Cara membuat NPWP Online

Buat Anda yang sudah bekerja pasti sudah tidak asing untuk melaporkan pajak. lebih mudah lebih mudah karena cara bisa diakses secara online. Kewajiban membayar pajak ternyata bukan hanya bagi mereka yang sudah bekerja di perusahaan, tapi juga mereka yang memiliki harta atau memiliki bisnis sendiri.

Pengertian NPWP

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan untuk mereka wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP juga sebagai tanda pengenal atau identitas diri dari wajib pajak hal ini untuk memenuhi hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Selain itu, NPWP juga memiliki fungsi untuk menjaga ketertiban juga ketaatan pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan wajib pajak. NPWP terdiri dari 15 digit angka, 9 digit angka pertama merupakan informasi kode wajib pajak, dan 6 digit terakhir pada NPWP ialah informasi kode administrasi. 

Jenis-Jenis NPWP

 NPWP terbagi NPWP pribadi dan NPWP badan, berikut perbedaannya:

  1. NPWP pribadi adalah NPWP yang  dimiliki secara individu oleh mereka yang telah memiliki penghasilan di Indonesia. NPWP  pribadi antara lain:
  • Mereka yang memiliki penghasilan dari pekerjaan
  • Mereka yang memiliki penghasilan dari pekerjaan bebas
  • Mereka yang memiliki penghasilan dari usaha
  1. NPWP badan adalah NPWP yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang mendapatkan penghasilan di Indonesia. Badan usaha yang memiliki daftar NPWP antara lain:
  • Badan milik pemerintah
  • Badan milik swasta

Manfaat NPWP

NPWP memiliki banyak manfaat dalam dunia perpajakan antara lain:

NPWP Persyaratan Administrasi

NPWP sebagai persyaratan administrasi akan memudahkan anda dalam mengurus administrasi seperti saat ingin membuka rekening tabungan di bank beberapa bank mengharuskan calon nasabah untuk memasukkan nomor NPWP sebagai syarat utama untuk mengurus administrasi. Contohnya adalah saat anda ingin mengajukan kredit bank, rekening efek atau pembuatan surat izin usaha perdagangan.

Mempermudah Urusan Perpajakan

Manfaat lain dari NPWP adalah memudahkan Anda saat mengurus segala bentuk administrasi perpajakan jika tidak memiliki NPWP maka anda tidak diperbolehkan untuk membuat dokumen dokumen penting tersebut. Contoh dokumen penting yang mengharuskan anda memiliki NPWP seperti, restitusi pajak, pengajuan pengurangan pembayaran pajak dan lain-lain. 

Dengan memiliki NPWP maka wajib pajak akan terhindar dari sanksi hukum yang berlaku di Indonesia. Hal ini dikarenakan bagi wajib pajak yang tidak melaksanakan ketentuan yaitu membuat NPWP akan dikenakan dikenakan sanksi pidana sesuai dengan pasal yang berlaku.

Syarat Pembuatan NPWP

Berikut syarat pembuatan NPWP yang berlaku di Indonesia:

NPWP Pribadi

  • Fotokopi KTP untuk WNI
  • Fotokopi paspor, kartu izin tinggal terbatas (KITAS), atau kartu izin tinggal tetap (KITAP) untuk WNA
  • Surat keterangan bekerja

Wanita Yang Sudah Menikah

  • Fotocopy NPWP suami
  • Fotokopi KTP pribadi
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi surat keterangan kerja dari perusahaan
  • Fotokopi pemisahan penghasilan

Wirausaha yang Menjalankan Usaha

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), bagi WNI.
  • Fotokopi Paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi WNA yang tinggal di Indonesia.
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) minimal setingkat Lurah/Kepala Desa atau bukti tagihan listrik.
  • Surat Pernyataan (yang menyatakan bahwa kamu benar-benar menjalankan usaha) dengan materai 6000,-.

Wajib Pajak Badan

Perusahaan Berorientasi Profit

  • FC akta pendirian atau dokumen pendirian dan perubahan bagi Wajib Pajak badan dalam negeri,
  • FC Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak salah satu pengurus, dan
  • FCi dokumen izin usaha dan/atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang.

Perusahaan Berorientasi Non Profit

  • FC E-KTP salah satu pengurus badan atau organisasi.
  • Surat keterangan domisili dari pengurus Rukun Tetangga (RT)
  • Badan yang Tidak Berorientasi Profit (Non Profit Oriented):
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KITAP/KITAS salah satu pengurus badan atau organisasi.
  • Surat Keterangan Domisili dari RT/RW.

Badan yang Termasuk Joint Operation

  • Fotokopi Perjanjian Kerja Sama atau Akte Pendirian sebagai bentuk Joint Operation.
  • Fotokopi NPWP masing-masing anggota Joint Operation.
  • Fotokopi NPWP orang pribadi salah satu pengurus Joint Operation atau fotokopi Paspor, dan Surat Keterangan Tempat Tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah (lurah atau kepala desa), jika penanggung jawab badan adalah WNA.
  • Fotokopi dokumen izin usaha/kegiatan atau Surat Keterangan Tempat Kegiatan Usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang.

Wajib Pajak dengan Status Cabang dan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu

  • Fotokopi NPWP Pusat atau Induk.
  • Surat Keterangan Sebagai Cabang untuk wajib pajak badan.
  • Fotokopi dokumen izin usaha/kegiatan atau Surat Keterangan Tempat Kegiatan Usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang, atau Surat Keterangan Tempat Kegiatan Usaha/Pekerjaan Bebas (bagi wajib pajak badan).
  • Fotokopi dokumen izin usaha/kegiatan atau Surat Keterangan Tempat Kegiatan Usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang, atau Surat Keterangan Tempat Kegiatan Usaha/Pekerjaan Bebas, atau Surat Pernyataan dengan materai yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha/pekerjaan bebas (bagi wajib pajak orang pribadi).

Cara membuat NPWP online

 Kini anda sudah bisa melaporkan wajib pajak secara online sehingga Anda tidak perlu datang ke kantor pelayanan pajak (KPP). Berikut langkah-langkah  dari cara membuat NPWP online:

  1.  Membuat Akun Pajak

Pertama melakukan pendaftaran Di situs web https://ereg.pajak.go.id.

Lalu masukkan alamat email yang masih aktif dan isi kolom captcha untuk verifikasi. setelah itu periksa email dan Klik tautan aktivasi yang sudah dikirimkan.

Selanjutnya, anda akan dialihkan pada halaman pengisian formulir. pilih kategori wajib pajak dan status NPWP yang sesuai. status NPWP yang sesuai antara lain NPWP Pusat (Jika Anda laki-laki atau perempuan lajang), NPWP Cabang (jika Anda perempuan yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP suami.

  1. Isi Formulir

Lengkapi dokumen-dokumen penting untuk persyaratan pembuatan NPWP Online. salah satunya adalah dengan mengubah semua berkas yang dipindah atau di scan.

  1. Kirim Berkas Elektronik

Setelah melalui proses pengisian formulir, lalu Klik tombol token yang ada di dasbor. token tersebut ialah kode verifikasi yang dikirimkan ke email yang anda daftarkan sebelumnya.

Salin kode token yang ada di email, lalu paste di kolom yang tersedia. kemudian tekan tombol kirim permohonan. Setelah itu berkas kamu akan diproses dan membutuhkan waktu yang cukup singkat.

Jika anda setuju artinya kartu NPWP yang anda ingin daftarkan tersebut akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal yang terdaftar. Namun jika anda tidak ingin menunggu kartu tersebut sampai di rumah Anda, Anda bisa mengambil kartu NPWP di KPP terdaftar yang sudah diisi pada formulir yang telah disetujui.

Cara membuat NPWP Secara Offline

Cara membuat NPWP Online

Cara ini bisa dilakukan selain cara membuat NPWP secara online maka anda akan mengirimkan Berkas berkas fisik lewat pos ke kantor pelayanan pajak (KPP) sesuai domisili. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh formulir pendaftaran wajib pajak cetak lalu isi formulir tersebut sesuai dengan kolom yang disediakan tidak lupa Untuk ditandatangani.
  • Setelah itu kirim formulir yang sudah anda isi, beserta dengan semua dokumen yang diminta Pada kategori wajib pajak. dokumen tersebut bisa dikirimkan melalui kantor pos atau jasa ekspedisi lainnya. 
  • Setelah seluruh persyaratan permohonan pendaftaran Diterima oleh KPP secara lengkap Maka nanti pihak KPP akan menerbitkan Bukti penerimaan surat.
  • Setelah itu, KPP dan surat atau SKT paling lambat 1 hari kerja setelah Bukti penerimaan surat diterbitkan. 

Cara cek status keaktifan NPWP

NPWP yang anda buat berlaku untuk seumur hidup serta tidak memiliki masa kadaluarsa. Namun status keaktifan NPWP bisa saja berubah tanpa atau adanya pemberitahuan. Berikut beberapa hal yang membuat NPWP tidak lagi aktif, antara lain:

  • Pindah ke luar negeri
  • Tidak lagi menjalankan usaha atau pekerjaan bebas
  • Penghasilan anda dibawah ptkp

Anda bisa mengecek status NPWP anda dengan cara berikut ini:

Cek Status Npwp Secara Online:

Melihat keaktifan NPWP melalui situs DJP online. login ke akun NPWP yang Anda daftarkan. Jika anda masih bisa masuk ke dalam akun dan melihat NPWP Anda artinya NPWP masih aktif. 

Anda bisa coba Cara lainnya yaitu dengan mengunjungi situs https://ereg.pajak.go.id/ Lalu masukkan NPWP anda. jika nama Anda masih Muncul itu artinya NPWP masih aktif dan terdaftar di sistem Ditjen pajak. 

Datang Langsung Ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Selain secara online Anda juga bisa mengecek status NPWP dengan langsung datang ke kantor pelayanan pajak 

Tanya melalui Call Center

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk cek status NPWP adalah melalui call center. anda bisa menghubungi lewat email atau kring pajak Di nomor 1 500 200 lalu tambahkan kode telepon area Anda sebelum menekan nomor telepon tersebut. 

Jika Anda ingin bisnis yang sudah Anda jalani tetap lancar dan tidak melanggar hukum di Indonesia, maka taatlah bayar pajak. Dengan taat membayar pajak, maka Anda bisa membuat bisnis berekspansi dengan mulus tanpa hambatan yang berarti. Bisa dibayangkan jika bisnis yang sudah Anda jalani harus terhambat hanya karena tidak membayar pajak. Awali bisnis dengan modal yang besar untuk bisa berekspansi. Salah satu cara mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman ke fintech lending terpercaya dan aman yang berizin OJK, seperti Lancar by Danamas. Lancar by Danamas adalah perusahaan fintech lending dibawah Danamas. Danamas adalah merek perusahaan dari PT Pasar Dana Pinjaman di bawah naungan Sinar Mas Financial Holding, PT. Sinar Mas Multiartha Tbk. Untuk itu, penting memilih fintech lending yang memiliki kredibilitas yang baik sehingga usaha yang Anda rintis bisa lebih aman dan nyaman saat mengajukan pinjaman.

Baca juga: Cara Hitung Perpajakan UMKM yang Tepat

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

credit score

Paham Credit Score sebelum Ajukan Pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.

gaya hidup minimalis

Mulai Gaya Hidup Minimalis dengan Cara Ini

Hidup minimalis ini menjadi trend di kalangan anak muda. Tidak hanya sekedar trend, gaya hidup minimalis ternyata bisa memberikan berbagai manfaat yang akan Anda rasakan di kemudian hari. Gaya hidup minimalis ini bisa tercermin dari berbagai aktivitas sehari-hari yang memberikan dampak positif untuk hidup sederhana namun tetap menikmati hidup.

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis adalah hidup yang berfokuskan pada minimal gangguan yang bisa menghalangi anda untuk melakukan hal-hal yang penting. Menurut Joshua becker, seorang penulis buku becoming minimalist, minimalis adalah hal-hal yang membuat Anda bahagia dan menghilangkan hal-hal yang tidak membuat anda bahagia, secara sederhana ini bisa dikatakan adalah hidup sederhana. Slogan yang cukup populer untuk menyandingkan konsep minimalis adalah less is more.

Pada kenyataannya, minimalis tak hanya terbatas pada barang saja, minimalis juga bisa melalui fashion, internet, yang sering digunakan dalam istilah digital minimalis. Hidup minimalis ini sifatnya sangat personal atau individual sehingga mungkin saat penerapannya cukup berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis
  • Hidup Rapi

Merapikan adalah tentang mengatur segala sesuatu hal menjadi lebih tertata. Anda bisa membedakan mana barang yang masih bisa dipakai atau barang yang sudah jarang dan tidak dipakai lagi. Anda juga bisa menyimpan barang-barang yang masih sering digunakan sementara barang-barang yang sudah rusak dipilah lalu Anda bisa sumbangkan atau jual. Jika anda masih ragu, maka Anda bisa menggunakan metode 90/90 saat melakukan pembersihan. Metode ini memungkinkan anda untuk menjawab pertanyaan seperti apakah barang tersebut, masih anda gunakan 90 hari terakhir atau apakah Anda masih menggunakan barang tersebut untuk 90 hari kedepan? Jika jawabannya tidak maka artinya anda tidak membutuhkan barang tersebut lagi.

  •  Bersihkan Rumah Secara Teratur

Untuk menjaga semua barang tetap rapi, anda pun juga harus membersihkan rumah secara teratur. hal ini bisa membantu anda untuk memastikan Apakah ada barang-barang yang diinginkan atau menumpuk dan anda pun bisa segera cepat mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan kembali.

  • Belanja Sesuai Kebutuhan

Ini artinya Anda membeli barang sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu menambah lain yang ternyata tidak ada butuhkan di kemudian hari. terkadang kita bisa terkecoh karena barang tersebut tampak lucu Namun ternyata kurang memiliki fitur atau manfaat di kemudian hari bagi kebutuhan kita.

  • Pilih Kualitas Daripada Kuantitas

Saat menggunakan produk dalam jangka waktu yang lama anda perlu membeli produk yang berkualitas sehingga Anda tidak perlu membeli barang tersebut kembali dalam jangka waktu pendek.

  • Kurangi Keterikatan Emosional Pada Barang

Beberapa orang memiliki keterikatan emosional pada barang seperti anda sulit lepas atau tidak ingin menjual barang tersebut karena memiliki memori yang sangat mudah, padahal barang tersebut sudah tidak terpakai lagi dan hanya menumpuk di gudang. Untuk itu cobalah mengurangi perasaan emosional terhadap sebuah barang.

  • Atur Isi Lemari

Lemari adalah salah satu tempat di mana anda memiliki banyak sekali yang sering dipakai atau tidak pernah dipakai sama sekali. Cek pakaian anda dan mulailah pilih beberapa pakaian yang dipakai dibuang atau ingin disumbangkan.

  • Terapkan Prinsip Pergantian Bukan Penambahan

Mungkin anda bisa membeli barang baru anda perlu memikirkan apakah barang itu akan menambah banyak barang lainnya di rumah atau menggantikan fungsi barang yang ada di rumah. Seperti contoh saat anda ingin membeli sepatu baru maka pastikan bahwa sepatu tersebut menggantikan untuk sepatu lain yang memang sudah rusak, sehingga Anda tidak perlu memiliki banyak sepatu yang ternyata tidak semua sepatu tersebut digunakan sehari-hari. 

Manfaat Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis
  • Sehat Secara Finansial 

Minimalis membantu anda untuk memahami apa saja yang anda butuhkan dan apa saja yang anda inginkan. Anda akan belajar barang apa saja yang memang benar-benar Anda butuhkan barang yang menurut anda cukup menarik saja. Membeli barang-barang yang menurut Anda menarik mungkin akan membahagiakan kedepannya namun barang tersebut bisa saja hanya menumpuk di rumah dan tidak digunakan. Untuk itu sebaiknya gunakan uang anda untuk kebutuhan masa depan seperti tabungan pendidikan anak jaminan kesehatan dan lain-lain.

  • Menghemat Waktu Dan Tenaga

Gaya hidup minimalis artinya anda tidak memerlukan banyak barang yang ternyata bisa menghemat waktu dan tenaga anda. Bisa dibayangkan Jika anda memiliki banyak barang artinya Anda harus memiliki banyak waktu dan juga tenaga untuk merawatnya membersihkannya setiap saat. Dengan gaya hidup minimalis, anda bisa memiliki waktu luang lain untuk quality time istirahat berolahraga membaca buku dan lain lain.

  • Mengurangi Stres

Melihat kehidupan orang lain dan membandingkannya mungkin ini tidak akan ada habisnya. Untuk itu, Anda bisa mengubah gaya hidup minimalis karena anda bisa memiliki rasa untuk selalu lebih dari orang lain. Untuk itu dengan gaya hidup minimalis andapun bisa mengurangi stress karena anda tidak perlu membandingkan hidup dengan orang lain.

Baca juga:

Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

5 Rahasia Efektif Menuju Financial Freedom

  • Kemampuan Untuk Berbagi Dengan Orang Lain

Anda merapikan barang-barang mungkin Anda akan menemukan berbagai barang yang sudah tidak terpakai. Katanya menerapkan gaya hidup minimalis maka barang-barang sudah tidak terpakai tersebut bisa anda donasikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Namun harus diperhatikan bahwa barang-barang tersebut masih layak untuk digunakan.

  • Ramah Lingkungan

Dengan gaya hidup minimalis biasanya lebih mengutamakan kualitas daripada Kuantitas. Anda bisa membeli produk dengan kualitas terbaik dan menggunakan untuk waktu yang lebih lama yang lebih hingga menghasilkan limbah yang tidak ramah lingkungan. 

Dengan terbiasa hidup minimalis, maka ini bisa jadi awal yang baik untuk Anda bijak mengatur keuangan. Hidup sederhana, tidak melebihi kemampuan bisa jadi modal dasar saat Anda memiliki bisnis dan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis bisa dikelola dengan bijak dan dipakai untuk hal-hal esensial kebutuhan usaha Anda. Termasuk juga disaat Anda mendapatkan modal usaha hingga puluhan juta, maka Anda pun tidak kalap dan mampu mengaturnya dengan baik. 

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis namun kesulitan dalam pendanaannya, solusi yang bijak adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha beragunan di Lancar by Danamas. Fintech lending aman dan berizin OJK ini hadir dengan pinjaman modal bisnis beragunan properti yang bisa didapatkan mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun – 10 tahun. Dapatkan kemudahan pinjaman ini di aplikasi Lancar by Danamas.

pensiun dini

Mau Pensiun Dini? Ini Cara Mempersiapkannya

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini dikarenakan berbagai faktor yang setiap orang rasakan dari mulai tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati kehidupan tanpa perlu bekerja setiap hari. Pensiun dini ternyata tak hanya dikhususkan untuk mereka pegawai negeri saja tetapi juga bisa diwujudkan bagi mereka yang bekerja di perusahaan swasta. Pada pegawai negeri, pensiun dini tetap berpenghasilan karena mereka bisa mendapatkan gaji pensiun tiap bulannya berbeda dengan karyawan swasta yang akan mendapatkan pesangon saat mereka keluar dari perusahaan tersebut.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, pensiun adalah bentuk pembayaran berkala kepada pegawai yang sudah bekerja dengan baik selama masa atau periode tertentu yang telah berhenti dari pekerjaannya. Ini adalah bentuk permohonan purna tugas atau permintaan untuk diberhentikan kerja atas keinginan sendiri yang belum mencapai ketentuan di usia pensiun.

Berbagai alasan orang melakukan atau memutuskan untuk pensiun dini seperti adanya masalah ekonomi selain itu karena sakit jenjang karir yang tidak jelas ingin berbisnis dan lain-lain. Mereka yang sudah memutuskan untuk pensiun nantinya tidak akan mendapatkan gaji bulanan seperti biasanya.

Dengan pensiun, orang bisa lebih menikmati hidup lewat berbagai aktivitas yang mereka sukai tanpa harus pulang pergi ke kantor apalagi dengan jarak yang sangat jauh. Untuk bisa menikmati masa pensiun dini yang menyenangkan tentu dibutuhkan persiapan sedari dini dan perencanaan yang matang, antara lain:

Persiapan Pensiun Dini

  • Pasang Target Usia

Nyatanya untuk bisa pensiun tidak perlu menunggu Anda berusia 70 tahun atau 60 tahun, karena opsi pensiun dini sudah bisa anda nikmati dengan persiapan salah satunya adalah memasang target. Seperti yang kita ketahui bahwa usia ideal untuk pensiun adalah 55 tahun di mana anda sudah tidak produktif lagi namun jika anda ingin pensiun dini di usia 40 tahun artinya anda perlu mempersiapkan jauh hari. Dalam kurun waktu tersebut Anda harus mengumpulkan dana untuk pensiun dini dan buat target setiap bulannya berapa besaran dana yang anda butuhkan.

  • Hitung Biaya Hidup Saat Ini

Salah satu perencanaan yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghitung biaya hidup saat ini. Biaya anda itu antara lain adalah lah biaya makan transportasi sandal hingga cicilan yang mungkin saja ada.

Sebagai contoh jika tiap bulan Anda menghabiskan biaya hidup hingga Rp 5 juta, lalu selanjutnya terjadi inflasi yang mungkin saja ada di belasan tahun kemudian dengan nilai inflasi 6% sehingga biaya hidup anda tiap bulannya mencapai 5,3 juta rupiah. Biaya hidup ini nantinya akan menentukan bagaimana masa depan anda saat tiba di usia pensiun. Untuk itu anda perlu mengatur keuangan saat memiliki pendapatan dan mengurangi pembiayaan yang kurang penting.

  • Hitung Total Hutang Anda 

Selain biaya hidup anda juga perlu menghitung total hutang yang dimiliki untuk mempersiapkan pensiun dini. Sebaiknya melunasi hutang sebelum masuk masa pensiun.

  • Mengelola Pesangon Dengan Bijak

Bagi Anda yang sedang bekerja di perusahaan swasta dan berencana untuk pensiun Dini maka bisa saja anda memperoleh pesangon. Nominal pesangon yang cukup besar mungkin akan membuat Anda tergiur untuk menggunakannya, namun perlu sekali untuk tetap bijak dalam mengelola pesangon tersebut. Alokasikan dana pesangon yaitu 30% untuk melunasi sisa hutang, 50% untuk tabungan, 20% untuk dana investasi.

Jenis-Jenis Pensiun

  • Pensiun Normal

Rasio normal hanya berlaku bagi karyawan swasta BUMN atau PNS. Peraturan tentang pensiun untuk mereka yang berusia minimal 55 tahun. Umumnya peraturan tentang pensiun terkait usia pensiun karyawan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

  • Pensiun Dini

Pensiun dini artinya karyawan mengambil masa pensiun lebih cepat dibandingkan pensiun normal. Peraturan tentang pensiun dini yang perlu anda perhatikan adalah alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk pensiun dini. Anda bisa melakukan pensiun dini sebelum batas usia pensiun normal yaitu dipercepat 10 tahun.

  • Pensiun Ditunda

Pensiun ditunda artinya karyawan pada perusahaan berhenti bekerja sebelum mencapai batas usia pensiun. Peraturan tentang pensiun pada jenis ini adalah penundaan pemberian dana pensiun karyawan sebelum mencapai batasan usia pensiun atau pensiun dini yang aturannya tergantung pada kebijakan perusahaan.

  • Pensiun Cacat

Jenis pensiun ini diberikan pada mereka yang mengalami kecelakaan sehingga tidak mampu untuk melaksanakan kewajiban pekerjaannya kembali. peraturan tentang pensiun cacat tidak ada batasan usia yang ditentukan karena biasanya mereka memiliki kondisi yang sudah tidak produktif dalam bekerja.

Peraturan UU Tentang Pensiun Terbaru

Berdasarkan peraturan UU Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 pada pasal 151 undang-undang Cipta Kerja nomor 11 tahun 2020 menyatakan bahwa,

“Pemberitahuan pemutusan hubungan kerja atau PHK tidak perlu dilakukan oleh pengusaha kepada pekerja”, dalam hal berikut ini:

  • Pekerja mengundurkan diri atas kemauan sendiri
  • Pekerja dan pengusaha berakhir hubungan kerja sesuai dengan PKWT
  • Pekerja mencapai usia pensiun sesuai dengan perjanjian kerja atau peraturan perusahaan atau perjanjian kerjasama 
  • Pekerja meninggal dunia
  • Peraturan tentang pensiun tersebut menjelaskan bahwa minimal batas usia pensiun adalah 55 tahun dan maksimal 65 tahun.

Syarat Pensiun Dini Bagi Karyawan Swasta atau BUMN

Jika anda berencana untuk pensiun ini maka ada Beberapa syarat yang perlu dipenuhi antara lain ini:

  • Surat permohonan pensiun
  • Surat nikah
  • Akte kelahiran anak
  • Surat keterangan status perkawinan
  • Kartu keluarga
  • Harga surat keterangan daftar keluarga
  • Harga pas foto ukuran 3X4

Cara Perhitungan Pensiun Dini Bagi Karyawan Swasta

Anda perlu mengetahui cara perhitungan pensiun Dini pada karyawan swasta dan ketahui berapa banyak yang bisa didapat setelah anda resmi menjadi seorang pensiunan. Berikut gambaran bagi Anda yang ingin memutuskan pensiun dini.

  • Usia saat pensiun ini adalah 45 tahun
  • Harapan hidup kurang lebih 80 tahun
  • Pengeluaran perbulan sebesar Rp7.000.000

Perhitungan yang bisa digunakan adalah biaya hidup perbulan di kali bulan dalam satu tahun kali selisih tahun usia usia harapan hidup.

Jadi, Rp7.000.000 x 12 bulan x 35 tahun = Rp 2.940.000

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

  • Kondisi Finansial Saat Ini dan Nanti

Kondisi finansial hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan pensiun dini. Tidak hanya hari ini tetapi juga di masa yang akan datang Anda harus memiliki sumber pemasukan atau pendapatan selain gaji bulanan.

  • Potensi Pendapatan Baru Setelah Pensiun Dini

Saat pensiun dini bukan berarti Anda tidak mendapatkan pendapatan baru. Anda perlu mempertimbangkan potensi pendapatan baru yang bisa mendukung dan menunjang kebutuhan anda sehari-hari hingga pengeluaran tak terduga.

  • Aktivitas & Kreativitas setelah Pensiun Dini

Anda juga perlu mempertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda lakukan saat sudah memasuki pensiun dini. Sebaiknya pertimbangkan aktivitas dan kreativitas yang untuk mengisi waktu luang. 

Baca juga:

Jaminan Pensiun VS Dana Pensiun, Ini Syaratnya

Apa itu Tabungan Pensiun & Perhitungnya

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara agar bisa cepat pensiun dini, maka kini saatnya untuk Anda kumpulkan biaya hingga pendapatan pasif agar lebih tenang di usia pensiun. Salah satu caranya adalah dengan memiliki bisnis yang dikelola dengan baik dan serius, seserius Anda merencanakan bisnis dengan berbagai strateginya. Namun, untuk bisa serius mengembangkan bisnis, tentu Anda membutuhkan modal yang tak sedikit. Modal bisnis bisa didapat dari fintech lending berizin OJK, Lancar by Danamas dengan nominal yang besar. Dapatkan pendanaan modal usaha ukm dengan akses mudah dan cepat di Lancar by Danamas.