deflasi juga. Harga komoditas akan mempengaruhi tingkat pendapatan dan laba perusahaan yang menurun. Hal ini mengakibatkan biaya produksi tidak bisa tercover dengan baik yang bisa menyebabkan volume produksi merendah.

  • Tingkat Pengangguran Yang Cukup Tinggi

Faktor yang berperan dalam pergerakan ekonomi tenaga kerja juga perlu diperhatikan. Jika sebuah negara tidak mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas, maka tingkat pengangguran pun akan meningkat. Hal ini pun akan memberikan resiko tingkat kriminal yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Resesi

Dampak Resesi Ekonomi

  • Dampak Resesi Ekonomi Pada Pemerintah

Dampak Resesi ekonomi yang paling tampak adalah jumlah pengangguran yang meningkat. Lalu pemerintah dituntut untuk segera menemukan solusi dari dampak ini sehingga lapangan pekerjaan pun akan kembali terbuka untuk menyerap tenaga kerja lebih banyak. Tak hanya itu, pinjaman pemerintah juga akan melonjak tinggi karena pemerintah di setiap negara pasti akan membutuhkan dana yang cukup banyak dalam pembiayaan kebutuhan yang berkaitan dengan upaya pembangunan negara.

Jika Anda membutuhkan pinjaman untuk memajukan usaha, maka Danamas hadir untuk Anda yang memiliki bisnis. Kemudahan mendapatkan modal usaha ini hanya bisa didapat di fintech lending berizin OJK, Danamas. Limit pinjaman dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar yang bisa dipilih tenor sefleksible mungkin. 

Sumber pendapatan negara yang berasal dari pajak dan juga Non pajak juga cukup rendah Hal ini dikarenakan pekerja menerima penghasilan yang lebih rendah sehingga pemerintah menerima pajak penghasilan yang cukup rendah dan harga properti lebih rendah juga sehingga perolehan pajak dari jual beli properti juga ikut turun.

Tak hanya itu pembangunan tetap dituntut untuk terus dilakukan di berbagai sektor pemerintahan termasuk penjaminan kesejahteraan rakyatnya. Hal ini bisa jadi penyebab dari pengeluaran pemerintah dalam alat pembayaran kesejahteraan rakyat seperti tunjangan atau bantuan sosial hingga subsidi. Penurunan pendapatan pajak dan meningkatnya pembayaran kesejahteraan juga bisa mengakibatkan defisit anggaran dan tingginya utang pemerintah.

  •  Dampak Resesi Pada Perusahaan

Bisnis juga bisa mengalami kebangkrutan akibat terjadinya Resesi. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor seperti tergerusnya sumber daya riil ekonomi negatif krisis kredit hingga jatuhnya harga set berbasis utang. Saat bisnis gagal maka perusahaan mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Saat penurunan pendapatan terjadi Efek domino terhadap kehidupan ekonomi pekerjaannya. Bagi mereka yang terkena PHK pun akan kehilangan semua pendapatannya.

  •  Dampak Resesi Bagi Pekerja

Dampak Resesi bagi pekerja seperti pemutusan hubungan kerja yang menjadikan mereka pengangguran lalu kehilangan pendapatan utama. Masalah pengangguran pun tak hanya menimbulkan dampak yang cukup signifikan dalam sektor perekonomian dan juga sosial. Tingkat pengangguran yang tinggi bisa jadi faktor penyebab terjadinya ketidakstabilan sosial yang bisa mengarahkan kepada kerusuhan hingga Padahal vandalisme di tengah masyarakat. Pengangguran massal juga bisa mengancam tatanan sosial kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Definisi Makroekonomi & Perbedaannya dengan Mikro Ekonomi

Cara Mencegah Resesi

  • Belanja Pemerintah Besar-Besaran

Pemerintah berencana melakukan belanja besar-besaran untuk bisa menghadapi ancaman Resesi dan permintaan dalam negeri yang cukup meningkat. Dengan cara ini maka kontraksi ekonomi akibat Efek domino covid19 pun bisa diredam. Belanja pemerintah adalah salah satu daya ungkit yang bisa dipakai untuk memulihkan ekonomi di saat krisis pandemi seperti ini. Anggaran pendapatan dan belanja negara Indonesia sendiri tercatat Hanya berkontribusi kurang lebih dari 14,5 pada PDB negara.

  • Bantuan UMKM

UMKM juga menjadi salah satu sektor yang cukup merasakan dampak dari pandemi covid 19. Pemerintah harus menyiapkan berbagai program untuk mengangkat sektor ini kembali bergeliat. Setelah sebelumnya mengeluarkan kebijakan restrukturisasi dan subsidi bunga kredit bagi para UMKM ini Satgas pemulihan dan transformasi ekonomi menyiapkan dua program lain seperti bantuan UMKM produktif dan kredit bunga rendah. bantuan tersebut diharapkan tak hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tapi juga untuk memulai usaha.

  • Penempatan Dana Di Perbankan Dan Penjaminan Kredit Modal Kerja Untuk Korporasi

Cara lain dilakukan oleh pemerintah adalah memutar kembali roda ekonomi seperti melakukan penempatan dana di perbankan. Lalu pihak bank menyalurkan dana tersebut dalam skala yang cukup besar. Pemerintah juga meluncurkan berbagai program penjaminan pemerintah kepada korporasi Padat Karya dalam rangka angka pemulihan ekonomi nasional. Perbankan lalu mendatangi menandatangani perjanjian penjaminan pada sektor padat karya yang merupakan sektor yang paling banyak memiliki pekerja. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

qris adalah

QRIS Adalah: Fungsi, Cara Penggunaan, dan Kelebihannya

Saat ingin membayar barang di kasir, biasanya terpajang suatu gambar barcode dengan nama toko atau stand tempat Anda berbelanja. Cara bayar kini bisa dilakukan dengan scan QR code. Apa itu QRIS? Yuk simak artikel ini. 

Pengertian QRIS 

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS merupakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran dengan tujuan agar transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.  

Fungsi QRIS 

Terdapat fungsi dari QRIS yakni untuk konsumen dan juga untuk merchant. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Untuk Konsumen

QRIS tentunya memudahkan konsumen, dengan adanya sistem pembayaran ini akan lebih cepat dan tidak perlu repot membawa uang tunai. Selain itu QRIS  juga membuat konsumen terlindungi karena semua Penyedia Sistem Jasa Bayar sudah pasti memiliki izin yang diawasi oleh Bank Indonesia.

  1. Untuk Merchant

Meningkatkan potensi penjualan, karena dapat menerima pembayaran berbasis QR. Dengan menggunakan QRIS pastinya akan meningkatkan branding karena menyediakan pembayaran yang mudah dan kekinian, selain itu mengurangi biaya pengelolaan kas dan tidak pusing menyediakan uang kembalian. .

Cara Penggunaan QRIS 

  • Sebagai Merchant
  1. Membuat akun
  2. Mengisi data dan dokumen yang diminta oleh PJSP
  3. Menunggu proses verifikasi dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP
  4. PJSP akan mengirimkan stiker QRIS
  5. Install aplikasi sebagai merchant QRIS
  6. PJSP akan melakukan edukasi kepada merchant mengenai cara menerima pembayaran. 
  • Sebagai Pengguna
  1. Membuat Akun dengan mengunduh salah satu aplikasi PJSP yang memiliki izin QRIS
  2. Daftarkan diri
  3. Mengisi saldo pada akun 
  4. Menggunakannya untuk pembayaran pada merchant yang menyediakan QRIS
  5. Scan code, masukan nominal serta pin dan klik bayar
  6. Cek notifikasi untuk mengetahui keberhasilan transaksi. 

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

  1. Transaksi yang Mudah dan Cepat 

Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa lebih cepat dan mudah melakukan pembayaran yakni dengan menscan barcode yang telah terpasang di meja kasir. 

  1. Mencegah Uang Palsu Beredar

Dengan pembayaran melalui QRIS tentunya mencegah uang palsu beredar. Pengguna tidak perlu menggunakan uang fisik dan hanya perlu menempelkan smartphonenya pada QRIS yang ada. 

  1. Alternatif Pembayaran yang Beragam

Digunakan sebagai opsi pembayaran sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran yang sudah mendapatkan izin di Indonesia. 

  1. Kemudahan Mendaftar sebagai Merchant

Anda cukup mendaftar QRIS dan toko akan otomatis bisa menerima pembayaran dimana saja. 

  1. Praktis Dipantau dan Dianalisis

Riwayat Transaksi yang mudah dipantau secara real time, membuat pengaturan keuangan lebih mudah dan tercatat dengan sistematis sehingga Anda dapat melihat riwayat penggunaan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Podcast Finansial biar Makin Melek Keuangan

Danamas Pinjaman bisnis merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang dapat Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga limit Rp 2 miliar. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Ajukan pinjaman Anda  sekarang dan nikmati bunga yang bersaing serta tenor yang panjang.

Stacking

Keluar dari Lilitan Hutang dengan Metode Debt Stacking

Ada kalanya ketika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak, Anda harus membuat strategi dengan meminjam uang baik di bank, pinjaman online, kartu kredit, atau bahkan ke teman dan kerabat sekalipun. Strategi ini harus Anda pikirkan matang-matang sebelum melakukannya. Seperti kemampuan Anda membayar atau melunasi tagihan, berapa lama tenor yang Anda mampu, dan situasi-situasi lainnya yang menjadi pertimbangan utama ketika membayarnya. Sudah banyak orang yang terjebak dalam lilitan hutang yang menumpuk dan berakhir panik, stres, bahkan membuatnya tak mampu melunasi hutangnya. 

Namun sebenarnya, ada beberapa cara atau metode untuk melunasi tagihan. Salah satunya dengan melakukan debt stacking. Jika Anda bertanya-tanya, apa itu debt stacking, simak artikel berikut untuk penjelasan hingga cara-caranya.

Pengertian Metode Debt Stacking

Secara sederhana, debt stacking merupakan salah satu cara melakukan pelunasan hutang dengan mengurutkan prioritas berdasarkan bunga pinjaman tertinggi sampai terendah. 

Contohnya ketika Anda memiliki hutang di beberapa sumber yang berbeda, maka yang harus Anda lakukan adalah mengurutkan hutang-hutang tersebut berdasarkan besaran bunga yang Anda harus tanggung. Urutkan bunga dari yang tertinggi ke yang terendah, lalu prioritaskan melunasi hutang-hutang yang ada tersebut sesuai urutan yang telah dibuat.

Melakukan pelunasan hutang dengan metode debt stacking seperti ini dianggap sangat efektif karena apabila Anda tidak menggunakan strategi yang khusus, atau Anda tidak menentukan mana yang harus menjadi prioritas dan harus segera dilunasi, maka hutang dengan bunga yang tinggi hanya akan semakin mempersulit hidup Anda. Yang mana tentu saja, hal seperti ini juga akan mengganggu keuangan Anda sehingga berpengaruh pada usaha pelunasan hutang lainnya.

Namun sebaliknya, jika Anda segera melunasi hutang dengan membuat prioritas berdasarkan bunga yang tertinggi, maka kedepannya Anda bisa fokus untuk melunasi hutang lainnya dengan bunga pinjaman tertinggi berikutnya. Dalam metode ini, Anda harus mengulang proses pembayaran hutang dengan bunga pinjaman tertinggi sampai semua hutang lunas. Metode ini terbukti dapat membantu menghemat uang dengan menyingkirkan hutang yang paling mencekik terlebih dahulu.

Setelah memahami pengertian dari debt stacking, sekarang Anda harus mengetahui plus minus melunasi hutang menggunakan metode debt stacking sendiri.

Plus Minus Menggunakan Metode Debt Stacking

Pada setiap metode pelunasan hutang, tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan metode debt stacking. Yaitu:

●  Kelebihannya, Akan Termotivasi Untuk Melunasi Hutang-Hutang Lainnya

Di satu sisi, metode debt stacking ini akan sangat membantu Anda jika Anda melakukannya dengan konsisten dan disiplin. Karena, dengan membayar hutang berdasarkan bunga pinjaman yang tertinggi, Anda akan termotivasi untuk melunasi hutang-hutang lainnya agar tidak dikejar-kejar oleh bunga yang juga semakin tinggi. Dan dengan demikian, maka seluruh hutang Anda akan lebih cepat lunas.

.

●  Kekurangannya, Jika Anda Kurang Disiplin, Akan Hanya Membuang Waktu

Akan tetapi, jika Anda tidak disiplin dalam menerapkan metode debt stacking ini, seluruh usaha yang telah Anda lakukan akan sia-sia. Anda akan terus dikejar oleh bunga yang semakin tinggi dari hari ke harinya. Dan masalah selanjutnya datang yaitu ketika hutang Anda dengan bunga tertinggi adalah hutang yang juga dengan nominal tertinggi. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tetap akan membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi seluruh tagihan hutang Anda. Hal ini sama saja seperti membuang-buang waktu dan hanya memperbesar bunga pada hutang yang lain. 

Oleh karena itu, sebelum memulai metode debt stacking, Anda harus memahami terlebih dahulu kondisi keuangan dan hutang Anda. Jika kondisinya memungkinkan, Anda bisa memilih metode yang satu ini dalam melakukan pelunasan hutang. Namun jika kondisinya berseberangan, Anda bisa memilih metode pelunasan hutang yang lain. 

Sebenarnya, ada beberapa metode alternatif yang bisa Anda terapkan untuk melunasi hutang selain menggunakan metode debt stacking. Yaitu melunasi hutang dengan sisa pinjaman terkecil yang justru akan memicu komitmen untuk mempertahankan sumber pendapatan dengan baik. Jika Anda merupakan orang yang lebih mudah termotivasi dengan cara seperti ini, maka metode debt snowball mungkin tepat untuk Anda.

Debt Stacking vs Debt Snowball

Seperti yang telah dibahas di atas, perbedaan debt stacking dan debt snowball terletak pada besaran bunga maupun nominal hutang yang menjadi prioritas. Salah satu kelebihan utama dari metode debt snowball adalah dari sisi psikologis. Seseorang akan lebih merasa terdorong untuk melunasi hutang lainnya karena saat membayar hutang, tidak terasa begitu berat. Namun, tentu saja metode ini memiliki kekurangan, yaitu tidak memperhitungkan bunga yang terus berjalan.

Jika dengan metode debt stacking, Anda diharuskan untuk melunasi hutang dengan bunga terbesar terlebih dulu. Ketika hutang dengan bunga yang paling besar ini sudah lunas, Anda baru bisa mulai melunasi hutang lainnya dengan bunga yang lebih kecil. Metode ini tentu akan membantumu untuk meminimalisir pembayaran bunga cicilan yang membengkak. 

Meski begitu, tidak ada patokan yang tepat yang pasti tentang mana metode pelunasan hutang yang terbaik. Semua akan tergantung dari kondisi hutang dan keuangan Anda. Yang terpenting adalah konsisten dan disiplin dalam melunasi hutang-hutang yang ada.

Baca juga: Cara Financial Self Care untuk Stabilkan Keuangan

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang terhambat modal untuk mengembangkan usaha dan berkeinginan untuk mencoba pinjaman bisnis, Anda bisa mencobanya di Danamas. Danamas Pinjaman Bisnis adalah sebuah platform pinjaman beragunan properti dengan limit hingga 2 miliar serta tenor sampai 10 tahun. Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

invoice adalah

Pengertian Invoice Adalah, Jenis, Fungsi & Contohnya

Dalam dunia transaksi jual beli maka sudah sangat umum adanya bukti bayar yang sangat bermanfaat bagi keamanan transaksi antar kedua belah pihak. Maka dari itu dalam sebuah transaksi jual-beli ataupun bisnis dibutuhkan invoice sebagai dokumen yang bisa dijadikan bukti transaksi. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang invoice maka simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Invoice?

Invoice adalah lembar daftar tagihan yang dikeluarkan oleh penjual ke pembeli. Umumnya invoice ada saat pembeli menyelesaikan sebuah pesanan dan penjual mengirimkan pesanan tersebut. Invoice adalah istilah yang erat kaitannya dengan akuntansi maka dengan adanya invoice, hal ini menjadi faktor penting dalam merekam keuangan perusahaan. Umumnya invoice dicetak dengan membuat rangkap 3 untuk pembeli penjual dan juga cadangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan khas masing-masing pihak yang terlibat di dalam transaksi tersebut.

Jenis-Jenis Invoice

  • Invoice Biasa

Jenis invoice ini adalah faktur yang sering dipakai saat melakukan transaksi. Isi dari invoice ini merupakan keterangan dari badan usaha pihak penjual dan pembeli, total harga, item produk yang harus dibayarkan oleh perusahaan pembeli.

  • Invoice Konsuler

Jenis invoice ini adalah umum dipakai bagi perdagangan internasional atau antar negara. Maka ini tidak bisa sembarangan dicetak dan harus memiliki cap khusus sebagai tanda pengesahan dan persetujuan dari kedutaan besar negara atau perwakilan negara yang dituju.

  • Invoice Proforma

Invoice proforma adalah invoice yang memiliki sifat sementara. Dokumen ini umumnya diberikan kepada pihak pembeli sebelum pihak penjual mengirimkan semua barang pesanan. Umumnya barang akan dikirimkan secara berkala lalu secara menyeluruh barang yang diterima nantinya maka pihak penjual akan memberikan invoice biasa. Hal ini bertujuan sebagai dokumen penagihan dan bukti bahwa barang sudah diterima oleh pembeli secara menyeluruh.

Fungsi Invoice

Invoice adalah salah satu bukti transaksi yang paling sering dipakai untuk penagihan juga untuk penagihan hutang. namun ada juga fungsi lain invoice antara lain adalah:

  •  Sebagai Bukti Pembelian

Saat membeli barang dari supplier maka invoice yang diterima perusahaan adalah bukti adanya transaksi tersebut. Informasi yang tertera dalam invoice juga menjadi rujukan data tentang detail barang atau jasa yang dibeli, mulai harga per unit jumlah hingga total harga pembelian.

  •  Bukti Penjualan

Bukti penjualan yang merupakan fungsi invoice dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menagih kepada klien atau konsumen serta menjadi bukti penjualan yang harus dicatat dalam pembukuan sebagai piutang usaha.

  •  Informasi Utang Usaha

Fungsi invoice yang satu ini bisa juga sebagai rujukan tim keuangan akan utang usaha yang perlu dibayar berikut termin pembayaran nya.

  •  Rujukan Pembukuan Akuntansi

Invoice sistem menjadi salah satu rujukan game keuangan untuk pencatatan transaksi dalam pembukuan perusahaan, termasuk didalamnya hutang atau piutang usaha.

  • Bukti Pelaporan Pajak

Invoice dipakai sebagai bagian dari pembayaran pajak di mana menjadi dokumen pendukung yang dibutuhkan saat pelaporan pajak tiap tahunnya.

  • Tunjukkan Jika Ada Kesalahan

Saat ada kesalahan pengiriman maka invoice bisa menjadi salah satu bukti rujukan bersama dengan order dan bukti tanda terima. Nantinya tim keuangan harus mencocokkan beberapa dokumen tersebut sebelum mengeksekusi pembayaran.

Perbedaan Invoice Dengan Nota Dan Kwitansi

InvoiceNotaKuitansi
Dokumen transaksi berupa perhitungan penjualanTanda bukti pembayaran serta tanda jual beli secara kontanTanda bukti transaksi 
Invoice diberikan kepada pembeli ketika barang dikirim walau pembayaran belum dilakukan oleh pembeliNota diberikan penjual kepada pembeli setelah terjadinya pembayaranKuitansi diberikan kepada pembeli setelah terjadi pembayaran yang dibubuhi dengan tanda tangan penerima uang

Cara Membuat Invoice

Jika anda berencana untuk membuat invoice maka ada beberapa komponen yang bisa anda lampirkan atau masukan ke dalam invoice seperti berikut ini:

  • Bagian Atas

Pada bagian atas bisa anda cantumkan beberapa hal seperti:

  1. Judul
  2. Nama perusahaan
  3. Nomor invoice
  4. Nama penjual dan pembeli
  5. Tanggal transaksi
  6. Tujuan pengiriman
  7. Bagian tengah invoice
  8. Nomor
  9. Nama produk
  10.  Harga
  11.  Deskripsi
  12.  Jumlah masing-masing produk
  13.  Harga total produk
  14.  Cantumkan juga PPN
  • Bagian Bawah

Pada bagian bawah cantumkan komponen berikut ini:

  1. Ongkos kirim (Cantumkan Jika Anda mengirim barang lewat jasa ekspedisi termasuk rincian ongkos kirim dan berat hingga tujuan pengiriman paket).
  2. Asuransi barang
  3. Total pembayaran
  4. Beri keterangan tempat tanggal tanda tangan dan nama client

Poin Penting dalam Invoice

Komponen dalam invoice antara lain sebagai berikut:

  • Tanggal transaksi
  • Nomor invoice
  • Nama penjual dan pembeli
  • Rincian produk berupa barang atau jasa
  • Promo atau diskon jika ada
  • Pajak jual beli
  • Tanda tangan dengan nama jelas dari perusahaan penjual

Tips Agar Invoice Cepat Dibayarkan Oleh Klien

  • Kirimkan invoice segera setelah pengiriman barang maka pembeli bisa segera menyiapkan dana. Bisa jadi perusahaan memiliki birokrasi yang cukup berbelit sehingga membutuhkan waktu untuk sampai dananya cair.
  • Cantumkan tenggat waktu. Tenggat waktu memberikan pengingat kepada pembeli sehingga anda bisa menghubungi mereka untuk memberitahukan bahwa tenggat waktu hampir dekat untuk melakukan pembayaran.
  • Berikan reward bagi pembeli yang sudah membayar tepat waktu atau seminggu sebelum tenggat waktu. Reward tersebut bisa berupa hadiah souvenir atau diskon pembelian selanjutnya.
  • Berikan juga sistem pembayaran yang fleksibel sehingga akan memudahkan klien dalam memilih alat pembayaran.
  • Kirimkan pesan untuk mengingatkan klien secara berkala dengan pesan singkat seperti tiga hari sebelum waktu tanggap pembayaran.

Baca juga: Pengertian Phishing, Jenis, dan Tips Menghindarinya

Dengan memahami cara membuat invoice, maka Anda sebagai pengusaha bisa dengan percaya diri mengelola keuangan dan bekerjasama dengan partner bisnis. Untuk kebutuhan modal usaha, Anda bisa percayakan ke Danamas, fintech lending berizin OJK. Dengan pinjaman bisnis hingga Rp 2 miliar, maka Anda bisa megembangkan usaha lebih besar dan wujudkan strategi promosi lebih gencar. Ajukan pinjaman Anda sekarang lebih mudah di aplikasinya yang bisa Anda download dari playstore atau appstore.

 Contoh Invoice