Pidato-Persuasif

Pidato persuasif memang terasa tidak mudah untuk dihasilkan yah teman-teman. Apakah Anda pernah berpidato? Saat berpidato, terkadang kita merasa gugup dan khawatir jika pidato yang kita sampaikan tidak diterima oleh orang yang melihatnya. Untuk bisa memberikan pidato yang baik, maka ini adalah hasil dari kombinasi pembuatan pidato dan penyampaian yang juga baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam pembuatan pidato dari mulai strukturnya hingga isi pada pidato. 

Pidato bisa mempersuasi orang yang mendengarnya, sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan bisa membuat pengaruh yang Anda inginkan. Dalam bisnis, pembuatan pidato ini sangatlah penting, karena Anda bisa menyampaikan sebuah pesan yang persuasif dengan tata cara yang baik dan tak jarang secara formal. 

Dalam pidato, ada banyak strukturnya yang perlu dibuat secara tepat sehingga menghasilkan pidato yang pesannya tersampaikan sesuai keinginan Anda. Ada banyak susunan hingga metode pidato yang bisa Anda ketahui di artikel ini. Ada juga contoh teks pidato persuasif yang akan dibahas di bawah ini. Lantas bagaimanakah cara membuat teks pidato yang baik dan menarik sehingga audience tertarik untuk mendengarkan? Simak dalam artikel berikut ini. 

Apa Itu Pidato Persuasif?

Pidato persuasif adalah pidato yang memberikan ajakan kepada para pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pidato persuasif berisi pesan yang disampaikan kepada masyarakat oleh seorang pembicara yang hadir dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, ataupun mengajak para pendengarnya melakukan tindakan. 

Apa Tujuan Pidato Persuasif?

Sebagai cara menyampaikan sebuah pesan, pidato yang persuasif tentu memiliki tujuan bagi para pendengarnya. Dalam sebuah bisnis, pidato persuasif penting untuk diketahui karena mampu membuat konsumen atau stakeholder yang terlibat dalam bisnis mampu memahami apa yang menjadi tujuan dari pidato Anda.

Dalam memberikan informasi, maupun mengungkapkan pendapat tentunya ada tujuan yang ingin dicapai oleh orang yang menyampaikannya. Sama hal nya dengan pidato. Pidato Persuasif tentunya memiliki beberapa tujuan yang dapat Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pidato persuasif:

  1. Pembentukan Tanggapan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk pembentukan tanggapan. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui tentang suatu topik yang dibawakan. Pembicara harus menyadari bahwa hasilnya adalah perubahan perilaku.

  1. Penguatan Tanggapan

Hal ini berlangsung saat topik, gagasan,atau isu dipaparkan dengan nilai-nilai dan sikap yang sudah ada pada masyarakat.

  1. Pengubahan Tanggapan

Mengubah perilaku mereka terhadap suatu konsep atau gagasan. Pembicara persuasif berupaya untuk mengubah tanggapan sambil memberikan ajakan misalnya seperti seminar kesehatan, dimana pembicara berupaya untuk mencegah pendengar untuk tidak merokok. Atau dalam acara bertemakan lingkungan, pembicara mengajak pendengar untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Ciri Pidato Persuasif

Setiap pidato memiliki  berbagai ciri-ciri yang berbeda termasuk juga pada pidato persuasif. Pidato yang dibuat untuk mempengaruhi pendengarnya ini memiliki ciri-ciri yang tampak jelas dari isi kalimat. Dengan mengetahui ciri-ciri dari pidato persuasif maka Anda bisa membuat  pidato ini dengan lebih persuasif sehingga tujuan pidato Anda bisa diwujudkan dengan  maksimal. Berikut ciri-ciri pidato persuasif a antara lain:

  • Pidato persuasif menggunakan bahasa argumentatif yang ditandai dengan kata penghubung seperti sebab, karena, dan oleh sebab itu.
  • Bahasa persuasif juga ditandai dengan kata larangan dan kata ajakan seperti jangan, Mari, dan ayo.

Seperti yang diketahui secara umum dalam menyampaikan pidato persuasif dibutuhkan beberapa aspek salah satunya adalah kemampuan berbicara. Anda juga membutuhkan kemampuan untuk merangkai kata yang tepat sehingga Pesan yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan baik.

3 Struktur Teks Pidato Persuasif 

Dalam pembuatan pidato persuasif perlu dibuat secara struktural yang baik dan benar sehingga saat penyampaiannya pun bisa lebih tertata. Saat Anda ingin membuat pidato persuasif, maka coba ikuti struktur dari komponen pidato ini agar lebih tertata. Berikut struktur teks pada pidato persuasif yang perlu Anda lengkapi.

  1. Pembukaan

Berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, syukur. Selain itu juga berisikan deskripsi singkat mengenai topik yang akan dibahas.Anda bisa membuat beberapa bagian pembukaan, Seperti salam pembuka ucapan penghormatan dan ucapan syukur.

  • Salam pembuka

Umumnya salam pembuka disampaikan untuk menyapa pertama kalinya kepada pendengar. Salam pembuka disampaikan bisa sesuai dengan situasi dan latar belakang para pendengar yang hadir di tempat tersebut. Beberapa salam pembuka yang biasa dipakai seperti selamat pagi, selamat siang, selamat malam, apa kabar dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan waktu situasi hingga latar belakang.

  • Ucapan sapaan

Setelah membuat salam pembuka Anda bisa melanjutkan dengan ucapan sapaan yang mengandung rasa hormat kepada pendengar yang hadir. Selain itu jika saat menyampaikan pidato persuasif maka anda juga perlu mempertimbangkan etika yang berlaku, seperti jika pendengar atau audience adalah orang-orang yang lebih senior atau memiliki tingkatan sosial yang lebih tinggi maka anda perlu melakukan sapaan penghormatan terlebih dahulu untuk mereka.

  • Ucapan syukur

Ucapan syukur juga bisa dipahami sebagai salah satu bentuk terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan karena sudah memberikan anugerah kepada pendengarnya dan hadir di dalam acara tersebut. 

  1. Isi Pidato

Dalam struktur pidato persuasif hal yang tidak boleh ketinggalan adalah isi pidato. bagian isi pidato umumnya berisi inti dari sebuah pidato atau pesan yang ingin disampaikan. Di bagian ini orang akan menyampaikan pidato dengan memberikan gagasan pendapat alasan dan informasi penting lainnya ingin disampaikan kepada pendengar. Dalam penyusunan isi pidato maka anda perlu menggunakan alasan yang meyakinkan yang berdasarkan fakta di lapangan.

  1. Penutup

Setelah menyampaikan isi pidato yang persuasif Maka selanjutnya adalah menyampaikan penutup pidato. Penutup pidato bisa diartikan sebagai bagian akhir dari sebuah pidato. Penutup pidato termasuk kedalam tiga unsur yang harus ada yaitu antara lain:

  • Isi penutup pidato harus menyampaikan gagasan dan pesan yang mampu memberikan manfaat kepada pendengarnya.
  • isi penutup pidato juga perlu menyampaikan permohonan maaf kepada pendengar terkait beberapa kesalahan yang tidak sengaja dilakukan.
  • isi penutup juga harus berisikan tentang ucapan rasa terima kasih kepada pendengar karena sudah berkenan menyimak pidato yang disampaikan.

4 Metode Pidato Persuasif

Dalam memulai pidato persuasif perlu dilakukan menggunakan metode. Metode atau cara ini bisa membantu Anda dalam menyampaikan isi pidato yang sudah Anda buat. Beberapa metoda pidato persuasif yang bisa digunakan seperti metode impromptu, memoriter, naskah atau ekstemporan. Membuat dengan mengetahui metode pidato persuasif ini maka saat Anda membuat naskah pidato persuasif yang sesuai dengan tujuan anda serta kapasitas anda sebagai  pelaksana pidato. Anda bisa pilih metode tersebut untuk memberikan kemudahan dalam penyampaian.

  1. Metode Impromtu

Metode Impromptu adalah metode untuk menyampaikan sebuah pidato yang dipakai tanpa menggunakan bantuan teks. Umumnya metode ini dipakai oleh mereka yang sudah memiliki tanggung jawab secara mendesak sehingga tidak perlu membutuhkan persiapan yang sesuai dengan kebutuhan. Dikarenakan metode ini tidak membutuhkan persiapan dan dilakukan secara mendadak atau tiba-tiba maka metode pidato impromptu tidak terlalu memberikan hasil yang maksimal. Namun jika seseorang sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi dalam berpidato dan memahami materi yang ingin disampaikan maka isi pidato tersebut menjadi sangat unik dan juga menarik.

  1. Metode memoriter

Metode memoriter adalah pidato yang dilakukan dengan cara menghafalkan teks. Metode pidato ini yaitu dengan membuat perencanaan isi pidato yang sangat cermat dan juga detail sehingga dapat dipersiapkan secara maksimal sebelum menyampaikan pidato. Namun umumnya jenis metode memoriter ini membuat seseorang atau pendengarnya merasa jenuh dan bosan. Maka  Jenis metode ini jarang digunakan karena membuat pendengarnya tidak merasa tertarik kepada isi pidato.

  1. Metode Naskah

Metode naskah adalah metode yang dilakukan dengan membacakan teks saat melakukan pidato. Metode naskah dipakai sebagai cara yang bisa digunakan untuk berpidato dengan mengandalkan media teks. Metode ini sering dipakai pada acara yang mengharuskan pidato bersifat resmi atau formal. Contoh penggunaan dari pidato ini adalah pidato kenegaraan yang sering digunakan dalam pemerintahan.

  1. Metode Ekstemporan

Metode ekstemporan adalah metode yang dilakukan dengan cara pencatatan poin-poin penting secara garis besar. Metode pidato ini dipakai dengan sebuah perencanaan namun pada saat menyampaikan pidato orator hanya menggunakan catatan kecil saja. Catatan kecil itu sebagai cara untuk membuat panduan agar pidato bisa disampaikan secara terstruktur dan sistematis.

5 Prinsip Pidato Persuasif

Seperti yang sudah disebutkan bahwa pembuatan pidato persuasif tidak bisa sembarangan. Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda coba lakukan untuk membuat pidato persuasif yakni dengan menggunakan prinsip-prinsip pidato ini. 

Dengan mengetahui prinsip pidato persuasif, maka Anda bisa menyampaikan pidato dengan lebih membujuk atau mempengaruhi kearah positif bagi pendengarnya sehingga pendengar tertarik untuk mendengarkan pidato yang Anda sampaikan. Adapun prinsip- prinsip dalam pidato persuasif yakni:

  1. Membujuk demi konsistensi prinsip: Mengubah perilaku apabila terdapat perubahan yang dianjurkan sejalan dengan sikap,nilai, maupun kepercayaan
  2. Membujuk demi perubahan kecil: Perilaku lebih memungkinkan terjadi perubahan secara perlahan dari perubahan- perubahan kecil terlebih dahulu yang kemudian apabila sudah terbiasa akan memberikan dampak yang besar
  3. Membujuk demi keuntungan masyarakat: Hal ini akan mengubah perilaku apabila perubahan yang disarankan menguntungkan
  4. Membujuk demi pemenuhan kebutuhan: Mengubah perilaku masyarakat apabila perubahan yang disarankan berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan mereka
  5. Membujuk sedikit demi sedikit: Efektivitas pada pidato persuasif tergantung dari penerimaan khalayak terhadap perubahan yang disarankan pembicara. Lebih memungkinkan untuk mengubah sedikit demi sedikit dibandingkan meminta khalayak untuk segera merubah perilakunya.  

Contoh Teks Pidato Persuasif

Selamat Pagi, Yang terhormat Bapak Ibu, dan saudara – saudari sekalian pada pagi hari ini mari kita panjatkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas rahmatnya sehingga dapat berkumpul di Universitas Indonesia Ini

Hadirin yang saya hormati, sebagai seorang dosen sudah selayaknya mencintai ilmu pengetahuan yang tertuang dalam buku. Buku merupakan salah satu jendela ilmu dan jendela adunia karena dengan membaca buku kita dapat menerima banyak wawasan, ilmu pengetahuan. Menjadi gemar membaca merupakan hal yang mendatangkan banyak manfaat baik misalnya. Meningkatkan wawasan terhadap pengetahuan, melatih kemampuan berbahasa, terutama bahasa tertulis, memahami fenomena yang ada disekitar dengan baik, dan masih banyak lainnya.  Banyak toko besar pun punya kegemaran dalam membaca buku misalnya saja Bapak B.J Habibie. Beliau mengoleksi 5000 buku. 

Hadirin yang saya hormati, alangkah baiknya jika Anda sekalian membaca buku dibandingkan dengan mengakses media sosial berjam-jam. Maka mulai sekarang cobalah untuk membaca buku, dengan membaca buku kita akan menjadi melek terhadap jendela dunia serta menambah informasi. Demikian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan, dan mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan. Sampai jumpa di lain waktu. 

Maksimalkan Soft Skill Agar Pitching Pendanaan Bisnis Sukses!

Dengan skill pidato persuasif yang baik, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan klien ataupun konsumen yang potensial untuk bisnis Anda. Kemampuan pidato merupakan bagian dari soft skill yang perlu Anda latih sebagai seorang pebisnis, selain itu, Anda juga membutuhkan modal usaha untuk berekspansi dalam bisnis. Bila Anda membutuhkan pinjaman online terpercaya untuk ekspansi bisnis, Danamas pinjaman bisnis merupakan solusi yang tepat untuk Anda. 

Pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar bisa anda Ajukan dengan mudah, aman, dan cepat! Yuk, tunggu apa lagi? Kembangkan bisnis Anda, dapatkan pendanaan dan memaksimalkan keuntungan usaha Anda sekarang! Jangan lupa untuk download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk kemudahan akses di smartphone Anda. Agar Anda lebih mudah untuk menghitung nominal pinjaman Anda, maka coba juga untuk simulasikan pinjaman di kalkulator pinjaman, hitung pinjaman dan angsuran dari properti Anda, serta kalkulator simulasi kredit dari Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant