Akuntansi Dasar

Akuntansi adalah salah satu disiplin ilmu yang pasti pernah kita pelajari saat sekolah. Siapa sangka, ilmu akuntansi dasar bisa sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tak selalu untuk bisnis, akuntansi dasar bisa digunakan untuk perhitungan sederhana untuk pengeluaran dan pendapatan pribadi. Namun, pada prakteknya, pebisnis umkm lah yang sering sekali menerapkan ilmu akuntansi ini untuk mendukung perhitungan laba rugi bisnis mereka. 

Apa itu Akuntansi Dasar?

Akuntansi dasar ialah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang penjabaran, pengukuran dan pemberi kepastian atas informasi keuangan yang diberikan pada pihak terkait, seperti perusahaan, pribadi bahkan investor untuk menilai sebuah usaha. 

Pengertian akuntansi menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), ialah sebuah ilmu yang mencakup pada kegiatan mencatat, menganalisis hingga mengkomunikasikan transaksi atas kejadian ekonomi pada entitas bisnis. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi beberapa pihak yang berkepentingan didalamnya. 

Komponen Akuntansi Dasar

Akuntansi Dasar

Berikut adalah komponen akuntansi Dasar yang perlu Anda ketahui:

Sistem Pencatatan

Perusahaan harus memiliki pendekatan yang rasional untuk pencatatan sebelum melalui proses akuntansi. Tak hanya itu, mereka juga harus membuat akun yang dapat menyimpan informasi. Akun tersebut akan jatuh ke dalam klasifikasi, antara lain:

Aset

Aset mengacu pada sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Aset yang memiliki nilai ekonomi ini bisa diukur dan dinyatakan dalam istilah moneter.

Contoh aset:

  • Investasi
  • Kas
  • Piutang
  • Persediaan
  • Peralatan bangunan
  • Perlengkapan kantor
  • Kendaraan kantor
  1. Kewajiban

Kewajiban pada aset ini mengacu pada kewajiban keuangan hukum atau hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan selama operasional bisnis berlangsung. Kewajiban ini juga sering disebut sebagai liabilitas yang terbatas atau tidak terbatas.

Kewajiban ini diselesaikan dari waktu ke waktu melalui transfer manfaat ekonomi seperti uang, jasa dan barang. Kewajiban termasuk juga dalam hutang, pinjaman, premi, hipotek yang didapat. 

  1. Ekuitas

Ekuitas ini sering disebut sebagai ekuitas pemegang saham. Hal ini mengacu pada jumlah uang yang harus dikembalikan ke perusahaan kepada pemegang saham setelah semua aset dilikuidasi dan hutang dilunasi. Ekuitas dihitung dengan mengurangi total aset dengan total kewajiban. 

  1. Pengeluaran

Pengeluaran yang dimaksud adalah biaya operasional yang dikeluarkan bisnis untuk menghasilkan pendapatan. Pengeluaran umum ini yakni gaji karyawan, pembayaran tagihan, penyusutan peralatan, sewa pabrik, dll. 

  1. Pendapatan

Pendapatan pada akuntansi dasar yakni penghasilan yang didapat dari operasi bisnis. Pendapatan ini termasuk potongan dan diskon untuk produk yang dikembalikan. Pendapatan dihasilkan dari angka pendapatn kotor dikurangi biaya sehingga menghasilkan pendapatan bersih. 

Transaksi

Transaksi bisnis biasanya dipegang tanggung jawabnya oleh seorang akuntan. Berikut beberapa transaksi bisnis yang cukup penting, seperti:

Penjualan

Transaksi penjualan adalah transaksi dimana produk yang dijual ke konsumen secara tunai maupun kredit. Transaksi ini dicatat didalam jurnal akuntansi sebagai kredit ke akun penjualan dan debut ke kas atau piutang. Penjualan produk ini umumnya mencakup pada pembuatan faktur untuk dikirim ke konsumen serta merinci pada jumlah hutangnya. 

Pembelian

Pembelian pada akuntansi dasar adalah transaksi yang dibutuhkan bisnis untuk mendapatkan bahan yang dibutuhkan. Kebutuhan ini diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Pembelian yang dilakukan juga secara tunai yang dicatat sebagai debit ke akun persediaan dan kredit ke kas. Jika pembelian dilakukan pada akun kredit, maka entri kredit dicatat dalam akun hutang usaha dan entri debet akan dicatat pada akun persediaan. 

Tanda Terima

Tanda terima adalah transaksi yang mengacu pada perusahaan yang dibayar karena menyediakan layanan atau barang kepada konsumen. Transaksi ini juga dicatat pada jurnal akuntansi dasar untuk penjual sebagai kredit ke piutang dan debit ke kas. 

Kompensasi Karyawan

Kompensasi karyawan ini membutuhkan informasi tentang jumlah jam yang digunakan karyawan untuk bekerja. Lalu, kompensasi ini digunakan untuk menghasilkan potongan pajak, upah kotor hingga potongan lain yang ada sesuai kebijakan perusahaan, sehingga hasilnya adalah gaji bersih karyawan. 

Pelaporan Akuntansi Dasar

Pada transaksi perusahaan yang terkait dengan periode akuntansi yang telah diselesaikan, maka selanjutnya akuntan mengkonsolidasi informasi yang disimpan dalam akun lalu mengurutkannya pada tiga dokumen yaitu laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut meliputi:

  • Laporan Laba rugi
  • Laporan Neraca
  • Laporan Arus Kas

Proses dalam Akuntansi Dasar

Pada akuntansi Dasar terdapat proses pelaporan keuangan yang terjadi pada sebuah bisnis, proses tersebut mencakup antara lain:

Pencatatan

Pencatatan keuangan merupakan proses awal pada akuntansi dasar. Pencatatan keuangan sangat penting karena ini adalah kegiatan dokumentasi yang dicatat pada periode tertentu. Pada proses ini dikenal sebagai tahap pembukuan karena diproses ini mencakup analisis transaksi juga.

Ringkasan & Klasifikasi

Pada pencatatan transaksi keuangan, data yang dicatat merupakan data mentah. Maka, akuntan akan meringkas dan mengklasifikasi data kedalam beberapa kategori. Kategori ini nantinya menjadi data yang bisa dijadikan pertimbangan untuk perusahaan. 

Pelaporan Keuangan

Akuntan nantinya akan menyajikan data yang mencakup berbagai transaksi ke dalam laporan keuangan. Laporan ini nantinya akan diberikan ke pihak perusahaan sebagai bahan pertimbangan seperti apa kondisi keuangan dan langkah kedepan. 

Analisis Hasil Laporan

Setelah melakukan pembukuan, klasifikasi hingga laporan keuangan, maka tahap selanjutnya adalah menganalisis hasil dari akuntansi dasar. Akuntan akan menganalisis perbandingan laba, penjualan, ekuitas, dan lain-lain. Analisis ini akan menentukan kinerja perusahaan yang nantinya analisis bisa sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 

Konsep ALOE pada Akuntansi Dasar

Konsep ALOE sering dijadikan acuan untuk mempelajari akuntansi dasar. Berikut penjelasan konsep ALOE:

A = Assets (aset)

L = Liabilitias (kewajiban)

O E = Owner’s Equity (ekuitas pemilik/modal usaha)

Persamaan konsep ALOE tersebut, menjadi persamaan dasar akuntansi berikut:

Aset (aktiva) = Kewajiban (pasiva) + Modal (pasiva)

Aset: Aktiva yang merupakan sumber ekonomi dengan nilai guna bagi perusahaan.

Kewajiban: hutang yang disebut pasiva.

Ekuitas pemilik usaha dengan selisih kewajiban pemilik usaha di masa depan.

Manfaat Akuntansi Dasar bagi Bisnis

Akuntansi sebagai Informasi Keuangan

Informasi keuangan bisa Anda dapatkan melalui analisis akuntansi dasar. Dengan pembuatan laporan atau jurnal akuntansi, maka Anda bisa memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan untuk pihak-pihak yang berkepentingan. 

Akuntansi sebagai Bahan Evaluasi

Jika Anda ingin bisnis terus maju dan berkembang, maka bisa juga menganalisis lewat hasil laporan keuangan. Hasil laporan dan analisis akuntansi ini bisa menjadi acuan untuk perusahaan atas langkah selanjutnya yang akan diambil. 

Akuntansi sebagai Bukti Pertanggungjawaban

Pada perusahaan, semua hal termasuk keuangan juga harus memiliki bukti yang bisa dipertanggungjawabkan. Laporan jurnal akuntansi dasar bisa jadi bukti yang valid sehingga jika terjadi sesuatu yang membutuhkan tanggung jawab dari kondisi ekonomi bisnis bisa lebih terpercaya datanya. 

Akuntansi Bantu Pencatatan Ekonomi

Akuntansi dasar tidak hanya digunakan pada perusahaan besar saja, tapi juga bisa untuk laporan keuangan pribadi dan keluarga. Dengan adanya pencatatan ekonomi, maka segala sesuatunya bisa diperhitungkan dengan data yang jelas. Kedepannya pun, kondisi ekonomi pribadi atau keluarga bisa diperbaiki secara perlahan. 

Pencatatan jurnal akuntansi ini tentu sangat memudahkan Anda dalam membuat data untuk bisa dipertanggungjawabkan ke perusahaan. Pencatatan yang terperinci ini juga termasuk dana yang masuk ke perusahaan atau bisnis seperti modal usaha. Berapapun nominal modal usaha yang Anda dapatkan, sebaiknya tetap dicatat pada jurnal akuntansi. 

Modal usaha dari Lancar by Danamas yang merupakan perusahaan Fintech Lending berizin OJK ini bisa jadi andalan Anda yang ingin berekspansi dalam usaha. Memajukkan bisnis pasti membutuhkan modal, namun sayangnya untuk dapat modal usaha yang cepat juga pengajuan yang mudah tidaklah banyak. Salah satu pilihan untuk pinjaman modal usaha adalah Lancar by Danamas. Dengan pinjaman beragunan properti tentu lebih memudahkan karena kini rumah atau apartment yang Anda miliki bisa diubah menjadi modal usaha. Lancar by Danamas bisa bantu Anda menghitung modal usaha dengan jaminan properti, siap untuk memulai mewujudkan mimpi bisnis Anda?

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Laporan perubahan modal

Laporan Perubahan Modal: Pengertian & Contohnya

Dalam sebuah perusahaan, sebuah laporan keuangan pasti diperlukan untuk mengetahui kemana arus kas yang tengah berjalan. Ada banyak jenis laporan keuangan yang sebuah perusahaan buat demi mendapatkan informasi tersebut. Salah satu laporan yang dibuat adalah laporan perubahan modal. 

Di artikel ini, kami akan membahas tentang laporan perubahan modal. Dimulai dari definisi, komponen, hingga contoh-contohnya. Yuk, simal artikel ini!

Definisi Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal

Menurut penjelasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laporan perubahan modal merupakan sebuah laporan yang membahas mengenai perubahan modal yang terjadi di sebuah perusahaan dalam waktu tertentu. Perubahan ini bisa saja terjadi karena adanya tambahan dalam investasi, penurunan atau peningkatan laba, atau pengambilan uang untuk keperluan pribadi. 

Komponen Laporan Perubahan Modal

Untuk menyusun sebuah laporan perubahan modal, ada beberapa hal yang harus ada di dalam laporan tersebut. Berikut adalah unsur-unsur komponen yang perlu ada di dalam laporan perubahan modal: 

1. Saldo Awal

Saldo awal atau saldo pembukaan adalah kumpulan saldo akhir dari laporan yang telah dibuat pada periode sebelumnya.  Semua penambahan dan pengurangan yang terjadi selama transaksi akan dilakukan pada saldo awal laporan ekuitas.

2. Pendapatan Bersih dan Lainnya

Pendapatan bersih merupakan pendapatan yang didapat setelah semua kegiatan dan pengeluaran non-operasional yang dikurangkan disaat periode akuntansi tersebut. Komponen laporan perubahan modal selanjutnya adalah pendapatan bersih. Nilai ini bisa Anda dapatkan dari laporan laba rugi, setelah pencatatan keuangan pada periode yang ditentukan.

Pendapatan lainnya mencakup keuntungan yang didapatkan diluar dari catatan yang berada di laporan laba rugi. Laporan ini tidak dicampur dengan pendapatan bersih.

4. Penerbitan Saham

Jumlah yang bisa dicatat ke dalam laporan ini adalah ketika ada saham baru yang diterbitkan dan ketika ada terjadi peningkatan ekuitas dari pemegang saham. 

Baca juga: Manfaat Laporan Keuangan Bagi Investor yang Wajib Diketahui

5. Kerugian Bersih dan Kerugian Lainnya

Net loss merupakan jumlah kerugian yang dialami perusahaan, dari kegiatan dalam sebuah periode dalam tahun anggaran. Kerugian bersih ini dapat mengurangi total modal perusahaan. Jika ada sebuah kerugian yang terjadi, hal tersebut harus dicatat di dalam laporan perubahan modal. 

Selain pendapatan lainnya, kerugian lainnya juga terdapat disini. Biaya atau kerugian yang ada namun tidak diakui dalam laporan laba rugi, akan masuk dalam kategori kerugian lainnya. Meskipun demikian, laporan ini juga harus tertulis di dalam laporan.

7. Dividen 

Dividen dibagi secara merata dengan sesama pemilik saham ketika RUPS (Rapat umum pemilik saham) tengah dilaksanakan.

8. Penarikan Modal 

Formula Laporan Perubahan Modal

Untuk menghitung perubahan modal, terdapat sebuah rumus yang digunakan. Perhitungan ini mencangkup saldo awal dan akhir, net profit, dividen, dan juga perubahan lain yang terjadi. Dibawah ini adalah rumus yang digunakan :

Saldo Akhir Ekuitas = Saldo Awal Ekuitas + Net Profit – Dividen +/- Perubahan Lainnya (kerugian atau keuntungan lainnya)

Contoh laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal

Berikut merupakan sebuah contoh laporan perubahan modal. Di sisi kanan merupakan segala pemasukan yang ada di dalam sebuah perusahaan. Isinya merupakan modal awal dan juga laba bersih yang ditambahkan. Sedangkan di sisi kiri, merupakan seluruh pengeluaran yang ada. Ada beberapa hal yang dikurangkan, yaitu prive, laba ditahan, dan juga koreksi. Ketika sudah dikumpulkan, totalnya ditambahkan dan dikurangkan dengan modal awal, menghasilkan modal akhir dari perusahaan.

Ketika terjadi sebuah perubahan dalam modal, ada baiknya bilamana dituliskan ke dalam laporan. Baik itu pengurangan atau penambahan, perubahan modal harus ditulis sehingga memiliki data tentang keuangan perusahaan yang benar. 
Untuk solusi penambahan modal, lancar by danamas bisa membantu anda! Dengan tenor yang fleksibel dan hingga 10 tahun, kami dapat membantu anda memberikan pinjaman modal usaha yang tepat untuk perusahaan anda! Ingin tahu lebih lanjut, kunjungi website kami di www.lancar.id untuk tahu lebih lanjut!

Cara menabung untuk menikah

Cara Menabung Untuk Menikah, Cepat & Efisien

Pernikahan mungkin merupakan sebuah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Untuk dapat mengucapkan janji selamanya kepada sosok yang anda sayang pasti juga merupakan sebuah hal yang bahagia. Untuk merayakan acara yang bahagia ini, tentu sebuah perencanaan yang matang harus dibuat agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik. Meskipun demikian, perencanaan juga merupakan sebuah hal yang melelahkan, dan akan menjadi sedikit menyusahkan bila tidak direncanakan dengan benar. 

Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang cocok agar dapat menabung untuk menikah tanpa menguras kantong terlalu banyak. Simak langkah-langkah ini, yuk!

Tips Menabung Untuk Menikah

  • Siapkan Budget Yang Sesuai

Mengalokasikan dana untuk pernikahan merupakan sebuah hal yang penting. Dengan anda menyiapkan budget yang sesuai dan yang dibutuhkan, anda bisa menyimpan uang yang cukup untuk pernikahan, dan juga tidak terbebani oleh pikiran yang menyatakan bahwa anda memiliki banyak sekali tabungan yang harus dilakukan. Jika belum pasti terhadap jumlah uang yang harus disiapkan, anda bisa memberi kisaran. 

Untuk menentukan budget yang sesuai, ada baiknya bilamana anda mencari tahu apa yang anda inginkan terlebih dahulu. Contohnya adalah, anda harus cari tahu apa yang anda beli dan dari vendor mana. Dengan anda mengetahui informasi ini, anda bisa membuat sebuah rencana yang sesuai dan buat budget yang cukup. Dengan anda memiliki budget yang ditentukan, anda bisa memiliki target dan tidak harus terlalu memikirkan target yang tidak kunjung tercapai. Intinya, anda bisa menabung dan memiliki sebuah tujuan yang pasti. 

  • Buat Sebuah Tabungan Khusus Untuk Pernikahan

Terkadang, jika anda memiliki tabungan yang banyak, ada hasrat ingin menggunakan uang tersebut untuk berbelanja. Uang tersebut mungkin saja bisa menghambat penyimpanan uang untuk pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa siapkan sebuah tabungan khusus untuk simpanan pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa fokus dalam menyimpan uang anda di tabungan tersebut, dan tidak dicampur tangan dengan pengeluaran yang anda lakukan untuk keperluan pribadi.

  • Saat Menabung, Tentukan Jumlah Uang Yang Digunakan

Untuk menabung dengan jumlah uang yang banyak sekaligus terkadang bisa membuat anda berpikir bahwa tabungan nikahan anda bisa cepat terisi. Namun, terkadang anda juga bisa merasa bahwa tabungan yang anda simpan bertumbuh lama. Karena uang yang besar dan anda mengejar target juga. Dengan ini, ada baiknya bilamana anda menentukan jumlah yang digunakan untuk ditabung. Dengan anda melakukan penabungan dengan jumlah yang ditentukan, anda tidak harus memikirkan banyak tentang jumlah uang yang harus segera ditabung. Anda bisa saja menabung 50 ribu per hari, pasti anda bisa mencapai target penabungan anda. 

Baca juga: Berapa Jumlah Dana Darurat Bagi Yang Sudah Menikah?

  • Cari Lokasi Pernikahan yang Menawarkan Paket yang Lain

Banyak sekali lokasi pernikahan yang menawarkan paket-paket yang sudah dijadikan satu, seperti tempat penginapan, dan lain-lain. Untuk menghemat budget, pastikan anda mencoba untuk mencari lokasi pernikahan yang ditawarkan beserta dengan tawaran-tawaran lain yang datang bersama dengan lokasi pernikahan ini. Mungkin saja, anda bisa menghemat karena tidak harus membayar katering, tempat menikah, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu cara untuk menyimpan budget agar tetap irit.

Inilah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk dapat menabung untuk menikah dengan mudah. Keperluan untuk menikah bisa saja bergantung kepada uang anda yang ingin di tabung, namun jika soal modal usaha, kami (Lancar by Danamas) siap membantu anda! Yuk, kunjungi kami di www.lancar.id, untuk dapat membantu anda dalam pemberian modal usaha

credit score

Paham Credit Score sebelum Ajukan Pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.