accrued-interest

Dalam dunia finansial atau akuntansi, istilah bunga sering disebut dalam berbagai aktivitas keuangan yaitu accrued interest. Istilah ini sangat familiar namun masih ada beberapa orang yang belum paham sebenarnya apa dan bagaimana prakteknya dalam dunia keuangan. 

Di waktu tertentu, untuk pinjaman yang belum dibayar accrued interest dibebankan dalam akuntansi. Namun selain pinjaman, juga bisa dipakai untuk kewajiban keuangan yang lainnya. Sebenarnya istilah ini juga bisa mengacu pada jumlah bunga obligasi yang telah terkumpul sejak pembayaran bunga obligasi terakhir dilakukan. Obligasi juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Bunga akrual atau accrued interest dihitung di hari terakhir periode akuntansi. Selain itu bunga akrual juga dilaporkan pada laporan laba rugi sebagai pendapatan atau beban, tergantung apakah perusahaan meminjamkan atau meminjam. Untuk lebih jelasnya, yuk simak bahasan lainnya di bawah.

Apa Itu Accrued Interest (Bunga Akrual)?

Bunga akrual atau accrued interest adalah bunga yang masih harus dibayar yang mengacu pada jumlah bunga yang sudah dikeluarkan pada tanggal tertentu pada pinjaman namun belum dibayarkan. Bunga akrual bisa berupa pendapatan bunga yang perlu dibayar untuk pemberi pinjaman atau biaya bunga yang masih harus dibayarkan untuk peminjam. 

Kapan Bunga Akrual Dihitung?

Bunga akrual atau accrued interest dihitung pada hari terakhir periode akuntansi. Contohnya saat bunga dibayarkan pada tanggal 20 setiap bulan dan periode akuntansi berakhir setiap bulan. Bulan Mei akan membutuhkan akrual bunga 10 hari dari tanggal 21 hingga 30.

Manfaat Bunga Akrual

Dengan metode bunga akrual maka bisa menaikkan jumlah informasi pada laporan akuntansi keuangan. Penggunaan bunga akrual ini bisa menyesuaikan pendapatan yang sudah didapat walaupun belum dilakukan pencatatan pada akun. Dengan mencatat bunga akrual di jurnal maka nantinya laporan keuangan bisa mendaftar semua jumlah atas semua transaksi. Metode akrual ini ini berfungsi untuk melakukan pencatatan terhadap pendapatan dan pengeluaran yang bentuknya seperti angka serta perkiraan dari penerimaan faktur. 

Seperti yang diketahui bahwa Accrued interest juga dilaporkan pada laporan laba rugi Tak hanya itu, bagian dari pendapatan atau beban yang belum dibayar nantinya akan dikumpulkan di laporan neraca sebagai aset atau kewajiban. Hal ini karena bunga tersebut masih diharapkan dibayar dan diterima dalam waktu 1 tahun. Hal tersebut sering diklasifikasikan sebagai aset lancar atau kewajiban lancar.

Accrued interest adalah pertimbangan yang sangat penting saat anda ingin membeli atau menjual obligasi. Obligasi bisa menawarkan ganti rugi kepada pemiliknya atas uang yang mereka pinjamkan dalam bentuk pembayaran bunga reguler. Pembayaran bunga ini juga disebut dengan kupon yang biasanya dibayarkan setiap semester.

Kelebihan & Kekurangan Bunga Akrual Dalam Akuntansi 

Tiap basis akuntansi memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan bunga akrual. Masih ada beberapa orang yang kesulitan membedakan antara bunga akrual dengan basis kas. Berikut ini ada kelebihan dan kekurangan dari bunga akrual:

Kelebihan Bunga AkrualKekurangan Bunga Akrual
1.Menghasilkan laporan keuangan yang lebih baik, guna dalam pengambilan keputusan.1.Bila dibandingkan dengan basis akuntansi kas, tentu bunga akrual relatif lebih kompleks sehingga memerlukan sumber daya manusia yang kompeten
2.Penilaian kinerja jadi lebih akurat dalam satu tahun pelaporan2. Ada risiko pendapatan yang tidak tertagih. Hal ini bisa mengurangi pendapatan perusahaan.
3.Alokasi sumber daya juga bisa lebih akurat3. Relevansi akuntansi akrual basis akan terbatas
4.Pengukuran penilaian biaya suatu kegiatan lebih baik4. Perusahaan tidak memiliki perkiraan tepat kapan kas yang belum dibayarkan pihak lain bisa diterima
5.Bisa menghasilkan nilai aset, kewajiban serta ekuitas yang lebih baik5. Adanya pembentukan cadangan tentu bisa mengurangi pendapatan perusahaan.
6.Bisa mengubah perilaku keuangan pengguna jadi lebih akuntabel dan transparan
7.Audit jadi lebih efektif karena akuntansi akrual menyediakan catatan jelas dan koheren.
8.Meratakan/menyelaraskan belanja modal dengan akuntansi penyusutan

Rumus Bunga Akrual

Tidak perlu bingung untuk menghitung bunga akrual. Untuk lebih mudah, anda bisa menggunakan rumus yang tertera di bawah ini. Pastikan hitungan sudah sesuai dan dilakukan dengan teliti.

  • Rumus Bunga Yang Harus Dibayar

Rumus bunga akrual = jumlah pinjaman x (bunga tahunan/365) x Waktu bunga yang masih harus dibayar atau terakumulasi

Atau

Bunga akrual = (hari akrual/ hari pelaporan) x  bunga kredit per bulan + tunggakan bunga jika ada.

Cara Menghitung Bunga Akrual

Bunga akrual dihitung berdasarkan jumlah hari dan tanggal pencairan sampai di tanggal terakhir bulan laporan. Dimana jumlah hari akrual dibagi dengan jumlah hari pelaporan maka perhitungannya sebagai berikut: 

= (Hari Akrual / Hari Pelaporan) x Bunga Kredit per bulan + Tunggakan Bunga Jika ada

= (29/30) x 100.000 + 0

= Rp. 96.667

Cara Menentukan Jumlah Hari Akrual

Berdasarkan data mr.x, sebagai contoh, posisi laporan adalah 30 Mei 2018, maka untuk menentukan hari akrual adalah dengan melakukan pengurangan dari jumlah hari pada bulan laporan yang dikurangi dengan tanggal pencairan kredit. Anda juga harus memperhatikan bahwa jika tanggal pencairan sama dengan atau lebih besar dari tanggal pelaporan maka bunga akrual nya adalah 0 sebelum ditambahkan tunggakan bunga.

= Tgl Pelaporan – Tgl Pencairan

= 30 – 1

= 29

Apa Itu Piutang Bunga Accrued Interest Receivable

Accrued interest receivable atau piutang bunga adalah bunga atas uang yang dipinjamkan oleh perusahaan kepada pihak lain dan bunga tersebut adalah hak perusahaan namun belum diterima. Dalam penyusunan laporan keuangan, piutang bunga ini juga ada di dalamnya.

Lebih Cermat Memilih Pinjaman Modal Usaha

Jika Anda ingin mendirikan bisnis, maka selain kemampuan finansial seperti perhitungan diatas, Anda juga butuh modal usaha. Salah satu fintech lending legal yang memberikan pinjaman online OJK bunga rendah 2021 adalah Danamas. Temukan kemudahan dan kesempatan memiliki modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga rendah.

Danamas bisa memberikan pinjaman beragunan dengan tenor mulai dari 1 sampai 10 tahun. Masih ragu? yuk simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Agar akses mudah dari smartphone, bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

persiapan-pernikahan

20 Ceklis Persiapan Pernikahan H-2 Bulan yang Wajib Ready Beserta Budgetnya!

Persiapan pernikahan tampaknya menegangkan ya teman-teman Danamas? Benar atau benar? Ya, tentu untuk sebagian teman-teman Danamas yang masih muda atau mungkin belum mempersiap

cara-menghitung-biaya-bangun-rumah-permeter

Biaya Renovasi Rumah Per Meter Mudah Dipahami

Biaya renovasi rumah tentu saja bervariasi berdasarkan impian dan minat setiap orang . Rumah tak hanya menjadi tempat tinggal untuk beristirahat, tetapi kita juga patut memper

sumber-utama-penambahan-devisa-negara-berasal-dari

Sumber Utama Penambahan Devisa Negara Berasal Dari Mana?

Sektor keuangan suatu negara dapat dikatakan sebagai sektor yang paling penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sektor keuangan jika diibaratkan seperti jantungnya negara. Dalam se