Perpajakan UMKM

Kini, hampir segala sektor dikenakan pajak, termasuk UMKM. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau disingkat dengan UMKM adalah sebuah jenis usaha bebas yang berdiri sendiri. Ada 3 jenis UMKM berdasarkan Undang-Undang no.20 Tahun 2008, yaitu usaha mikro, kecil dan menengah. Jika Anda adalah pelaku UMKM, perlu juga mengetahui perbedaan ini. 

Klasifikasi UMKM

  • Usaha mikro adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih hingga Rp 50.000.000 (tidak termasuk bangunan dan tanah). Penjualan pada usaha mikro minimal Rp 300.000.000 selama 1 tahun. 
  • Usaha kecil adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih hingga Rp 50.000.000 dengan kebutuhan yang dipakai maksimal Rp 500.000.000 dan hasil penjualan minimal Rp 300.000.000 dan maksimal Rp 2.500.000.000 selama 1 tahun. 
  • Usaha menengah adalah usaha dengan kekayaan hingga Rp 500.000.000 – Rp 10.000.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan. Hasil penjualan pada usaha menengah mencapai Rp 2.500.000.000 – Rp Rp 50.000.000.000.

Ketentuan Perpajakan UMKM

Ketentuan perpajakan UMKM tertuang pada UU no.23 Tahun 2018. Besaran untuk pajak UMKM adalah 0.5% dari omzet dengan syarat omzet selama 1 tahun lebih dari 4.8 miliar. Pajak UMKM yang dibayarkan tiap bulan paling lambat adalah setiap tanggal 10. Ketentuan ini juga ditambah dengan ketentuan tarif setiap jenis usahanya, seperti berikut ini:

  • Wajib Pajak (WP) Orang pribadi bisa menikmati tarif PPh final 0.5% dalam jangka waktu 7 tahun.
  • WP Badan seperti Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), dan Firma hanya bisa menikmati tarif PPh Final 0,5% dalam jangka waktu 4 tahun
  • WP Perseroan Terbatas (PT), hanya bisa menikmati tarif PPh Final 0,5% dalam jangka waktu 3 tahun.

Tarif Perpajakan UMKM

Perpajakan UMKM

Adapun tarif perpajakan UMKM sesuai dengan peraturan pemerintah sebagai berikut:

  1. Pajak UMKM PP NO.46 Tahun 2013

Tarif PPh Final UMKM sesuai PP 46 Tahun 2013 adalah 1% dari omzet atau peredaran bruto. Dengan munculnya jenis pajak UMKM yang diatur dalam PP 23/2018, maka mencabut PP 46/2013.

  1. Pajak UMKM PP NO.23 Tahun 2018

Tarif PPh Final pajak UMKM sesuai skema PP 23 Tahun 2018 adalah 0,5% dari peredaran / omzet bruto.

Tarif Pajak UMKM sesuai Jenis UMKM

Tidak semua UMKM dikenakan pajak, tergantung jenis UMKM yang sudah diatur diatas dan juga aktivitas perpajakan apa yang dilakukan. Berikut tarif jenis perpajakan UMKM:

  • Tarif PPh Pasal 21

Seperti karyawan, UMKM juga memiliki kewajiban pajak setiap bulannya. Besaran PPh yang dipotong bisa mengacu pada tarif PPh Pasal 17. Besaran tarif PPh 21 tertuang dengan mengalikan penghasilan kena pajak dengan tarif PPh 17 yang diatur kembali pada UU HPP No.7 Tahun 2021, seperti berikut ini:

  • 5% untuk penghasilan Rp 0 – Rp60.000.000 per tahun
  • 15% untuk penghasilan Rp60.000.000 – Rp250.000.000 per tahun
  • 25% untuk penghasilan Rp 250.000.000 – Rp500.000.000 per tahun
  • 30% untuk penghasilan Rp500.000.000 – Rp5.000.000.000 per tahun
  • 35% untuk penghasilan di atas Rp5.000.000.000 setahun
  • Tarif PPh Pasal 23

Sedangkan tarif PPh 23 dibedakan antara yang memiliki NPWP dan yang tidak memiliki NPWP.

1. Tarif PPh 23 yang Memiliki NPWP

  • 15% untuk dividen, royalti, bunga pinjaman, hadiah, penghargaan dan bonus
  • 2% untuk sewa atas penggunaan harta, jasa

2. Tarif PPh 23 yang Tidak Memiliki NPWP

  • 30% untuk dividen, royalti, bunga pinjaman, hadiah, penghargaan dan bonus
  • 4% untuk sewa atas penggunaan harta, jasa
  • Tarif PPh Pasal 26

Tarif PPh 26 sebesar 20% dari penghasilan bruto yang diterima oleh orang asing atau badan asing.

  • Tarif PPh Pasal 4 ayat (2)

Besar tarif PPh 4 ayat (2) dibedakan berdasarkan jenis usahanya hingga skala usaha, apakah termasuk kualifikasi usaha kecil, atau bahkan tidak memiliki kualifikasi usaha.

Berikut tarif PPh Pasal 4 ayat (2):

NoJenis PenghasilanTarif Pajak UMKM
1Persewaan atas tanah dan/atau bangunan10%
2Pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan2,5%
3Pengalihan atas usaha Jasa Konstruksi:
a. Jasa Pelaksana Konstruksi:
– Kualifikasi usaha kecil2%
– Kualifikasi usaha selain kecil3%
– Tidak memiliki kualifikasi usaha4%
b. Jasa Perencanaan & Pengawasan Konstruksi:
– Memiliki kualifikasi usaha4%
– Tidak memiliki kualifikasi usaha6%
4Dividen yang dibayarkan kepada Orang Pribadi10%

Catatan: Penentuan kualifikasi usaha dari perusahaan jasa konstruksi tertera pada Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang dimiliki perusahaan. 

  • Tarif PPh Final PP 23/2018 (Tarif Pajak UMKM)

Besaran tarif PPh Final PP 23/2018 adalah 0,5% dari peredaran bruto. Tidak semua UKM bisa memakai tarif ini, hanya mereka yang WP Pribadi Pengusaha atau WP Badan dengan ijin edar usaha dibawah Rp 4.800.000.000 dalam 1 tahun atau yang mempunyai bruto diatas Rp 4,8 juta dengan jangka waktu sesuai ketentuan yang berlaku. 

Bagi UKM dengan omzet bruto dibawah Rp 4,8 miliar atau lebih dalam setahun dikenakan tarif PPh Final 0,5% dari peredaran bruto tiap bulannya dan harus dibayarkan juga tiap bulannya. 

Tarif PPN

Besaran tarif PPN yang dipungut dari BKP atau Barang Kena Pajak didalam negeri, termasuk impor adalah 10%. Namun, untuk kegiatan ekspor dikenakan tarif PPN 0% atau bebas PPN. 

Tarif PPh Badan

Tarif PPh WP Badan adalah 25% dari Penghasilan Kena Pajak sesuai UU PPh no.36 Tahun 2008. Pada WP Badan Berbentuk Perseroan Terbuka (Tbk) memiliki ketentuan yang berbeda pada PP no.30 Tahun 2020 tentang penurunan Tarif PPh bagi WP Badan Dalam Negeri yang berbentuk Tbk. 

Rumus PPh Perpajakan UMKM

  1. Rumus untuk mencari Penghasilan Kena Pajak WP OP adalah:

Penghasilan Kena Pajak = Penghasilan Neto – PTKP

  1. Sedangkan rumus untuk mencari PPh Terutang adalah:

PPh Terutang = Penghasilan Kena Pajak x Tarif PPh Pasal 17

  1. Rumus pajak perusahaan (WP) Badan dalam hal ini UKM adalah:

PPh Badan = Penghasilan Kena Pajak x Tarif PPh Badan

  1. Jika untuk PPh Badan UMKM/UKM dengan tarif PPh Final, ada beberapa cara penghitungan, yakni:
  • Mekanisme PPh OP secara Umum
  • PPh Final PP 23/2018
  • Mekanisme Norma Penghitungan Penghasilan Neto (NPPN)

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Lapor SPT UMKM?

Sebelumnya anda  harus sudah memiliki NPWP & sudah memiliki Electronic Identification Number (EFIN)

Dokumen yang harus disiapkan:

  1. Dokumen yang disiapkan WP Pribadi UMKM
  • Formulir 1770
  • Laporan keuangan atas usaha atau neraca dan laporan laba rugi (jika menggunakan metode pembukuan)
  • Laporan peredaran bruto/rekapitulasi bulanan peredaran bruto dan biaya (jika menggunakan metode Norma Penghitungan Penghasilan Neto (NPPN)
  • Daftar perhitungan peredaran bruto (jika menggunakan perhitungan sesuai PP 23 UMKM Tahun 2018)
  1. Dokumen yang harus disiapkan WP Badan UMKM
  • Formulir 1771
  • Laporan keuangan atau laba rugi dan neraca
  • Daftar penyusutan
  • Daftar peredaran bruto
  • Daftar pembayaran final UMKM PP 23 Tahun 2018

Demikian cara menghitung pajak UMKM yang telah diatur pada UU yang terkait. Jika Anda memiliki usaha kecil dan menengah, maka pembayaran pajak sudah seharusnya dilakukan sebagai warga negara Indonesia yang baik dan taat pajak. Semakin besar bisnis Anda maka harus semakin sadar bahwa akan ada banyak hal yang perlu Anda atur mengikuti pemerintah. Untuk modal usaha, Anda bisa percayakan pada Lancar by Danamas yang akan memberikan pinjaman modal berjaminan properti. Kini, tak perlu ragu untuk mendapatkan pinjaman modal usaha di Lancar by Danamas, karena perusahaan fintech ini sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. 

Baca juga: Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Untuk Bisnis UMKM

Selain perusahaan fintech terpercaya, Lancar by Danamas juga mampu memberikan pinjaman mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar yang memiliki masa tenor minimum 1 tahun dan maksimum 10 tahun. Selain itu, biaya administrasi hanya 1%-2% yang tidak akan membebankan Anda dalam menjalankan bisnis. Ingin segera mengajukan pinjaman beragunan properti? Langsung simulasikan pinjaman Anda di website Lancar by Danamas!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

credit score

Paham Credit Score sebelum Ajukan Pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.

gaya hidup minimalis

Mulai Gaya Hidup Minimalis dengan Cara Ini

Hidup minimalis ini menjadi trend di kalangan anak muda. Tidak hanya sekedar trend, gaya hidup minimalis ternyata bisa memberikan berbagai manfaat yang akan Anda rasakan di kemudian hari. Gaya hidup minimalis ini bisa tercermin dari berbagai aktivitas sehari-hari yang memberikan dampak positif untuk hidup sederhana namun tetap menikmati hidup.

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis adalah hidup yang berfokuskan pada minimal gangguan yang bisa menghalangi anda untuk melakukan hal-hal yang penting. Menurut Joshua becker, seorang penulis buku becoming minimalist, minimalis adalah hal-hal yang membuat Anda bahagia dan menghilangkan hal-hal yang tidak membuat anda bahagia, secara sederhana ini bisa dikatakan adalah hidup sederhana. Slogan yang cukup populer untuk menyandingkan konsep minimalis adalah less is more.

Pada kenyataannya, minimalis tak hanya terbatas pada barang saja, minimalis juga bisa melalui fashion, internet, yang sering digunakan dalam istilah digital minimalis. Hidup minimalis ini sifatnya sangat personal atau individual sehingga mungkin saat penerapannya cukup berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis
  • Hidup Rapi

Merapikan adalah tentang mengatur segala sesuatu hal menjadi lebih tertata. Anda bisa membedakan mana barang yang masih bisa dipakai atau barang yang sudah jarang dan tidak dipakai lagi. Anda juga bisa menyimpan barang-barang yang masih sering digunakan sementara barang-barang yang sudah rusak dipilah lalu Anda bisa sumbangkan atau jual. Jika anda masih ragu, maka Anda bisa menggunakan metode 90/90 saat melakukan pembersihan. Metode ini memungkinkan anda untuk menjawab pertanyaan seperti apakah barang tersebut, masih anda gunakan 90 hari terakhir atau apakah Anda masih menggunakan barang tersebut untuk 90 hari kedepan? Jika jawabannya tidak maka artinya anda tidak membutuhkan barang tersebut lagi.

  •  Bersihkan Rumah Secara Teratur

Untuk menjaga semua barang tetap rapi, anda pun juga harus membersihkan rumah secara teratur. hal ini bisa membantu anda untuk memastikan Apakah ada barang-barang yang diinginkan atau menumpuk dan anda pun bisa segera cepat mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan kembali.

  • Belanja Sesuai Kebutuhan

Ini artinya Anda membeli barang sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu menambah lain yang ternyata tidak ada butuhkan di kemudian hari. terkadang kita bisa terkecoh karena barang tersebut tampak lucu Namun ternyata kurang memiliki fitur atau manfaat di kemudian hari bagi kebutuhan kita.

  • Pilih Kualitas Daripada Kuantitas

Saat menggunakan produk dalam jangka waktu yang lama anda perlu membeli produk yang berkualitas sehingga Anda tidak perlu membeli barang tersebut kembali dalam jangka waktu pendek.

  • Kurangi Keterikatan Emosional Pada Barang

Beberapa orang memiliki keterikatan emosional pada barang seperti anda sulit lepas atau tidak ingin menjual barang tersebut karena memiliki memori yang sangat mudah, padahal barang tersebut sudah tidak terpakai lagi dan hanya menumpuk di gudang. Untuk itu cobalah mengurangi perasaan emosional terhadap sebuah barang.

  • Atur Isi Lemari

Lemari adalah salah satu tempat di mana anda memiliki banyak sekali yang sering dipakai atau tidak pernah dipakai sama sekali. Cek pakaian anda dan mulailah pilih beberapa pakaian yang dipakai dibuang atau ingin disumbangkan.

  • Terapkan Prinsip Pergantian Bukan Penambahan

Mungkin anda bisa membeli barang baru anda perlu memikirkan apakah barang itu akan menambah banyak barang lainnya di rumah atau menggantikan fungsi barang yang ada di rumah. Seperti contoh saat anda ingin membeli sepatu baru maka pastikan bahwa sepatu tersebut menggantikan untuk sepatu lain yang memang sudah rusak, sehingga Anda tidak perlu memiliki banyak sepatu yang ternyata tidak semua sepatu tersebut digunakan sehari-hari. 

Manfaat Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis
  • Sehat Secara Finansial 

Minimalis membantu anda untuk memahami apa saja yang anda butuhkan dan apa saja yang anda inginkan. Anda akan belajar barang apa saja yang memang benar-benar Anda butuhkan barang yang menurut anda cukup menarik saja. Membeli barang-barang yang menurut Anda menarik mungkin akan membahagiakan kedepannya namun barang tersebut bisa saja hanya menumpuk di rumah dan tidak digunakan. Untuk itu sebaiknya gunakan uang anda untuk kebutuhan masa depan seperti tabungan pendidikan anak jaminan kesehatan dan lain-lain.

  • Menghemat Waktu Dan Tenaga

Gaya hidup minimalis artinya anda tidak memerlukan banyak barang yang ternyata bisa menghemat waktu dan tenaga anda. Bisa dibayangkan Jika anda memiliki banyak barang artinya Anda harus memiliki banyak waktu dan juga tenaga untuk merawatnya membersihkannya setiap saat. Dengan gaya hidup minimalis, anda bisa memiliki waktu luang lain untuk quality time istirahat berolahraga membaca buku dan lain lain.

  • Mengurangi Stres

Melihat kehidupan orang lain dan membandingkannya mungkin ini tidak akan ada habisnya. Untuk itu, Anda bisa mengubah gaya hidup minimalis karena anda bisa memiliki rasa untuk selalu lebih dari orang lain. Untuk itu dengan gaya hidup minimalis andapun bisa mengurangi stress karena anda tidak perlu membandingkan hidup dengan orang lain.

Baca juga:

Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

5 Rahasia Efektif Menuju Financial Freedom

  • Kemampuan Untuk Berbagi Dengan Orang Lain

Anda merapikan barang-barang mungkin Anda akan menemukan berbagai barang yang sudah tidak terpakai. Katanya menerapkan gaya hidup minimalis maka barang-barang sudah tidak terpakai tersebut bisa anda donasikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Namun harus diperhatikan bahwa barang-barang tersebut masih layak untuk digunakan.

  • Ramah Lingkungan

Dengan gaya hidup minimalis biasanya lebih mengutamakan kualitas daripada Kuantitas. Anda bisa membeli produk dengan kualitas terbaik dan menggunakan untuk waktu yang lebih lama yang lebih hingga menghasilkan limbah yang tidak ramah lingkungan. 

Dengan terbiasa hidup minimalis, maka ini bisa jadi awal yang baik untuk Anda bijak mengatur keuangan. Hidup sederhana, tidak melebihi kemampuan bisa jadi modal dasar saat Anda memiliki bisnis dan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis bisa dikelola dengan bijak dan dipakai untuk hal-hal esensial kebutuhan usaha Anda. Termasuk juga disaat Anda mendapatkan modal usaha hingga puluhan juta, maka Anda pun tidak kalap dan mampu mengaturnya dengan baik. 

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis namun kesulitan dalam pendanaannya, solusi yang bijak adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha beragunan di Lancar by Danamas. Fintech lending aman dan berizin OJK ini hadir dengan pinjaman modal bisnis beragunan properti yang bisa didapatkan mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun – 10 tahun. Dapatkan kemudahan pinjaman ini di aplikasi Lancar by Danamas.

pensiun dini

Mau Pensiun Dini? Ini Cara Mempersiapkannya

Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk bisa pensiun dini. Ini dikarenakan berbagai faktor yang setiap orang rasakan dari mulai tekanan pekerjaan hingga impian untuk segera menikmati kehidupan tanpa perlu bekerja setiap hari. Pensiun dini ternyata tak hanya dikhususkan untuk mereka pegawai negeri saja tetapi juga bisa diwujudkan bagi mereka yang bekerja di perusahaan swasta. Pada pegawai negeri, pensiun dini tetap berpenghasilan karena mereka bisa mendapatkan gaji pensiun tiap bulannya berbeda dengan karyawan swasta yang akan mendapatkan pesangon saat mereka keluar dari perusahaan tersebut.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, pensiun adalah bentuk pembayaran berkala kepada pegawai yang sudah bekerja dengan baik selama masa atau periode tertentu yang telah berhenti dari pekerjaannya. Ini adalah bentuk permohonan purna tugas atau permintaan untuk diberhentikan kerja atas keinginan sendiri yang belum mencapai ketentuan di usia pensiun.

Berbagai alasan orang melakukan atau memutuskan untuk pensiun dini seperti adanya masalah ekonomi selain itu karena sakit jenjang karir yang tidak jelas ingin berbisnis dan lain-lain. Mereka yang sudah memutuskan untuk pensiun nantinya tidak akan mendapatkan gaji bulanan seperti biasanya.

Dengan pensiun, orang bisa lebih menikmati hidup lewat berbagai aktivitas yang mereka sukai tanpa harus pulang pergi ke kantor apalagi dengan jarak yang sangat jauh. Untuk bisa menikmati masa pensiun dini yang menyenangkan tentu dibutuhkan persiapan sedari dini dan perencanaan yang matang, antara lain:

Persiapan Pensiun Dini

  • Pasang Target Usia

Nyatanya untuk bisa pensiun tidak perlu menunggu Anda berusia 70 tahun atau 60 tahun, karena opsi pensiun dini sudah bisa anda nikmati dengan persiapan salah satunya adalah memasang target. Seperti yang kita ketahui bahwa usia ideal untuk pensiun adalah 55 tahun di mana anda sudah tidak produktif lagi namun jika anda ingin pensiun dini di usia 40 tahun artinya anda perlu mempersiapkan jauh hari. Dalam kurun waktu tersebut Anda harus mengumpulkan dana untuk pensiun dini dan buat target setiap bulannya berapa besaran dana yang anda butuhkan.

  • Hitung Biaya Hidup Saat Ini

Salah satu perencanaan yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghitung biaya hidup saat ini. Biaya anda itu antara lain adalah lah biaya makan transportasi sandal hingga cicilan yang mungkin saja ada.

Sebagai contoh jika tiap bulan Anda menghabiskan biaya hidup hingga Rp 5 juta, lalu selanjutnya terjadi inflasi yang mungkin saja ada di belasan tahun kemudian dengan nilai inflasi 6% sehingga biaya hidup anda tiap bulannya mencapai 5,3 juta rupiah. Biaya hidup ini nantinya akan menentukan bagaimana masa depan anda saat tiba di usia pensiun. Untuk itu anda perlu mengatur keuangan saat memiliki pendapatan dan mengurangi pembiayaan yang kurang penting.

  • Hitung Total Hutang Anda 

Selain biaya hidup anda juga perlu menghitung total hutang yang dimiliki untuk mempersiapkan pensiun dini. Sebaiknya melunasi hutang sebelum masuk masa pensiun.

  • Mengelola Pesangon Dengan Bijak

Bagi Anda yang sedang bekerja di perusahaan swasta dan berencana untuk pensiun Dini maka bisa saja anda memperoleh pesangon. Nominal pesangon yang cukup besar mungkin akan membuat Anda tergiur untuk menggunakannya, namun perlu sekali untuk tetap bijak dalam mengelola pesangon tersebut. Alokasikan dana pesangon yaitu 30% untuk melunasi sisa hutang, 50% untuk tabungan, 20% untuk dana investasi.

Jenis-Jenis Pensiun

  • Pensiun Normal

Rasio normal hanya berlaku bagi karyawan swasta BUMN atau PNS. Peraturan tentang pensiun untuk mereka yang berusia minimal 55 tahun. Umumnya peraturan tentang pensiun terkait usia pensiun karyawan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

  • Pensiun Dini

Pensiun dini artinya karyawan mengambil masa pensiun lebih cepat dibandingkan pensiun normal. Peraturan tentang pensiun dini yang perlu anda perhatikan adalah alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk pensiun dini. Anda bisa melakukan pensiun dini sebelum batas usia pensiun normal yaitu dipercepat 10 tahun.

  • Pensiun Ditunda

Pensiun ditunda artinya karyawan pada perusahaan berhenti bekerja sebelum mencapai batas usia pensiun. Peraturan tentang pensiun pada jenis ini adalah penundaan pemberian dana pensiun karyawan sebelum mencapai batasan usia pensiun atau pensiun dini yang aturannya tergantung pada kebijakan perusahaan.

  • Pensiun Cacat

Jenis pensiun ini diberikan pada mereka yang mengalami kecelakaan sehingga tidak mampu untuk melaksanakan kewajiban pekerjaannya kembali. peraturan tentang pensiun cacat tidak ada batasan usia yang ditentukan karena biasanya mereka memiliki kondisi yang sudah tidak produktif dalam bekerja.

Peraturan UU Tentang Pensiun Terbaru

Berdasarkan peraturan UU Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 pada pasal 151 undang-undang Cipta Kerja nomor 11 tahun 2020 menyatakan bahwa,

“Pemberitahuan pemutusan hubungan kerja atau PHK tidak perlu dilakukan oleh pengusaha kepada pekerja”, dalam hal berikut ini:

  • Pekerja mengundurkan diri atas kemauan sendiri
  • Pekerja dan pengusaha berakhir hubungan kerja sesuai dengan PKWT
  • Pekerja mencapai usia pensiun sesuai dengan perjanjian kerja atau peraturan perusahaan atau perjanjian kerjasama 
  • Pekerja meninggal dunia
  • Peraturan tentang pensiun tersebut menjelaskan bahwa minimal batas usia pensiun adalah 55 tahun dan maksimal 65 tahun.

Syarat Pensiun Dini Bagi Karyawan Swasta atau BUMN

Jika anda berencana untuk pensiun ini maka ada Beberapa syarat yang perlu dipenuhi antara lain ini:

  • Surat permohonan pensiun
  • Surat nikah
  • Akte kelahiran anak
  • Surat keterangan status perkawinan
  • Kartu keluarga
  • Harga surat keterangan daftar keluarga
  • Harga pas foto ukuran 3X4

Cara Perhitungan Pensiun Dini Bagi Karyawan Swasta

Anda perlu mengetahui cara perhitungan pensiun Dini pada karyawan swasta dan ketahui berapa banyak yang bisa didapat setelah anda resmi menjadi seorang pensiunan. Berikut gambaran bagi Anda yang ingin memutuskan pensiun dini.

  • Usia saat pensiun ini adalah 45 tahun
  • Harapan hidup kurang lebih 80 tahun
  • Pengeluaran perbulan sebesar Rp7.000.000

Perhitungan yang bisa digunakan adalah biaya hidup perbulan di kali bulan dalam satu tahun kali selisih tahun usia usia harapan hidup.

Jadi, Rp7.000.000 x 12 bulan x 35 tahun = Rp 2.940.000

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

  • Kondisi Finansial Saat Ini dan Nanti

Kondisi finansial hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan pensiun dini. Tidak hanya hari ini tetapi juga di masa yang akan datang Anda harus memiliki sumber pemasukan atau pendapatan selain gaji bulanan.

  • Potensi Pendapatan Baru Setelah Pensiun Dini

Saat pensiun dini bukan berarti Anda tidak mendapatkan pendapatan baru. Anda perlu mempertimbangkan potensi pendapatan baru yang bisa mendukung dan menunjang kebutuhan anda sehari-hari hingga pengeluaran tak terduga.

  • Aktivitas & Kreativitas setelah Pensiun Dini

Anda juga perlu mempertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda lakukan saat sudah memasuki pensiun dini. Sebaiknya pertimbangkan aktivitas dan kreativitas yang untuk mengisi waktu luang. 

Baca juga:

Jaminan Pensiun VS Dana Pensiun, Ini Syaratnya

Apa itu Tabungan Pensiun & Perhitungnya

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara agar bisa cepat pensiun dini, maka kini saatnya untuk Anda kumpulkan biaya hingga pendapatan pasif agar lebih tenang di usia pensiun. Salah satu caranya adalah dengan memiliki bisnis yang dikelola dengan baik dan serius, seserius Anda merencanakan bisnis dengan berbagai strateginya. Namun, untuk bisa serius mengembangkan bisnis, tentu Anda membutuhkan modal yang tak sedikit. Modal bisnis bisa didapat dari fintech lending berizin OJK, Lancar by Danamas dengan nominal yang besar. Dapatkan pendanaan modal usaha ukm dengan akses mudah dan cepat di Lancar by Danamas.