Dalam sektor perdagangan, transaksi yang dilakukan dalam skala internasional adalah hal yang umum. Salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan adalah letter of credit. Apakah yang dimaksud dengan letter of credit, simak pembahasannya dalam artikel ini. 

Definisi Letter of Credit

letter of credit adalah suatu teknik pembayaran dalam perdagangan internasional yang bertujuan agar eksportir memperoleh langsung uang pembayaran dari importir tanpa menunggu konfirmasi dari negara pengimpor. Letter of credit menjadi sarana untuk mempermudah pembayaran, baik itu untuk pembeli maupun penjual. 

Letter of Credit

Fungsi Letter of Credit

Letter of credit berfungsi sebagai proses pembayaran dalam kegiatan perdagangan global. Selain itu, fungsi lain dari letter of credit adalah bank menjamin pihak eksportir untuk menerima pembayaran yang sesuai seperti kesepakatan di awal dengan pihak importir.

Jaminan kredit dari bank tersebut juga dapat membantu para importir untuk menentukan waktu pembayaran. Misalnya importir ingin membayar langsung atau ditangguhkan terlebih dulu dalam waktu tertentu. Di sisi lain, letter of credit bisa digunakan sebagai bentuk keamanan dalam bertransaksi perdagangan internasional terutama bagi eksportir.

Dengan adanya letter of credit pembayaran akan dijamin aman karena telah diotorisasi oleh pihak bank yang bersangkutan. Pembayaran tersebut juga akan cair jika hanya pihak eksportir dan importir sudah bersama-sama menyetujuinya.

Baca juga: Cara Pilih Pinjaman Modal Usaha & Definisinya

Mekanisme Letter of Credit

Jika seorang importir ingin mengajukan surat kredit untuk membayar barang yang dibeli dari luar, maka terdapat mekanismenya, Inilah mekanisme letter of credit : 

  • Eksportir atau importir harus menjalankan kesepakatan kegiatan transaksi dengan bukti pembuatan kontrak jual-beli.
  • Importir mengajukan letter of credit ke bank, lalu bank tersebut akan menerbitkan letter of credit yang diajukan.
  • Bank penerbit akan menyampaikan letter of credit tersebut kepada bank penerus dibarengi dengan dokumen persyaratan.
  • Bank penerus akan menyerahkan letter of credit kepada eksportir.
  • Eksportir bisa mengirimkan barang yang dipesan kepada importir.
  • Bukti pengiriman tersebut lalu diserahkan kembali ke bank penerus agar eksportir bisa menerima pembayarannya.
  • Bank penerus akan membayar kepada eksportir, apabila dokumen telah valid dan sesuai syarat.
  • Setelah pembayaran selesai, bank penerus menyerahkan bukti pembayaran kepada bank penerbit letter of credit. Sehingga bank penerus akan menerima dana pengganti.
  • Bank penerbit lalu memberitahu importir terkait bukti pembayaran letter of credit.
  • Tahap terakhir, importir membayar uang kepada bank penerbit sesuai dengan kesepakatan yang tertera di surat kredit.

Jenis Letter of Credit

Terdapat banyak jenis  letter of credit yang bisa Anda ketahui. Berikut adalah 13 jenis letter of credit :

Letter of Credit
  1. Revocable Letter of Credit
    Letter of credit  yang bisa dibatalkan atau diubah secara sepihak sewaktu-waktu oleh bank penerbit tanpa ada konfirmasi kepada pihak importir.
  2. Irrevocable Letter of Credit
    Surat kredit irrevocable ini tidak bisa dibatalkan secara sepihak oleh pihak siapapun selama periode kontrak masih valid. Jika ada yang membatalkannya maka akan dikenakan denda. 
  3. Irrevocable and confirmed Letter of Credit
    Paling aman khususnya bagi eksportir karena pembayarannya dijamin secara penuh oleh bank penerbit maupun bank penerus.
  4. Clean Letter of Credit
    Pembayaran kredit ekspor-impor yang tidak perlu dilengkapi syarat-syarat atau dokumen lainnya.
  5. Documentary Letter of Credit
    Pembayaran kredit ekspor-impor yang harus dilengkapi dengan dokumen lain.
  6. Back to back Letter of Credit
    Importir bukanlah pembeli asli, namun merupakan perantara. Artinya, importir akan mendistribusikan barang yang dipesan ke pembeli yang sebenarnya.
  7. Revolving Letter of Credit
    Surat kredit revolving bisa digunakan secara berulang oleh pihak importir dan eksportir. Kedua pihak dapat memakai kembali letter of credit  yang sama untuk transaksi yang berbeda.
  8. Unrestricted Letter of Credit
    Pihak importir dan eksportir diberi kemudahan yaitu tidak dibatasi ketika melakukan negosiasi di bank manapun.
  9. Sight Letter of Credit
    Pembayaran dan penerimaan dokumen langsung oleh pihak bank. Artinya, saat seluruh dokumen telah dicek dan dinyatakan valid, maka importir harus langsung melakukan pembayaran.
  10. Usance Letter of Credit
    Ketika eksportir memberikan jangka waktu atau masa jatuh tempo kepada importir untuk melakukan pembayaran kredit.
  11. Red Clause Letter of Credit
    Letter of credit yang ditulis oleh bank menggunakan klausa khusus yang isinya terkait bank penerus diberikan kuasa oleh bank penerbit untuk membayar Dp kredit kepada eksportir.
  12. Transferable Letter of Credit
    Jenis surat kredit  ini adalah eksportir berhak meminta kepada bank yang untuk memberikan hak atas kredit seutuhnya atau sebagian kepada pihak ketiga.
  13. Stand by LC
    Eksportir atau pihak bank atas nama importir menggunakan sebuah jaminan khusus. Bila importir gagal untuk memenuhi pembayaran pinjamannya, bank terkait akan membayar kepada eksportir dengan memberikan satu lembar sight draft dan surat pernyataan adanya  gagal bayar.

Pinjaman untuk kegiatan produktif (Produktif Loan) merupakan pinjaman yang ditujukan untuk meningkatkan kegiatan produktif misalnya saja pengembangan bisnis. Jika Anda memiliki keinginan ataupun rencana untuk ekspansi bisnis dan terkendala dengan modal usaha.

Baca juga: Daftar Terbaru! Pinjaman Online Yang Terdaftar Di OJK

Lancar by Danamas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda mendapatkan modal usaha. Pinjaman beragunan properti yang telah berizin OJK dengan limit besar hingga Rp 2 miliar rupiah dan tenor hingga 10 tahun bisa Anda ajukan dengan mudah. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Laporan perubahan modal

Laporan Perubahan Modal: Pengertian & Contohnya

Dalam sebuah perusahaan, sebuah laporan keuangan pasti diperlukan untuk mengetahui kemana arus kas yang tengah berjalan. Ada banyak jenis laporan keuangan yang sebuah perusahaan buat demi mendapatkan informasi tersebut. Salah satu laporan yang dibuat adalah laporan perubahan modal. 

Di artikel ini, kami akan membahas tentang laporan perubahan modal. Dimulai dari definisi, komponen, hingga contoh-contohnya. Yuk, simal artikel ini!

Definisi Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal

Menurut penjelasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laporan perubahan modal merupakan sebuah laporan yang membahas mengenai perubahan modal yang terjadi di sebuah perusahaan dalam waktu tertentu. Perubahan ini bisa saja terjadi karena adanya tambahan dalam investasi, penurunan atau peningkatan laba, atau pengambilan uang untuk keperluan pribadi. 

Komponen Laporan Perubahan Modal

Untuk menyusun sebuah laporan perubahan modal, ada beberapa hal yang harus ada di dalam laporan tersebut. Berikut adalah unsur-unsur komponen yang perlu ada di dalam laporan perubahan modal: 

1. Saldo Awal

Saldo awal atau saldo pembukaan adalah kumpulan saldo akhir dari laporan yang telah dibuat pada periode sebelumnya.  Semua penambahan dan pengurangan yang terjadi selama transaksi akan dilakukan pada saldo awal laporan ekuitas.

2. Pendapatan Bersih dan Lainnya

Pendapatan bersih merupakan pendapatan yang didapat setelah semua kegiatan dan pengeluaran non-operasional yang dikurangkan disaat periode akuntansi tersebut. Komponen laporan perubahan modal selanjutnya adalah pendapatan bersih. Nilai ini bisa Anda dapatkan dari laporan laba rugi, setelah pencatatan keuangan pada periode yang ditentukan.

Pendapatan lainnya mencakup keuntungan yang didapatkan diluar dari catatan yang berada di laporan laba rugi. Laporan ini tidak dicampur dengan pendapatan bersih.

4. Penerbitan Saham

Jumlah yang bisa dicatat ke dalam laporan ini adalah ketika ada saham baru yang diterbitkan dan ketika ada terjadi peningkatan ekuitas dari pemegang saham. 

Baca juga: Manfaat Laporan Keuangan Bagi Investor yang Wajib Diketahui

5. Kerugian Bersih dan Kerugian Lainnya

Net loss merupakan jumlah kerugian yang dialami perusahaan, dari kegiatan dalam sebuah periode dalam tahun anggaran. Kerugian bersih ini dapat mengurangi total modal perusahaan. Jika ada sebuah kerugian yang terjadi, hal tersebut harus dicatat di dalam laporan perubahan modal. 

Selain pendapatan lainnya, kerugian lainnya juga terdapat disini. Biaya atau kerugian yang ada namun tidak diakui dalam laporan laba rugi, akan masuk dalam kategori kerugian lainnya. Meskipun demikian, laporan ini juga harus tertulis di dalam laporan.

7. Dividen 

Dividen dibagi secara merata dengan sesama pemilik saham ketika RUPS (Rapat umum pemilik saham) tengah dilaksanakan.

8. Penarikan Modal 

Formula Laporan Perubahan Modal

Untuk menghitung perubahan modal, terdapat sebuah rumus yang digunakan. Perhitungan ini mencangkup saldo awal dan akhir, net profit, dividen, dan juga perubahan lain yang terjadi. Dibawah ini adalah rumus yang digunakan :

Saldo Akhir Ekuitas = Saldo Awal Ekuitas + Net Profit – Dividen +/- Perubahan Lainnya (kerugian atau keuntungan lainnya)

Contoh laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal

Berikut merupakan sebuah contoh laporan perubahan modal. Di sisi kanan merupakan segala pemasukan yang ada di dalam sebuah perusahaan. Isinya merupakan modal awal dan juga laba bersih yang ditambahkan. Sedangkan di sisi kiri, merupakan seluruh pengeluaran yang ada. Ada beberapa hal yang dikurangkan, yaitu prive, laba ditahan, dan juga koreksi. Ketika sudah dikumpulkan, totalnya ditambahkan dan dikurangkan dengan modal awal, menghasilkan modal akhir dari perusahaan.

Ketika terjadi sebuah perubahan dalam modal, ada baiknya bilamana dituliskan ke dalam laporan. Baik itu pengurangan atau penambahan, perubahan modal harus ditulis sehingga memiliki data tentang keuangan perusahaan yang benar. 
Untuk solusi penambahan modal, lancar by danamas bisa membantu anda! Dengan tenor yang fleksibel dan hingga 10 tahun, kami dapat membantu anda memberikan pinjaman modal usaha yang tepat untuk perusahaan anda! Ingin tahu lebih lanjut, kunjungi website kami di www.lancar.id untuk tahu lebih lanjut!

Cara menabung untuk menikah

Cara Menabung Untuk Menikah, Cepat & Efisien

Pernikahan mungkin merupakan sebuah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Untuk dapat mengucapkan janji selamanya kepada sosok yang anda sayang pasti juga merupakan sebuah hal yang bahagia. Untuk merayakan acara yang bahagia ini, tentu sebuah perencanaan yang matang harus dibuat agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik. Meskipun demikian, perencanaan juga merupakan sebuah hal yang melelahkan, dan akan menjadi sedikit menyusahkan bila tidak direncanakan dengan benar. 

Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang cocok agar dapat menabung untuk menikah tanpa menguras kantong terlalu banyak. Simak langkah-langkah ini, yuk!

Tips Menabung Untuk Menikah

  • Siapkan Budget Yang Sesuai

Mengalokasikan dana untuk pernikahan merupakan sebuah hal yang penting. Dengan anda menyiapkan budget yang sesuai dan yang dibutuhkan, anda bisa menyimpan uang yang cukup untuk pernikahan, dan juga tidak terbebani oleh pikiran yang menyatakan bahwa anda memiliki banyak sekali tabungan yang harus dilakukan. Jika belum pasti terhadap jumlah uang yang harus disiapkan, anda bisa memberi kisaran. 

Untuk menentukan budget yang sesuai, ada baiknya bilamana anda mencari tahu apa yang anda inginkan terlebih dahulu. Contohnya adalah, anda harus cari tahu apa yang anda beli dan dari vendor mana. Dengan anda mengetahui informasi ini, anda bisa membuat sebuah rencana yang sesuai dan buat budget yang cukup. Dengan anda memiliki budget yang ditentukan, anda bisa memiliki target dan tidak harus terlalu memikirkan target yang tidak kunjung tercapai. Intinya, anda bisa menabung dan memiliki sebuah tujuan yang pasti. 

  • Buat Sebuah Tabungan Khusus Untuk Pernikahan

Terkadang, jika anda memiliki tabungan yang banyak, ada hasrat ingin menggunakan uang tersebut untuk berbelanja. Uang tersebut mungkin saja bisa menghambat penyimpanan uang untuk pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa siapkan sebuah tabungan khusus untuk simpanan pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa fokus dalam menyimpan uang anda di tabungan tersebut, dan tidak dicampur tangan dengan pengeluaran yang anda lakukan untuk keperluan pribadi.

  • Saat Menabung, Tentukan Jumlah Uang Yang Digunakan

Untuk menabung dengan jumlah uang yang banyak sekaligus terkadang bisa membuat anda berpikir bahwa tabungan nikahan anda bisa cepat terisi. Namun, terkadang anda juga bisa merasa bahwa tabungan yang anda simpan bertumbuh lama. Karena uang yang besar dan anda mengejar target juga. Dengan ini, ada baiknya bilamana anda menentukan jumlah yang digunakan untuk ditabung. Dengan anda melakukan penabungan dengan jumlah yang ditentukan, anda tidak harus memikirkan banyak tentang jumlah uang yang harus segera ditabung. Anda bisa saja menabung 50 ribu per hari, pasti anda bisa mencapai target penabungan anda. 

Baca juga: Berapa Jumlah Dana Darurat Bagi Yang Sudah Menikah?

  • Cari Lokasi Pernikahan yang Menawarkan Paket yang Lain

Banyak sekali lokasi pernikahan yang menawarkan paket-paket yang sudah dijadikan satu, seperti tempat penginapan, dan lain-lain. Untuk menghemat budget, pastikan anda mencoba untuk mencari lokasi pernikahan yang ditawarkan beserta dengan tawaran-tawaran lain yang datang bersama dengan lokasi pernikahan ini. Mungkin saja, anda bisa menghemat karena tidak harus membayar katering, tempat menikah, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu cara untuk menyimpan budget agar tetap irit.

Inilah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk dapat menabung untuk menikah dengan mudah. Keperluan untuk menikah bisa saja bergantung kepada uang anda yang ingin di tabung, namun jika soal modal usaha, kami (Lancar by Danamas) siap membantu anda! Yuk, kunjungi kami di www.lancar.id, untuk dapat membantu anda dalam pemberian modal usaha

credit score

Paham Credit Score sebelum Ajukan Pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.