thrift

Berbelanja baju secara thrift belakangan ini mulai digemari banyak orang. Bahkan berbelanja thrift dinilai bisa membantu mengurangi limbah pakaian. Sebenarnya apa itu thrift? Yuk simak artikel ini.  

Pengertian Thrift 

Thrift merupakan berbagai produk bekas baik lokal maupun impor yang biasanya ditawarkan dengan harga yang murah. Barang ini tak hanya datang dari dalam negeri, namun juga langsung dari produk seken luar negeri. Secara sederhana, thrift mengacu pada perlakuan yang dilakukan oleh masyarakat untuk berhemat dan diyakini akan lebih beruntung karena dapat memiliki tabungan yang lebih banyak. Biasanya barang thrift ini hanya ada satu dan dalam kondisi yang  masih bagus dan layak pakai namun berupa produk bekas.

Tips Jualan Thrift

  1. Membuat Business Plan yang Matang

Memulai suatu bisnis tentunya memerlukan rencana yang jelas. Dalam hal ini Anda dapat merencanakan hal apa saja yang diperlukan untuk menunjang bisnis Anda.

  1. Mencari Supplier yang Tepat 

Supplier yang Anda pilih akan menentukan lancarnya usaha Anda.Carilah supplier dengan produk dan kualitas yang masih baik. Usahakan untuk membandingkannya dengan supplier lain

  1. Memeriksa Kondisi Barang Thrift

Kondisi yang layak dan kebersihan sangat mempengaruhi bisnis thrifting Anda. Pastikan Anda memeriksa kondisi sebelum menjualnya.

  1. Promosi Secara Efektif

Lakukan promosi secara efektif serta efisien, dengan adanya promosi maka minat konsumen terhadap barang thrift akan meningkat. .

Perbedaan Thrift dan Preloved

ThriftPreloved
Barang bekas dari luar negeri dijual secara ecer atau grosirBarang bekas pemakaian pribadi, bisa brand lokal atau luar
Bersifat donasi bisa saja berdesain vintageRelated dengan trend terkini
Belum tentu dalam kondisi baik, namun layak pakaiBisa dalam kondisi baru 

Kelebihan Bisnis Thrift

Berikut ini adalah kelebihan dari bisnis Thrift, yakni: 

  1. Modal Kecil Untung Besar

Biasanya barang thrift dijual kembali dengan harga yang lebih baik daripada barang yang ada di toko retail. 

  1. Banyak Pilihan dalam Berbelanja

Banyak orang menyukai dan berburu barang bekas karena harganya jauh lebih murah dibandingkan harga awalnya. 

  1. Banyak Peminat

Bisnis ini cocok dengan generasi saat ini, yang senang mengikuti trend namun tidak ingin mengeluarkan banyak uang sehingga menjadi trend dan menjadi bisnis kekinian yang cukup digemari oleh generasi muda.

  1. Banyak Platform yang cocok dengan Thrift Shop

Banyak platform online yang menjadi wadah untuk memperjualbelikan barang thrift, maka dari Itu Anda tidak perlu bingung untuk memulai bisnis thrift shop. 

Baca juga: Rahasia Promosi Di Tiktok Lancarkan Bisnis

Ingin membuka peluang usaha, namun terkendala modal? Danamas Pinjaman Bisnis dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Pinjaman beragun properti yang dapat Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta dan limit hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti melalui fitur perhitungan properti yang kami sajikan. Ajukan pinjaman Anda sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant