cara-menghitung-dana-pensiun

Cara menghitung dana pensiun tidak sulit, Anda hanya perlu mengaplikasikan beberapa rumus sederhana yang bisa memberikan estimasi harga dana pensiun. Mempersiapkan pendanaan di hari tua menjadi sebuah keharusan untuk menghindari Anda dari hutang kemudian hari. Sedari dini ada baiknya memperhatikan kesehatan finansial dengan baik dan mempersiapkan matang sumber pendapatan dengan baik. 

Generasi sandwich sangatlah identik dengan beban tanggungan yang banyak. Tidak jarang generasi sandwich banyak didominasi oleh kaum millenials. Satu solusi bagi para generasi millenials yaitu memperbanyak sumber keuangan saat waktu produktif. Ini juga seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan keuangan hari tua agar bisa menikmati hidup tanpa membuat generasi selanjutnya mengalami beban finansial. 

Nah, langkah pertama perencanaan pensiun adalah menentukan jumlah uang yang Anda perlukan untuk mempertahankan gaya hidup dan memenuhi aspirasi pasca pensiun Anda. Jumlah ini juga sangat dipengaruhi oleh lamanya masa pensiun Anda. Berikut adalah beberapa langkah mudah menghitung dana pensiun untuk memudahkan Anda memulai perencanaan pensiun.

Faktor yang Perlu Diperhatikan

Menabung baik dijadikan sebuah sistem sejak muda, namun tanpa alasan yang tepat mengapa Anda menabung, sudah jelas Anda tidak akan terpacu. Sejak awal menabung ada baiknya untuk memiliki nominal dan target yang jelas. Menurut Covenant Wealth Advisor, saat merencanakan pensiun yang bermakna, Anda bisa jadi lebih produktif di masa muda untuk memahami berapa banyak uang yang harus Anda simpan dan pengeluaran yang harus dicegah. Untuk menghitung dana pensiun yang dibutuhkan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk:

  1. Standar Hidup Saat Pensiun: Biaya hidup bulanan yang diinginkan saat pensiun, hitung berapa uang yang dibutuhkan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa pensiun. Menurut Investopedia, proyeksi tingkat standar kehidupan setelah pensiun paling tidak memiliki pemasukan per bulannya minimal 80% dari pemasukan biasa per bulan. 
  2. Usia pensiun: Menentukan usia pensiun Anda akan membantu menghitung berapa banyak waktu yang harus Anda siapkan untuk mengumpulkan dana pensiun.
  3. Umur Anda sekarang: Semakin muda Anda mulai menabung, semakin mudah untuk mengumpulkan dana pensiun yang cukup. Dalam usia produktif, Anda akan menjadi lebih baik dalam mengembangkan kemampuan pribadi.
  4. Dana pensiun yang sudah ada: Jika Anda sudah memiliki dana pensiun, hitung berapa banyak yang sudah tersedia.
  5. Inflasi: Pertimbangkan inflasi saat menghitung dana pensiun. Harga barang dan jasa cenderung naik seiring waktu, sehingga Anda perlu mempertimbangkan inflasi dalam perencanaan pensiun Anda.

Cara Hitung Estimasi Dana Pensiun

Cara menghitung dana pensiun memiliki berbagai rumus, pada umumnya yang paling dikenal yaitu peraturan 4%. Nah, aturan 4% ini digunakan untuk menghitung pengeluaran bulan yang dikali 12 atau satu tahun. Untuk 4% ini didapatkan dengan asumsi bahwa dalam waktu 15-30 tahun, pengembalian investasi rata-rata maksimum yang dapat diraih 4% selama setahun, dimana asumsi inflasi selama setahun 3% dan asumsi keuntungan rata-rata 7% per tahun. Misalnya perhitungan estimasi dana pensiun seperti simulasi dibawah ini: 

Ani adalah karyawan sebuah perusahaan swasta berusia 25 tahun. Dia ingin pensiun di usia 65 tahun dan memperkirakan hidupnya akan sampai usia 75 tahun. Dengan perkiraan inflasi tahunan sebesar 5%, dan biaya hidup per bulan Rp. 1.500.000, maka berikut ini besaran uang yang dibutuhkan Ani untuk mempersiapkan pensiun:

Saat ini Rana berusia 30 tahun dan memiliki target pensiun di usia 65 tahun. Dengan perkiraan inflasi per tahunan sebesar 6%, biaya hidup per bulan Rana Rp 10.000.000,  maka berikut adalah besaran uang yang dibutuhkan Rana untuk mempersiapkan pensiun: 

Rumus dana pensiun 4%  = Total dana pengeluaran per tahun*(100%:4%) 
  • Pengeluaran per bulanan: Rp 10.000.000 
  • Total dana pengeluaran per tahun: Rp 10.000.000 x 12 = Rp 120.000.000 
  • Perhitungan dana pensiun: 100%:4% = 25
  • Dana pensiun yang harus disiapkan setiap tahunnya: Rp 120.000.000 x 25 = Rp 3.000.000.000
Rumus dana pensiun umum = Biaya hidup per bulan*(1+Inflasi)^(Usia pensiun-usia saat ini)
  • Biaya hidup per bulan:  Rp 10.000.000 
  • Inflasi: 6% tahun 
  • Dana pensiun yang harus disiapkan setiap bulannya:
    Rp 10.000.000* (1+6%)^(65-30) 

Rp 10.000.000*(1+6%)^35 =  Rp 76.860.867 

Nah, jika Anda menginginkan penghasilan dengan persentase lebih maka Anda bisa menambahkannya pada biaya hidup per bulan. Misalnya Anda menginginkan kelak biaya hidup per bulan menjadi 100% atau bahkan 200% lebih dari biaya hidup per bulan Anda saat ini. Maka, Anda hanya perlu mengalikannya menjadi Rp 10.000.00 x 200% =  Rp.20.000.000. Kemudian selanjutnya Anda hanya perlu memasukkannya pada rumus. Namun, perlu diingat bahwa rumus diatas ini hanya merupakan estimasi, dan bisa berubah sesuai dengan kondisi ekonomi dan kebutuhan hidup Anda di masa depan.

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan dana pensiun adalah hal yang penting untuk dilakukan agar kita dapat menikmati masa pensiun dengan tenang dan tidak khawatir kekurangan uang. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan dana pensiun.

1. Mulailah menabung sejak dini
Semakin awal Anda memulai menabung, semakin mudah bagi Anda untuk mengumpulkan dana pensiun yang cukup. Anda dapat memulai dengan menabung sebagian kecil dari gaji bulanan Anda.

2. Mengontrol pengeluaran
Mempersiapkan dana pensiun juga melibatkan pengendalian pengeluaran saat ini agar kita bisa mengalokasikan sebagian uang untuk menabung dan mempersiapkan dana pensiun Anda. Ingatlah bahwa mempersiapkan dana pensiun adalah investasi jangka panjang yang memerlukan kesabaran, disiplin, dan konsistensi.

3. Buat rencana keuangan
Buatlah rencana keuangan yang jelas dan realistis untuk mengatur keuangan Anda. Perkirakan biaya hidup yang dibutuhkan saat pensiun, dan hitung berapa banyak yang perlu Anda tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Mencari penghasilan tambahan
Mencari penghasilan tambahan adalah salah satu cara untuk mempersiapkan dana pensiun Anda. Dengan mencari penghasilan tambahan, Anda dapat meningkatkan pendapatan dan mempersiapkan dana pensiun Anda dengan lebih baik. Namun, pastikan bahwa pekerjaan tambahan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda dan masih dapat menyesuaikan waktu dan tenaga yang dimiliki.

5. Pertimbangkan investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang seperti saham atau reksa dana dapat membantu Anda meningkatkan penghasilan investasi dan mencapai tujuan pensiun Anda dengan lebih cepat. Namun, pastikan untuk melakukan riset yang matang sebelum memutuskan investasi apa yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda.

6. Bayar hutang
Sebisa mungkin, bayar hutang Anda sebelum pensiun agar Anda tidak perlu khawatir dengan cicilan hutang yang harus dibayarkan di masa pensiun.

7. Pertimbangkan asuransi pensiun
Asuransi pensiun dapat membantu Anda mempersiapkan dana pensiun dengan lebih mudah. Pilihlah asuransi pensiun yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

8. Tetap meninjau rencana pensiun Anda
Periksa secara berkala rencana pensiun Anda untuk memastikan bahwa rencana tersebut masih relevan dan dapat dicapai. Jika terjadi perubahan dalam kebutuhan dan situasi keuangan Anda, sesuaikan rencana pensiun Anda. Dengan mempersiapkan dana pensiun secara matang, Anda dapat menikmati masa pensiun dengan tenang dan bebas dari kekhawatiran kekurangan uang.
 

Saatnya Mempersiapkan Masa Depan Lebih Baik di Hari Tua! 

Pensiun dengan indah dan berkecukupan adalah pilihan dan impian setiap pekerja. Ini adalah waktu dimana Anda jadi bisa lebih menikmati hasil kerja keras dan melakukan hal-hal sederhana yang cukup lama tidak bisa Anda kerjakan. Untuk mempersiapkan masa depan yang indah, tentu saja Anda harus melepaskan diri dari hutang yang mengikat. Dengan sistem perhitungan pensiun diatas tentunya Anda sudah mengenal bukan nominal yang tepat untuk  mempersiapkan dana pensiun nanti.  

Jadilah cerdas mengelola finansial Anda, hindari¬† hutang dan pangkas bunga yang memberatkan cicilan Anda dengan melakukan refinancing. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan setelahnya. Untuk itu konsultasikan kebutuhan pinjaman pelunasan hutang Anda dengan Danamas, pinjaman online terpercaya dan telah diverifikasi oleh OJK.¬† Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danamas, bisa Anda peroleh melalui website official Danamas dan official Instagram Danamas. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

tabungan-haji-yang-bagus

12+ Tabungan Haji yang Bagus: Cara Hitung & Pendaftaran Tabungan Biaya Haji 2023

Tabungan haji memiliki konsep yang sama dengan tabungan pendidikan ataupun tabungan rencana. Hal yang membedakannya adalah pada tabungan haji, setiap orang biasanya tidak dibe

cara-over-kredit-rumah

Cara Over Kredit Rumah : Cara, Sistem, Definisi & 10 Syaratnya

Over kredit rumah bisa menjadi mimpi solutif untuk membeli rumah pertama Anda semakin mudah dengan banyaknya alternatif yang bisa dipertimbangkan. Anda bisa membeli rumah dala

fengshui-rumah-banyak-rejeki

15 Fengshui Rumah Agar Banyak Rejeki & Pemasukan

Fengshui rumah banyak rejeki sering dianggap penting ketika sedang membangun rumah. Geomansi, atau fengshui, bukanlah hal yang baru. Anda pasti pernah mendengar tentang orang