Kurs-Tengah-BI

Anda pastinya tidak asing dengan istilah kurs jual dan kurs beli. Istilah ini sering terdengar dalam dunia bisnis dan ekonomi, terutama untuk pebisnis yang skalanya sudah mencapai impor dan ekspor. Selain kedua kurs tersebut, ada istilah yang bernama kurs tengah atau kurs tengah BI yang familiar dalam dunia bisnis dan juga ekonomi. Bagi pengusaha, penting juga untuk memahami istilah kurs tengah bi ini. 

Secara umum, kurs diartikan sebagai nilai atau harga mata uang sebuah negara yang bisa diukur dengan mata uang negara lain. Seperti yang dikatakan oleh ahli ekonomi, Fabozzi dan Franco, kurs adalah jumlah mata uang yang bisa ditukar per unit mata uang lain atau harga satu mata uang dalam mata uang lain. Pengertian kurs lainnya juga dikemukakan oleh Ekananda, kurs adalah harga mata uang sebuah negara relatif terhadap mata uang negara lainnya.

Dalam artikel ini, Anda tidak hanya mengetahui pengertian kurs, tetapi juga penjelasan tentang kurs tengah bi, kurs jidor, daftar nilai tukar, faktor yang mempengaruhi nilai kurs, dll. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang kurs tengah bi, simak artikel dibawah ini.

Apa itu Kurs Tengah BI?

Kurs tengah BI adalah salah satu jenis perhitungan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, dimana nilainya berada di antara kurs jual dan juga kurs beli, sehingga metode perhitungannya dengan menjumlahkan kurs jual dan kurs beli, kemudian hasilnya dibagi dua. 

Di Indonesia sendiri, kurs tengah sering disebut dengan kurs tengah BI. Bank Indonesia (BI) merupakan lembaga keuangan yang mempunyai kewenangan penuh untuk menerbitkan nilai kurs setiap hari, termasuk kurs tengah. Kurs tengah BI merupakan kurs yang digunakan untuk mencatat nilai konversi mata uang asing dalam laporan keuangan perusahaan, dimana kurs ini merupakan kurs antara kurs jual dan kurs beli. 

Fungsi Kurs Tengah BI dalam Bisnis

Setiap harinya, kurs ini tidak digunakan untuk aktivitas penukaran mata uang asing , namun kurs tengah BI mempunyai peran penting baik dari segi keuangan maupun bisnis. Dalam keuangan kurs tengah digunakan pada pelaporan keuangan, sedangkan pada bisnis digunakan untuk pelaporan pajak. Berikut adalah penjelasannya:

Kurs Tengah Pada Laporan KeuanganKurs Tengah Pada Laporan Pajak
– Berfungsi untuk mencatat suatu nilai konversi mata uang asing di laporan keuangan perusahaan setiap tanggal 31 Desember atau saat tutup buku.– Kurs ini menggunakan pencatatan laporan keuangan perusahaan asing, maka mampu mempengaruhi perhitungan pajak penghasilan dari suatu perusahaan asing yang bergerak di Indonesia
РNilai tukar rupiah atas USD selalu berubah tiap waktu РKurs mampu mempengaruhi jumlah laba dalam suatu perusahaan.
РNilai aset di laporan keuangan perusahaan yang bernilai dolar amerika akan jauh berbeda ketika di akhir tahun bila dinilai menggunakan rupiah. РLaba menjadi acuan dalam penarikan pajak perusahaan

Cara Menghitung Kurs Tengah BI

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghitung kurs tengah BI, maka kini Anda bisa dengan mudah menggunakan rumus kurs tengah BI serta contohnya seperti dibawah ini. Simak ulasan cara menghitung kurs tengah BI dengan rumus dan contohnya. Ada juga rumus kurs tengah dan cara menghitung kurs tengah dolar.

Rumus Kurs Tengah BI

Kurs Tengah = (Kurs Jual + Kurs Beli) / 2

Contoh:

Jika Anda baru pulang dari luar negeri seperti Amerika Serikat dan akan menukarkan uang dari USD ke Rp di Money Changer, maka harga yang akan ditampilkan yakni 1 USD = Rp 13.000 / Rp 14.000

Harga yang lebih tinggi adalah uang dalam rupiah yang perlu Anda keluarkan untuk membeli setiap 1 USD. Sementara itu, harga yang lebih rendah adalah uang dalam rupiah yang akan Anda dapatkan setiap menjual 1 USD. Lantas, bagaimana dengan kurs tengah dari contoh tersebut?

Kurs Tengah = (13.000 + Rp 14.000) / 2

Kurs Tengah = Rp 27.000 / 2

Kurs Tengah = Rp 13.500

Dalam hal ini, jika Anda ingin menjual USD, lalu bertemu dengan pihak lain yang ingin membeli USD dan memutuskan untuk bertransaksi, maka Anda perlu memakai kurs tengah sebagai acuannya. Sisi baiknya jika Anda sebagai penjual maka bisa mendapatkan keuntungan Rp 500 untuk pembelian setiap 1 USD.

  1. Kurs Tengah BI

Kurs tengah BI adalah kurs yang diumumkan secara harian oleh Bank Indonesia dan nilainya bisa didapatkan dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Kurs Tengah BI = (Kurs Jual Bank Indonesia + Kurs Beli Bank Indonesia) / 2

  1. Kurs Tengah Dolar

Kurs tengah dolar adalah nilai tengah dari pertukaran sebuah mata uang tertentu dibandingkan dolar US. Sebagai contoh, 1 USD memiliki nilai bid sebesar Rp 15.000 dengan nilai ask sebesar Rp 14.000

Maka, nilai kurs tengah dolar adalah sebagai berikut:

Kurs Tengah Dolar = (Kurs Jual USD + Kurs Beli USD) / 2

Kurs Tengah Dolar = (Rp 14.000 + Rp 15.000) / 2

Kurs Tengah Dolar = Rp 14.500 

4 Nilai Tukar 

Nilai tukar adalah nilai tukar mata uang yang sesuai dengan pembayaran kini atau yang akan mendatang dari dua pasangan mata uang disetiap negara. Secara singkat, nilai tukar bisa diartikan sebagai nilai tukar mata uang sebuah negara yang diukur dengan mata uang negara lain. Kini, para ahli juga memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang nilai tukar. Seperti yang diartikan oleh Greg Mankiw seorang ekonom makro bahwa nilai tukar adalah harga yang perlu dinegosiasikan oleh penduduk kedua negara dan sangat berguna bagi perdagangan. Berikut empat nilai tukar yang perlu Anda ketahui, yakni:

  1. Tingkat Pembelian: Nilai tukar yang digunakan untuk membeli mata uang asing.
  2. Nilai Jual: Merupakan nilai tukar yang digunakan pedagang valuta asing atau bank untuk menjual mata uang asing.
  3. Tarif Menengah: Merupakan rasio antara kurs jual dan kurs beli, metodenya adalah dengan menjumlahkan dua nilai tukar dan membagi dua
  4. Nilai Tukar Pajak/ Fiskal: Merupakan nilai tukar yang berlaku untuk transaksi perpajakan di Indonesia termasuk pajak pertambahan nilai, bea masuk, barang dan jasa yang timbul dari penggunaan mata uang asing. 

Perbedaan JISDOR & Kurs Tengah BI

Selain kurs tengah, terdapat beberapa perusahaan yang mengacu pada kurs. JISDOR milik BI sebagai basis konversi mata uang pelaporan keuangan mereka. JISDOR merupakan singkatan dari Jakarta Interbank Spot Dollar Rate.

Berbeda dengan kurs tengah, JISDOR  dihitung berdasarkan rata-rata tertimbang (weighted average) volume transaksi valuta asing terhadap rupiah di pasar valuta asing Indonesia. Nilai tersebut dihimpun melalui sistem monitoring transaksi valuta asing terhadap rupiah di bank Indonesia. Data JISDOR akan tersedia adi setiap hari kerja yakni mulai Senin hingga Jumat dari jam 8 pagi hingga 4 sore, dan ditutup di hari Sabtu Minggu ataupun libur nasional yang ditetapkan sebagai hari libur dimana kegiatan perbankan ditutup. 

Apa itu JISDOR?

Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) adalah  sebuah harga spot USD/IDR. Harga spot ini berdasarkan dengan kurs transaksi USD/IDR terhadap mata uang rupiah antar bank pada valas Indonesia. Penentuan harganya dilakukan melalui sistem SISMONTAVAR atau Sistem Monitoring Transaksi Valuta Asing secara real time. JISDOR juga digunakan untuk memberikan referensi suatu harga pasar yang representatif untuk transaksi USD/IDR.

Fungsi JISDOR

Kini, JISDOR digunakan sebagai acuan dalam setiap transaksi yang melibatkan dolar AS, baik untuk perbankan maupun untuk non-bank. Acuan ini dinilai kurang akurat dikarenakan spot harga yang tidak didasari pada transaksi aktual, maka akibatnya yang bisa saja muncul adalah informasi yang kurang simetris, sehingga membuat pembentukan harga di pasar menjadi kurang efisien. 

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Kurs

Nilai kurs atau nilai mata uang sering dipakai untuk mengukur level perekonomian sebuah negara. Nilai kurs ini memegang peranan penting dalam perdagangan antar negara, dimana hampir sebagian besar negara-negara didunia kini terlibat dalam aktivitas ekonomi pasar bebas. Bagi perusahaan investasi dan investor mancanegara, nilai tukar mata uang akan berdampak pada return dan portofolio investasinya. Adapun faktor yang mempengaruhi nilai kurs, antara lain:

  1. Tingkat Inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga pada barang atau jasa. Hal ini membuat adanya perubahan harga mata uang lokal dan harga mata uang asing. Pada pasar valas yang menjadi dasar utama adalah perdagangan internasional, baik dalam bentuk jasa atau barang. Maka, perubahan harga dalam negeri yang relatif terhadap harga luar negeri adalah faktor yang mempengaruhi pergerakan nilai mata uang asing.

  1. Kegiatan Neraca Pembayaran

Sebuah nilai tukar mata uang juga dipengaruhi oleh neraca pembayaran. Neraca pembayaran yang aktif adalah peningkatan permintaan dari pihak asing sehingga mampu meningkatkan nilai mata uang lokal.

  1. Perbedaan Tingkat Suku Bunga di Berbagai Negara

Arus modal internasional dipengaruhi oleh perubahan tingkat suku bunga pada sebuah negara. Bisa dikatakan, kenaikan suku bunga ini akan memancing masuknya modal asing. Tingkat suku bunga bisa mempengaruhi operasi pasar valuta asing dan pasar uang. Hal ini karena saat melakukan transaksi, pihak bank akan melihat perbedaan suku bunga pasar modal nasional maupun pasar global.

  1. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah mempengaruhi nilai tukar mata uang. Berbagai contoh dari kebijakan itu adalah upaya pemerintah dalam menghindari masalah nilai tukar valas dan perdagangan internasional, serta mengintervensi pasar uang.

  1. Ekspektasi

Ekspektasi nilai tukar yang terjadi di masa depan juga dapat mempengaruhi nilai tukar hal ini berkaitan dengan efek ataupun isu yang sedang terjadi. Misalnya berita meningkatnya inflasi Amerika Serikat bisa mengakibatkan pedagang valuta asing menjual nilai dolarnya, karena nilai nya bisa menjadi menurun di masa depan. 

Tingkatkan Performa Bisnis dengan Modal Usaha Berizin OJK

Bagi pebisnis, mulai membuat strategi bisnis adalah hal yang lumrah, terlebih lagi jika mereka ingin meningkatkan penjualan. Bila Anda membutuhkan tambahan modal usaha, maka Danamas dapat membantu Anda mengembangkan usaha dengan pinjaman beragunan properti. Pinjaman umkm online terpercaya dari Danamas ini mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. 

Untuk semakin memudahkan Anda, maka Anda bisa disimulasikan di kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk hitung nilai aset yang dijadikan agunan. Setelah itu, coba langsung ajukan melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sekarang di smartphone Anda.  

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

tabungan-haji-yang-bagus

12+ Tabungan Haji yang Bagus: Cara Hitung & Pendaftaran Tabungan Biaya Haji 2023

Tabungan haji memiliki konsep yang sama dengan tabungan pendidikan ataupun tabungan rencana. Hal yang membedakannya adalah pada tabungan haji, setiap orang biasanya tidak dibe

cara-over-kredit-rumah

Cara Over Kredit Rumah : Cara, Sistem, Definisi & 10 Syaratnya

Over kredit rumah bisa menjadi mimpi solutif untuk membeli rumah pertama Anda semakin mudah dengan banyaknya alternatif yang bisa dipertimbangkan. Anda bisa membeli rumah dala

fengshui-rumah-banyak-rejeki

15 Fengshui Rumah Agar Banyak Rejeki & Pemasukan

Fengshui rumah banyak rejeki sering dianggap penting ketika sedang membangun rumah. Geomansi, atau fengshui, bukanlah hal yang baru. Anda pasti pernah mendengar tentang orang