apa itu giro

Menyimpan uang di bank dikenal sebagai salah satu cara cara untuk mengumpulkan dana dan mendapatkan keuntungan lewat bunga bank. Namun selain menabung, ada cara lain yang bisa anda dapatkan yaitu dengan membuka rekening giro. 

Layanan bank ini bisa menyimpan dana dan memberikan berbagai manfaat juga keuntungan yang dirasakan oleh nasabah. Apakah anda tahu Apa perbedaan giro dan tabungan, simak ulasan artikel ini untuk ketahui lebih banyak tentang giro apa.

Apa Itu Giro?

Rekening giro adalah salah satu produk perbankan yang berupa simpanan dari nasabah perseorangan atau badan usaha dalam rupiah dan mata uang asing. Rekening giro memiliki sistem penarikan yang bisa dilakukan kapan saja selama jam kerja dan menggunakan warkat cek atau bilyet giro. Apapun bisa membuka rekening giro setiap warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Giro adalah surat perintah yang dikeluarkan oleh nasabah bank suatu bank tempat ia menabung. Surat perintah ini dikeluarkan untuk melakukan proses pemindahbukuan sejumlah dana dari rekening nasabah ke rekening lain yang disebutkan di dalam bilyet giro tersebut. Bilyet adalah sebuah media yang dipakai untuk memindahkan dana antar rekening. 

Proses pada giro berbeda dengan transfer melalui ATM walaupun bisa sama-sama rekening ke rekening lainnya. Umumnya rekening giro yang dananya bisa ditambah dan diambil sesuai dengan perintah dari nasabah. Rekening giro memiliki tanggal terbit tanggal efektif dan tanggal jatuh tempo.

Untuk setoran awal giro di jenis perorangan biasanya berkisar Rp250.000 dan Rp500.000 untuk perusahaan. Biaya administrasinya sekitar 1 sampai 2% dari saldo terendah yang ditetapkan oleh lembaga keuangan yang bersangkutan.

Saat ingin melakukan transaksi maka anda perlu melakukan pembayaran melalui cek atau bilyet giro yang diberikan kepada pihak yang akan menerima uang tersebut. Berikut pengertian cek dan bilyet giro:

  • Bilyet giro: surat berharga yang dipakai sebagai alat transaksi dan diterbitkan oleh pihak bank langsung. Surat ini dipakai sebagai pengganti uang tunai yang bisa dicairkan cara tidak tunai lewat pemindahbukuan ke rekening yang bersangkutan sesuai dengan waktu dan tanggal yang tertera pada bilyet giro.
  • Cek: Surat berharga yang dipakai sebagai alat transaksi pembayaran dan diterbitkan oleh pihak bank sebagai pengganti uang tunai dan bisa dicairkan secara tunai juga.

Apa Itu Tabungan?

apa itu giro

Tabungan adalah produk perbankan berupa simpanan yang bisa dimiliki oleh mereka perseorangan ataupun perusahaan dan dananya bisa ditarik sesuai dengan ketentuan tertentu. Lalu apakah ada perbedaan antara giro dan rekening berikut penjelasannya.

Perbedaan Giro Dan Tabungan

Sasaran Produk

Giro diperuntukkan kepada orang atau perusahaan dengan aktivitas transaksi keuangan yang cukup tinggi serta nominal yang besar. Pada peruntukan produk, rekening tabungan bukan untuk perorangan atau perusahaan yang tidak memiliki aktivitas keuangan yang cukup besar setiap harinya.

Nilai transaksi giro wajib ada minimum transaksi yang kebijakan yang nominalnya disesuaikan oleh kebijakan tiap lembaga keuangan. Sedangkan pada transaksi tabungan pemilik rekening bisa melakukan transfer sebesar Rp15.000 saja walaupun ada minimal transaksi untuk menabung untuk ada ketentuan saldo minimal yang perlu dipenuhi agar rekening bisa terus dipakai untuk melakukan transaksi.

Baca juga:

Tabungan VS Investasi: Kenali Perbedaan & Keuntungannya

Apa Itu Deposito Berjangka dan Contohnya?

Cara Penarikan Dana

Cara penarikan dana pada tabungan dan giro cukup berbeda di mana jika menabung di bank penarikan dananya dilakukan lewat ATM atau teller. Penarikan dana pada rekening tabungan hanya bisa dilakukan oleh pemilik rekening saja. Dana untuk rekening biru tak hanya bisa dilakukan lewat ATM tapi juga melalui cek dan bilyet Giro.

Nominal Transaksi

Pada rekening tabungan ada batasan nominal transaksi per harinya. Hal ini berlaku pada transaksi berupa pemindahan dana atau penarikan dana. Jika nasabah pada rekening tabungan ingin melakukan transaksi untuk nominal yang besar maka bisa langsung datang ke bank atau lewat bantuan teller.

Pada rekening giro nasabah bisa melakukan transaksi dengan nominal yang sangat besar menggunakan surat perintah dari pemilik rekening tersebut. Selain itu tidak ada batasan jumlah nominal transaksi umumnya pihak lembaga keuangan akan membantu melakukan pemindahan dana dan penarikan dana juga untuk batasan transaksi setiap harinya bisa mencapai Rp 500 juta.

Penarikan Dana

Penarikan dana oleh rekening giro bisa dilakukan di kantor lembaga keuangan secara langsung. Penarikan dana menggunakan bilyet giro memiliki batasan waktu dan jatuh tempo. Bagi nasabah yang memiliki rekening giro diwajibkan melakukan penarikan dana menggunakan bilyet hingga 70 hari. Jika dana tersebut dilakukan penari sebelum dilakukan penarikan maka bilyet tidak akan berlaku lagi.

Laporan Pada Nasabah

Laporan dari pihak lembaga keuangan akan dikirimkan kepada para pemilik rekening giro di tiap bulan ke alamat tertera pada data rekening. Laporan bulanan ini biasanya berupa rekening koran yang berisikan informasi semua transaksi dari pemilik rekening per bulan hingga uang yang masuk dan keluar.

Laporan keuangan pada pemilik rekening tabungan bisa diminta ketika nasabah ingin melakukan pemeriksaan. Hal ini tentu berbeda dengan laporan rekening koran giro yang sudah pasti rutin dikirim ke alamat nasabah. 

Fungsi & Manfaat Rekening Giro

apa itu giro

Dalam hal akuntansi, fungsi dan manfaat giro adalah mempermudah penarikan keuangan yang bisa dilakukan kapan saja sehingga bisa mengoptimalkan aktivitas transaksi keuangan. Selain itu rekening giro bisa dipakai untuk melakukan penyederhanaan dalam transaksi karena perlu memakai uang tunai dengan jumlah yang cukup besar.

Fungsi rekening giro lainnya antara lain:

  • Uang dalam rekening akan lebih aman dari tindak kejahatan
  • Pembayaran transaksi jual beli lebih mudah karena bisa menggunakan cek dan bilyet Giro
  • Cukup membawa cek dan bilyet jika ingin melakukan transaksi
  • Giro yang berbentuk simpanan uang bisa dilakukan penarikan kapan saja saat jam kerja berlangsung
  • Rekening giro tidak ada batasan limit transaksi
  • Nasabah memiliki rekening giro akan mendapatkan rekening koran untuk mempermudah proses administrasi.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Buka Rekening Giro

  • Kembalikan lembaran pertama bukti penerimaan cek atau bilyet sesegera mungkin agar rekening bisa diaktifkan oleh bank
  • Catat pengeluaran dari tanggal nomor hingga jumlah uang di lembar sebelah kiri buku cek atau bilyet yang berfungsi sebagai alat kontrol supaya pengeluaran bisa disesuaikan dengan dana yang tersimpan
  • Hati-hati saat ingin mengeluarkan Cek Atas Unjuk dan jangan sampai Anda menghilangkannya karena cek ini telah dibubuhi tanda tangan juga materai yang bisa segera dibayarkan oleh bank tanpa perlu melakukan verifikasi kepada pembawa cek.
  • Tidak melakukan pembayaran lewat cek atau bilyet jika saldo dana tidak cukup karena pihak bank tentu akan menolak pembayaran tersebut.
  • Hindari penggunaan cek tanpa cukup saldo karena hal ini akan membuat Anda bisa dicantumkan pada daftar hitam nasional yang disebarkan oleh Bank Indonesia kepada seluruh bank di Indonesia.
  • Segera lapor ke lembaga keuangan atau bank jika anda kehilangan satu lembar cek atau bilyet bahkan seluruh bukunya sehingga bank bisa segera memblokir rekening anda.
  • Cek atau bilyet giro hanya berlaku 70 hari tanggal diterbitkan, jika melampaui tenggat waktu tersebut maka warkat tidak bisa lagi digunakan atau kadaluarsa. 

Anda tertarik untuk membuka tabungan giro? Kemudahan bertransaksi dari tabungan giro bisa membantu aktivitas perbankan Anda lebih nyaman. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang pebisnis yang memiliki aktivitas transaksi keuangan yang cukup tinggi. 

Selain membutuhkan fasilitas layanan perbankan yang mumpuni, sebagai pelaku usaha, Anda juga membutuhkan fintech lending berizin OJK yang bisa membantu pendanaan bisnis Anda seperti Lancar by Danamas. 

Lancar by Danamas menawarkan pinjaman agunan properti berlimit besar hingga Rp 2 miliar dengan tenor minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun. Dapatkan modal usaha besar sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Laporan perubahan modal

Laporan Perubahan Modal: Pengertian & Contohnya

Dalam sebuah perusahaan, sebuah laporan keuangan pasti diperlukan untuk mengetahui kemana arus kas yang tengah berjalan. Ada banyak jenis laporan keuangan yang sebuah perusahaan buat demi mendapatkan informasi tersebut. Salah satu laporan yang dibuat adalah laporan perubahan modal. 

Di artikel ini, kami akan membahas tentang laporan perubahan modal. Dimulai dari definisi, komponen, hingga contoh-contohnya. Yuk, simal artikel ini!

Definisi Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal

Menurut penjelasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laporan perubahan modal merupakan sebuah laporan yang membahas mengenai perubahan modal yang terjadi di sebuah perusahaan dalam waktu tertentu. Perubahan ini bisa saja terjadi karena adanya tambahan dalam investasi, penurunan atau peningkatan laba, atau pengambilan uang untuk keperluan pribadi. 

Komponen Laporan Perubahan Modal

Untuk menyusun sebuah laporan perubahan modal, ada beberapa hal yang harus ada di dalam laporan tersebut. Berikut adalah unsur-unsur komponen yang perlu ada di dalam laporan perubahan modal: 

1. Saldo Awal

Saldo awal atau saldo pembukaan adalah kumpulan saldo akhir dari laporan yang telah dibuat pada periode sebelumnya.  Semua penambahan dan pengurangan yang terjadi selama transaksi akan dilakukan pada saldo awal laporan ekuitas.

2. Pendapatan Bersih dan Lainnya

Pendapatan bersih merupakan pendapatan yang didapat setelah semua kegiatan dan pengeluaran non-operasional yang dikurangkan disaat periode akuntansi tersebut. Komponen laporan perubahan modal selanjutnya adalah pendapatan bersih. Nilai ini bisa Anda dapatkan dari laporan laba rugi, setelah pencatatan keuangan pada periode yang ditentukan.

Pendapatan lainnya mencakup keuntungan yang didapatkan diluar dari catatan yang berada di laporan laba rugi. Laporan ini tidak dicampur dengan pendapatan bersih.

4. Penerbitan Saham

Jumlah yang bisa dicatat ke dalam laporan ini adalah ketika ada saham baru yang diterbitkan dan ketika ada terjadi peningkatan ekuitas dari pemegang saham. 

Baca juga: Manfaat Laporan Keuangan Bagi Investor yang Wajib Diketahui

5. Kerugian Bersih dan Kerugian Lainnya

Net loss merupakan jumlah kerugian yang dialami perusahaan, dari kegiatan dalam sebuah periode dalam tahun anggaran. Kerugian bersih ini dapat mengurangi total modal perusahaan. Jika ada sebuah kerugian yang terjadi, hal tersebut harus dicatat di dalam laporan perubahan modal. 

Selain pendapatan lainnya, kerugian lainnya juga terdapat disini. Biaya atau kerugian yang ada namun tidak diakui dalam laporan laba rugi, akan masuk dalam kategori kerugian lainnya. Meskipun demikian, laporan ini juga harus tertulis di dalam laporan.

7. Dividen 

Dividen dibagi secara merata dengan sesama pemilik saham ketika RUPS (Rapat umum pemilik saham) tengah dilaksanakan.

8. Penarikan Modal 

Formula Laporan Perubahan Modal

Untuk menghitung perubahan modal, terdapat sebuah rumus yang digunakan. Perhitungan ini mencangkup saldo awal dan akhir, net profit, dividen, dan juga perubahan lain yang terjadi. Dibawah ini adalah rumus yang digunakan :

Saldo Akhir Ekuitas = Saldo Awal Ekuitas + Net Profit – Dividen +/- Perubahan Lainnya (kerugian atau keuntungan lainnya)

Contoh laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal

Berikut merupakan sebuah contoh laporan perubahan modal. Di sisi kanan merupakan segala pemasukan yang ada di dalam sebuah perusahaan. Isinya merupakan modal awal dan juga laba bersih yang ditambahkan. Sedangkan di sisi kiri, merupakan seluruh pengeluaran yang ada. Ada beberapa hal yang dikurangkan, yaitu prive, laba ditahan, dan juga koreksi. Ketika sudah dikumpulkan, totalnya ditambahkan dan dikurangkan dengan modal awal, menghasilkan modal akhir dari perusahaan.

Ketika terjadi sebuah perubahan dalam modal, ada baiknya bilamana dituliskan ke dalam laporan. Baik itu pengurangan atau penambahan, perubahan modal harus ditulis sehingga memiliki data tentang keuangan perusahaan yang benar. 
Untuk solusi penambahan modal, lancar by danamas bisa membantu anda! Dengan tenor yang fleksibel dan hingga 10 tahun, kami dapat membantu anda memberikan pinjaman modal usaha yang tepat untuk perusahaan anda! Ingin tahu lebih lanjut, kunjungi website kami di www.lancar.id untuk tahu lebih lanjut!

Cara menabung untuk menikah

Cara Menabung Untuk Menikah, Cepat & Efisien

Pernikahan mungkin merupakan sebuah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Untuk dapat mengucapkan janji selamanya kepada sosok yang anda sayang pasti juga merupakan sebuah hal yang bahagia. Untuk merayakan acara yang bahagia ini, tentu sebuah perencanaan yang matang harus dibuat agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik. Meskipun demikian, perencanaan juga merupakan sebuah hal yang melelahkan, dan akan menjadi sedikit menyusahkan bila tidak direncanakan dengan benar. 

Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang cocok agar dapat menabung untuk menikah tanpa menguras kantong terlalu banyak. Simak langkah-langkah ini, yuk!

Tips Menabung Untuk Menikah

  • Siapkan Budget Yang Sesuai

Mengalokasikan dana untuk pernikahan merupakan sebuah hal yang penting. Dengan anda menyiapkan budget yang sesuai dan yang dibutuhkan, anda bisa menyimpan uang yang cukup untuk pernikahan, dan juga tidak terbebani oleh pikiran yang menyatakan bahwa anda memiliki banyak sekali tabungan yang harus dilakukan. Jika belum pasti terhadap jumlah uang yang harus disiapkan, anda bisa memberi kisaran. 

Untuk menentukan budget yang sesuai, ada baiknya bilamana anda mencari tahu apa yang anda inginkan terlebih dahulu. Contohnya adalah, anda harus cari tahu apa yang anda beli dan dari vendor mana. Dengan anda mengetahui informasi ini, anda bisa membuat sebuah rencana yang sesuai dan buat budget yang cukup. Dengan anda memiliki budget yang ditentukan, anda bisa memiliki target dan tidak harus terlalu memikirkan target yang tidak kunjung tercapai. Intinya, anda bisa menabung dan memiliki sebuah tujuan yang pasti. 

  • Buat Sebuah Tabungan Khusus Untuk Pernikahan

Terkadang, jika anda memiliki tabungan yang banyak, ada hasrat ingin menggunakan uang tersebut untuk berbelanja. Uang tersebut mungkin saja bisa menghambat penyimpanan uang untuk pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa siapkan sebuah tabungan khusus untuk simpanan pernikahan anda. Dengan ini, anda bisa fokus dalam menyimpan uang anda di tabungan tersebut, dan tidak dicampur tangan dengan pengeluaran yang anda lakukan untuk keperluan pribadi.

  • Saat Menabung, Tentukan Jumlah Uang Yang Digunakan

Untuk menabung dengan jumlah uang yang banyak sekaligus terkadang bisa membuat anda berpikir bahwa tabungan nikahan anda bisa cepat terisi. Namun, terkadang anda juga bisa merasa bahwa tabungan yang anda simpan bertumbuh lama. Karena uang yang besar dan anda mengejar target juga. Dengan ini, ada baiknya bilamana anda menentukan jumlah yang digunakan untuk ditabung. Dengan anda melakukan penabungan dengan jumlah yang ditentukan, anda tidak harus memikirkan banyak tentang jumlah uang yang harus segera ditabung. Anda bisa saja menabung 50 ribu per hari, pasti anda bisa mencapai target penabungan anda. 

Baca juga: Berapa Jumlah Dana Darurat Bagi Yang Sudah Menikah?

  • Cari Lokasi Pernikahan yang Menawarkan Paket yang Lain

Banyak sekali lokasi pernikahan yang menawarkan paket-paket yang sudah dijadikan satu, seperti tempat penginapan, dan lain-lain. Untuk menghemat budget, pastikan anda mencoba untuk mencari lokasi pernikahan yang ditawarkan beserta dengan tawaran-tawaran lain yang datang bersama dengan lokasi pernikahan ini. Mungkin saja, anda bisa menghemat karena tidak harus membayar katering, tempat menikah, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu cara untuk menyimpan budget agar tetap irit.

Inilah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk dapat menabung untuk menikah dengan mudah. Keperluan untuk menikah bisa saja bergantung kepada uang anda yang ingin di tabung, namun jika soal modal usaha, kami (Lancar by Danamas) siap membantu anda! Yuk, kunjungi kami di www.lancar.id, untuk dapat membantu anda dalam pemberian modal usaha

credit score

Paham Credit Score sebelum Ajukan Pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.