Unsur manajemen

Manajemen merupakan hal yang penting dalam kehidupan, misalnya untuk manajemen waktu, manajemen keuangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya manajemen, Anda bisa mengatur apa yang perlu dilakukan dan bagaimana cara menjalankannya. Manajemen juga sangat penting dalam dunia bisnis. Manajemen dalam dunia bisnis dilengkapi dengan berbagai unsur. Yuk cari tahu lebih lanjut! 

Pengertian Manajemen 

Manajemen merupakan proses yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan yang efektif serta efisien.  Yang dimaksud dengan efektif ini tentunya berkaitan erat dengan banyaknya hasil pencapaian yang sesuai dengan ekspektasi. Sedangkan efisien berarti berhubungan dengan sedikitnya penggunaan waktu, tenaga, dan uang yang dikeluarkan untuk melakukan pencapaian tujuan tersebut. 

Unsur Manajemen

  1. Man (Manusia)

Manusia menjadi unsur pertama karena memiliki peran krusial dalam sistem operasi. Manusia diperlukan untuk memimpin, menggerakkan, serta mengerahkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan dan mendapatkan ide-ide yang inovatif.

  1. Material (Bahan)

Bahan baku dibutuhkan untuk keberlangsungan usaha. Jika bahan baku tidak tersedia maka secara otomatis akan menurunkan proses produksi. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kinerja usaha atau bisnis kedepannya. Penting bagi pebisnis untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas baik dan dengan harga yang terjangkau. 

  1. Machine (Mesin)

Mesin diperlukan karena mendukung adanya kelancaran untuk proses pembuatan. Anda dapat mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan dengan bantuan mesin sehingga lebih efisien dari segi, waku, uang , dan juga tenaga. 

  1. Money (uang)

Uang merupakan unsur yang penting dan sebagai dasar dari kegiatan bisnis. Uang harus dikelola dan dianggarkan dengan baik dan cermat agar keberlangsungan manajemen tetap terjaga dan optimal. 

  1. Method (Metode)

Dengan adanya metode dalam kegiatan usaha atau bisnis, tentunya akan membantu proses menjadi lebih efisien. Metode harus dapat dilakukan dengan baik, efektif serta terstandarisasi agar menghasilkan kinerja yang memuaskan sesuai dengan tujuan perusahaan. 

  1. Market (Pasar)

Dalam unsur ini, terbagi beberapa bagian misalnya, perencanaan, pengendalian, pengorganiasaian, strategi, dan teknik pemasaran. Keberadaan pasar dapat menyebabkan produksi terjual dan dapat mengetahui kekurangan serta kelebihan dari produk. 

  1. Minute (Waktu)

Waktu merupakan unsur yang juga sangat berharga. Anda harus menggunakan waktu seefektif mungkin untuk dapat membuat dan mengenalkan produk ke pelanggan atau konsumen. 

Fungsi Manajemen

Adapun fungsi dari manajemen yakni:

  • Perencanaan

Sebagai rangkaian pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dengan empat tahap yang harus dilalui dalam proses perencanaan

  1. Menetapkan tujuan
  2. Merumuskan keadaan
  3. Mengidentifikasi hambatan dan kemudahan
  4. Mengembangkan rencana untuk mencapai hasil
  • Pengorganisasian

Rangkaian aktivitas manajemen dengan tujuan untuk mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan dari bisnis atau perusahaan.

  • Staffing

Manajemen yang hampir sama dengan organizing namun berfokus pada sumber daya di tempat yang sesuai dengan keahlian di bidangnya misalnya perencanaan sumber daya yang telah tersedia, pengenalan terkait perusahaan saat melakukan onboarding, evaluasi kinerja, dan lain sebagainya

  • Mengarahkan 

Mengarahkan atau direct, bertujuan untuk mengendalikan agar keefektifan dan efisiensi kinerja lebih maksimal. Fungsi ini juga memastikan koordinasi dan kooperasi dari setiap bagian atau kelompok agar tercipta kesatuan dalam lingkungan kerja. 

  • Pengawasan

Tujuannya agar menilai kinerja yang telah dilakukan oleh semua sumber daya yang ada di sebuah perusahaan. Hal ini agar pekerjaan bisa selesai sesuai dengan waktu yang diinginkan. 

Baca juga: Bisnis Dropship: Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Danamas pinjaman bisnis, merupakan platform pinjaman beragunan properti yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Pinjaman dengan limit hingga Rp 2 miliar dan tenor yang panjang, serta bunga yang kompetitif. Anda juga dapat melakukan simulasi perhitungan properti melalui fitur yang telah kami sediakan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant