GPN

Jika Anda merupakan nasabah bank konvensional, mungkin tak asing lagi bagi Anda saat melihat logo atau membaca tulisan GPN. Kartu GPN, adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Program kartu GPN sebenarnya sudah diinisiasi sejak dua dekade lalu, namun baru pada akhir 2017, kartu GPN mulai diperkenalkan secara resmi oleh Bank Indonesia. GPN sendiri merupakan switching yang mendukung transaksi pembayaran secara domestik, karena sebelumnya, kartu debit atau kredit yang biasa dikeluarkan oleh bank di Indonesia menggunakan switching dari luar negeri. Seperti Cirrus, Mastercard, ataupun Visa.

GPN

Pada umumnya, beberapa bank tertentu selalu menawarkan terlebih dahulu kartu debit berlogo GPN di setiap pembukaan rekening baru atau ketika nasabah ingin mengganti kartu ATM-nya, baik yang hilang maupun rusak. Sedangkan kartu switching asing seperti Visa dan Mastercard akan diberikan sesuai dengan permintaan nasabah.

Arti Logo pada Kartu GPN

Saat Anda melihat logo pada kartu Anda yang berlambang GPN, mungkin Anda akan berpikir bahwa itu hanya sekedar gambar burung biasa. Namun sadarkah Anda bahwa gambar burung pada logo GPN adalah burung Garuda?

Dilansir dari website resmi Bank Indonesia, gambar Garuda yang terbang di logo GPN melanglang di nusantara. Hal ini mengartikan sistem pembayaran ritel Indonesia yang siap untuk tumbuh, berkembang, dan siap dalam memiliki daya saing untuk melayani transaksi elektronik nasional. 

Helai bulunya yang berjumlah 8, memberikan arti bahwa GPN siap memberikan layanan dan manfaat kepada masyarakat tanpa batas di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Hal ini juga memiliki makna sebagai awal keterbukaan dalam memajukan sistem pembayaran ritel-ritel yang ada di Indonesia. Juga dengan kemiringan terbang Garuda hingga 28 derajat di logo GPN, melambangkan angka awal terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1828. 

Keuntungan Kartu Berlogo GPN bagi Pengguna

Keberadaan GPN membawa banyak dampak positif dalam pembayaran di berbagai ritel di Indonesia. Berikut ringkasan berbagai keuntungan yang bisa dirasakan oleh para pengguna kartu berlogo GPN.

  1. Bertransaksi Lebih Mudah Karena Bisa Dilakukan di Banyak Tempat

Eksistensi GPN membuat seluruh kanal pembayaran saling terhubung dan ditampung di dalam satu sistem. Sehingga bagi pengguna, GPN dianggap sangat menguntungkan karena membuat transaksi menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan di banyak tempat. 

  1. Keamanan Bertransaksi Menjadi Lebih Terjamin

Fitur dari keamanan kartu berlogo GPN diklaim telah memenuhi standar nasional. Dengan begitu, oara pengguna tidak perlu merasa khawatir apabila melakukan transaksi menggunakan kartu GPN. Kartu berlogo GPN ini sudah menggunakan chip untuk menggantikan magnetic stripes dalam lapisan keamanannya dengan cara menyimpan informasi tentang pemiliknya. Chip akan bisa bekerja jika Anda telah memasukkan 6 digit kode PIN. Dengan demikian, hal ini akan membuat perasaan aman bagi para pengguna dari resiko peretasan selama para pengguna tidak membagikan PIN ke orang lain.

GPN
  1. Biaya Admin Kartu GPN Lebih Rendah

Keuntungan selanjutnya dari penggunaan kartu berlogo GPN adalah biaya admin yang relatif lebih rendah. Penggunaan GPN dapat membebankan biaya admin yang lebih murah karena seluruh kanal pembayaran telah terhubung dengan satu sistem sehingga biaya yang dikenakan akan jauh lebih kecil. Hal ini akan membuat Anda menjadi hemat dalam melakukan transaksi.

Keuntungan GPN Bagi Merchant Penyalur Transaksi

  1. Aksesibilitas

Salah satu keuntungan adanya GPN yaitu kebebasan yang bisa dirasakan langsung oleh para merchant untuk memproses semua transaksi dengan kartu debit berlogo GPN dari bank manapun.

  1. Efisiensi

Keuntungan selanjutnya yang dapat dirasakan merchant yakni merchant atau toko hanya membutuhkan satu mesin EDC untuk memproses kartu ATM berlogo GPN dari bank manapun di seluruh Indonesia.

GPN
  1. Fitur dan Layanan yang Terstandarisasi

Mengingat keterbatasan modal para UKM, namun dengan adanya keinginan dan dorongan untuk tetap eksis, GPN menawarkan Merchant Discount Rate (MDR) dengan harga yang dibandrol jauh lebih terjangkau dan kompetitif, karena cukup membayar satu harga untuk seluruh Acquirer. Jadi, untuk Anda para pengusaha tidak harus pusing lagi untuk memikirkan modal tambahan terkait mesin pembayaran saat transaksi berlangsung.

  1. Peningkatan Bisnis

Karena keberadaan kartu berlogo GPN dari bank manapun ini dapat diterima oleh merchant di seluruh toko yang memiliki mesin EDC yang juga berlogo GPN, dengan begitu para merchant dapat meningkatkan potensi bertransaksi dari para pelanggannya karena adanya proses pembayaran yang mudah.

Cara Mendapatkan Kartu GPN

Jika Anda tertarik untuk menjadi pengguna kartu berlogo GPN setelah mengetahui keuntungan-keuntungannya, berikut cara-cara dan penjelasan untuk mendapatkan kartu berlogo GPN.

  1. Datanglah ke bank Sinarmas cabang manapun untuk melakukan pembukaan rekening baru / membuat kartu baru
  2. Isi form pembukaan rekening atau bicara langsung kepada customer service perwakilan bank Sinarmas di cabang tersebut untuk pengarahan lebih lanjut
  3. Mintalah kartu berlogo GPN sebagai kartu debit Anda

Demikian informasi terkait kartu berlogo GPN yang bisa Anda gunakan. Perlu diingat bahwa jika Anda memiliki usaha dan melakukan pembukaan rekening baru untuk usaha Anda sekaligus untuk mendapatkan kartu berlogo GPN, prosesnya akan sama.

Baca juga: Pengertian Kwitansi Adalah beserta Ciri, Fungsi & Format

Dan jika usaha Anda membutuhkan tambahan modal, Danamas Pinjaman Bisnis hadir untuk membantu Anda mengembangkan usaha. Pinjaman bisnis beragunan properti ini memberikan limit yang besar hingga 2 Miliar Rupiah dan tenor hingga 10 tahun. Danamas Pinjaman Bisnis bisa didapatkan melalui Play Store dan Apple Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

perhitungan-pensiun-dini

Cara Perhitungan Pensiun Dini PNS, Swasta & Syarat Pengajuan

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini karena berbagai faktor yang dirasakan, mulai dari tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati keh

uang-100-juta

10 Cara Menghasilkan Uang 100 Juta di Tahun 2023!

Cara menghasilan uang 100 juta memang terdengar tidak mudah, karena ini bicara tentang mengatur sistem & mindset. Uang memang bukanlah hal yang paling penting dal

jenis-jenis-sim

7 Jenis Jenis SIM, Cara Membuat SIM Online & Biaya Perpanjangan

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu surat tua yang wajib dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di I