rumus 1234

Untuk memiliki kondisi keuangan yang baik maka perlu memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang cerdas. Ada berbagai cara atau metode yang digunakan oleh beberapa orang agar pengelolaan keuangan terasa lebih baik dan sesuai dengan kondisi keuangan setiap keluarga. Salah satu metode yang paling paling populer adalah rumus 1234.

Rumus 1234 adalah rumus dana dalam pengelolaan keuangan untuk jumlah pembagian presentasi dalam mengatur anggaran anggaran keuangan di tiap bulannya. Umumnya orang menggunakan rumus 1234 ini untuk mengatur gaji mereka di tiap bulan, berikut penjelasannya untuk anda.

Bagaimana Rumus 1234?

rumus 1234
  • 10% Dialokasikan Untuk Sedekah

Anda bisa menyisihkan pendapatan sebesar 10% untuk melakukan berbagai kebaikan seperti bersedekah di setiap bulannya. Selain itu 10% dari pendapatan Anda juga bisa dialokasikan untuk memberikan kepada orang tua. Maka di tiap bulannya Anda masih bisa melakukan hal baik melalui pendapatan yang anda miliki.

  • 20% Alokasikan Untuk Asuransi Investasi Dan Dana Darurat

Saat gajian Anda juga perlu menyisihkan 20% untuk asuransi investasi dan dana darurat. Hal ini juga penting dalam pengelolaan keuangan sehingga Anda memiliki dana untuk masa depan hingga dana yang bersifat mendesak. Asuransi investasi atau dana darurat bisa ditabung lewat instrumen seperti tabungan, deposito, berbagai instrumen investasi seperti Reksadana dan saham. Jika Anda belum memiliki dana darurat, namun berada pada kondisi mendesak, maka kini ada solusi yang aman yaitu dengan produk LancarDana Darurat dari Lancar by Danamas yang ditujukan untuk Anda pemilik rumah yang memiliki kebutuhan darurat. Anda bisa mengajukan pinjaman dana darurat dari fintech lending berizin OJK ini dengan agunan properti. Pastikan memilih asuransi hingga instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan hingga profil risiko anda.

  • 30% Alokasikan Untuk Kebutuhan Cicilan

Jika anda memiliki hutang tertentu maka besaran cicilan tersebut tidak melebihi dari 30% penghasilan. Nominal ini dikatakan wajar sehingga tidak akan mengganggu kondisi kesehatan anda. Pengeluaran 30% dari pendapatan untuk membayar hutang atau cicilan adalah salah satu resiko keuangan yang perlu Anda ketahui. Jika anda memiliki masalah dalam rasio hutang ini maka sebaiknya perbaiki pengelolaan keuangan anda agar kedepannya kondisi keuangan akan terus membaik dan stabil.

  • 40% Alokasikan Untuk Kebutuhan Hidup

Kebutuhan hidup terdiri dari berbagai macam seperti kebutuhan biaya makan minum transportasi dan lain-lain. Semua hal yang sifatnya untuk kebutuhan hidup anda termasuk gaya hidup sehari-hari bisa dimasukkan ke dalam alokasi 40% ini. Contoh jika anda memiliki gaji tiap bulan sebesar Rp 6 juta maka alokasi biaya kebutuhan hidup yang bisa digunakan yaitu 2,4 juta.

Metode Pengelolaan Uang

rumus 1234

Selain rumus 1234 dalam pengelolaan keuangan Anda juga bisa mencoba rumus lain seperti berikut ini:

  • Rumus 50 30 20

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengalokasikan 20% pendapatan untuk menabung. Anda bisa menabung ke dalam bentuk apapun seperti menyimpan di rumah atau melakukan investasi di reksadana obligasi atau saham. Sebaiknya dana 20% ini tidak boleh diganggu gugat jika sudah dipisahkan.

Lalu yang kedua adalah alokasikan 30% pendapatan untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak seperti membeli pakaian membeli membeli alat elektronik liburan dan lain-lain. Selanjutnya alokasi 50% dari pendapatan Anda sebaiknya digunakan untuk kebutuhan yang penting atau primer seperti makan minum transportasi tempat tinggal dan lain-lain.

  • Rumus Mingguan

Pada rumus mingguan Anda bisa lebih leluasa karena alokasi pendapatan menjadi 4 bagian. Maka tentukan batas pengeluaran setiap minggunya dan anda pun bebas untuk membelajarkan dengan catatan tidak boleh melebihi batas anggaran yang sudah ditentukan. Jika perlu Anda bisa membagi 5 bagian dalam 1 bagian yang anda sisihkan sebagai tabungan.

  • Rumus 50 per 50

Anda bisa menggunakan metode 50/50 dimana setiap anak mendapatkan gaji tiap bulan lalu langsung pisahkan 50% pendapatan tersebut untuk ditabung dan sebaiknya tidak digunakan untuk hal lainnya. Lalu sisa 50% lainnya bisa dipakai untuk keperluan anda, selanjutnya Anda bisa bagi kembali menggunakan aturan atau rumus lainnya yang sesuai dengan kenyamanan Anda. 

Tips Mengatur Gaji Bulanan

rumus 1234
  • Bijak Menentukan Pengeluaran

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan bijak dalam menentukan pengeluaran. Jika anda tidak mampu untuk menahan diri dalam membelanjakan uang maka ini bisa menjadi bumerang dalam pengelolaan keuangan Anda kedepan. Hal ini dikarenakan menahan diri untuk mengeluarkan uang secara bebas adalah kemampuan pertama yang perlu anda miliki. Semakin anda mampu mengatur prioritas pengeluaran yang dilakukan maka semakin baik juga kondisi finansial yang anda dapatkan. Untuk itu tentukan skala prioritas dalam melakukan pengeluaran.

  • Lakukan Pencatatan

Lakukan pencatatan yang rapi agar anda bisa mengelola finansial lebih tertata. Dengan memiliki catatan yang rapi tentang pendapatan dan pengeluaran keuangan maka ini bisa membantu anda untuk hidup hidup disiplin dalam mengeluarkan uang. Selain itu ini juga bisa membantu Anda dalam melakukan review secara berkala untuk hal-hal apa saja yang anda keluarkan dan habiskan. Pada gaji bulanan maka pencatatan bisa dilakukan secara sederhana dengan memiliki komponen antara lain sumber pendapatan seperti pendapatan bulanan atau usaha sampingan hingga kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Baca juga: Rumus ROI & Pengertian Return On Investment

  • Gaya Hidup Sederhana

Jika anda memiliki gaji yang tidak terlalu besar maka sebaiknya disesuaikan juga dengan gaya hidup anda. Kegagalan dalam pengelolaan keuangan juga bisa terjadi karena gaya hidup yang terlalu tinggi melebihi dari pendapatan Anda tiap bulan. Untuk itu penting sekali untuk terbiasa dengan gaya hidup sederhana tanpa terpengaruh terhadap lingkungan sekitar anda.

  • Gunakan Pos Pengeluaran Yang Tepat

Dengan memilih metode atau rumus dalam pengelolaan keuangan yang sudah-sudah disebutkan diatas maka ini bisa membantu Anda dalam menyusun pos-pos pengeluaran. Hal tersebut seperti rumus 1234 yang memiliki rasio dan pos-pos pengeluaran tersendiri sehingga pengelolaan keuangan pun akan lebih rapi dan baik.

Demikian cara atur gaji bulanan dengan rumus 1234 yang bisa Anda gunakan. Mulailah atur keuangan dari sekarang dan nikmati manfaatnya dikemudian hari. Dengan pengaturan keuangan yang optimal, maka Anda bisa mencapai tujuan keuangan lebih cepat.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

qris adalah

QRIS Adalah: Fungsi, Cara Penggunaan, dan Kelebihannya

Saat ingin membayar barang di kasir, biasanya terpajang suatu gambar barcode dengan nama toko atau stand tempat Anda berbelanja. Cara bayar kini bisa dilakukan dengan scan QR code. Apa itu QRIS? Yuk simak artikel ini. 

Pengertian QRIS 

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS merupakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran dengan tujuan agar transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.  

Fungsi QRIS 

Terdapat fungsi dari QRIS yakni untuk konsumen dan juga untuk merchant. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Untuk Konsumen

QRIS tentunya memudahkan konsumen, dengan adanya sistem pembayaran ini akan lebih cepat dan tidak perlu repot membawa uang tunai. Selain itu QRIS  juga membuat konsumen terlindungi karena semua Penyedia Sistem Jasa Bayar sudah pasti memiliki izin yang diawasi oleh Bank Indonesia.

  1. Untuk Merchant

Meningkatkan potensi penjualan, karena dapat menerima pembayaran berbasis QR. Dengan menggunakan QRIS pastinya akan meningkatkan branding karena menyediakan pembayaran yang mudah dan kekinian, selain itu mengurangi biaya pengelolaan kas dan tidak pusing menyediakan uang kembalian. .

Cara Penggunaan QRIS 

  • Sebagai Merchant
  1. Membuat akun
  2. Mengisi data dan dokumen yang diminta oleh PJSP
  3. Menunggu proses verifikasi dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP
  4. PJSP akan mengirimkan stiker QRIS
  5. Install aplikasi sebagai merchant QRIS
  6. PJSP akan melakukan edukasi kepada merchant mengenai cara menerima pembayaran. 
  • Sebagai Pengguna
  1. Membuat Akun dengan mengunduh salah satu aplikasi PJSP yang memiliki izin QRIS
  2. Daftarkan diri
  3. Mengisi saldo pada akun 
  4. Menggunakannya untuk pembayaran pada merchant yang menyediakan QRIS
  5. Scan code, masukan nominal serta pin dan klik bayar
  6. Cek notifikasi untuk mengetahui keberhasilan transaksi. 

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

  1. Transaksi yang Mudah dan Cepat 

Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa lebih cepat dan mudah melakukan pembayaran yakni dengan menscan barcode yang telah terpasang di meja kasir. 

  1. Mencegah Uang Palsu Beredar

Dengan pembayaran melalui QRIS tentunya mencegah uang palsu beredar. Pengguna tidak perlu menggunakan uang fisik dan hanya perlu menempelkan smartphonenya pada QRIS yang ada. 

  1. Alternatif Pembayaran yang Beragam

Digunakan sebagai opsi pembayaran sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran yang sudah mendapatkan izin di Indonesia. 

  1. Kemudahan Mendaftar sebagai Merchant

Anda cukup mendaftar QRIS dan toko akan otomatis bisa menerima pembayaran dimana saja. 

  1. Praktis Dipantau dan Dianalisis

Riwayat Transaksi yang mudah dipantau secara real time, membuat pengaturan keuangan lebih mudah dan tercatat dengan sistematis sehingga Anda dapat melihat riwayat penggunaan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Podcast Finansial biar Makin Melek Keuangan

Danamas Pinjaman bisnis merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang dapat Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga limit Rp 2 miliar. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Ajukan pinjaman Anda  sekarang dan nikmati bunga yang bersaing serta tenor yang panjang.

Stacking

Keluar dari Lilitan Hutang dengan Metode Debt Stacking

Ada kalanya ketika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak, Anda harus membuat strategi dengan meminjam uang baik di bank, pinjaman online, kartu kredit, atau bahkan ke teman dan kerabat sekalipun. Strategi ini harus Anda pikirkan matang-matang sebelum melakukannya. Seperti kemampuan Anda membayar atau melunasi tagihan, berapa lama tenor yang Anda mampu, dan situasi-situasi lainnya yang menjadi pertimbangan utama ketika membayarnya. Sudah banyak orang yang terjebak dalam lilitan hutang yang menumpuk dan berakhir panik, stres, bahkan membuatnya tak mampu melunasi hutangnya. 

Namun sebenarnya, ada beberapa cara atau metode untuk melunasi tagihan. Salah satunya dengan melakukan debt stacking. Jika Anda bertanya-tanya, apa itu debt stacking, simak artikel berikut untuk penjelasan hingga cara-caranya.

Pengertian Metode Debt Stacking

Secara sederhana, debt stacking merupakan salah satu cara melakukan pelunasan hutang dengan mengurutkan prioritas berdasarkan bunga pinjaman tertinggi sampai terendah. 

Contohnya ketika Anda memiliki hutang di beberapa sumber yang berbeda, maka yang harus Anda lakukan adalah mengurutkan hutang-hutang tersebut berdasarkan besaran bunga yang Anda harus tanggung. Urutkan bunga dari yang tertinggi ke yang terendah, lalu prioritaskan melunasi hutang-hutang yang ada tersebut sesuai urutan yang telah dibuat.

Melakukan pelunasan hutang dengan metode debt stacking seperti ini dianggap sangat efektif karena apabila Anda tidak menggunakan strategi yang khusus, atau Anda tidak menentukan mana yang harus menjadi prioritas dan harus segera dilunasi, maka hutang dengan bunga yang tinggi hanya akan semakin mempersulit hidup Anda. Yang mana tentu saja, hal seperti ini juga akan mengganggu keuangan Anda sehingga berpengaruh pada usaha pelunasan hutang lainnya.

Namun sebaliknya, jika Anda segera melunasi hutang dengan membuat prioritas berdasarkan bunga yang tertinggi, maka kedepannya Anda bisa fokus untuk melunasi hutang lainnya dengan bunga pinjaman tertinggi berikutnya. Dalam metode ini, Anda harus mengulang proses pembayaran hutang dengan bunga pinjaman tertinggi sampai semua hutang lunas. Metode ini terbukti dapat membantu menghemat uang dengan menyingkirkan hutang yang paling mencekik terlebih dahulu.

Setelah memahami pengertian dari debt stacking, sekarang Anda harus mengetahui plus minus melunasi hutang menggunakan metode debt stacking sendiri.

Plus Minus Menggunakan Metode Debt Stacking

Pada setiap metode pelunasan hutang, tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan metode debt stacking. Yaitu:

●  Kelebihannya, Akan Termotivasi Untuk Melunasi Hutang-Hutang Lainnya

Di satu sisi, metode debt stacking ini akan sangat membantu Anda jika Anda melakukannya dengan konsisten dan disiplin. Karena, dengan membayar hutang berdasarkan bunga pinjaman yang tertinggi, Anda akan termotivasi untuk melunasi hutang-hutang lainnya agar tidak dikejar-kejar oleh bunga yang juga semakin tinggi. Dan dengan demikian, maka seluruh hutang Anda akan lebih cepat lunas.

.

●  Kekurangannya, Jika Anda Kurang Disiplin, Akan Hanya Membuang Waktu

Akan tetapi, jika Anda tidak disiplin dalam menerapkan metode debt stacking ini, seluruh usaha yang telah Anda lakukan akan sia-sia. Anda akan terus dikejar oleh bunga yang semakin tinggi dari hari ke harinya. Dan masalah selanjutnya datang yaitu ketika hutang Anda dengan bunga tertinggi adalah hutang yang juga dengan nominal tertinggi. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tetap akan membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi seluruh tagihan hutang Anda. Hal ini sama saja seperti membuang-buang waktu dan hanya memperbesar bunga pada hutang yang lain. 

Oleh karena itu, sebelum memulai metode debt stacking, Anda harus memahami terlebih dahulu kondisi keuangan dan hutang Anda. Jika kondisinya memungkinkan, Anda bisa memilih metode yang satu ini dalam melakukan pelunasan hutang. Namun jika kondisinya berseberangan, Anda bisa memilih metode pelunasan hutang yang lain. 

Sebenarnya, ada beberapa metode alternatif yang bisa Anda terapkan untuk melunasi hutang selain menggunakan metode debt stacking. Yaitu melunasi hutang dengan sisa pinjaman terkecil yang justru akan memicu komitmen untuk mempertahankan sumber pendapatan dengan baik. Jika Anda merupakan orang yang lebih mudah termotivasi dengan cara seperti ini, maka metode debt snowball mungkin tepat untuk Anda.

Debt Stacking vs Debt Snowball

Seperti yang telah dibahas di atas, perbedaan debt stacking dan debt snowball terletak pada besaran bunga maupun nominal hutang yang menjadi prioritas. Salah satu kelebihan utama dari metode debt snowball adalah dari sisi psikologis. Seseorang akan lebih merasa terdorong untuk melunasi hutang lainnya karena saat membayar hutang, tidak terasa begitu berat. Namun, tentu saja metode ini memiliki kekurangan, yaitu tidak memperhitungkan bunga yang terus berjalan.

Jika dengan metode debt stacking, Anda diharuskan untuk melunasi hutang dengan bunga terbesar terlebih dulu. Ketika hutang dengan bunga yang paling besar ini sudah lunas, Anda baru bisa mulai melunasi hutang lainnya dengan bunga yang lebih kecil. Metode ini tentu akan membantumu untuk meminimalisir pembayaran bunga cicilan yang membengkak. 

Meski begitu, tidak ada patokan yang tepat yang pasti tentang mana metode pelunasan hutang yang terbaik. Semua akan tergantung dari kondisi hutang dan keuangan Anda. Yang terpenting adalah konsisten dan disiplin dalam melunasi hutang-hutang yang ada.

Baca juga: Cara Financial Self Care untuk Stabilkan Keuangan

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang terhambat modal untuk mengembangkan usaha dan berkeinginan untuk mencoba pinjaman bisnis, Anda bisa mencobanya di Danamas. Danamas Pinjaman Bisnis adalah sebuah platform pinjaman beragunan properti dengan limit hingga 2 miliar serta tenor sampai 10 tahun. Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

invoice adalah

Pengertian Invoice Adalah, Jenis, Fungsi & Contohnya

Dalam dunia transaksi jual beli maka sudah sangat umum adanya bukti bayar yang sangat bermanfaat bagi keamanan transaksi antar kedua belah pihak. Maka dari itu dalam sebuah transaksi jual-beli ataupun bisnis dibutuhkan invoice sebagai dokumen yang bisa dijadikan bukti transaksi. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang invoice maka simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Invoice?

Invoice adalah lembar daftar tagihan yang dikeluarkan oleh penjual ke pembeli. Umumnya invoice ada saat pembeli menyelesaikan sebuah pesanan dan penjual mengirimkan pesanan tersebut. Invoice adalah istilah yang erat kaitannya dengan akuntansi maka dengan adanya invoice, hal ini menjadi faktor penting dalam merekam keuangan perusahaan. Umumnya invoice dicetak dengan membuat rangkap 3 untuk pembeli penjual dan juga cadangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan khas masing-masing pihak yang terlibat di dalam transaksi tersebut.

Jenis-Jenis Invoice

  • Invoice Biasa

Jenis invoice ini adalah faktur yang sering dipakai saat melakukan transaksi. Isi dari invoice ini merupakan keterangan dari badan usaha pihak penjual dan pembeli, total harga, item produk yang harus dibayarkan oleh perusahaan pembeli.

  • Invoice Konsuler

Jenis invoice ini adalah umum dipakai bagi perdagangan internasional atau antar negara. Maka ini tidak bisa sembarangan dicetak dan harus memiliki cap khusus sebagai tanda pengesahan dan persetujuan dari kedutaan besar negara atau perwakilan negara yang dituju.

  • Invoice Proforma

Invoice proforma adalah invoice yang memiliki sifat sementara. Dokumen ini umumnya diberikan kepada pihak pembeli sebelum pihak penjual mengirimkan semua barang pesanan. Umumnya barang akan dikirimkan secara berkala lalu secara menyeluruh barang yang diterima nantinya maka pihak penjual akan memberikan invoice biasa. Hal ini bertujuan sebagai dokumen penagihan dan bukti bahwa barang sudah diterima oleh pembeli secara menyeluruh.

Fungsi Invoice

Invoice adalah salah satu bukti transaksi yang paling sering dipakai untuk penagihan juga untuk penagihan hutang. namun ada juga fungsi lain invoice antara lain adalah:

  •  Sebagai Bukti Pembelian

Saat membeli barang dari supplier maka invoice yang diterima perusahaan adalah bukti adanya transaksi tersebut. Informasi yang tertera dalam invoice juga menjadi rujukan data tentang detail barang atau jasa yang dibeli, mulai harga per unit jumlah hingga total harga pembelian.

  •  Bukti Penjualan

Bukti penjualan yang merupakan fungsi invoice dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menagih kepada klien atau konsumen serta menjadi bukti penjualan yang harus dicatat dalam pembukuan sebagai piutang usaha.

  •  Informasi Utang Usaha

Fungsi invoice yang satu ini bisa juga sebagai rujukan tim keuangan akan utang usaha yang perlu dibayar berikut termin pembayaran nya.

  •  Rujukan Pembukuan Akuntansi

Invoice sistem menjadi salah satu rujukan game keuangan untuk pencatatan transaksi dalam pembukuan perusahaan, termasuk didalamnya hutang atau piutang usaha.

  • Bukti Pelaporan Pajak

Invoice dipakai sebagai bagian dari pembayaran pajak di mana menjadi dokumen pendukung yang dibutuhkan saat pelaporan pajak tiap tahunnya.

  • Tunjukkan Jika Ada Kesalahan

Saat ada kesalahan pengiriman maka invoice bisa menjadi salah satu bukti rujukan bersama dengan order dan bukti tanda terima. Nantinya tim keuangan harus mencocokkan beberapa dokumen tersebut sebelum mengeksekusi pembayaran.

Perbedaan Invoice Dengan Nota Dan Kwitansi

InvoiceNotaKuitansi
Dokumen transaksi berupa perhitungan penjualanTanda bukti pembayaran serta tanda jual beli secara kontanTanda bukti transaksi 
Invoice diberikan kepada pembeli ketika barang dikirim walau pembayaran belum dilakukan oleh pembeliNota diberikan penjual kepada pembeli setelah terjadinya pembayaranKuitansi diberikan kepada pembeli setelah terjadi pembayaran yang dibubuhi dengan tanda tangan penerima uang

Cara Membuat Invoice

Jika anda berencana untuk membuat invoice maka ada beberapa komponen yang bisa anda lampirkan atau masukan ke dalam invoice seperti berikut ini:

  • Bagian Atas

Pada bagian atas bisa anda cantumkan beberapa hal seperti:

  1. Judul
  2. Nama perusahaan
  3. Nomor invoice
  4. Nama penjual dan pembeli
  5. Tanggal transaksi
  6. Tujuan pengiriman
  7. Bagian tengah invoice
  8. Nomor
  9. Nama produk
  10.  Harga
  11.  Deskripsi
  12.  Jumlah masing-masing produk
  13.  Harga total produk
  14.  Cantumkan juga PPN
  • Bagian Bawah

Pada bagian bawah cantumkan komponen berikut ini:

  1. Ongkos kirim (Cantumkan Jika Anda mengirim barang lewat jasa ekspedisi termasuk rincian ongkos kirim dan berat hingga tujuan pengiriman paket).
  2. Asuransi barang
  3. Total pembayaran
  4. Beri keterangan tempat tanggal tanda tangan dan nama client

Poin Penting dalam Invoice

Komponen dalam invoice antara lain sebagai berikut:

  • Tanggal transaksi
  • Nomor invoice
  • Nama penjual dan pembeli
  • Rincian produk berupa barang atau jasa
  • Promo atau diskon jika ada
  • Pajak jual beli
  • Tanda tangan dengan nama jelas dari perusahaan penjual

Tips Agar Invoice Cepat Dibayarkan Oleh Klien

  • Kirimkan invoice segera setelah pengiriman barang maka pembeli bisa segera menyiapkan dana. Bisa jadi perusahaan memiliki birokrasi yang cukup berbelit sehingga membutuhkan waktu untuk sampai dananya cair.
  • Cantumkan tenggat waktu. Tenggat waktu memberikan pengingat kepada pembeli sehingga anda bisa menghubungi mereka untuk memberitahukan bahwa tenggat waktu hampir dekat untuk melakukan pembayaran.
  • Berikan reward bagi pembeli yang sudah membayar tepat waktu atau seminggu sebelum tenggat waktu. Reward tersebut bisa berupa hadiah souvenir atau diskon pembelian selanjutnya.
  • Berikan juga sistem pembayaran yang fleksibel sehingga akan memudahkan klien dalam memilih alat pembayaran.
  • Kirimkan pesan untuk mengingatkan klien secara berkala dengan pesan singkat seperti tiga hari sebelum waktu tanggap pembayaran.

Baca juga: Pengertian Phishing, Jenis, dan Tips Menghindarinya

Dengan memahami cara membuat invoice, maka Anda sebagai pengusaha bisa dengan percaya diri mengelola keuangan dan bekerjasama dengan partner bisnis. Untuk kebutuhan modal usaha, Anda bisa percayakan ke Danamas, fintech lending berizin OJK. Dengan pinjaman bisnis hingga Rp 2 miliar, maka Anda bisa megembangkan usaha lebih besar dan wujudkan strategi promosi lebih gencar. Ajukan pinjaman Anda sekarang lebih mudah di aplikasinya yang bisa Anda download dari playstore atau appstore.

 Contoh Invoice