bisnis rice bowl rumahan

Tahukah anda bahwa rice-bowl adalah salah satu makanan yang berasal dari Jepang? Rice bowl ini semakin digemari oleh banyak orang karena selain praktis juga memiliki varian menu lauk yang bermacam-macam. Peluang bisnis Rice Bowl rumahan bisa jadi pilihan anda untuk memiliki usaha kecil dan menengah dengan modal yang tidak terlalu besar.

Apa itu Rice Bowl

Rice bowl adalah salah satu jenis makanan dari Jepang yang dilengkapi dengan berbagai lauk seperti daging yang dibumbui teriyaki, Katsu, tempura dan lain-lain. Rice bowl adalah nasi yang dihidangkan dalam mangkuk bersama lauk-pauk dan beberapa juga memiliki varian menu dengan sayur. Umumnya nasi diletakkan di piring namun untuk menu rice bowl diletakkan di mampu karena merepresentasikan budaya Jepang yang makan nasi di dalam mangkuk. 

Selain itu rice bowl juga menjadi salah satu pilihan yang praktis karena dalam satu mangkuk umumnya sudah tersaji lauk pauk lainnya sehingga saat ingin menikmatinya cukup praktis. Bisnis digemari oleh banyak orang terlebih lagi karena kemasannya yang sangat menarik seperti dalam cup atau box kecil yang bisa dibawa kemanapun.

Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

  • Siapkan Dana Untuk Modal Usaha

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah modal usaha untuk memulai bisnis Rice Bowl. Modal usaha yang anda butuhkan tentu bervariasi tergantung jenis bisnis yang ingin Anda jalankan serta varian menu yang nanti yang diciptakan pada Rice Bowl. Namun jika modal Anda cukup minim, Anda bisa meminimalisir jumlah varian rice bowl, kualitas bahan yang dipakai (kualitas medium), ukuran rice bowl yang Anda pilih hingga varian menu yang terjangkau seperti telur atau ayam.

  • Buat Konsep Dan Branding

Saat anda ingin memulai bisnis rumahan maka penting sekali untuk memikirkan branding dan konsep usaha yang dijalankan. Anda perlu menentukan konsep rice bowl seperti apakah rice bowl yang mengusung tema menu khas Indonesia atau Jepang bahkan Korea. 

Sebaiknya kerucutkan konsep usaha anda hingga sampai membentuk branding yang jelas. Setelah itu Anda bisa menentukan nama brand dari usaha rice bowl anda. Ada nama sebuah brand sangatlah penting untuk keberhasilan usaha anda serta lengkapi dengan logo yang unik dan menarik serta mudah diingat. Membuat nama brand sebaiknya hindari nama yang terlalu rumit dan terlalu panjang sehingga Konsumen akan lupa dan kurang menarik. 

Logo pada sebuah brand juga berperan penting sebagai identitas usaha serta sebagai daya tarik tersendiri. Logo adalah bagian dari komunikasi visual sehingga anda tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya jika perlu Anda bisa menggunakan jasa pembuatan logo dari seorang grafik designer.

  • Ciptakan Menu Yang Bervariasi

Konsumen tentu akan bosan jika disajikan oleh menu yang itu-itu saja maka dari itu anda perlu melakukan berbagai inovasi dalam mengembangkan bisnis rumahan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan konsumen lama yang akan loyal ataupun konsumen baru yang penasaran dengan menu baru yang anda ciptakan. Jangan lupa menu-menu tersebut masih menjadi 1 bagian dari branding yang anda ciptakan seperti jika anda mengusung tema rice box dengan makanan khas Indonesia, maka keluarkan inovasi yang berhubungan juga dengan masakan Indonesia. Begitu pula jika anda berhubungan dengan menu Jepang maka anda bisa mengeluarkan inovasi menu Jepang lainnya.

  • Pilihlah Nasi Yang Berkualitas

Sebagai bisnis rice bowl maka hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan nasi. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena nasi dengan kualitas terbaik juga bisa memberikan rasa yang saling melengkapi dengan lauk yang disajikan. Sebaiknya pilih dengan asi dengan kualitas terbaik yaitu beras pulen namun tetap harga terjangkau. dengan nasi yang berkualitas baik maka bukan tidak mungkin brand resbol Anda bisa jadi lebih unggul dari kompetitor.

  • Cari Konsep Kemasan yang Cocok Dengan Branding Anda

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih kemasan yang cocok untuk Rice Bowl. Ada ada banyak sekali model dan bentuk kemasan rice bowl yang bisa anda pilih dan pastikan kemasan tersebut sesuai dengan branding yang anda  usung. Jika memungkinkan maka Pilihlah kemasan rice bowl yang anti air sehingga tidak bisa merusak cita rasa, lalu microwave safe sehingga akan mudah dihangatkan.

  • Cari Supplier Bahan Makanan

Supplier adalah salah satu rahasia bagi Anda yang ingin membangun bisnis les Perumahan dengan harga terjangkau namun memiliki produk yang berkualitas. Jika anda mendapatkan harga terjangkau dari supplier maka bukan tidak mungkin anda bisa memaksimalkan harga produk yang dijual, efeknya adalah bisnis Anda pun akan untung lebih banyak. 

Namun sebelum memutuskan supplier mana yang perlu Anda pilih sebaiknya nya Pilihlah supplier yang menurut anda memiliki bahan-bahan kualitas yang cukup baik. Selain itu pastikan supplier tersebut bisa bertanggung jawab atas suplai bahan makanan yang mereka Kirimkan ke Anda.

  • Tentukan Harga Jual

Selain itu Anda juga perlu menentukan harga jual untuk menentukan keberhasilan sebuah bisnis Apakah produk yang Anda jual tersebut cukup sepadan dengan harga dan rasa-rasa tersebut. Umumnya, rice bowl dipatok dengan harga yang cukup terjangkau tergantung dari target market mereka. Untuk itu pada tahapan branding tersebut tadi yang sudah dijelaskan anda perlu juga membuat target market sehingga bisa jadi acuan dalam menentukan harga dan menu menu.

  •  Membuat Daftar Menu

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan menu apa saja yang ingin anda jual. Ini berfungsi untuk merepresentasikan bisnis  anda, seperti contoh saat konsumen melihat menu anda memiliki lauk khas Jepang, maka artinya Anda adalah salah satu bisnis yang fokus pada menu Jepang, maka target marketnya adalah mereka yang suka sekali dengan makanan Jepang.

  • Jual Secara Offline / Online Bahkan Keduanya

Dalam bisnis perumahan Anda bisa berjualan rice bowl dengan cara membuka toko secara online ataupun online bahkan keduanya. Kini banyak sekali bisnis rice bowl yang membuka bisnis secara offline maupun online lalu menggunakan jasa pengantaran makanan seperti go-food, grabfood, atau shopee food.

  •  Buatlah Promo Yang Menarik

Salah satu cara untuk menarik banyak konsumen adalah dengan membuat promo atau diskon menarik bagi pelanggan. Terlebih lagi saat Anda baru buka, maka berikan diskon khusus atau promo yang menarik agar makin banyak konsumen yang pernah saran dengan rice bowl anda. Jika Anda membutuhkan modal untuk menjalankan strategi promosi, maka Danamas bisa jadi solusi pendanaan bisnis Anda. Fintech lending berizin OJK ini bisa jadi pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ide Menu Rice Bowl 

  • Rice Bowl Ayam

Rice bowl ayam adalah salah satu menu Rice Bowl yang cukup populer dipilih sebagai varian varian menunya. Hal ini karena ayam sebagai salah satu protein yang cukup mudah diolah. Anda bisa menambahkan saus khas seperti saus teriyaki saus asam manis saus barbeque lada hitam dll.

  • Rice Bowl Daging

Ini juga menjadi pilihan beberapa pelaku bisnis usaha rice bowl karena daging memiliki cita rasa yang bersama bumbu bumbu atau saus seperti saus lada hitam saus bulgogi dan lain-lain.

  •  Seafood

Seafood juga bisa inovasi bisnis rice bowl rumahan anda. Seafood yang bisa anda pakai seperti udang, kepiting, cumi, gurita, ikan tuna, ikan dori, dan lain-lain. Anda bisa tambahkan varian rasa seperti saus asam manis, atau ikan Dori yang digoreng dengan tepung.

  • Rice Bowl Dengan Khas Masakan Daerah

Tak hanya dari Jepang atau Korea, rice bowl juga bisa dikreasikan menjadi lauk khas daerah seperti bumbu balado, bumbu cabai hijau, Sambal Matah, dan lain lain. 

Baca juga: Memulai Bisnis dengan Usaha Laundry? Siapa Takut!

Tertarik untuk berbisnis rice bowl? Yuk coba peluang bisnis rice bowl rumahan ini dan nikmati keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant