qris adalah

Saat ingin membayar barang di kasir, biasanya terpajang suatu gambar barcode dengan nama toko atau stand tempat Anda berbelanja. Cara bayar kini bisa dilakukan dengan scan QR code. Apa itu QRIS? Yuk simak artikel ini. 

Pengertian QRIS 

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS merupakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran dengan tujuan agar transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.  

Fungsi QRIS 

Terdapat fungsi dari QRIS yakni untuk konsumen dan juga untuk merchant. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Untuk Konsumen

QRIS tentunya memudahkan konsumen, dengan adanya sistem pembayaran ini akan lebih cepat dan tidak perlu repot membawa uang tunai. Selain itu QRIS  juga membuat konsumen terlindungi karena semua Penyedia Sistem Jasa Bayar sudah pasti memiliki izin yang diawasi oleh Bank Indonesia.

  1. Untuk Merchant

Meningkatkan potensi penjualan, karena dapat menerima pembayaran berbasis QR. Dengan menggunakan QRIS pastinya akan meningkatkan branding karena menyediakan pembayaran yang mudah dan kekinian, selain itu mengurangi biaya pengelolaan kas dan tidak pusing menyediakan uang kembalian. .

Cara Penggunaan QRIS 

  • Sebagai Merchant
  1. Membuat akun
  2. Mengisi data dan dokumen yang diminta oleh PJSP
  3. Menunggu proses verifikasi dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP
  4. PJSP akan mengirimkan stiker QRIS
  5. Install aplikasi sebagai merchant QRIS
  6. PJSP akan melakukan edukasi kepada merchant mengenai cara menerima pembayaran. 
  • Sebagai Pengguna
  1. Membuat Akun dengan mengunduh salah satu aplikasi PJSP yang memiliki izin QRIS
  2. Daftarkan diri
  3. Mengisi saldo pada akun 
  4. Menggunakannya untuk pembayaran pada merchant yang menyediakan QRIS
  5. Scan code, masukan nominal serta pin dan klik bayar
  6. Cek notifikasi untuk mengetahui keberhasilan transaksi. 

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

  1. Transaksi yang Mudah dan Cepat 

Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa lebih cepat dan mudah melakukan pembayaran yakni dengan menscan barcode yang telah terpasang di meja kasir. 

  1. Mencegah Uang Palsu Beredar

Dengan pembayaran melalui QRIS tentunya mencegah uang palsu beredar. Pengguna tidak perlu menggunakan uang fisik dan hanya perlu menempelkan smartphonenya pada QRIS yang ada. 

  1. Alternatif Pembayaran yang Beragam

Digunakan sebagai opsi pembayaran sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran yang sudah mendapatkan izin di Indonesia. 

  1. Kemudahan Mendaftar sebagai Merchant

Anda cukup mendaftar QRIS dan toko akan otomatis bisa menerima pembayaran dimana saja. 

  1. Praktis Dipantau dan Dianalisis

Riwayat Transaksi yang mudah dipantau secara real time, membuat pengaturan keuangan lebih mudah dan tercatat dengan sistematis sehingga Anda dapat melihat riwayat penggunaan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Podcast Finansial biar Makin Melek Keuangan

Danamas Pinjaman bisnis merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang dapat Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga limit Rp 2 miliar. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Ajukan pinjaman Anda  sekarang dan nikmati bunga yang bersaing serta tenor yang panjang.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

perhitungan-pensiun-dini

Cara Perhitungan Pensiun Dini PNS, Swasta & Syarat Pengajuan

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini karena berbagai faktor yang dirasakan, mulai dari tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati keh

uang-100-juta

10 Cara Menghasilkan Uang 100 Juta di Tahun 2023!

Cara menghasilan uang 100 juta memang terdengar tidak mudah, karena ini bicara tentang mengatur sistem & mindset. Uang memang bukanlah hal yang paling penting dal

jenis-jenis-sim

7 Jenis Jenis SIM, Cara Membuat SIM Online & Biaya Perpanjangan

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu surat tua yang wajib dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di I