Piutang adalah

Dalam kegiatan bisnis maka anda tidak akan terlepas dari istilah hutang piutang. Kedua hal ini mirip namun memiliki perbedaan. Banyak orang yang menganggap bahwa piutang adalah hutang, padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Lalu Apakah perbedaan utang dan piutang berikut penjelasannya:

Apa Itu Piutang?

Piutang adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang berkaitan dengan penagihan kepada konsumen yang telah berhutang. Piutang juga sering disebut sebagai account receivable (AR). Secara umum piutang adalah sejumlah pinjaman yang ada karena penjualan barang atau jasa yang dilakukan secara kredit atau sejumlah pinjaman seseorang kepada orang lain yang dapat ditagih pada jangka waktu tertentu.  Pengertian piutang secara luas adalah tuntutan terhadap pihak lain berupa uang barang atau jasa yang dijual secara kredit.

Piutang umumnya berasal dari transaksi penjualan barang dan jasa perusahaan, dimana pembayaran oleh pihak yang bersangkutan akan dilakukan setelah tanggal transaksi jual beli. Dikarenakan piutang adalah harta perusahaan atau bisnis maka penting sekali untuk melakukan prosedur yang wajar dengan cara-cara yang aman dan nyaman dengan para debitur demi kesejahteraan perusahaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), piutang adalah uang yang dipinjamkan atau ditagih dari seseorang atau tagihan uang perusahaan kepada pelanggan yang diharapkan akan dilunasi dalam waktu paling lama 1 tahun sejak dikeluarkannya tagihan.

Pengertian piutang dalam akuntansi yaitu sebagai unsur aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang ada karena penjualan barang atau jasa juga pemberian kredit terhadap debitur yang diberikan tempo 30-90 hari untuk pembayarannya.

Piutang adalah

Perbedaan Piutang Dan Utang

Menurut KBBI, hutang atau utang memiliki arti yaitu uang yang dipinjam dari orang atau pihak lain serta memiliki kewajiban membayar kembali apa yang sudah ia terima. Hak pada utang meliputi barang atau uang, sedangkan piutang adalah kebalikannya, yaitu hak milik kita atau perusahaan yang belum dibayarkan oleh orang lain atau pihak lain. Ketika anda menerima piutang biasanya ada penerimaan tambahan yang disebut dengan bunga piutang berbeda dengan saat membayar hutang umumnya ada tambahan beban yang disebut dengan bunga.

Jenis Piutang

Ada beberapa jenis piutang yang bisa anda ketahui antara lain:

  • Piutang Usaha

Piutang usaha adalah sejumlah pembelian kredit atau terutang yang belum dibayar oleh pelanggan. Jenis piutang ini disebut juga dengan piutang dagang atau trade account. Piutang dagang adalah saldo yang belum dibayar pelanggan atas pembelian produk tertentu. Umumnya, tagihan piutang usaha diminta selama 1 sampai 2 bulan atau sesuai kesepakatan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh penjual. Sedangkan untuk besarnya piutang usaha mengacu pada harga barang atau jasa yang dibeli serta tambahan suku bunga dan nilai jatuh tempo yang sudah ditetapkan.

  •  Wesel Tagih

Wesel tagih adalah dokumen berupa surat yang berisi penagihan hutang tertentu. umumnya piutang ini Ditagih dalam waktu 2 sampai 3 bulan.

  • Piutang Lainnya

Piutang lainnya antara lain seperti piutang pajak dan bunga yang dalam pelaporannya dicatat di luar neraca keuangan.

Contoh piutang bukan dagang antara lain :

  • Penjualan surat berharga atau kepemilikan selain barang dan jasa.
  • Pembayaran di awal pembelian.
  • Saham yang harus disetor.
  • Uang muka bagi para pemegang saham, direktur, pejabat, karyawan dan perusahaan afiliasi.
  • Setoran awal untuk menjamin kontrak atau pembayaran biaya.
  • Tuntutan atas kerugian atau kerusakan produk.
  • Setoran kepada kreditur, perusahaan keperluan umum, dan serta lembaga lainnya

Hukum Hutang Piutang

Piutang adalah

Hukum asal utang-piutang adalah mubah menurut kacamata Islam. Transaksi ini diperbolehkan selama dilakukan dengan tujuan dan cara yang baik. Salah satu transaksinya dilakukan sesuai kesepakatan dan pihak pengutang sadar untuk melunasi hutangnya. 

Pada bisnis hukum, utang-piutang adalah hal yang lumrah dilakukan oleh penjual dan pembeli. Umumnya penjual membutuhkan modal usaha lebih banyak untuk mengembangkan usahanya sehingga mereka memilih untuk berhutang kepada pihak lain. 

Begitu juga saat memberikan pinjaman atau piutang kepada pelanggan. Hal ini dilakukan agar pembeli bisa merasakan kemudahan dan akhirnya melakukan transaksi dengan begitu penjual tetap mendapatkan keuntungan meski butuh waktu yang lebih lama. Sejumlah piutang dan bunganya nanti juga akan dibayar oleh pembeli yang nantinya menjadi sumber kas bermanfaat bagi kelangsungan usaha kedepannya.

Cara Mengelola Piutang Bagi Pebisnis

Lakukan pengendalian piutang secara ketat

Tentukan kebijakan kredit secara ketat agar anda tidak memberikan piutang kepada konsumen, kebijakan tersebut bisa dibuat seperti berikut ini:

  • Pilih siapa yang boleh memperoleh piutang. Sebagai contoh anda hanya memberikan piutang pada pelanggan yang memiliki kartu member khusus atau pelanggan yang baru pertama kali membeli di toko anda.
  • Buat aturan khusus tentang nilai suku bunga tanggal jatuh tempo nilai jatuh tempo dan sistem angsuran bagi pelanggan. Lengkapi juga dengan sanksi berupa denda atau kebijakan tertentu yang anda terapkan untuk pelanggan jika mereka menunggak cicilan.
  • Tentukan risiko kredit, return, serta potongan-potongan kredit bagi pelanggan.
  • Pertimbangkan juga kebijakan kredit ketat dengan mempersingkat waktu jatuh tempo sehingga konsumen bisa lebih semangat untuk melunasi hutangnya.
  • Terapkan aturan khusus bagi konsumen yang memiliki riwayat buruk dalam membayar hutang.

Buat Surat Perjanjian Hutang Piutang

Sebelum pelanggan memutuskan untuk mengkredit mengajukan kredit, maka sebaiknya Anda jelaskan tentang peraturan dan skema hutang piutang mulai dari sistem cicilan, suku bunga tanggal jatuh tempo dan sanksi yang diberlakukan. Lengkapi juga tentang peraturan yang dibuat dalam surat perjanjian khusus yang didalamnya harus ditandatangani oleh pelanggan sebelum melakukan hutang piutang. Dengan begitu anda pun bisa lebih nyaman saat menagih hutang jika mereka menunggak pembayarannya.

Baca juga: Contoh & Pengertian Surat Perjanjian Pelunasan Hutang

Lakukan Secara Rutin

Anda bisa melakukan pembukuan utang piutang secara rutin saat membuat perjanjian di awal. Hal ini dilakukan untuk mengecek kas usaha anda serta menganalisa perputaran piutang yang sudah anda berikan.

  • Buat Daftar Khusus Piutang

Hal pertama yang perlu Anda lakukan juga dalam pembukaan piutang adalah dengan membuat daftar khusus piutang yang disebut dengan kartu piutang. Kartu piutang adalah catatan akuntansi berupa buku yang berisi mutasi piutang perusahaan kepada pelanggannya. Detail daftar piutang mulai dari identitas pelanggan hingga alamat dan kontak yang bisa dihubungi lalu tuliskan juga jumlah tagihan waktu tempo hingga daftar cicilan yang sudah dibayarkan. Kartu piutang ini akan membantu anda untuk mengevaluasi keaktifan pelanggan dalam membayar hutang.

Analisa Perputaran Piutang Secara Efektif

Analisa piutang ini bermanfaat untuk menilai seberapa efektif pengumpulan piutang yang sudah dilakukan. Jika rata-rata waktu pengumpulan piutang lebih lama daripada batas pembayarannya maka pengumpulan tersebut kurang efektif. Untuk itu Anda harus segera membenahi kebijakan piutang usaha anda.

Aktif Menagih Piutang

Anda juga harus menyiapkan pelanggan melalui email, SMS, atau whatsApp setiap mendekati tanggal jatuh tempo. Hal ini perlu rutin dilakukan agar pelanggan tidak lupa untuk melakukan angsuran dan segera melunasi hutang. Jika dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lama di mana pelanggan tidak membayar hutangnya maka anda bisa kembali ke kebijakan piutang yang telah ditetapkan seperti menerapkan denda atau menyita barang berharga sebagai jaminan.

Hutang Piutang harus Tetap Aman

Namun, jika Anda ingin berhutang, maka pastikan bahwa pemberi hutang adalah pihak yang bisa dipercaya dan aman. Ini penting karena kesepakatan hutang piutang tak hanya soal nominal, tapi juga kenyamanan, seperti mengajukan pinjaman modal usaha. Pilihlah fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK sehingga Anda bisa mengajukan pinjaman aman seperti di Lancar by Danamas. 

Kehadiran Lancar by Danamas bisa menjadi solusi kesulitan modal usaha ukm yang ingin membesarkan bisnisnya. Satu-satunya cara adalah dengan tambahan modal yang cukup. Untuk itu, langsung ajukan pinjaman sekarang dan nikmati penawarannya yang praktis dan cepat hingga pinjaman besar Rp 2 miliar.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Laporan perubahan modal

Laporan Perubahan Modal: Pengertian & Contohnya

Dalam sebuah perusahaan, sebuah laporan keuangan pasti diperlukan untuk mengetahui kemana arus kas yang tengah berjalan. Ada banyak jenis laporan keuangan yang sebuah perusahaan buat demi mendapatkan informasi tersebut. Salah satu laporan yang dibuat adalah laporan perubahan modal. 

Di artikel ini, kami akan membahas tentang laporan perubahan modal. Dimulai dari definisi, komponen, hingga contoh-contohnya. Yuk, simal artikel ini!

Definisi Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal

Menurut penjelasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laporan perubahan modal merupakan sebuah laporan yang membahas mengenai perubahan modal yang terjadi di sebuah perusahaan dalam waktu tertentu. Perubahan ini bisa saja terjadi karena adanya tambahan dalam investasi, penurunan atau peningkatan laba, atau pengambilan uang untuk keperluan pribadi. 

Komponen Laporan Perubahan Modal

Untuk menyusun sebuah laporan perubahan modal, ada beberapa hal yang harus ada di dalam laporan tersebut. Berikut adalah unsur-unsur komponen yang perlu ada di dalam laporan perubahan modal: 

1. Saldo Awal

Saldo awal atau saldo pembukaan adalah kumpulan saldo akhir dari laporan yang telah dibuat pada periode sebelumnya.  Semua penambahan dan pengurangan yang terjadi selama transaksi akan dilakukan pada saldo awal laporan ekuitas.

2. Pendapatan Bersih dan Lainnya

Pendapatan bersih merupakan pendapatan yang didapat setelah semua kegiatan dan pengeluaran non-operasional yang dikurangkan disaat periode akuntansi tersebut. Komponen laporan perubahan modal selanjutnya adalah pendapatan bersih. Nilai ini bisa Anda dapatkan dari laporan laba rugi, setelah pencatatan keuangan pada periode yang ditentukan.

Pendapatan lainnya mencakup keuntungan yang didapatkan diluar dari catatan yang berada di laporan laba rugi. Laporan ini tidak dicampur dengan pendapatan bersih.

4. Penerbitan Saham

Jumlah yang bisa dicatat ke dalam laporan ini adalah ketika ada saham baru yang diterbitkan dan ketika ada terjadi peningkatan ekuitas dari pemegang saham. 

Baca juga: Manfaat Laporan Keuangan Bagi Investor yang Wajib Diketahui

5. Kerugian Bersih dan Kerugian Lainnya

Net loss merupakan jumlah kerugian yang dialami perusahaan, dari kegiatan dalam sebuah periode dalam tahun anggaran. Kerugian bersih ini dapat mengurangi total modal perusahaan. Jika ada sebuah kerugian yang terjadi, hal tersebut harus dicatat di dalam laporan perubahan modal. 

Selain pendapatan lainnya, kerugian lainnya juga terdapat disini. Biaya atau kerugian yang ada namun tidak diakui dalam laporan laba rugi, akan masuk dalam kategori kerugian lainnya. Meskipun demikian, laporan ini juga harus tertulis di dalam laporan.

7. Dividen 

Dividen dibagi secara merata dengan sesama pemilik saham ketika RUPS (Rapat umum pemilik saham) tengah dilaksanakan.

8. Penarikan Modal 

Formula Laporan Perubahan Modal

Untuk menghitung perubahan modal, terdapat sebuah rumus yang digunakan. Perhitungan ini mencangkup saldo awal dan akhir, net profit, dividen, dan juga perubahan lain yang terjadi. Dibawah ini adalah rumus yang digunakan :

Saldo Akhir Ekuitas = Saldo Awal Ekuitas + Net Profit – Dividen +/- Perubahan Lainnya (kerugian atau keuntungan lainnya)

Contoh laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal

Berikut merupakan sebuah contoh laporan perubahan modal. Di sisi kanan merupakan segala pemasukan yang ada di dalam sebuah perusahaan. Isinya merupakan modal awal dan juga laba bersih yang ditambahkan. Sedangkan di sisi kiri, merupakan seluruh pengeluaran yang ada. Ada beberapa hal yang dikurangkan, yaitu prive, laba ditahan, dan juga koreksi. Ketika sudah dikumpulkan, totalnya ditambahkan dan dikurangkan dengan modal awal, menghasilkan modal akhir dari perusahaan.

Ketika terjadi sebuah perubahan dalam modal, ada baiknya bilamana dituliskan ke dalam laporan. Baik itu pengurangan atau penambahan, perubahan modal harus ditulis sehingga memiliki data tentang keuangan perusahaan yang benar. 
Untuk solusi penambahan modal, lancar by danamas bisa membantu anda! Dengan tenor yang fleksibel dan hingga 10 tahun, kami dapat membantu anda memberikan pinjaman modal usaha yang tepat untuk perusahaan anda! Ingin tahu lebih lanjut, kunjungi website kami di www.lancar.id untuk tahu lebih lanjut!

Cara menabung untuk menikah

Cara Menabung Untuk Menikah, Cepat & Efisien

Pernikahan mungkin merupakan sebuah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Untuk dapat mengucapkan janji selamanya kepada sosok yang anda sayang pasti juga merupakan sebuah hal yang bahagia. Untuk merayakan acara yang bahagia ini, tentu sebuah perencanaan yang matang harus dibuat agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik. Meskipun demikian, perencanaan juga merupakan sebuah hal yang melelahkan, dan akan menjadi sedikit menyusahkan bila tidak direncanakan dengan benar. 

Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang cocok agar dapat menabung untuk menikah tanpa menguras kantong terlalu banyak. Simak langkah-langkah ini, yuk!

Tips Menabung Untuk Menikah

  • Siapkan Budget Yang Sesuai

Mengalokasikan dana untuk pernikahan merupakan sebuah hal yang penting. Dengan anda menyiapkan budget yang sesuai dan yang dibutuhkan, anda bisa menyimpan uang yang cukup untuk pernikahan, dan juga tidak terbebani oleh pikiran yang menyatakan bahwa anda memiliki banyak sekali tabungan yang harus dilakukan. Jika belum pasti terhadap jumlah uang yang harus disiapkan, anda bisa memberi kisaran. 

Untuk menentukan budget yang sesuai, ada baiknya bilamana anda mencari tahu apa yang anda inginkan terlebih dahulu. Contohnya adalah, anda harus cari tahu apa yang anda beli dan dari vendor mana. Dengan anda mengetahui informasi ini, anda bisa membuat sebuah rencana yang sesuai dan buat budget yang cukup. Dengan anda memiliki budget yang ditentukan, anda bisa memiliki target dan tidak harus terlalu memikirkan target yang tidak kunjung tercapai. Intinya, anda bisa menabung dan memiliki sebuah tujuan yang pasti. 

  • Buat Sebuah Tabungan Khusus Untuk Pernikahan

Terkadang, jika anda memiliki tabungan yang banyak, ada hasrat ingin menggunakan uang tersebut untuk berbelanja. Uang tersebut mungkin saja bisa menghambat penyimpanan uang untuk pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa siapkan sebuah tabungan khusus untuk simpanan pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa fokus dalam menyimpan uang anda di tabungan tersebut, dan tidak dicampur tangan dengan pengeluaran yang anda lakukan untuk keperluan pribadi.

  • Saat Menabung, Tentukan Jumlah Uang Yang Digunakan

Untuk menabung dengan jumlah uang yang banyak sekaligus terkadang bisa membuat anda berpikir bahwa tabungan nikahan anda bisa cepat terisi. Namun, terkadang anda juga bisa merasa bahwa tabungan yang anda simpan bertumbuh lama. Karena uang yang besar dan anda mengejar target juga. Dengan ini, ada baiknya bilamana anda menentukan jumlah yang digunakan untuk ditabung. Dengan anda melakukan penabungan dengan jumlah yang ditentukan, anda tidak harus memikirkan banyak tentang jumlah uang yang harus segera ditabung. Anda bisa saja menabung 50 ribu per hari, pasti anda bisa mencapai target penabungan anda. 

Baca juga: Berapa Jumlah Dana Darurat Bagi Yang Sudah Menikah?

  • Cari Lokasi Pernikahan yang Menawarkan Paket yang Lain

Banyak sekali lokasi pernikahan yang menawarkan paket-paket yang sudah dijadikan satu, seperti tempat penginapan, dan lain-lain. Untuk menghemat budget, pastikan anda mencoba untuk mencari lokasi pernikahan yang ditawarkan beserta dengan tawaran-tawaran lain yang datang bersama dengan lokasi pernikahan ini. Mungkin saja, anda bisa menghemat karena tidak harus membayar katering, tempat menikah, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu cara untuk menyimpan budget agar tetap irit.

Inilah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk dapat menabung untuk menikah dengan mudah. Keperluan untuk menikah bisa saja bergantung kepada uang anda yang ingin di tabung, namun jika soal modal usaha, kami (Lancar by Danamas) siap membantu anda! Yuk, kunjungi kami di www.lancar.id, untuk dapat membantu anda dalam pemberian modal usaha

credit score

Paham Credit Score sebelum Ajukan Pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.