Tabel-menabung-bulanan

Menabung merupakan sebuah aktivitas yang dapat membantu untuk menyimpan sebuah persediaan dana untuk masa depan. Menabung memiliki banyak cara, dan cara tersebut bervariasi dari menabung secara langsung atau menabung sedikit demi sedikit. Namun, pada proses menabung terkadang kita tidak konsisten sehingga tujuan keuangan menabung pun semakin jauh untuk bisa dicapai. Menabung sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan termasuk Anda bisa membeli kebutuhan atau keinginan yang diharapkan bisa terbeli segera. 

Menabung dengan tabel bulanan bisa membantu Anda yang ingin mengumpulkan uang lebih konsisten. Konsisten dalam menabung sangat dibutuhkan sehingga target menabung bisa cepat tercapai. Ada banyak contoh tabel menabung bulanan yang bisa Anda jadikan format untuk tabungan di rumah. Untuk bisa menabung bulanan sesuai target yang Anda inginkan, ada juga cara tips menabung bulanan yang tepat seperti pada artikel ini.

Di artikel ini akan membahas berbagai tips yang bisa dilakukan oleh Anda untuk kumpulkan tabungan bulanan secara konsisten. Tips menabung bulanan ini bisa Anda ikuti dengan tabel menabung bulanan yang akan kami bagaikan dibawah ini. Simak artikel ini hingga akhir untuk dapatkan tips menabung bulanan yang efektif.

Tips Menabung Bulanan

Untuk bisa mengumpulkan uang atau tabungan, maka ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan uang dengan tabel tabungan bulanan. Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk bisa menabung bulanan yang efektif, seperti berikut ini:

  • Memperhitungkan Jumlah Pendapatan

Untuk memulai sebuah kegiatan menabung secara bulanan, kita harus memperhitungkan jumlah pendapatan kita yang ada. Dengan ini, kita dapat memperkirakan seberapa banyak jumlah uang yang akan ditabung dan seberapa yang akan digunakan untuk keperluan pribadi. Dengan mengetahui seberapa banyak anda ingin menabung, hal tersebut juga dapat membantu untuk menyediakan sebuah bagian agar anda dapat menyiapkan uang cukup dan sesuai untuk anda.

  • Menyiapkan Untuk Hal yang Tidak Terduga

Terkadang dalam kehidupan, banyak hal yang tidak terduga bisa saja terjadi di kehidupan kita. Untuk menabung bulanan, ada baiknya bilamana anda siap untuk hal-hal yang tidak dapat diduga, serta menyiapkan modal yang cukup untuk hal yang tidak terduga itu. 

  • Buat Sebuah Tabel

Jika anda tidak ingin menabung di bank, anda bisa menabung sendiri dengan cara pembuatan tabel tabungan. Berkaitan dengan poin pertama, ada baiknya bahwa anda membuat sebuah tabel yang dapat membantu anda untuk menjadi lebih teratur akan keuangan anda. Selain itu, anda dapat memiliki sebuah peringatan secara tidak langsung agar menyimpan uang anda dalam jumlah yang ditentukan. Bagaimana caranya untuk membuat tabel ini? 

Langkah 1: tentukan target yang anda ingin kumpulkan serta berapa lama rencana anda untuk siapkan. Dengan anda mengetahui target anda, bisa semakin mudah bagi anda untuk mengetahui berapa banyak yang harus disimpan serta frekuensi menabung.

Langkah 2: menyiapkan sebuah tabel yang cukup untuk mengisi setiap kolom dengan jumlah uang yang dibutuhkan. Satu kolom bisa digunakan untuk satu hari dan satu hari tersebut bisa diisikan dengan jumlah uang yang disimpan. Atau, anda bisa menggunakan kolom tersebut untuk menuliskan jumlah uang yang harus disimpan dan memberi sebuah tanda centang untuk menandakan bahwa anda telah menabung dengan jumlah sebesar itu.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh tabel menabung yang anda bisa gunakan untuk penabungan bulanan anda. Ada beberapa yang bisa anda lakukan untuk kegiatan menabung anda, dan beberapa memiliki jangka waktu mereka tersendiri. Pada akhirnya, semua kegiatan menabung anda akan mengikuti kemampuan anda:

HariJumlah uang yang disimpanTotal
15.0005.000
25.00010.000
35.00015.000
45.00020.000
55.00025.000
65.00030.000
75.00035.000

Contoh di atas merupakan sebuah contoh tabel untuk menabung. Seperti yang disampaikan di poin sebelumnya, sebuah tabel tabungan bisa saja disesuaikan dengan kemampuan anda dari segi kemampuan di waktu ataupun jumlah uang yang disimpan. Contoh tabel diatas bisa dikembangkan lebih lanjut. Jumlah hari dan jumlah uang yang disimpan bisa digantikan bagaimanapun bentuknya.

Tabel Menabung Bulanan

Untuk bisa menabung bulanan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan tabel menabung bulanan. Tabel menabung bulanan bisa membantu Anda untuk lebih konsisten dan rajin untuk bisa menabung bulanan dan dapatkan target selama setahun sesuai tujuan keuangan Anda.

Jika Anda ingin mengikuti format tabel menabung bulanan diatas, maka Anda perlu memiliki konsistensi yang cukup tinggi. Cara dari tabel tabungan bulanan diatas adalah dengan menabung sesuai jumlah minggu yang berjalan. Sebagai contoh, pada minggu pertama, Anda menabung 1000 rupiah, lalu di kalender minggu pertama ada 3 hari dari tanggal 1-3 maka di minggu pertama, jumlah tabungan Anda adalah 3000 rupiah. Lalu, di minggu kedua, Anda bisa cukup menabung 2000 rupiah dan di kalender minggu kedua ada 7 hari dan minggu tersebut Anda bisa menabung dengan total Rp 14 ribu. Jadi, di dua minggu pertama, Anda bisa mendapatkan Rp 17 ribu. Jika Anda menerapkan table menabung bulanan ini, maka dalam setahun di minggu ke-53 bisa mencapai Rp 10 juta.

Total menabung selama sebulan adalah Rp 96.000.

Di minggu ke-1, Anda akan menabung Rp 1000 dan jika di minggu ke-1 ada 3 hari, maka tabungan Anda dalam minggu itu adalah Rp 3000. Sama juga dengan minggu berikutnya dimana Anda menaikkan jumlah nominalnya menjadi Rp 2000 dan jumlah hari dalam minggu adalah 7 hari, maka jumlah yang Anda tabung di minggu ini senilai Rp 14.000. Maka total yang bisa Anda dapatkan adalah Rp 96 ribu.

Total menabung selama sebulan adalah Rp 930.000. Cara menabung dengan tabel tabungan bulanan diatas ini bisa Anda praktekkan dengan menyisihkan dana yang lebih besar. Sebagai contoh, Anda menabung di bulan Februari, maka jumlah dana yang harus Anda tabung sesuai dengan tanggal di bulan itu. Jika tanggal 1 Anda mulai menabung Rp 1000, dan seterusnya hingga tanggal 30, maka misal Anda anggap bulan Februari, jumlah tabungan di tiap harinya Anda kalikan dua. Dikali dua, karena pada bulan Februari adalah bulan kedua. Jika Anda menabung di bulan maret, maka Anda bisa kalikan 3. Maka, Anda bisa mendapatkan jumlah tabungan Rp 930.000.

Perbedaan Menabung Harian & Bulanan

Untuk bisa mengumpulkan tabungan sesuai target yang Anda inginkan, maka Anda bisa mencoba menabung secara harian dan bulanan. Dalam hal ini, menabung dengan bulanan bisa Anda coba. Meskipun sama-sama menyimpan uang demi mencapai sebuah tujuan, menabung merupakan dua hal yang berbeda. Ada perbedaan antara menabung harian dan menabung bulanan, simak bedanya dibawah ini:

  • Lokasi Menabung

Menabung sebenarnya bisa dilakukan dimana-mana dan semuanya tergantung dengan keinginan pribadi. Namun, ada sedikit perbedaan antara menabung harian dan menabung bulanan, yaitu lokasinya. Biasanya, kita bisa melakukan tabungan harian melalui sebuah celengan. Dengan sebuah celengan, kita dapat menyimpan uang sesuka hati. 

Namun jika ingin menabung secara bulanan dan dalam jumlah yang banyak, hal ini dapat dilakukan dengan cara menabung di dalam bank. Bank biasanya melayani penabungan hingga jutaan rupiah, sehingga dapat mengikuti target.

  • Muatan

Layaknya seperti muatan dalam sebuah angkutan, tabungan harian dan tabungan bulanan memiliki kapasitas tersendiri. Berkaitan dengan poin pertama, tabungan harian memiliki kapasitas yang terbatas sehingga ketika celengan tersebut sudah penuh, anda harus membuat ruang untuk yang baru. Sedangkan melalui tabungan bulanan, persisnya melalui bank, anda tidak perlu khawatir mengenai kapasitas karena seluruh kapasitas sudah ada di tabungan anda di bank dalam bentuk buku tabungan.

  • Jumlah Uang yang Ditabung

Ketika menabung sendiri di celengan, anda dapat menabung dengan jumlah yang lebih sedikit karena tabungan harian biasanya hanya memerlukan uang harian anda yang tersisa. Sedangkan untuk tabungan bulanan, uang yang disimpan adalah sebuah bagian uang anda yang sudah didedikasikan untuk ditabung dan bukan untuk digunakan lagi. Jika uang yang ditabung pada saat harian adalah 2 ribu dan 5 ribu (sebagai contoh), tabungan per bulan bisa berjumlah sebesar ratusan rupiah, bahkan hingga jutaan rupiah. 

  • Jangka Waktu yang Berbeda 

Sesuai dengan namanya, menabung harian memiliki jangka waktu satu hari untuk menabung. Bagi anda yang ingin menabung kembali setelah menggunakan metode menabung harian, anda dapat menabung lagi keesokan harinya. Sedangkan tabungan bulanan adalah tabungan yang dimana jangka waktunya adalah sampai sebulan. Tiap bulan, anda dapat menabung kembali, sesuai dengan jadwal menabung yang anda inginkan.  

Kelebihan Menabung Bulanan

Menabung secara bulanan merupakan sebuah cara yang cukup efektif untuk mencapai tujuan anda. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari menabung secara bulanan. Menabung bulanan juga mengajarkan Anda untuk konsisten di tiap minggunya. Berikut kelebihan dari menabung secara bulanan:

  • Teratur

Dengan membuat perencanaan penabungan secara bulanan, anda bisa menjadi lebih teratur dalam menyimpan uang di bank karena sudah memiliki jadwal tersendiri untuk menabung

  • Ada Bunganya Kalau di Bank

Setiap bank pasti memiliki bunga bank tersendiri. Tabungan anda bisa saja bertambah seraya waktu berjalan berkat bunga bank tersebut

  • Terencana

Dengan menabung di bank, anda bisa menjadi lebih terencana dan teratur dalam menabung. Anda juga bisa merencanakan apa yang anda akan lakukan karena bisa mulai direncanakan untuk bulan depan

  • Jumlah Lebih Besar

Seperti yang disampaikan di poin sebelumnya, menabung bulanan bisa saja menyimpan dengan jumlah lebih besar. Hal ini dapat membantu dalam mencapai target karena jumlahnya yang besar.Menabung merupakan sebuah aktivitas yang sebenarnya menguntungkan. Menabung dapat diselesaikan dalam bagaimana caranya. Hal yang terpenting adalah anda merasa nyaman dalam melakukan kegiatan penabungan tersebut. Apapun rencana Anda pada waktu, Danamas siap membantu Anda dengan menyediakan pinjaman online terpercaya beragunan properti dengan tenor waktu mencapai 10 tahun dan bunga yang kompetitif. Dengan pinjaman bisnis dari Danamas yang merupakan fintech lending berizin OJK, Anda pun tidak perlu khawatir dengan pengajuannya. Pengajuannya sangat praktis bisa melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang dapat Anda download di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

persiapan-pernikahan

20 Ceklis Persiapan Pernikahan H-2 Bulan yang Wajib Ready Beserta Budgetnya!

Persiapan pernikahan tampaknya menegangkan ya teman-teman Danamas? Benar atau benar? Ya, tentu untuk sebagian teman-teman Danamas yang masih muda atau mungkin belum mempersiap

cara-menghitung-biaya-bangun-rumah-permeter

Biaya Renovasi Rumah Per Meter Mudah Dipahami

Biaya renovasi rumah tentu saja bervariasi berdasarkan impian dan minat setiap orang . Rumah tak hanya menjadi tempat tinggal untuk beristirahat, tetapi kita juga patut memper

sumber-utama-penambahan-devisa-negara-berasal-dari

Sumber Utama Penambahan Devisa Negara Berasal Dari Mana?

Sektor keuangan suatu negara dapat dikatakan sebagai sektor yang paling penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sektor keuangan jika diibaratkan seperti jantungnya negara. Dalam se