wesel

Jika Anda adalah seseorang yang lahir pada generasi milenial ke atas, Anda pasti asing dengan kata wesel. Menurut KBBI, wesel merupakan surat pos untuk mengirimkan uang. Surat pembayaran ini dapat diuangkan ke bank oleh pemegangnya.

Ada pula ahli yang mengatakan, bahwa wesel merupakan surat berharga yang termasuk surat tagihan orang, sekaligus bentuk perintah tertulis tidak bersyarat dari penarik atau yang biasa disebut dengan penanda tangan, yang akan ditujukan kepada seseorang atau bank untuk membayar tanpa syarat sejumlah uang tertentu kepada pihak-pihak maupun seseorang yang telah ditunjuk untuk menerimanya.

Pengertian Wesel 

wesel

Jika mengutip dari buku akuntansi keuangan pembelajaran, wesel adalah janji tertulis tidak bersyarat dari suatu pihak ke pihak lainnya untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal yang telah ditentukan.

Setelah Anda memahami dari arti wesel itu sendiri, ada baiknya jika Anda juga mengerti fungsi dari adanya atau dibuatnya sistem pembayaran dengan wesel. Berikut penjelasannya.

Fungsi Wesel 

Pada zaman dibuat dan digunakannya wesel, wesel memiliki fungsi antara lain:

  1. Alat Pengiriman Uang

Ketika rekening bank belum banyak digunakan beberapa waktu silam, wesel menjadi salah satu alat pengiriman uang yang sering diandalkan. Wesel seringkali digunakan ketika ingin mengirimkan uang antarkota atau kabupaten, provinsi, hingga antarnegara melalui jasa pos. Alat pengiriman uang ini dapat digunakan dengan mudah selama syarat-syaratnya dipenuhi.

  1. Alat Pembayaran Kredit

Selain fungsinya sebagai alat pengirim uang, wesel juga sering digunakan untuk alat pembayaran kredit. Penggunaannya akan dilakukan oleh pihak kreditur ketika menagih pembayaran kepada pihak debitur. Wesel seperti ini akan mencakup informasi tentang piutang yang masih belum terbayar oleh pihak yang berhutang.

Sebagai pihak yang memberikan kredit, wesel dikeluarkan untuk menerima seluruh pembayaran yang dilakukan oleh pihak debitur sesuai informasi yang sesuai dengan isi dokumen. Nominal yang terlampir dalam wesel bisa sudah terdapat bunga atau belum/tanpa bunga. Hal ini tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak piutang di awal.

Ada pula syarat-syarat wesel yang juga harus Anda ketahui sebelum Anda memilih untuk menggunakannya sebagai sistem pembayaran Anda. Jika dikutip dari Kitab Undang-Undang Hukum Dagang atau yang disingkat KUHD, di pasal 100 tertuang syarat-syarat sah wesel. Yaitu:

wesel

Syarat-Syarat Wesel

  1. Nama surat wesel dimuatkan di dalam teksnya sendiri dan diistilahkan dalam bahasa di surat itu
  2. Perintah tak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu
  3. Terdapat nama pihak yang harus membayarnya (tertarik atau pembayar)
  4. Penetapan hari pembayarannya
  5. Penetapan tempat dimana pembayaran harus dilakukan
  6. Nama pihak yang akan menerima uang
  7. Tanggal dan tempat wesel ditarik
  8. Tandatangan pihak yang mengeluarkannya

Setelah Anda memahami pengertian wesel, fungsi, dan syarat-syarat menggunakan wesel secara keseluruhan, selanjutnya Anda juga harus tahu beberapa jenis wesel berdasarkan KUHD yang terbagi-bagi berdasarkan kebutuhannya. Berikut penjelasannya.

Beberapa Jenis Wesel

  1. Perhitungan Orang Ketiga

Menurut pasal 102 ayat 3 KUHD, wesel perhitungan orang ketiga merupakan jenis wesel yang dikeluarkan melalui perintah dari pihak orang ketiga. Pembayaran dari pihak debitur akan dibebankan ke rekening pihak ketiga tersebut dan bank bertindak sebagai penerbit.

  1. Penerbit Sendiri

Pada jenis wesel ini, penerbit wesel menjadi pihak tersangkut. Dengan kata lain, penerbit bisa menunjuk dirinya sendiri sebagai pihak tersangkut sehingga pihak penerbit dan pihak tersangkut adalah pihak yang sama.

  1. Inkaso

Wesel inkaso juga lebih dikenal sebagai wesel untuk menagih. Jenis wesel yang ini tidak dapat diperjualbelikan atau dipindahtangankan, Wesel inkaso berguna untuk memberikan kuasa kepada pihak pemegang pertama, untuk melakukan penagihan sejumlah uang kepada yang bersangkutan.

  1. Berdomisili

Penerbitan wesel jenis ini menentukan tempat dimana pembayaran wesel akan dilakukan berdasarkan lokasi yang telah disetujui oleh pihak-pihak terkait. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempermudah proses pembayaran wesel.

  1. Berdomisili Brangko

Jenis wesel yang satu ini dapat diterbitkan apabila terdapat perbedaan terkait tempat domisili yang bersangkutan. Sesuai dengan apa yang tertuang pada pasal 126 KUHD, pembuatan wesel jenis ini disesuaikan dengan ketentuan pembayaran jika terjadi di tempat lain, yang berbeda dari tempat yang bersangkutan.

  1. Pengganti Penerbit

Berdasarkan pasal 102 ayat 1 KUHD, wesel pengganti penerbit merupakan wesel yang menjadikan diri sendiri sebagai pihak pemegang dan penerbit wesel.

Pada zamannya, wesel sering digunakan oleh mereka yang pergi merantau ke luar daerah asal untuk mengirimkan uang ke keluarga mereka. Pengiriman uang ini dilakukan untuk berbagai tujuan. Seperti biaya hidup sehari-hari, modal membuka usaha di kampung, dan lain sebagainya. Namun semakin hari, penggunaan wesel tergantikan dengan hadirnya berbagai sistem pembayaran baru seperti m-banking dan QRIS yang merupakan perkumpulan dari berbagai sistem pembayaran seperti OVO, GOPAY, ShopeePay, DANA, dan lainnya. Penggunaan QRIS juga semakin mudah untuk Anda temukan di berbagai merchant atau tenan di seluruh Indonesia. Tidak harus di restoran, kini, para pedagang kaki lima pun sudah banyak yang menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran mereka.

Baca juga: Apa itu Latte Factor: Pengaruhnya pada Keuangan & Cara Atasi

Untuk itu, jika Anda mempunyai sebuah bisnis, penting untuk Anda untuk mempertimbangkan sistem pembayaran yang up-to-date untuk mempermudah pelanggan Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah transaksi karena pembayaran yang dianggap efisien oleh para pelanggan. Namun, jika operasional keuangan bisnis Anda menjadi masalah untuk melakukan pengadaan device demi mendukung sistem pembayaran terbaru, Anda dapat mencoba untuk mengajukan tambahan modal usaha di Danamas.
Danamas merupakan pinjaman bisnis berbasis digital yang beragunan properti.  Dimana, limit yang ditawarkan hingga 2 M dengan tenor sampai 10 tahun. Pinjaman modal usaha ini juga bisa Anda gunakan untuk membuka store cabang di tempat lain sehingga pemasukan pun bertambah. Danamas bisa diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

perhitungan-pensiun-dini

Cara Perhitungan Pensiun Dini PNS, Swasta & Syarat Pengajuan

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini karena berbagai faktor yang dirasakan, mulai dari tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati keh

uang-100-juta

10 Cara Menghasilkan Uang 100 Juta di Tahun 2023!

Cara menghasilan uang 100 juta memang terdengar tidak mudah, karena ini bicara tentang mengatur sistem & mindset. Uang memang bukanlah hal yang paling penting dal

jenis-jenis-sim

7 Jenis Jenis SIM, Cara Membuat SIM Online & Biaya Perpanjangan

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu surat tua yang wajib dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di I