Ada banyak faktor yang membuat sebuah bisnis makin lancar dan mampu bertahan di setiap zaman. Salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan adalah kemampuan untuk menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan adalah muara dari semua bisnis Anda, maka semulus apapun usaha yang Anda jalankan, jika tidak didukung dengan aplikasi jurnal yang mumpuni maka akan membuat bisnis kurang stabil. Hal ini dikarenakan, melalui aplikasi jurnal lah, Anda bisa melihat progress bisnis dan kondisi keuangan seperti apa. 

Untuk membantu Anda menyusun laporan keuangan, cobalah gunakan aplikasi jurnal yang nyaman untuk digunakan. Namun, sebelum itu, coba ketahui apa itu aplikasi jurnal dan fungsinya. 

Apa itu Aplikasi Jurnal?

Keberadaan akuntansi dalam dunia bisnis sudah sudah selayaknya menjadi perhatian karena dengan adanya perhitungan yang tepat juga terperinci, maka Anda bisa mengukur sendiri kondisi keuangan bisnis. Aplikasi jurnal adalah perangkat lunak yang didesain untuk menyederhanakan operasional keuangan. Pada aplikasi jurnal, Anda bisa membuat laporan keuangan lebih efektif dengan fitur-fitur yang telah disediakan pada aplikasi. Fitur-fitur canggih inilah yang membuat laporan keuangan makin mudah. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Jurnal

  • Fitur Canggih

Aplikasi akuntansi atau jurnal keuangan kini banyak yang dilengkapi dengan fitur canggih dengan berbagai kemudahannya. Fitur yang disediakan mungkin akan berbeda pada tiap merek aplikasi, maka Anda bisa memilih mana yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

  • Mengurangi Kecurangan

Selain itu, menggunakan aplikasi jurnal juga mampu mengurangi kecurangan pada human error yang mungkin saja terjadi jika Anda membuat laporan keuangan manual. Selain itu, data perusahaan juga lebih aman karena terdapat penyimpanan otomatis yang bisa diakses secara terbatas. 

  • Lebih Produktif

Dengan dukungan aplikasi jurnal pada bisnis UMKM Anda, maka para SDM juga bisa lebih produktif. Mereka bisa lebih fokus pada pekerjaan lain yang mungkin akan menyita banyak waktu. Produktifitas ini sangatlah penting dalam bisnis karena bisa membantu peningkatan pelayanan hingga produk pada bisnis Anda. 

Apikasi jurnal

Rekomendasi Aplikasi Jurnal untuk Bisnis

Jurnal

Jurnal adalah salah satu aplikasi jurnal yang bisa digunakan untuk pencatatan keuangan. Jurnal merupakan aplikasi laporan keuangan yang berbasis cloud, sehingga sangat membantu Anda untuk dapat mengakses Jurnal kapanpun dan dimanapun. Kini, Jurnal tidak hanya digunakan untuk mendukung bisnis kecil dan menengah tetapi juga bisnis berskala besar. Pada aplikasi jurnal terdapat banyak fitur yang bisa memudahkan Anda seperti pencatatan biaya, pembuatan faktur, pencatatan pemasukan dan pengeluaran, manajemen asset, dsb. 

Wave

Wave adalah aplikasi jurnal yang berasal dari Amerika Serikat dan di Indonesia sendiri sudah memiliki banyak pengguna. Wave memiliki fitur lengkap seperti pengiriman invoice, pencatatan keuangan, pembuatan kwitansi online, dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi tanpa instalasi program, maka Wave adalah pilihan yang tepat. Kekurangan dari aplikasi ini terletak pada tidak adanya fitur stok dan inventory. 

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis Agar Makin Untung

EQUIP

Aplikasi jurnal ini terbilang cukup baru, EQUIP merupakan perusahaan yang berasal dari Singapura. Di Indonesia sendiri, EQUIP baru dikembangkan sejak tahun 2008. Keberadaan EQUIP sebagai aplikasi jurnal akuntansi ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan ternama seperti Hino Truck, Yokohama, dan lain sebagainya. Fitur yang ditawarkan oleh EQUIP antara lain manajemen nota debit, kredit, pembuatan pencatatan keuangan hingga rekonsiliasi rekening tabungan bank. Selain itu, untuk urusan pajak pun, EQUIP sudah cukup lengkap hingga manajemen multi mata uang. 

Jika Anda ingin mendapatkan sistem pelaporan akuntansi dengan software yang cukup lengkap, maka EQUIP bisa jadi pilihan. Hal ini dikarenakan fitur-fitur canggih EQUIP bahkan mencakup financial forecasting sehingga Anda bisa lebih mudah melacak laba rugi di setiap divisi perusahaan. 

SAP

SAP kini memiliki pengguna sudah lebih dari 300 ribu yang ada di seluruh dunia. SAP merupakan aplikasi jurnal akuntansi yang berasal dari Jerman dan kini sudah banyak digunakan di perusahaan Indonesia. Sama seperti aplikasi jurnal sebelumnya, SAP juga berbasis cloud sehingga Anda sudah bisa akses SAP dimanapun dan kapanpun. Selain manajemen keuangan laba rugi ada juga manajemen utang piutang yang SAP kembangkan. Untuk manajemen anggaran hingga laporan keuangan real-time juga sudah sangat lengkap membantu Anda dalam pelaporan akuntansi. 

Untuk fitur tambahan dari SAP S/4HANA Finance, ada fitur SAP Success Factors yang berfokus pada manajemen human resource yang bisa secara otomatis Anda aktifkan. Kelengkapan fitur SAP inilah yang membuat banyak perusahaan besar memilih SAP sebagai aplikasi akuntansi jurnal andalan mereka. 

MYOB

MYOB adalah salah satu aplikasi jurnal akuntansi yang sangat populer sejak lama. Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 1991 dan semakin berkembang pesat hingga sekarang. Beberapa negara sudah sangat percaya dengan MYOB sebagai aplikasi akuntansi untuk bisnis. MYOB adalah aplikasi jurnal yang memiliki tampilah sederhana namun kegunaannya sangat membantu para pelaku bisnis dalam perhitungan laporan keuangan. MYOB memiliki keunggulan seperti data bisa di export ke excel, namun sayangnya untuk fitur perpajakan belum ada di Indonesia, baru ada di Australia.

TurboCASH

Aplikasi jurnal keuangan ini juga terbilang cukup lama, yaitu sejak tahun 1985. TurboCASH sangat populer di negeri Australia, Amerika, Eropa hingga Kanada. Untuk di Indonesia sendiri, TurboCash banyak juga digunakan oleh pelaku bisnis UMKM untuk membantu mereka mengatur pelaporan keuangan. Adapun fitur yang TurboCASH tawarkan seperti PPN, order atau penjualan, debitur dan kreditur. 

Freshbooks

Freshbooks adalah salah satu aplikasi jurnal keuangan yang bisa dengan mudah digunakan oleh UMKM. Pada aplikasi freshbooks terdapat fitur invoice, time-tracking dan reporting. Fitur yang mampu melacak pendapatan secara otomatis ini hanya ada di Freshbook. Selain itu, ada juga fitur reminder untuk berbagai transaksi pembayaran, sehingga memudahkan Anda saat lupa membayar tagihan. Ada juga fitur faktur pajak yang bisa sangat efisien membantu Anda menyusun pencatatan pajak perusahaan. 

GnuCash

Aplikasi jurnal akuntansi ini sudah ada sejak 1990 an dan masih banyak yang menggunakannya hingga sekarang. Beberapa perusahaan besar juga masih menggunakan GnuCash dan juga beberapa pebisnis UKM. GnuCash bisa membantu Anda untuk membuat faktur atau nota kredit, hutang piutang, fitur penggajian karyawan, biaya operasional, dll. Fitur-fitur yang ditawarkan cukup sederhana penggunaannya sehingga cocok untuk bisnis kecil dan menengah. 

Adminsoft Account

Adminsoft Account merupakan aplikasi jurnal akuntansi yang sudah digunakan oleh ratusan ribu orang di seluruh negara. Aplikasi keuangan ini bisa membantu Anda dalam menangani pembuatan faktur, pencatatan stok barang, pesanan atau pembelian, hingga laporan keuangan pengiriman. Kelengkapan aplikasi Adminsoft account ini juga ditawarkan secara gratis sehingga cocok untuk pelaku bisnis UMKM.

Quickfile

Jika Anda mencari aplikasi non-akuntan untuk jurnal keuangan, maka Quickfile bisa menjadi pilihan. Aplikasi jurnal gratis ini sering dipakai oleh bisnis UMKM dengan berbagai dukungan fitur yang memadai. Fitur Quickfile yang bisa mendukung pelaporan keuangan UMKM seperti faktur otomatis, manajemen struk pembelian, faktur massal, dll. Dengan aplikasi jurnal berbasis cloud ini, Anda bisa lebih mudah mengaksesnya dengan penyimpanan data yang cukup banyak. 

Pelaporan keuangan dengan mengakses lewat aplikasi jurnal adalah pilihan yang tepat karena Anda bisa melakukan pencatatan kapanpun dan dimanapun. Pilihan fitur di setiap aplikasi akuntansi juga sangat bervariasi, maka coba pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti halnya kebutuhan modal usaha yang pasti Anda cari untuk bisa berekspansi dalam bisnis kecil dan menengah. Kebutuhan modal usaha bisa Anda dapatkan dengan cepat dan mudah melalui Lancar by Danamas. Lancar by Danamas adalah perusahaan Fintech Lending yang sudah memiliki izin dari OJK, sehingga peminjam modal tidak perlu lagi khawatir jika meminjam modal usaha di Lancar by Danamas. Selain aman dan terpercaya, Lancar by Danamas juga memastikan Anda agar mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan waktu yang cukup singkat. Kini, tak perlu menunggu berlama-lama lagi untuk bisa mewujudkan impian bisnis Anda agar semakin maju, cukup dengan ubah properti menjadi modal usaha bersama Lancar by Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!