invoice adalah

Dalam dunia transaksi jual beli maka sudah sangat umum adanya bukti bayar yang sangat bermanfaat bagi keamanan transaksi antar kedua belah pihak. Maka dari itu dalam sebuah transaksi jual-beli ataupun bisnis dibutuhkan invoice sebagai dokumen yang bisa dijadikan bukti transaksi. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang invoice maka simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Invoice?

Invoice adalah lembar daftar tagihan yang dikeluarkan oleh penjual ke pembeli. Umumnya invoice ada saat pembeli menyelesaikan sebuah pesanan dan penjual mengirimkan pesanan tersebut. Invoice adalah istilah yang erat kaitannya dengan akuntansi maka dengan adanya invoice, hal ini menjadi faktor penting dalam merekam keuangan perusahaan. Umumnya invoice dicetak dengan membuat rangkap 3 untuk pembeli penjual dan juga cadangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan khas masing-masing pihak yang terlibat di dalam transaksi tersebut.

Jenis-Jenis Invoice

  • Invoice Biasa

Jenis invoice ini adalah faktur yang sering dipakai saat melakukan transaksi. Isi dari invoice ini merupakan keterangan dari badan usaha pihak penjual dan pembeli, total harga, item produk yang harus dibayarkan oleh perusahaan pembeli.

  • Invoice Konsuler

Jenis invoice ini adalah umum dipakai bagi perdagangan internasional atau antar negara. Maka ini tidak bisa sembarangan dicetak dan harus memiliki cap khusus sebagai tanda pengesahan dan persetujuan dari kedutaan besar negara atau perwakilan negara yang dituju.

  • Invoice Proforma

Invoice proforma adalah invoice yang memiliki sifat sementara. Dokumen ini umumnya diberikan kepada pihak pembeli sebelum pihak penjual mengirimkan semua barang pesanan. Umumnya barang akan dikirimkan secara berkala lalu secara menyeluruh barang yang diterima nantinya maka pihak penjual akan memberikan invoice biasa. Hal ini bertujuan sebagai dokumen penagihan dan bukti bahwa barang sudah diterima oleh pembeli secara menyeluruh.

Fungsi Invoice

Invoice adalah salah satu bukti transaksi yang paling sering dipakai untuk penagihan juga untuk penagihan hutang. namun ada juga fungsi lain invoice antara lain adalah:

  •  Sebagai Bukti Pembelian

Saat membeli barang dari supplier maka invoice yang diterima perusahaan adalah bukti adanya transaksi tersebut. Informasi yang tertera dalam invoice juga menjadi rujukan data tentang detail barang atau jasa yang dibeli, mulai harga per unit jumlah hingga total harga pembelian.

  •  Bukti Penjualan

Bukti penjualan yang merupakan fungsi invoice dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menagih kepada klien atau konsumen serta menjadi bukti penjualan yang harus dicatat dalam pembukuan sebagai piutang usaha.

  •  Informasi Utang Usaha

Fungsi invoice yang satu ini bisa juga sebagai rujukan tim keuangan akan utang usaha yang perlu dibayar berikut termin pembayaran nya.

  •  Rujukan Pembukuan Akuntansi

Invoice sistem menjadi salah satu rujukan game keuangan untuk pencatatan transaksi dalam pembukuan perusahaan, termasuk didalamnya hutang atau piutang usaha.

  • Bukti Pelaporan Pajak

Invoice dipakai sebagai bagian dari pembayaran pajak di mana menjadi dokumen pendukung yang dibutuhkan saat pelaporan pajak tiap tahunnya.

  • Tunjukkan Jika Ada Kesalahan

Saat ada kesalahan pengiriman maka invoice bisa menjadi salah satu bukti rujukan bersama dengan order dan bukti tanda terima. Nantinya tim keuangan harus mencocokkan beberapa dokumen tersebut sebelum mengeksekusi pembayaran.

Perbedaan Invoice Dengan Nota Dan Kwitansi

InvoiceNotaKuitansi
Dokumen transaksi berupa perhitungan penjualanTanda bukti pembayaran serta tanda jual beli secara kontanTanda bukti transaksi 
Invoice diberikan kepada pembeli ketika barang dikirim walau pembayaran belum dilakukan oleh pembeliNota diberikan penjual kepada pembeli setelah terjadinya pembayaranKuitansi diberikan kepada pembeli setelah terjadi pembayaran yang dibubuhi dengan tanda tangan penerima uang

Cara Membuat Invoice

Jika anda berencana untuk membuat invoice maka ada beberapa komponen yang bisa anda lampirkan atau masukan ke dalam invoice seperti berikut ini:

  • Bagian Atas

Pada bagian atas bisa anda cantumkan beberapa hal seperti:

  1. Judul
  2. Nama perusahaan
  3. Nomor invoice
  4. Nama penjual dan pembeli
  5. Tanggal transaksi
  6. Tujuan pengiriman
  7. Bagian tengah invoice
  8. Nomor
  9. Nama produk
  10.  Harga
  11.  Deskripsi
  12.  Jumlah masing-masing produk
  13.  Harga total produk
  14.  Cantumkan juga PPN
  • Bagian Bawah

Pada bagian bawah cantumkan komponen berikut ini:

  1. Ongkos kirim (Cantumkan Jika Anda mengirim barang lewat jasa ekspedisi termasuk rincian ongkos kirim dan berat hingga tujuan pengiriman paket).
  2. Asuransi barang
  3. Total pembayaran
  4. Beri keterangan tempat tanggal tanda tangan dan nama client

Poin Penting dalam Invoice

Komponen dalam invoice antara lain sebagai berikut:

  • Tanggal transaksi
  • Nomor invoice
  • Nama penjual dan pembeli
  • Rincian produk berupa barang atau jasa
  • Promo atau diskon jika ada
  • Pajak jual beli
  • Tanda tangan dengan nama jelas dari perusahaan penjual

Tips Agar Invoice Cepat Dibayarkan Oleh Klien

  • Kirimkan invoice segera setelah pengiriman barang maka pembeli bisa segera menyiapkan dana. Bisa jadi perusahaan memiliki birokrasi yang cukup berbelit sehingga membutuhkan waktu untuk sampai dananya cair.
  • Cantumkan tenggat waktu. Tenggat waktu memberikan pengingat kepada pembeli sehingga anda bisa menghubungi mereka untuk memberitahukan bahwa tenggat waktu hampir dekat untuk melakukan pembayaran.
  • Berikan reward bagi pembeli yang sudah membayar tepat waktu atau seminggu sebelum tenggat waktu. Reward tersebut bisa berupa hadiah souvenir atau diskon pembelian selanjutnya.
  • Berikan juga sistem pembayaran yang fleksibel sehingga akan memudahkan klien dalam memilih alat pembayaran.
  • Kirimkan pesan untuk mengingatkan klien secara berkala dengan pesan singkat seperti tiga hari sebelum waktu tanggap pembayaran.

Baca juga: Pengertian Phishing, Jenis, dan Tips Menghindarinya

Dengan memahami cara membuat invoice, maka Anda sebagai pengusaha bisa dengan percaya diri mengelola keuangan dan bekerjasama dengan partner bisnis. Untuk kebutuhan modal usaha, Anda bisa percayakan ke Danamas, fintech lending berizin OJK. Dengan pinjaman bisnis hingga Rp 2 miliar, maka Anda bisa megembangkan usaha lebih besar dan wujudkan strategi promosi lebih gencar. Ajukan pinjaman Anda sekarang lebih mudah di aplikasinya yang bisa Anda download dari playstore atau appstore.

 Contoh Invoice 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

rtgs-adalah

Mengenal Metode Transfer: RTGS, Bi-Fast hingga Real-Time Online

Di era sekarang ini, transaksi transfer keuangan di bank sudah menjadi hal yang lumrah di tengah masyarakat Indonesia. Ada beberapa pilihan metode yang dapat anda pilih untuk melakukan transfer, mulai dari kliring, RTGS, Bi-Fast hingga real time. Namun, sayangnya masing sedikit orang yang memahami berbagai metode transfer uang ini. Hanya beberapa orang yang tahu bahwa mereka bisa mengirim uang dengan cepat atau butuh beberapa waktu hingga sampai di rekening penerima.

Berbagai metode transfer di bank ini bisa Anda nikmati sesuai dengan layanan dari setiap bank. Dengan banyaknya pilihan metode transfer ini tentu akan membantu anda untuk mendapatkan kemudahan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, tiap metode ini memiliki biaya administrasi yang berbeda sesuai dengan layanan, semakin cepat metode transfernya, maka semakin mahal juga biaya administrasinya.

Artikel ini akan memberikan anda informasi seputar RTGS, mulai dari pengertian, perbedaan, kelemahan hingga cara kerja nya. Selain itu, informasi tentang layanan metode transfer lainnya seperti LLG, Real Time online, dll. Semua akan dikupas tuntas dibawah ini. Simak penjelasannya hingga akhir ya agar Anda semakin paham.

Apa itu Metode Transfer RTGS (Real-Time Gross Settlement)

RTGS atau Real-Time Gross Settlement adalah salah satu mekanisme pembayaran untuk mengirimkan uang dalam jumlah yang besar. RTGS ini merupakan layanan untuk nasabah yang ingin melakukan transaksi dengan nominal lebih dari 100 juta rupiah. Seperti namanya, RTGS memiliki fungsi utama untuk mentransfer uang ke rekening yang dituju secara real time. Akan tetapi, walaupun terdapat kata “Real-Time” bukan berarti uang yang anda kirim akan langsung diterima di waktu yang sama, karena proses pembayaran ini juga memerlukan waktu tertentu. Proses transfer menggunakan RTGS pada umumnya memerlukan waktu kurang lebih 4 jam atau mungkin lebih cepat untuk sampai ke rekening penerima.

a. Berapa Biaya RTGS (Real-Time Gross Settlement)?

Pada umumnya, biaya transfer menggunakan metode Real-Time Gross Settlement atau RTGS lebih besar dibandingan dengan transfer menggunakan LLG dan real-time online, yaitu berkisar antara Rp25.000 hingga Rp30.000. Biaya transfer ini juga berbeda-beda tergantung dari kebijakan penyedia layanan atau bank masing-masing.

b. Limit RTGS (Real-Time Gross Settlement)

Anda bisa menggunakan metode transfer RTGS ketika anda ingin mengirim dana dengan jumlah besar yaitu diatas 100 juta rupiah. Bank Indonesia telah mengatur batas minimum transfer RTGS adalah sebesar Rp100.000.001 dan untuk batas maksimal transfer berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing bank.

c. Cara Kerja RTGS (Real-Time Gross Settlement)

Anda memiliki kebebasan untuk melakukan transaksi Real-Time Gross Settlement atau RTGS melalui mobile banking atau melalui teller dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Dibandingkan dengan LLG atau kliring, RTGS memang memiliki waktu proses yang lebih cepat.

Jika anda melakukan transfer RTGS di pagi hari, bank akan segera memprosesnya dan uang akan sampai di rekening penerima beberapa jam setelahnya, tepatnya pada siang atau sore di hari yang sama. Tetapi, apabila transaksi dilakukan diatas pukul 3 sore atau menjelang tutupnya waktu operasional bank, uang akan sampai di rekening penerima pada keesokan harinya.Selain itu, apabila transfer dilakukan pada akhir bulan, yaitu tanggal 30 atau 31, pengiriman uang akan tertunda selama satu hari karena adanya proses tutup buku.

d. RTGS Berapa Lama?

Sebagai sistem transfer elektronik, maka ada kemudahan yang bisa dirasakan oleh nasabah. Kecepatan penerimaan dana melalui RTGS dinilai lebih cepat daripada real time. Proses transfer dana ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Namun, jika transfer dilakukan diatas jam 3 sore, maka akan diproses esok hari, seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Apa itu Metode Transfer LLG (Lalu Lintas Giro)

Selain RTGS, ada metode transfer lain yang bisa anda gunakan yaitu LLG atau Lalu Lintas Giro. LLG adalah metode transfer uang dengan menggunakan fasilitas kliring bank. Di Indonesia, metode ini diatur oleh Bank Indonesia melalui Sistem Kliring Nasional (SKN) yang merupakan sistem transfer dana elektronik meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional.

Metode transfer ini merupakan metode transfer yang membutuhkan proses paling lama dibandingkan dengan metode lainnya, yaitu sekitar dua sampai tiga hari karena ketika anda melakukan transfer melalui SKN, pihak bank akan mengirimkan uang yang akan ditransfer ke Bank Indonesia, kemudian Bank Indonesia mengirimkan uang tersebut ke rekening bank penerima. Anda bisa melakukan transfer melalui SKN dengan dana maksimal sebesar 100 juta rupiah. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, biaya administrasi transfer melalui SKN tergolong murah, yaitu Rp5.000.

Apa itu Metode Transfer Real-Time

Selain RTGS dan LLG, masih ada metode transfer lainnya yaitu Real-Time. Metode transfer real-time adalah jenis transfer yang biasa anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Metode real-time atau yang lebih dikenal dengan transfer online ini bisa melakukan proses transfer lebih cepat dibandingkan dengan RTGS dan LLG. Proses transfer real-time hanya membutuhkan waktu hitungan detik saja, sehingga dana yang kamu kirimkan bisa langsung masuk ke rekening penerima dalam waktu yang bersamaan.

Walaupun transfer real-time tergolong cepat, namun dana yang bisa ditransfer jauh lebih kecil dibandingkan dengan RTGS dan LLG, yaitu hanya 25 juta rupiah. Selain itu, berbeda dengan RTGS dan LLG yang mengharuskan anda ke teller bank untuk melakukan pengiriman uang, anda bisa melakukan transfer real-time melalui ATM, mobile banking, ataupun internet banking.  Jika anda melakukan transfer antar bank, biasanya anda akan dikenakan biaya administrasi berkisar antara Rp2.500 hingga Rp6.500, per transaksi. Biaya administrasi dan batas jumlah transfer pada transfer online berbeda-beda tergantung dengan kebijakan bank masing-masing, bahkan ada beberapa bank yang menggratiskan biaya transfer.

Apa itu Metode Transfer Bi-Fast

Bi-Fast adalah sistem pembayaran ritel nasional yang bisa memfasilitasi pembayaran ritel secara realtime, efisien, aman dan bisa ada selama 24 jam. Bi-Fast diperkenalkan pada 21 Desember 2021 sebagai SKNBI atau Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia. Selain itu, Bi-Fast juga ikut mendukung pembayaran nasional dan integrasi ekonomi keuangan digital yang bisa cepat dan mudah secara end-to-end.

Apa Perbedaan Bi-Fast & Real Time

Kini, ada lagi fitur yang banyak ditawarkan oleh bank, yaitu Bi-Fast. Layanan ini dianggap memiliki pelayanan paling baik dan cepat karena bisa mengirim uang secara cepat dengan biaya transaksi yang cenderung lebih murah. Lalu, apa bedanya dengan layanan realtime? Berikut perbedaan Bi-Fast dan real time yang bisa Anda ketahui.

AspekBi-FastReal Time
Biaya TransaksiRp 2.500Rp 6.500
Nominal TransaksiRp 250 jutaRp 25 juta
FiturAda banyak fiturnya, antara lain:Fraud Detection & Anti Money Laundering (AML)Countering Financing of Terrorism (CFT)Proxy Address yang memudahkan pengguna bertransaksi dengan memakai nomor telp dan email sebagai alternatif nomor rekening.Fitur standar tiap bank

Perbedaan LLG, RTGS, Real-Time

Ada juga fitur layanan bank untuk transfer seperti LLG, RTGS dan Realtime. Ketiga metode transfer ini juga cukup populer dan bisa jadi pilihan Anda yang ingin mengirim uang sesuai kebutuhan. Lalu, apa saja perbedaan dari ketiga metode transfer ini? Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat tabel berikut mengenai perbedaan dari masing-masing metode transfer bank.

AspekLLG (Lalu Lintas Giro)RTGS(Real-Time Gross Settlement)Real-Time
Waktu proses2-3 hari3-4 jamSaat itu juga
Sarana layananKantor cabang, internet banking, mobile bankingKantor cabang, internet banking, mobile bankingATM, internet banking, mobile banking
EksekutorBank IndonesiaBank IndonesiaProvider ATM
Batas Minimum per transaksiRp10.000Rp100.000.001Variatif, tergantung kebijakan masing-masing bank
Batas Maksimum per transaksiRp100.000.000Menyesuaikan kebijakan masing-masing bankVariatif, tergantung kebijakan masing-masing bank
Biaya transaksiRp5.000Rp25.000 – Rp50.000Variatif, tergantung kebijakan masing-masing bank.

 

Modal Usaha Harus dari Sumber yang Aman

Dari artikel ini, anda bisa melihat perbedaan dari masing-masing metode transfer dan anda bisa menentukan metode transfer yang bisa anda gunakan dalam menjalankan bisnis. Apabila anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, jangan khawatir karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah satunya adalah Danamas, platform peminjaman modal yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal usaha hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. 

Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk pinjaman online terpercaya. Agar lebih yakin sebelum mengajukan pinjaman, langsung simulasikan di kalkulator pinjaman untuk hitung nilai aset properti yang Anda miliki. Selain itu, simulasikan juga kalkulator simulasi kredit untuk kisaran pinjaman modal usaha Anda.

usaha-toko-bangunan

Usaha Toko Bangunan, Tips Membangun & Rincian Modal Usaha

Usaha toko bangunan tentunya tidak akan pernah berhenti dan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. Pasalnya jika membangun rumah dengan tidak penuh perhitungan dan bahan bangunan yang baik, ini justru akan membahayakan bangunan yang menyebabkan kerugian besar. Nah, dengan aspek kualitas juga banyaknya inspirasi tentang rumah yang dipasarkan oleh influencer. Maka, ini justru menjadi kesempatan yang baik bagi Anda yang ingin membuka usaha toko bangunan. 

Modal usaha tentu sangat fundamental untuk membangun kelangsungan bisnis kedepannya. Ini harus menjadi komponen utama yang dipikirkan agar bisnis tetap stabil meski alami fase krisis. Untuk bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan laris, maka tentu Anda perlu mengikuti beberapa langkah atau strategi memulai usaha toko bangunan. 

Usaha ini tidak bisa dijalankan secara sembarangan, pasalnya produk yang Anda jual memiliki target market yang cukup spesifik dan karakteristik barang yang berbeda dari barang kebutuhan pokok. Sehingga, membutuhkan skill yang membantu Anda menyusun kepentingan khususnya finansial secara skala prioritas

Tidak hanya memikirkan bagaimana cara untuk membangun usaha toko bangunan lebih laris, Anda juga perlu mengetahui rincian atau kisaran modal usaha yang dibutuhkan untuk bisa membangun usaha toko bangunan. Usaha toko bangunan ini bisa berjalan dengan lancar dengan adanya perhitungan modal awal yang tepat. Selain itu, Anda juga membuat strategi promosi yang tepat target marketnya. Memulai usaha toko bangunan bisa jadi merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan jika Anda tertarik untuk membuka usaha toko bangunan. 

Tips Membuka Usaha Toko Bangunan 

Usaha toko bangunan adalah peluang yang bagus untuk Anda yang menyukai bisnis material dan pembangunan rumah. Toko bangunan kini dicari banyak konsumen apalagi jika toko Anda sangat lengkap, maka bukan tidak mungkin konsumen akan selalu kembali ke toko material Anda. Dengan tips membuka usaha toko bangunan ini, maka Anda bisa mulai menerapkan strategi dari sekarang.

1. Mencari Lokasi yang Strategis

Pencarian lokasi untuk toko bangunan Anda, usahakan untuk mencari lokasi yang sesuai dengan target pasar yang ingin Anda tuju. Misalnya ingin fokus ke semen dan bahan pembangunan rumah, maka cock mencari lokasi yang masih dalam tahap pengembangan, atau misalkan Anda ingin fokus ke penjualan cat rumah, membuka toko di dekat perumahan, juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu pastikan agar akses menuju toko juga mudah untuk dilalui.

2. Mencari Supplier

Pilihlah pemasok yang dapat bekerjasama dan yang mampu bernegosiasi dengan baik. Supplier juga perlu untuk dicari dengan reputasi yang baik dan dapat dipercaya agar Anda tidak merugi. 

3. Sediakan Bahan yang Lengkap

Supaya menarik pelanggan, ada baiknya Anda menyediakan bahan bangunan yang lengkap, misalnya mulai dari, semen, batu,pasir,cat,keramik, dan lain sebagainya. Jika toko Anda lengkap, maka konsumen akan selalu mengingat toko Anda ketika mereka hendak membeli bahan bangunan.

4. Jujur Terhadap Kualitas Barang

Setiap bahan bangunan tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Untuk itulah Anda harus selalu jujur kepada pelanggan mengenai kualitas dari masing-masing barang yang Anda jual. Apabila kualitasnya memang tidak baik, maka katakanlah kepada pelanggan, selanjutnya biarkan pelanggan untuk memutuskan dan membeli kualitas barang yang ingin mereka beli. 

5. Berikan Harga yang Bersaing

Setiap toko bangunan tentunya memiliki perbedaan dari segi harga, Anda harus memberikan harga yang bersaing kepada pelanggan. Usahakan untuk melakukan riset terhadap pasar dan toko kompetitor. 

6. Buat Website untuk Toko Anda

Teknologi terus berkembang, untuk itu Anda juga harus memanfaatkan teknologi untuk menunjang usaha toko Anda. mulailah dengan membuat website yang menampilkan katalog bahan bangunan yang Anda jual. Buatlah website yang user friendly dengan pilihan kategori yang lengkap.

7. Lakukan Promosi di Media Sosial

Lakukanlah promosi di media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan toko bangunan Anda. Buatlah konten yang menarik misalnya, konten promo potongan harga, kuis giveaway, dan lain sebagainya.

8. Perhatikan Customer Experience

Saat melakukan penjualan entah itu online maupun offline, memperhatikan customer experience merupakan hal yang penting agar toko bangunan Anda tetap berkembang dan mendapatkan keuntungan. Misalnya dengan memperhatikan kebutuhan serta jujur kepada konsumen terkait pelayanan dan kekurangan dari toko yang Anda miliki.

Rincian Modal Usaha

Selain strategi, Anda juga membutuhkan rincian atau kisaran modal usaha untuk bisa membuka usaha toko bangunan. Rincian modal usaha ini digambarkan secara umum, tentu harga tepatnya dipengaruhi oleh lokasi dimana Anda membuka toko bangunan. Berikut ini adalah perkiraan modal yang perlu Anda persiapkan untuk membuka toko usaha bahan bangunan. 

Perlengkapan yang dibutuhkanKisaran Harga
Mobil pickup barangRp 100 juta
Bahan Bangunan yang dijualRp 200 juta
EtalaseRp 2 juta
LemariRp 2 juta
TotalRp 304 juta
Biaya OperasionalKisaran Harga
Gaji KaryawanRp 7,5 juta
ListrikRp 500 ribu
Sewa TempatRp 1.670.000
TotalRp 9.670.000

Jumlah keuntungan yang diperoleh apabila omset Anda berkisar 20% dengan perputaran uang Rp 200.000.000 maka estimasi keuntungannya adalah

  • Keuntungan kotor perbulan Rp 200 juta x 20% = Rp 40.000.000
  • Keuntungan bersih perbulan Rp 40.000.000 – Rp 9.670.000 = Rp 30.330.00

Kembangkan Usaha Toko Bangunan Anda!

Bila Anda ingin membuka modal usaha, tentunya membutuhkan modal untuk pengembangan bisnis. Modal antara toko Anda dengan toko yang lain bisa saja bervariatif. Jadi, sebaiknya Anda menentukan alokasi modal untuk pengembangan usaha Anda. Jika membutuhkan modal untuk pengembangan usaha yang aman dan percaya baiknya Anda dapat mengajukan pinjaman lewat platform pinjaman online terpercaya. Danamas adalah platform pinjaman online yang telah disetujui OJK dengan bunga rendah dibawah 15% beragunan properti. Dapatkan modal pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 milyar. Download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk solusi bisnis Anda. Simulasikan besaran pinjaman yang dapat cair dengan menggunakan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online.

Cashless

Cashless: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan zaman tentunya terus membawa perubahan, termasuk didalamnya dalam hal teknologi keuangan. Pembayaran dengan menggunakan cashless semakin marak digunakan oleh masyarakat. Hal ini karena cashless dinilai lebih mudah dan cepat. Transaksi menggunakan uang elektronik ini digunakan sehari – hari misalnya saja dengan membayar uang tol. Lantas, apakah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cashless? Simak dalam artikel berikut ini.  

Pengertian Cashless

Cashless merupakan istilah yang digunakan ketika seseorang melakukan pembayaran atau transaksi tidak berbentuk fisik( uang cash) melainkan menggunakan uang elektronik. Teknologi ini dikembangkan oleh fitech yang terus melakukan inovasi dan perubahan guna memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pembayaran. 

Manfaat Cashless

Adapun manfaat cashless dapat dirasakan dari berbagai pihak, misalnya seperti:

  1. Bagi Diri Sendiri

Dengan adanya cashless, anda hanya cukup membawa ponsel, atau kartu, Anda lebih mudah melakukan transaksi di berbagai tempat. 

  1. Pebisnis

Cashless memudahkan untuk melakukan digitalisasi bisnis. Dengan adanya digitalisasi ini akan memberikan efisiensi pada pelayanan usaha sehingga bisnis pun makin cepat mendapatkan laba.

  1. Pelaku Saham

Per tahun 2020-2021 dan karena efek dari pandemi covid 19 yang mewajibkan orang bekerja dari rumah,  banyak orang melakukan investasi, baik itu reksadana, crypto, ataupun saham. Sebagian besar dilakukan melalui cashless bukan dengan uang fisik.

  1. Negara

Transaksi cashless jauh lebih efisien,hemat serta minim risiko, semakin banyak masyarakat menggunakan sistem cashless maka sirkulasi uang di dalam negara semakin cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga dapat meningkat.

Kelebihan Cashless dan Kekurangannya 

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cashless, Anda dapat mengetahuinya melalui tabel berikut ini

Kelebihan CashlessKekurangan Cashless
Transaksi lebih mudah dan cepatRisiko Cyber Crime
Meminimalisir risiko pencurianKeterbatasan Teknologi di daerah tertentu 
Mobilitas lebih mudahMenjadi lebih konsumtif
Bentuknya lebih mudah diubah (misalnya ingin membeli kuota internet, tidak perlu datang ke counter pulsa, dapat melalui merchant onlineNominal transaksi terbatas 

Jenis Cashless 

  1. Aplikasi E Banking & Tabungan Digital

Mayoritas bank saat ini memiliki sarana e-banking dan tabungan digital untuk menunjang transaksi digital penggunanya sehingga lebih mudah dan efisien dari segi waktu.

  1. E-wallet

Berbeda dengan e banking, e wallet tidak perlu datang ke bank untuk menaruh uang. Cukup dengan install aplikasi, transfer saldo, Anda sudah dapat menyimpan dana di dompet digital tersebut. 

  1.  PPOB

Payment Point Online Bank merupakan sistem pembayaran terpadu, Anda bisa melakukan jenis pembayaran seperti tagihan listrik, pulsa, BPJS, dan lain sebagainya.

Contoh Penggunaan Cashless

Sistem cashless mulai banyak diterapkan di Indonesia. Contoh penggunaannya adalah:

  • Pembayaran E Toll

Jalan di E-toll menggunakan kartu e-money untuk dapat melewati jalan tersebut.

  • Belanja Online

Dengan bertransaksi secara online, penggunaan cashless sangat terlihat dengan nyata. Meskipun beberapa ecommerce ada yang menyajikan sistem cash on delivery. 

Baca juga: Cara Financial Self Care untuk Stabilkan Keuangan

Danamas Pinjaman Bisnis untuk membantu melancarkan usaha Anda. Pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan agunan properti. Ajukan sekarang dan lancarkan bisnis Anda!