usaha-rumahan-modal-50-ribu

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya dengan modal 50 ribu. Tidak hanya dengan modal yang kecil, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan besar maksimal sehingga uang keuntungan bisa dijadikan modal kembali untuk bisnis yang lebih besar.

Peluang usaha terbaru kini semakin banyak terutama didukung dengan kemajuan teknologi yang bisa memberikan banyak kemudahan bagi anda untuk mempelajari dunia bisnis. Banyak webinar atau kelas online yang bisa kamu ikuti sebelum memulai bisnis. Selain itu kemajuan teknologi juga tidak mengharuskan anda untuk membuka toko fisik, anda bisa menjalankan bisnis dari rumah dan menjualnya melalui media sosial dan e-commerce.

Di artikel ini, Anda akan menemukan banyak usaha rumahan modal 50 ribu dengan prospek keuntungan yang besar kedepannya. Bahkan pilihan peluang usaha rumahan ini bisa dilakukan didepan rumah atau hanya membuka secara online sehingga Anda tidak perlu selalu menyewa tempat seperti ruko untuk bisa berjualan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beberapa usaha rumahan dengan modal 50 ribu yang bisa anda coba!

30++ Ide Usaha Rumahan dengan Modal 50 Ribu

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin beragam pula kebutuhan masyarakat. Hal ini yang memicu munculnya beragam ide bisnis baru untuk memenuhi kebutuhan pasar. Bahkan ada beberapa ide usaha rumahan yang tidak memerlukan keahlian atau kemampuan khusus untuk memulainya. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa anda lakukan.

1. Usaha Dropship

Ide usaha rumahan yang pertama adalah menjadi dropshipper. Dropshipper adalah pihak yang menjual kembali barang yang sudah didapatkan dari supplier tanpa harus menyetok barang tersebut, hal ini yang membedakannya dari reseller. Untuk memulainya, anda tidak membutuhkan modal yang besar maupun tempat. Anda hanya perlu mencari dan menemukan penjual yang melayani pembelian secara dropship. Selanjutnya anda bisa mencari pelanggan dan memesankan barang kebutuhannya ke penjual yang menyediakan sistem dropship. Ketika barang sudah anda pesankan, maka barang tersebut akan langsung dikirim kepada pembeli. Sehingga anda tidak perlu menyimpan barang apa pun.

2. Pre-order Makanan

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya, karena setiap orang pasti perlu makan atau minum. Usaha ini sangat potensial dan cocok bagi anda yang gemar memasak. Di awal bisnis, anda bisa menjual hasil masakan kepada tetangga atau melalui media sosial. Untuk mensiasati supaya modal yang anda keluarkan tidak besar, anda bisa membuka sistem pre-order. Dengan begitu, anda hanya membutuhkan 50 ribu untuk memulai bisnis ini.

3. Jasa Menulis Artikel

Peluang usaha berikutnya adalah jasa menulis artikel. Saat ini banyak perusahaan yang mencari penulis artikel lepas atau freelance copywriter. Dengan bermodalkan laptop yang sudah anda miliki, anda bisa memulai bisnis ini. Anda hanya perlu menulis artikel sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh klien.

4. Jualan Foto Online

Ide usaha lain yang bisa anda coba adalah berjualan foto online. Dengan memanfaatkan kamera ponsel, anda bisa menjadi fotografer dan mendapat tambahan pendapatan. Selain kamera ponsel, hal lain yang anda butuhkan adalah kemampuan untuk mengedit foto. Setelah proses foto dan editing selesai, anda bisa menjualnya di berbagai macam situs jual beli foto online antara lain shutterstock.com, bigstockphoto.com, fotolia.com, dan lain-lain.

5. Membuka Kursus Online

Membagikan pengetahuan dan ilmu yang anda miliki juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang. Apabila anda memiliki keahlian atau menguasai suatu bidang, anda bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk menghasilkan uang dengan cara membuka kursus online. Anda bisa menawarkan kursus melalui situs belajar online atau melalui media sosial anda sendiri. Anda juga bisa memulainya dengan mengajarkan anak-anak atau tetangga di sekitar tempat tinggal anda.

6. Usaha Jual Beli Barang Bekas / Preloved

Ide usaha rumahan lainnya yang hanya membutuhkan modal sebesar 50 ribu yang bisa anda coba selanjutnya adalah usaha jual beli pakaian bekas atau preloved. Belakangan ini sedang ramai tren thrifting, yaitu membeli barang bekas di garage sale ataupun pasar loak. Untuk memulai usaha ini, anda bisa mengumpulkan barang atau pakaian yang sudah tidak anda pakai, namun masih layak dan berfungsi. Tidak ada salahnya jika anda memiliki banyak pakaian di lemari, dan menyisihkan beberapa untuk dijual. Akan tetapi, jangan lupa untuk mencuci dan memberikan pengharum sebelum anda menjual dan menyerahkan pakaian tersebut kepada pembeli. Hal ini perlu anda lakukan supaya pembeli merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan.  

7. Menjual Pulsa dan Kuota Internet

Perkembangan internet di Indonesia sangatlah pesat, hampir semua orang terhubung dan membutuhkan koneksi internet. Hal ini bisa anda jadikan salah satu peluang bisnis, dengan berjualan pulsa dan kuota internet. Untuk memulai bisnis ini bukanlah hal sulit dan tidak membutuhkan modal yang tidak besar. Anda hanya perlu mencari lokasi yang tepat dan juga agen yang bersedia untuk memberikan harga yang kompetitif sehingga anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang terjangkau dan bisa menarik perhatian banyak pelanggan.

8. Usaha Cuci Motor

Usaha rumahan modal 50 ribu rupiah yang bisa Anda coba adalah usaha cuci motor. usaha ini sangat cocok untuk dicoba saat musim penghujan di mana akan banyak motor kotor dan peluang untuk mendapatkan pelanggan pun lebih banyak. umumnya mereka yang membawa motor kotor ke tempat cuci motor adalah mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya di rumah. Jika anda berencana untuk membuka usaha cuci motor dengan modal Rp50.000 maka cukup membeli peralatan yang murah dan sudah cukup mengakomodir kegiatan usaha anda untuk pertama kalinya.

9. Usaha Laundry Sepatu

Jenis usaha rumahan modal 50 ribu lainnya adalah laundry sepatu. Mungkin anda lebih banyak melihat usaha laundry baju daripada sepatu maka hal ini bisa menjadi peluang usaha yang tepat dengan modal sedikit. Dengan memberikan pelayanan yang spesifik seperti cuci sepatu maka anda pun hanya membutuhkan peralatan yang lebih sederhana daripada saat ingin membuka laundry baju. Belilah peralatan untuk membuka usaha laundry sepatu dan sabun pembersih nya yang relatif murah jika anda tidak memiliki modal yang cukup banyak. Namun seiring banyaknya konsumen yang mempercayakan usaha laundry sepatu Anda maka anda pun bisa mengupgrade peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya.

10. Usaha Jualan Pulsa

Usaha lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan berjualan pulsa atau kuota internet. mungkin peluang usaha ini bisa dicoba untuk ide jualan di desa karena penjualan pulsa dan kuota internet masih terbilang cukup dicari oleh banyak orang. Anda cukup mencari lokasi atau tempat berjualan sebagai contoh depan rumah untuk menjual pulsa atau kuota dengan harga yang bersaing dengan penjual lain di sekitar Anda.

11. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha rumahan modal 50 ribu lainnya adalah dengan mengembangkan usaha kerajinan tangan atau Do It Yourself contohnya Bisa Anda lihat di internet maupun Pinterest. Ada banyak sekali jenis barang kebutuhan hari-hari yang memiliki nilai jual lebih dengan tampilan yang unik dan digemari oleh banyak orang. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu berbagai macam jenis kerajinan tangan yang menarik dan dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

12. Usaha Jahit

Ide usaha rumahan modal 50 ribu lainnya sangat sesuai bagi anda yang memiliki banyak waktu di rumah seperti ibu rumah tangga. Ide usaha rumahan tersebut adalah membuka usaha jahit. Ide usaha ini cocok bagi Anda yang suka dengan an-naziat and jahit-menjahit sehingga bisa mendapatkan penghasilan tanpa tambahan tanpa perlu menyiapkan modal yang cukup banyak.  Anda bisa melengkapi peralatan usaha jahit dengan memilih peralatan yang memiliki harga murah.

13. Usaha Pangkas Rambut

Usaha rumahan modal 50 ribu lainnya yang cukup berkembang belakangan ini adalah dengan membuka usaha pangkas rambut atau Barbershop. Jika anda melihat Barbershop yang kini marak dibuka oleh anak muda mungkin memerlukan modal yang cukup banyak namun jangan khawatir anda tetap bisa membuka usaha pangkas rambut dengan modal sedikit dengan membuka di depan rumah anda dan melengkapinya dengan peralatan yang cukup sederhana seperti alat cukur rambut gunting cukur sisir dan lain-lain.

14. Usaha Jualan Baju Thrift

Ide usaha rumahan modal 50 ribu lainnya yang bisa Anda coba adalah usaha jualan baju bekas atau Thrift. Usaha baju bekas ini cukup populer karena ternyata banyak sekali orang yang berminat untuk membeli baju Thrift ini. Anda bisa mencari penjual yang menjual baju Thrift dalam jumlah pasar seperti di Pasar Senen atau Tanah Abang lalu Anda bisa membuatnya layak untuk dijual kembali seperti dibersihkan dicuci Dan disetrika. Setelah produk tersebut siap untuk dijual maka kini Anda bisa memasarkannya lewat marketplace atau media sosial dengan penambahan branding yang dapat menarik minat konsumen.

15. Usaha Keripik

Usaha keripik bisa jadi pilihan ide usaha rumahan modal 50 ribu. Orang Indonesia sangat suka keripik karena cocok dijadikan stok cemilan dirumah. Keripik pun punya banyak varian rasa dari rasa gurih, manis hingga pedas. Hal inilah yang membuat peminat keripik selalu banyak. Jika Anda ingin memulai usaha jualan keripik, maka coba cari grosir cemilan keripik yang menjual dengan harga murah sehingga bisa Anda jual kembali.

16. Usaha Tanaman Hias

Ide usaha rumahan menjual tanaman hias juga bisa dilakukan dengan modal 50 ribu. Anda hanya perlu mencari toko penjualan tanaman murah sehingga bisa mendapatkan tanaman hias yang bisa dijual kembali. Cara lainnya adalah dengan membeli bibit tanaman yang harganya relatif murah lalu Anda bisa kembang biakkan sendiri dirumah hingga menjadi tanaman kecil yang sudah siap untuk dijual. Asah kemampuan membiakkan tanaman sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

17. Usaha Preloved

Idea jualan baju bekas (preloved) juga jadi incaran banyak orang. Nyatanya, banyak orang yang juga suka memburu baju hingga perlengkapan rumah preloved. Untuk membuka usaha preloved ini bisa dengan modal 50 ribu, bahkan tanpa modal sama sekali. Sebagai contoh, jika Anda memiliki baju preloved, maka bisa langsung dijual di media sosial atau marketplace. Pastikan baju preloved tersebut sudah layak untuk dijual kembali.

18. Usaha Jual Kue Rumahan

Ide usaha rumahan modal 50 ribu lainnya adalah dengan jualan kue rumahan seperti kue-kue bolu atau sekarang yang sedang viral seperti mille crepes. Anda bisa membuka toko cukup didepan rumah lalu jual kreasi kue rumahan yang bisa dijual. Usaha kue rumahan ini juga banyak diminati orang terutama mereka yang memang suka masak dan membuat kue. Cukup pilih resep kue yang bisa dibuat dengan modal murah, seperti kue-kue kukus dll.

19. Usaha Youtuber Gaming

Jika Anda merasa tidak memiliki keahlian dalam berjualan, namun suka bermain game, mulai sekarang coba menjadi youtuber gaming. Gamers kini juga bisa menghasilkan uang dengan bermain game dan membuat youtube channel sendiri. Ada saja orang yang sangat suka menonton orang main game. Ini bisa jadi celah atau peluang usaha yang tepat untuk mendapatkan uang lewat bermain game.

20. Usaha Jualan Aksesoris

Usaha rumahan modal 50 ribu lainya adalah dengan berjualan aksesoris. Jika Anda suka dengan aksesoris, maka tidak ada salahnya untuk berjualan aksesoris yang bisa didapat dengan membuat sendiri atau membeli dari toko grosir aksesoris. Anda bisa mengemas ulang aksesoris dan membuat branding sendiri dan berikan nilai jual yang sesuai. Usaha ini pun peluang bisnis yang bagus dengan modal kecil.

21. Usaha Angkringan Depan Rumah

Angkringan kini tidak hanya ada di daerah saja, kini di kota besar pun sudah mulai banyak usaha angkringan lho! Ini bisa jadi peluang usaha yang bagus dengan modal kecil. Pasalnya, menu angkringan bisa dibuat dari bahan yang murah dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, Anda bisa memilih lauk pauk khas angkringan apa saja yang bisa dijadikan pilihan makanan angkringan Anda.

22. Usaha Jasa Setrika

Jasa setrika mungkin mirip dengan usaha jasa laundry, namun bedanya adalah jasa setrika bisa lebih spesifik, diperuntukkan konsumen yang hanya ingin disetrika bajunya. Selain itu, Anda juga bisa membuka usaha rumahan modal 50 ribu ini dengan peralatan setrika yang tidak terlalu banyak. Buka usaha jasa setrika ini dengan spanduk di depan rumah sehingga akan banyak orang yang tahu.

23. Usaha Jual Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan cemilan favorit masyarakat Indonesia. Ada banyak aneka gorengan yang lezat dan renyah untuk bisa anda jual kembali tanpa membutuhkan modal yang besar. usaha rumahan modal 50 ribu rupiah dengan menjual gorengan ini bahkan bisa anda buka di depan rumah dengan menjual berbagai gorengan berbahan tempe tahu ubi pisang dan lain-lain. 

24. Usaha Jual Jajanan Pasar

Jika anda ingin membuka usaha rumahan modal 50 ribu di depan rumah juga bisa dengan menjajakan jajanan pasar. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam membuat kue jajanan pasar maka anda bisa membelinya di pasar sungguh yang harga jajanan pasar relatif murah sehingga Anda bisa dijual kembali. Jual jajanan pasar di pagi hari adalah pilihan yang tepat dimana banyak orang-orang yang memilih membeli jajanan pasar untuk bekal mereka di perjalanan atau saat pergi ke kantor.

25. Usaha Foto Online

Usaha foto online juga bisa dicoba dengan modal Rp50.000. Umumnya orang berjualan foto online sebagai usaha sampingan atau freelance mereka yang umum dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. jika anda hanya memiliki modal Rp50.000 maka anda bisa memanfaatkan kamera handphone anda dan buka usaha foto online. Jika anda memiliki kemampuan mengedit foto maka ini bisa menjadi Nilai plus di mana foto anda bisa tampak lebih bagus lagi. Itu Anda bisa menjualnya di berbagai situs jual beli foto online yang ada di internet. 

26. Usaha Jual Donat

Usaha rumahan modal 50 ribu lainnya adalah dengan menjual donat. Donat Kampung masih menjadi pilihan banyak orang yang ingin merasakan nikmatnya donat jadul. Anda hanya perlu membeli bahan-bahan untuk membuat donat dan mampu menghasilkan lebih dari 20 dolar dan dijual dengan harga Rp 2.500 saja. Jual donat buatan anda di depan rumah atau titipkan ke ke warung-warung di sekitar rumah anda.

27. Usaha Jual Print Activity Worksheet Anak

Ini juga banyak sekali bisnis dengan menjual print activity worksheet anak. Activity worksheet anak adalah lembar kerja anak sesuai umur dan tahapan perkembangannya seperti membuat garis mencocokkan gambar dan lain-lain. Anda hanya cukup bermodalkan internet untuk membuat activity worksheet dan bisa dijual secara soft copy ataupun hard copy. Anda bisa mencari berbagai activity worksheet di internet atau membuat sendiri dan menjual di marketplace atau media sosial.

28. Usaha Bisnis Tali Masker

Usaha rumahan modal Rp50.000 Di saat pandemi sekarang adalah usaha bisnis  tali masker. Anda bisa meraup keuntungan dengan menjual berbagai model jenis tali masker yang ternyata banyak dilirik oleh para konsumen perempuan. Anda bisa berkreasi dengan membuat aneka tali masker yang unik untuk anak-anak juga lalu jual di marketplace atau media sosial.

29. Usaha Nasi Kucing

Usaha lainnya yang bisa Anda coba dengan modal Rp 50.000 adalah dengan menjual nasi kucing. nasi kucing adalah nasi bungkus yang berukuran kecil dengan lauk sederhana seperti tempe orek atau bihun goreng. Bagi Anda yang ingin berjualan nasi kucing maka jajakan di area yang cukup banyak target market anda seperti di dekat stasiun di dekat sekolah di dekat kantor sehingga bisa dijadikan bekal nasi untuk sarapan selain pilihan nasi uduk atau nasi kuning. 

30. Usaha Jasa Titip

Usaha jasa titip atau jastip juga sering dipilih oleh beberapa orang karena tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Ada banyak sekali jenis usaha jasa titip seperti jastip perlengkapan rumah tangga, jastip makanan import, jastip perlengkapan bayi dan anak, jastip di event khusus seperti imbex, dll. Dengan usaha jastip ini anda hanya membutuhkan tenaga dan ponsel untuk foto barang-barang yang ingin anda jual sebagai bagian dari jasa titip anda. Anda bisa membuat rincian harga penjualan jasa titip per item atau per pembelian. 

Nah itu dia beberapa ide usaha rumahan murah. Hanya dengan 50 ribu anda sudah bisa memulai bisnis anda sendiri. Di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, anda semakin dimudahkan dengan adanya platform e-commerce, anda bisa coba mulai menjajakan produk atau jasa yang anda tawarkan melalui platform tersebut.  Semoga dengan ulasan diatas anda bisa terinspirasi dan memulai bisnis anda sendiri ya!

Usaha Rumahan Untung Besar dengan Modal Ini!

Apabila bisnis anda sudah mengalami perkembangan yang pesat dan mulai membutuhkan tambahan modal untuk melakukan ekspansi bisnis. Anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengajukan pinjaman online terpercaya dan kredibel di Danamas. Danamas adalah sebuah platform pinjaman multiguna dibawah naungan Sinar Mas Group yang bisa memberikan anda dana atau modal tambahan hingga Rp 2 miliar. Legalitasnya juga sudah terjamin karena sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. 

Coba simulasikan cicilan Anda di kalkulator simulasi kredit, dan juga ada kalkulator pinjaman untuk cek nilai aset yang ingin Anda jadikan agunan. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi website Danamas atau mengunduh aplikasinya Danamas Pinjaman Bisnis di Google Play Store atau App Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant