Meminjamkan uang

Untuk memiliki manajemen keuangan yang baik maka perlu banyak hal yang anda lakukan salah satunya adalah dengan finansial self care. Sebanyak apapun uang yang anda miliki maka sebaiknya miliki juga kemampuan manajemen keuangan yang baik lewat financial self care. Dengan memiliki financial self care yang baik maka kondisi finance kondisi kesehatan finansial pun akan ikut membaik, hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan keuangan Anda ke depan.

Hal Yang Dilakukan Saat Financial Self Care

Istilah self care mungkin lebih sering Anda dengar untuk melakukan perawatan fisik. Namun juga bisa dilakukan untuk melihat dan menjaga kondisi kesehatan finansial. Lalu bagaimana cara financial self care yang tepat?

financial self care
  • Mengatur Kontribusi Otomatis Untuk Tabungan

Salah satu hal penting dalam manajemen keuangan adalah memiliki tabungan dan kemampuan untuk mengelolanya dengan baik. Tabungan yang baik adalah tabungan yang memiliki tujuan seperti tabungan dan darurat atau dana pensiun. Salah satu cara untuk menjaga financial tetap sehat adalah dengan memiliki tabungan dana darurat dan tabungan dana pensiun. Dana darurat membantu anda untuk melewati berbagai kondisi yang mendesak, selain itu dana pensiun bisa membantu anda untuk mendapatkan hari tua yang lebih aman dan nyaman secara finansial. 

Jika Anda khawatir pendapatan tidak bisa mencukupi untuk tabungan dana darurat dan dana pensiun, maka anda bisa menggunakan fitur auto debit atau fitur otomatis yang akan menarik dana Anda setelah anda mendapatkan gaji atau pendapatan. Dengan fitur otomatis ini bisa membantu Anda yang yang belum disiplin atau sering terlupa untuk bagi pendapatan Anda ke tabungan tersebut.

  • Tentukan Tujuan Keuangan

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk financial self care adalah dengan menentukan tujuan keuangan. Tujuan keuangan adalah proses yang bisa anda Tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan yang anda miliki. Anda bisa menentukan tujuan keuangan hingga jangka waktu yang anda butuhkan untuk bisa sampai pada tujuan keuangan tersebut. Dengan membuat tujuan keuangan maka anda pun akan lebih termotivasi dan semangat untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. setelah itu atur budget pengeluaran anda tiap bulannya sehingga Anda bisa memantau setiap saat.

  • Sediakan Tabungan Untuk Kesenangan Anda

Dana darurat dan dana pensiun Anda juga perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk kebutuhan senang-senang anda sendiri. Tak perlu selalu banyak namun anda bisa menyisihkan nya sebagai bagian dari self reward.

  • Pantau Selalu Pengeluaran

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan dengan konsisten adalah dengan memantau semua pengeluaran yang Anda lakukan. Dengan secara berkala maka anda bisa mengetahui kondisi keuangan secara jelas serta membantu untuk mengambil keputusan terkait dengan apa yang perlu dilakukan selanjutnya agar mencapai tujuan finansial. 

Cara Menuju Kesehatan Finansial

financial self care
  • Hitung Semua Harta Dan Hutang

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan finansial adalah dengan menghitung semua harta dan hutang yang anda miliki. Anda perlu tahu seberapa apa banyak pengeluaran anda ada dan tabungan di beberapa sumber penyimpanan uang seperti bank teken investasi deposito dan lain-lain. 

Tak hanya mengetahui total tabungan, Anda juga perlu cek seberapa banyak hutang yang anda miliki seperti utang pada kartu kredit pinjaman tagihan yang belum dibayar dan lain-lain. Setelah itu, Anda perlu mencari cara dan menghitung cara melunasi hutang-hutang tersebut.

  • Kurangi Bunga Hutang

Sebaiknya Anda mengecek kembali besaran bunga utang yang perlu Anda bayarkan. Hal yang bisa saja terjadi adalah saat utang anda tidak kunjung lunas dikarenakan bunga yang dibebankan pada lembaga keuangan tersebut cukup tinggi. Untuk itu, cara yang paling mudah adalah dengan menentukan ihwal utang berbunga tinggi dengan mencari lembaga keuangan lain yang memiliki bunga yang lebih rendah, lalu pindahkan kredit tersebut ke lembaga tersebut.

  • Mulailah Untuk Menabung

Berapapun nominalnya Anda harus mulai menabung sehingga tidak peduli pendapatan yang anda miliki besar atau kecil hal yang harus anda miliki adalah tabungan. Jika anda belum bisa menabung di bank maka anda bisa menabung di rumah dengan celengan khusus. Idealnya, Anda memiliki tabungan dana darurat lalu tabungan tabungan yang sesuai dengan Tujuan finansial anda.

  • Rencanakan Dengan Disiplin

Setelah anda merencanakan tujuan finansial dengan baik maka perlu dikombinasikan dengan rasa disiplin sehingga rencana tersebut bisa berjalan dengan semestinya. Dengan melakukan rencana rencana Anda secara disiplin menabung serta disiplin dalam membayar hutang, maka ini bagian dari financial self cara. Lalu, hindari rasa tergoda saat mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Aplikasi Pengatur Keuangan

financial self care
  • UangKu

UangKu adalah aplikasi pengatur keuangan yang cukup lengkap dengan tampilan yang sederhana. Bagi Anda adalah seorang pemula, maka UangKu bisa jadi pilihan aplikasi pengatur keuangan. Di aplikasi ini, Anda bisa mengisikan jumlah target tabungan dan pengeluaran dalam satu bulan. 

  • MoneyLover

Aplikasi pengatur keuangan lainnya adalah MoneyLover. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang bisa membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran bulanan. Fitur yang tersedia di aplikasi ini seperti savings, budget dan event.

  • Mint

Aplikasi pengatur keuangan ini cukup bagus dipakai untuk mengatur keuangan Anda dengan fitur lengkap. Fitur tersebut seperti rekening bank, tagihan bulanan, olio investasi, pinjaman kredit, dll.

  • Monefy

Monefy adalah aplikasi financial planner yang cukup mudah dimana catatan keuangan harian Anda bisa dicatat di aplikasi ini lewat kategori yang sudah disediakan. Selain itu, penggunaannya juga bisa membuat lebih dari satu akun untuk setiap catatan keuangan terpisah.

  • Level Money

Aplikasi pengatur keuangan ini berbasis iOS yang bisa langsung terhubung ke bank. Anda bisa mencatat keuangan keluar dan masuk baik pada kartu kredit atau rekening bank.

  • Wallet

Wallet adalah aplikasi pengatur keuangan yang bisa menghubungkan berbagai aktivitas transaksi saldo bank. Selain itu, wallet juga mendukung berbagai jenis mata uang yang bisa saja dibutuhkan oleh banyak orang. 

Bagi Anda yang ingin memulai mengelola keuangan, maka mengundur aplikasi pengatur keuangan ini mungkin bisa membantu Anda. Jadi, mulai dari sekarang dan tak perlu tunggu hingga uang Anda banyak. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha saat berbisnis, maka coba ajukan pinjaman ke Danamas. Dengan pinjaman beragunan properti yang bisa dengan mudah Anda dapatkan ini maka bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki bisnis yang besar. Jangan lupa juga kelola modal usaha dengan bijak.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

qris adalah

QRIS Adalah: Fungsi, Cara Penggunaan, dan Kelebihannya

Saat ingin membayar barang di kasir, biasanya terpajang suatu gambar barcode dengan nama toko atau stand tempat Anda berbelanja. Cara bayar kini bisa dilakukan dengan scan QR code. Apa itu QRIS? Yuk simak artikel ini. 

Pengertian QRIS 

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QRIS merupakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran dengan tujuan agar transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.  

Fungsi QRIS 

Terdapat fungsi dari QRIS yakni untuk konsumen dan juga untuk merchant. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Untuk Konsumen

QRIS tentunya memudahkan konsumen, dengan adanya sistem pembayaran ini akan lebih cepat dan tidak perlu repot membawa uang tunai. Selain itu QRIS  juga membuat konsumen terlindungi karena semua Penyedia Sistem Jasa Bayar sudah pasti memiliki izin yang diawasi oleh Bank Indonesia.

  1. Untuk Merchant

Meningkatkan potensi penjualan, karena dapat menerima pembayaran berbasis QR. Dengan menggunakan QRIS pastinya akan meningkatkan branding karena menyediakan pembayaran yang mudah dan kekinian, selain itu mengurangi biaya pengelolaan kas dan tidak pusing menyediakan uang kembalian. .

Cara Penggunaan QRIS 

  • Sebagai Merchant
  1. Membuat akun
  2. Mengisi data dan dokumen yang diminta oleh PJSP
  3. Menunggu proses verifikasi dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP
  4. PJSP akan mengirimkan stiker QRIS
  5. Install aplikasi sebagai merchant QRIS
  6. PJSP akan melakukan edukasi kepada merchant mengenai cara menerima pembayaran. 
  • Sebagai Pengguna
  1. Membuat Akun dengan mengunduh salah satu aplikasi PJSP yang memiliki izin QRIS
  2. Daftarkan diri
  3. Mengisi saldo pada akun 
  4. Menggunakannya untuk pembayaran pada merchant yang menyediakan QRIS
  5. Scan code, masukan nominal serta pin dan klik bayar
  6. Cek notifikasi untuk mengetahui keberhasilan transaksi. 

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

  1. Transaksi yang Mudah dan Cepat 

Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa lebih cepat dan mudah melakukan pembayaran yakni dengan menscan barcode yang telah terpasang di meja kasir. 

  1. Mencegah Uang Palsu Beredar

Dengan pembayaran melalui QRIS tentunya mencegah uang palsu beredar. Pengguna tidak perlu menggunakan uang fisik dan hanya perlu menempelkan smartphonenya pada QRIS yang ada. 

  1. Alternatif Pembayaran yang Beragam

Digunakan sebagai opsi pembayaran sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran yang sudah mendapatkan izin di Indonesia. 

  1. Kemudahan Mendaftar sebagai Merchant

Anda cukup mendaftar QRIS dan toko akan otomatis bisa menerima pembayaran dimana saja. 

  1. Praktis Dipantau dan Dianalisis

Riwayat Transaksi yang mudah dipantau secara real time, membuat pengaturan keuangan lebih mudah dan tercatat dengan sistematis sehingga Anda dapat melihat riwayat penggunaan. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Podcast Finansial biar Makin Melek Keuangan

Danamas Pinjaman bisnis merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang dapat Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga limit Rp 2 miliar. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Ajukan pinjaman Anda  sekarang dan nikmati bunga yang bersaing serta tenor yang panjang.

Stacking

Keluar dari Lilitan Hutang dengan Metode Debt Stacking

Ada kalanya ketika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak, Anda harus membuat strategi dengan meminjam uang baik di bank, pinjaman online, kartu kredit, atau bahkan ke teman dan kerabat sekalipun. Strategi ini harus Anda pikirkan matang-matang sebelum melakukannya. Seperti kemampuan Anda membayar atau melunasi tagihan, berapa lama tenor yang Anda mampu, dan situasi-situasi lainnya yang menjadi pertimbangan utama ketika membayarnya. Sudah banyak orang yang terjebak dalam lilitan hutang yang menumpuk dan berakhir panik, stres, bahkan membuatnya tak mampu melunasi hutangnya. 

Namun sebenarnya, ada beberapa cara atau metode untuk melunasi tagihan. Salah satunya dengan melakukan debt stacking. Jika Anda bertanya-tanya, apa itu debt stacking, simak artikel berikut untuk penjelasan hingga cara-caranya.

Pengertian Metode Debt Stacking

Secara sederhana, debt stacking merupakan salah satu cara melakukan pelunasan hutang dengan mengurutkan prioritas berdasarkan bunga pinjaman tertinggi sampai terendah. 

Contohnya ketika Anda memiliki hutang di beberapa sumber yang berbeda, maka yang harus Anda lakukan adalah mengurutkan hutang-hutang tersebut berdasarkan besaran bunga yang Anda harus tanggung. Urutkan bunga dari yang tertinggi ke yang terendah, lalu prioritaskan melunasi hutang-hutang yang ada tersebut sesuai urutan yang telah dibuat.

Melakukan pelunasan hutang dengan metode debt stacking seperti ini dianggap sangat efektif karena apabila Anda tidak menggunakan strategi yang khusus, atau Anda tidak menentukan mana yang harus menjadi prioritas dan harus segera dilunasi, maka hutang dengan bunga yang tinggi hanya akan semakin mempersulit hidup Anda. Yang mana tentu saja, hal seperti ini juga akan mengganggu keuangan Anda sehingga berpengaruh pada usaha pelunasan hutang lainnya.

Namun sebaliknya, jika Anda segera melunasi hutang dengan membuat prioritas berdasarkan bunga yang tertinggi, maka kedepannya Anda bisa fokus untuk melunasi hutang lainnya dengan bunga pinjaman tertinggi berikutnya. Dalam metode ini, Anda harus mengulang proses pembayaran hutang dengan bunga pinjaman tertinggi sampai semua hutang lunas. Metode ini terbukti dapat membantu menghemat uang dengan menyingkirkan hutang yang paling mencekik terlebih dahulu.

Setelah memahami pengertian dari debt stacking, sekarang Anda harus mengetahui plus minus melunasi hutang menggunakan metode debt stacking sendiri.

Plus Minus Menggunakan Metode Debt Stacking

Pada setiap metode pelunasan hutang, tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan metode debt stacking. Yaitu:

●  Kelebihannya, Akan Termotivasi Untuk Melunasi Hutang-Hutang Lainnya

Di satu sisi, metode debt stacking ini akan sangat membantu Anda jika Anda melakukannya dengan konsisten dan disiplin. Karena, dengan membayar hutang berdasarkan bunga pinjaman yang tertinggi, Anda akan termotivasi untuk melunasi hutang-hutang lainnya agar tidak dikejar-kejar oleh bunga yang juga semakin tinggi. Dan dengan demikian, maka seluruh hutang Anda akan lebih cepat lunas.

.

●  Kekurangannya, Jika Anda Kurang Disiplin, Akan Hanya Membuang Waktu

Akan tetapi, jika Anda tidak disiplin dalam menerapkan metode debt stacking ini, seluruh usaha yang telah Anda lakukan akan sia-sia. Anda akan terus dikejar oleh bunga yang semakin tinggi dari hari ke harinya. Dan masalah selanjutnya datang yaitu ketika hutang Anda dengan bunga tertinggi adalah hutang yang juga dengan nominal tertinggi. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tetap akan membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi seluruh tagihan hutang Anda. Hal ini sama saja seperti membuang-buang waktu dan hanya memperbesar bunga pada hutang yang lain. 

Oleh karena itu, sebelum memulai metode debt stacking, Anda harus memahami terlebih dahulu kondisi keuangan dan hutang Anda. Jika kondisinya memungkinkan, Anda bisa memilih metode yang satu ini dalam melakukan pelunasan hutang. Namun jika kondisinya berseberangan, Anda bisa memilih metode pelunasan hutang yang lain. 

Sebenarnya, ada beberapa metode alternatif yang bisa Anda terapkan untuk melunasi hutang selain menggunakan metode debt stacking. Yaitu melunasi hutang dengan sisa pinjaman terkecil yang justru akan memicu komitmen untuk mempertahankan sumber pendapatan dengan baik. Jika Anda merupakan orang yang lebih mudah termotivasi dengan cara seperti ini, maka metode debt snowball mungkin tepat untuk Anda.

Debt Stacking vs Debt Snowball

Seperti yang telah dibahas di atas, perbedaan debt stacking dan debt snowball terletak pada besaran bunga maupun nominal hutang yang menjadi prioritas. Salah satu kelebihan utama dari metode debt snowball adalah dari sisi psikologis. Seseorang akan lebih merasa terdorong untuk melunasi hutang lainnya karena saat membayar hutang, tidak terasa begitu berat. Namun, tentu saja metode ini memiliki kekurangan, yaitu tidak memperhitungkan bunga yang terus berjalan.

Jika dengan metode debt stacking, Anda diharuskan untuk melunasi hutang dengan bunga terbesar terlebih dulu. Ketika hutang dengan bunga yang paling besar ini sudah lunas, Anda baru bisa mulai melunasi hutang lainnya dengan bunga yang lebih kecil. Metode ini tentu akan membantumu untuk meminimalisir pembayaran bunga cicilan yang membengkak. 

Meski begitu, tidak ada patokan yang tepat yang pasti tentang mana metode pelunasan hutang yang terbaik. Semua akan tergantung dari kondisi hutang dan keuangan Anda. Yang terpenting adalah konsisten dan disiplin dalam melunasi hutang-hutang yang ada.

Baca juga: Cara Financial Self Care untuk Stabilkan Keuangan

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang terhambat modal untuk mengembangkan usaha dan berkeinginan untuk mencoba pinjaman bisnis, Anda bisa mencobanya di Danamas. Danamas Pinjaman Bisnis adalah sebuah platform pinjaman beragunan properti dengan limit hingga 2 miliar serta tenor sampai 10 tahun. Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

invoice adalah

Pengertian Invoice Adalah, Jenis, Fungsi & Contohnya

Dalam dunia transaksi jual beli maka sudah sangat umum adanya bukti bayar yang sangat bermanfaat bagi keamanan transaksi antar kedua belah pihak. Maka dari itu dalam sebuah transaksi jual-beli ataupun bisnis dibutuhkan invoice sebagai dokumen yang bisa dijadikan bukti transaksi. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang invoice maka simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Invoice?

Invoice adalah lembar daftar tagihan yang dikeluarkan oleh penjual ke pembeli. Umumnya invoice ada saat pembeli menyelesaikan sebuah pesanan dan penjual mengirimkan pesanan tersebut. Invoice adalah istilah yang erat kaitannya dengan akuntansi maka dengan adanya invoice, hal ini menjadi faktor penting dalam merekam keuangan perusahaan. Umumnya invoice dicetak dengan membuat rangkap 3 untuk pembeli penjual dan juga cadangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan khas masing-masing pihak yang terlibat di dalam transaksi tersebut.

Jenis-Jenis Invoice

  • Invoice Biasa

Jenis invoice ini adalah faktur yang sering dipakai saat melakukan transaksi. Isi dari invoice ini merupakan keterangan dari badan usaha pihak penjual dan pembeli, total harga, item produk yang harus dibayarkan oleh perusahaan pembeli.

  • Invoice Konsuler

Jenis invoice ini adalah umum dipakai bagi perdagangan internasional atau antar negara. Maka ini tidak bisa sembarangan dicetak dan harus memiliki cap khusus sebagai tanda pengesahan dan persetujuan dari kedutaan besar negara atau perwakilan negara yang dituju.

  • Invoice Proforma

Invoice proforma adalah invoice yang memiliki sifat sementara. Dokumen ini umumnya diberikan kepada pihak pembeli sebelum pihak penjual mengirimkan semua barang pesanan. Umumnya barang akan dikirimkan secara berkala lalu secara menyeluruh barang yang diterima nantinya maka pihak penjual akan memberikan invoice biasa. Hal ini bertujuan sebagai dokumen penagihan dan bukti bahwa barang sudah diterima oleh pembeli secara menyeluruh.

Fungsi Invoice

Invoice adalah salah satu bukti transaksi yang paling sering dipakai untuk penagihan juga untuk penagihan hutang. namun ada juga fungsi lain invoice antara lain adalah:

  •  Sebagai Bukti Pembelian

Saat membeli barang dari supplier maka invoice yang diterima perusahaan adalah bukti adanya transaksi tersebut. Informasi yang tertera dalam invoice juga menjadi rujukan data tentang detail barang atau jasa yang dibeli, mulai harga per unit jumlah hingga total harga pembelian.

  •  Bukti Penjualan

Bukti penjualan yang merupakan fungsi invoice dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menagih kepada klien atau konsumen serta menjadi bukti penjualan yang harus dicatat dalam pembukuan sebagai piutang usaha.

  •  Informasi Utang Usaha

Fungsi invoice yang satu ini bisa juga sebagai rujukan tim keuangan akan utang usaha yang perlu dibayar berikut termin pembayaran nya.

  •  Rujukan Pembukuan Akuntansi

Invoice sistem menjadi salah satu rujukan game keuangan untuk pencatatan transaksi dalam pembukuan perusahaan, termasuk didalamnya hutang atau piutang usaha.

  • Bukti Pelaporan Pajak

Invoice dipakai sebagai bagian dari pembayaran pajak di mana menjadi dokumen pendukung yang dibutuhkan saat pelaporan pajak tiap tahunnya.

  • Tunjukkan Jika Ada Kesalahan

Saat ada kesalahan pengiriman maka invoice bisa menjadi salah satu bukti rujukan bersama dengan order dan bukti tanda terima. Nantinya tim keuangan harus mencocokkan beberapa dokumen tersebut sebelum mengeksekusi pembayaran.

Perbedaan Invoice Dengan Nota Dan Kwitansi

InvoiceNotaKuitansi
Dokumen transaksi berupa perhitungan penjualanTanda bukti pembayaran serta tanda jual beli secara kontanTanda bukti transaksi 
Invoice diberikan kepada pembeli ketika barang dikirim walau pembayaran belum dilakukan oleh pembeliNota diberikan penjual kepada pembeli setelah terjadinya pembayaranKuitansi diberikan kepada pembeli setelah terjadi pembayaran yang dibubuhi dengan tanda tangan penerima uang

Cara Membuat Invoice

Jika anda berencana untuk membuat invoice maka ada beberapa komponen yang bisa anda lampirkan atau masukan ke dalam invoice seperti berikut ini:

  • Bagian Atas

Pada bagian atas bisa anda cantumkan beberapa hal seperti:

  1. Judul
  2. Nama perusahaan
  3. Nomor invoice
  4. Nama penjual dan pembeli
  5. Tanggal transaksi
  6. Tujuan pengiriman
  7. Bagian tengah invoice
  8. Nomor
  9. Nama produk
  10.  Harga
  11.  Deskripsi
  12.  Jumlah masing-masing produk
  13.  Harga total produk
  14.  Cantumkan juga PPN
  • Bagian Bawah

Pada bagian bawah cantumkan komponen berikut ini:

  1. Ongkos kirim (Cantumkan Jika Anda mengirim barang lewat jasa ekspedisi termasuk rincian ongkos kirim dan berat hingga tujuan pengiriman paket).
  2. Asuransi barang
  3. Total pembayaran
  4. Beri keterangan tempat tanggal tanda tangan dan nama client

Poin Penting dalam Invoice

Komponen dalam invoice antara lain sebagai berikut:

  • Tanggal transaksi
  • Nomor invoice
  • Nama penjual dan pembeli
  • Rincian produk berupa barang atau jasa
  • Promo atau diskon jika ada
  • Pajak jual beli
  • Tanda tangan dengan nama jelas dari perusahaan penjual

Tips Agar Invoice Cepat Dibayarkan Oleh Klien

  • Kirimkan invoice segera setelah pengiriman barang maka pembeli bisa segera menyiapkan dana. Bisa jadi perusahaan memiliki birokrasi yang cukup berbelit sehingga membutuhkan waktu untuk sampai dananya cair.
  • Cantumkan tenggat waktu. Tenggat waktu memberikan pengingat kepada pembeli sehingga anda bisa menghubungi mereka untuk memberitahukan bahwa tenggat waktu hampir dekat untuk melakukan pembayaran.
  • Berikan reward bagi pembeli yang sudah membayar tepat waktu atau seminggu sebelum tenggat waktu. Reward tersebut bisa berupa hadiah souvenir atau diskon pembelian selanjutnya.
  • Berikan juga sistem pembayaran yang fleksibel sehingga akan memudahkan klien dalam memilih alat pembayaran.
  • Kirimkan pesan untuk mengingatkan klien secara berkala dengan pesan singkat seperti tiga hari sebelum waktu tanggap pembayaran.

Baca juga: Pengertian Phishing, Jenis, dan Tips Menghindarinya

Dengan memahami cara membuat invoice, maka Anda sebagai pengusaha bisa dengan percaya diri mengelola keuangan dan bekerjasama dengan partner bisnis. Untuk kebutuhan modal usaha, Anda bisa percayakan ke Danamas, fintech lending berizin OJK. Dengan pinjaman bisnis hingga Rp 2 miliar, maka Anda bisa megembangkan usaha lebih besar dan wujudkan strategi promosi lebih gencar. Ajukan pinjaman Anda sekarang lebih mudah di aplikasinya yang bisa Anda download dari playstore atau appstore.

 Contoh Invoice