Kartu Debit

Seiring dengan pertumbuhan zaman yang kian pesat, perkembangan teknologi juga diharapkan dapat membantu memudahkan semua orang dalam melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah dalam hal menabung atau transaksi lainnya yang dapat dilakukan hanya menggunakan sebuah kartu. 

Jika Anda merupakan seorang pengusaha, Anda harus memiliki pengetahuan tentang kartu-kartu di perbankan agar bisa memanfaatkannya dengan maksimal demi mendapatkan keuntungan yang lebih. Hal ini diperkuat dengan perkembangan cara bertransaksi masyarakat yang mana bila sebelumnya mayoritas pembayaran dilakukan dengan uang tunai, kini orang punya pilihan untuk membayar dengan menggunakan kartu bank, seperti kartu debit. Keuntungan efisiensi ini tidak hanya dirasakan oleh konsumen, namun Anda sebagai pemilik bisnis pun pasti merasakannya. Dengan melayani transaksi menggunakan kartu debit, ada sejumlah benefit yang bisa Anda dapatkan. Berikut penjelasan lengkap tentang kartu debit.

Pengertian Kartu Debit

Dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kartu debit sendiri merupakan kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan Personal Identification Number atau yang biasa disingkat dengan PIN.

Jika ditelaah lebih jauh, kartu debit adalah alat pembayaran, maupun alat pengambilan uang pada suatu bank yang telah ditentukan. Anda tidak perlu repot membawa uang Anda kemana-mana karena dengan kartu debit, Anda bisa membayar sesuatu dengan jumlah yang besar secara praktis. Banyak juga manfaat dari keberadaan kartu debit yang membuat semua pemiliknya merasakan pengalaman bertransaksi yang mudah, aman, dan efektif.

Tak beda dengan kartu bank lainnya, kartu debit juga memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih untuk digunakan berdasarkan kebutuhan. Namun biasanya, setiap bank memiliki jenis kartu debit yang berbeda-beda meski pada umumnya urutan dimulai dari silver, gold, dan platinum. Pada setiap tahapan kartu debit ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, semakin tinggi tahapan kartu yang Anda gunakan, maka semakin besar pula limit yang diberikan. Tapi, biaya admin yang telah ditetapkan juga semakin tinggi.

Cara Menggunakan Kartu Debit

Pada umumnya, ada 3 cara dalam menggunakan kartu debit yang sering diterapkan oleh para pemiliknya. Cara-cara ini digunakan berdasarkan kebutuhannya. Berikut penjelasannya.

  1. Menggunakan Kartu Debit di ATM

● Masukkan kartu ke dalam mesin ATM.

● Pilih bahasa yang akan digunakan.

● Masukkan PIN ATM yang berjumlah 6 digit. Pastikan PIN yang dimasukkan sudah benar. Karena, apabila Anda memasukkan PIN yang salah sebanyak 3x, maka kartu debit Anda akan terblokir.

● Setelah PIN yang dimasukkan benar, layar akan menampilkan beberapa menu. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan Anda (misal: mengambil uang cash atau melakukan transaksi lainnya).

● Lakukan transaksi sesuai dengan instruksi yang ada pada layar.

● Tunggu sebentar hingga transaksi selesai diproses.

● Setelah selesai, mesin ATM akan menampilkan opsi untuk melakukan transaksi lainnya. Jika transaksi Anda telah selesai, pilih opsi tidak untuk mengeluarkan kartu..

● Pastikan ambil kembali kartu debit Anda dari mesin ATM sebelum Anda meninggalkan ATM.

  1. Menggunakan Kartu Debit di Merchant

● Pastikan toko yang Anda datangi menyediakan layanan non-tunai seperti adanya mesin EDC.

● Berikan kartu debit Anda ke kasir untuk melakukan pembayaran

● Tunggu hingga kasir memasukkan nominal transaksi.

● Lalu, masukkan PIN kartu debit Anda.

● Setelah pembayaran berhasil, saldo yang ada dalam kartu debit Anda akan otomatis terpotong sesuai dengan nominal transaksi.

● Terima struk pembayaran dan cek kembali jumlah saldo dengan nominal transaksi.

  1. Menggunakan Kartu Debit di Online Banking

● Pastikan Anda sudah mengaktivasi debit online di mbanking Anda atau langsung datangi bank penyedia.

● Kunjungi website, aplikasi, atau layanan online dimana Anda akan melakukan pembayaran.

● Klik hingga muncul jendela pilihan pembayaran, lalu klik online banking.

● Masukkan informasi kartu debit Anda berupa nomor kartu debit, kode CVV, dan lakukan verifikasi dengan mengirimkan kode OTP ke nomor handphone Anda agar transaksi lebih aman.

● Setelah semua terisi dengan benar, tunggu sampai transaksi selesai diproses.

● Transaksi selesai.

Manfaat Kartu Debit

  1. Mempermudah Transaksi

Anda bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Transaksi ini mencakup transfer, melakukan pembayaran, hingga mengambil uang.

  1. Menghindari Potensi Kejahatan

Dengan membawa sedikit uang tunai, Anda tidak perlu cemas lagi kemanapun Anda pergi. Dengan menggunakan kartu debit akan lebih aman, sebab, hanya seorang pemilik kartu debit yang memiliki akses ke kartu debitnya.

  1. Memudahkan Transaksi di Luar Negeri

Beberapa jenis kartu debit sudah bisa digunakan untuk mengambil uang atau melakukan pembayaran di luar negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan transaksi ketika sedang berlibur.

Tips Aman Menggunakan Kartu Debit

  1. Memiliki Rekening Ganda

Dengan mempunyai kartu lain yang dikhususkan untuk suatu kebutuhan dapat menjadi antisipasi ketika menghadapi situasi darurat. Seperti misal saat Anda lupa kode PIN, lalu terblokir ketika melakukan pembayaran.

  1. Tetapkan Batas Limit

Ketika Anda tidak membatasi nominal yang ada di kartu debit Anda, Anda akan menjadi sulit untuk mengontrol pengeluaran-pengeluaran yang seharusnya tidak dibutuhkan.

  1. Belanja di Merchant yang Sudah Terpercaya

Pastikan Anda melakukan pembayaran nontunai dengan kartu debit, di merchant-merchant yang memang terpercaya untuk menghindari kejahatan. Untuk lebih amannya, sediakan uang fisik jika merchant tidak mendukung.

  1. Jaga Kerahasiaan PIN

Demi keamanan dan kenyamanan Anda, jangan ragu-ragu untuk menutupi mesin EDC ketika Anda sedang memasukkan nomor PIN.

Kartu debit adalah salah satu metode pembayaran yang tidak hanya menguntungkan konsumen, namun juga para pengusaha. Anda dapat memanfaatkannya sebagai sebuah rekening bersama yang bisa digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran secara aman. Pastikanlah bisnis Anda memiliki fasilitas EDC dengan kartu debit sebagai salah satu metode pembayaran non tunai.

Baca juga: Mengenal Kartu GPN Serta Keuntungan Memilikinya

Namun, jika usaha Anda sedang terhambat karena masalah modal, Anda bisa mencoba Danamas Pinjaman Bisnis. Sebagai sebuah platform pinjaman usaha beragunan properti berbasis digital, Danamas Pinjaman Bisnis bisa diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Bunga yang kompetitif, limit yang besar hingga 2 Miliar, serta tenor hingga 10 tahun, semua bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Danamas Pinjaman Bisnis juga sudah berizin dan diawasi OJK yang bisa dipastikan aman. Jadi, sudah siap meminjam di Danamas? Coba sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

perhitungan-pensiun-dini

Cara Perhitungan Pensiun Dini PNS, Swasta & Syarat Pengajuan

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini karena berbagai faktor yang dirasakan, mulai dari tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati keh

uang-100-juta

10 Cara Menghasilkan Uang 100 Juta di Tahun 2023!

Cara menghasilan uang 100 juta memang terdengar tidak mudah, karena ini bicara tentang mengatur sistem & mindset. Uang memang bukanlah hal yang paling penting dal

jenis-jenis-sim

7 Jenis Jenis SIM, Cara Membuat SIM Online & Biaya Perpanjangan

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah salah satu surat tua yang wajib dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat di I