User Research

User Research merupakan sebuah hal yang berguna untuk bisnis, apalagi bisnis online, karena dapat memberikan gambaran tentang dampak desain terhadap target pasar mereka. Di artikel ini, kami akan menjelaskan tentang user research, keuntungan dan kerugian, serta cara melakukan user research. Simak artikel ini, yuk!

Apa itu User Research?

User Research

User research atau riset pengguna merupakan sebuah kumpulan data yang terkait dengan segala hal tentang pelaku. Hal ini dapat berupa data tentang perilaku pelanggan, permintaan analisis pasar, dan juga motivasi pelanggan untuk membeli sebuah produk. Pada umumnya, hal ini dilakukan oleh User Experience (UX) untuk menemukan sebuah desain yang bagus untuk situs website atau aplikasi ponsel cerdas.

Beberapa cara yang sering dilakukan untuk melakukan penelitian ini adalah dengan melakukan sebuah survei, focus group dan juga wawancara untuk mencatat laba atas investasi (ROI).

Keuntungan User Research

Berikut adalah beberapa keuntungan yang anda bisa ambil dari User Research, dimana hasilnya dapat membantu untuk membaca beberapa pandangan yang dapat dipelajari dari hasil riset tersebut:

  • Membantu Membandingkan Data Kualitatif Dan Kuantitatif
    Dengan melakukan user research, penelitian ini memberi sebuah rencana untuk membantu anda untuk memutuskan bagaimana anda berencana untuk mengevaluasi data untuk memastikan peningkatan kinerja. 
  • Mengkonsolidasikan Waktu Untuk Membuat Desain
    Dengan melakukan user research, anda dapat menemukan desain yang sesuai dengan target pasar anda dan juga dapat langsung mengetahui apa yang harus diperbaiki dari desain website anda, dengan mengetahui umpan balik yang diberikan oleh pelanggan anda.
  • Membuat Proses Evaluasi Desain Menjadi Lebih Singkat
    Saat anda sedang melakukan evaluasi desain sebelumnya, anda dapat melakukan beberapa pertimbangan dengan menggunakan data kuantitas agar dapat melihat ROI yang tepat. Dengan data ini, user research dapat menjadi sebuah Key Performance Indicator yang menjelaskan apabila anda telah mencapai kesuksesan dalam desain atau harus mengulang desain anda kembali untuk disesuaikan dengan desain dan fungsionalitas.

Kekurangan User Research

User Research

Selain kelebihan, user research memiliki beberapa kekurangan mereka tersendiri. Berikut adalah beberapa kekurangan dari user research:

  • Memakan Waktu Yang Lama
    Melakukan analisis memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi ketika mengumpulkan data yang bersifat kualitatif.  Karena jumlah data yang banyak, anda memerlukan waktu yang banyak untuk merangkum semua data dan menjadi sebuah kesatuan untuk melihat hasil penelitian. 
  • Bisa Salah Jika Tidak Diolah Dengan Benar
    User research bisa saja memberikan sebuah informasi yang salah ketika anda melakukan pengolahan data yang salah.
  • Bisa Tidak Sesuai Kenyataan
    Apa yang dikatakan oleh orang-orang yang mengisi riset bisa saja berbeda dengan aslinya Jadi, mungkin saja hasil User research bisa berbeda beda.

Cara Melakukan User Research

User Research
  • Research

Hal-hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan desain adalah tentang kebutuhan user. Hal-hal yang anda harus fokuskan saat riset adalah point-point dari kompetitor, kemudian pakai studi kasus supaya dapat membentuk solusi yang cocok. 

  • Analisa

Rangkumlah data riset yang sudah terkumpulkan, kemudian lakukan sebuah analisa untuk mengeksplorasi perilaku user, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. 

  • Mulai Membangun UX Design

Mulailah membuat prototipe serta wireframe, yaitu model sederhana dan juga kerangka untuk halaman website atau aplikasi yang dibuat.

Baca juga: Mengenal Budaya Kerja Start Up, Seperti Apa?

  • UI Design

Buatlah sebuah desain aplikasi yang menarik dan mudah dipakai oleh pengguna, sehingga dapat membuat penggunanya ingin menggunakannya dengan sering.

  • Tahap Pengembangan

Serahkan semua informasi kepada tim developer ketika desain UX dan UI sudah selesai dibuat, untuk masuk ke dalam tahap pengembangan. 

  • Evaluasi

Pastinya saat sekiranya sudah selesai, melihat kembali hasil desain anda dan menerima umpan balik merupakan sebuah hal yang harus dilakukan. Dari umpan balik itu, lakukanlah sebuah evaluasi untuk perkembangan lebih lanjut. User research merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan untuk desain situs laman anda atau sebuah aplikasi. Dengan UI/UX yang mudah digunakan, Lancar by Danamas merupakan sebuah solusi untuk modal usaha anda dengan proses yang mudah, semudah dengan cara menggunakan aplikasi kami! Download aplikasi Lancar by Danamas, kini tersedia di Google Play dan App Store!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

20 Ide Jualan Bulan Puasa 2023 yang Selalu Ludes!

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim setiap tahunnya. Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah dan berlimpah pahala. Tidak hanya itu, banyak usaha yang juga mendapat rezeki tambahan dan berlimpah dari datangnya bulan suci ini. Pada bulan Ramadhan, pola konsumsi masyarakat Indonesia juga ikut berubah, contohnya adalah umat muslim yang mencari makanan dan minuman pembuka saat ngabuburit sambal menunggu waktu untuk berbuka puasa. 

Peluang bisnis ini bisa anda manfaatkan untuk menjual berbagai makanan, minuman dan takjil saat bulan ramadhan. Ada banyak pilihan ide jualan bulan puasa dari makanan, minuman, lauk pauk, dll yang bisa dijual di sekitar rumah Anda maupun secara online. Makanan dan minuman khas bulan puasa umumnya bernuansa manis, jadi jajanan pasar, kue-kue hingga buah pun dijamin laris saat bulan ramadhan. Maka, bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan berjualan, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha ini.

Di artikel ini, Anda bisa mendapatkan banyak ide jualan makanan bulan puasa 2022 yang sangat variatif, dari mulai makanan ringan, takjil atau makanan pembuka, hingga makanan matang lauk pauk yang juga cocok untuk dijual saat bulan ramadhan. Apa saja ide peluang usaha di bulan puasa? berikut ini beberapa bisnis yang bisa anda coba.

20 Ide Jualan Bulan Puasa 2023 (Makanan & Minuman)

Ide jualan bulan puasa 2022 ini bisa jadi inspirasi Anda untuk memilih makanan atau minuman mana yang paling cocok untuk dijual. Pastikan Anda bisa membuat makanan yang enak untuk dijadikan takjil yang dijual. Pelanggan akan selalu kembali ke toko Anda jika makanan atau minuman yang Anda jual itu memiliki rasa enak yang beda dari toko lainnya. 

1. Katering Makanan

Menjelang bulan Ramadhan maka anda akan menemukan berbagai macam catering makanan. Umumnya makanan ini disediakan untuk berbuka puasa maupun sahur. Catering makanan akan sangat berguna sekali terutama saat sahur di mana orang tidak perlu repot menyiapkan menu sahur setiap harinya. Ide jualan makanan bulan puasa 2022 dengan ide membuat catering makanan bisa jadi pilihan untuk beberapa pelanggan yang enggan untuk memasak sayur setiap hari. Menu yang ditawarkan dalam catering pun bisa berbagai macam seperti lauk pauk matang atau, lauk-pauk frozen sehingga orang akan lebih mudah saat menghangatkan di pagi hari hingga makanan-makanan sehat.

2. Buah-Buahan

Selain makanan yang bersantan dan gorengan saat bulan puasa beberapa orang juga mencari buah-buahan untuk dijadikan sebagai takjil bulan puasa. Buah-buahan juga sering dibeli orang saat bulan puasa untuk membuat takjil seperti es buah, sop buah, hingga puding buah. Justru pada saat bulan puasa inilah adalah momen yang paling tepat untuk  menjual  berbagai buah-buahan tropis yang banyak diburu orang saat bulan puasa.

3. Kue Kering

Kue kering umum dijual sebagai ide jualan bulan puasa saat mendekati idul fitri. beberapa konsumen lebih memilih membeli kue kering secara langsung atau offline dibandingkan online karena mereka bisa melihat secara langsung bentuk kue kering yang mereka inginkan. Selain itu Anda juga bisa memberikan tester kue kering kepada pelanggan sehingga mereka bisa mencicipi dan memutuskan kue kering mana yang ingin mereka beli. Anda bisa memvariasikan jualan kue kering saat bulan puasa seperti kue kastengel atau kue keju, kue sagu keju, kue nastar dan lain-lain. 

4. Ketupat

Saat menjelang Idul Fitri atau lebaran umumnya beberapa penjual juga menjajakan ketupat untuk persiapan lebaran. Ketupat juga bisa dinikmati saat berbuka puasa atau biasa disebut dengan ketupat sayur. Ketupat sayur ini bisa dinikmati dengan lauk pendampingnya seperti, tahu dan telur juga kerupuk. 

5. Kurma

Salah satu makanan yang paling banyak ditemui hanya saat bulan puasa adalah kurma. Anda akan mudah menemukan buah kurma dari mulai penjual pinggir jalan hingga supermarket. Saat bulan ramadhan adalah waktu yang tepat untuk anda menjual kurma dari berbagai jenis. Kurma dijadikan sebagai salah satu takjil favorit banyak orang karena selain sunnah Rasul kurma juga memiliki kandungan yang bagus untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. 

6. Jajanan Pasar

Jajanan pasar juga menjadi salah satu pilihan ide jualan makanan saat bulan puasa. Ada banyak sekali pilihan jajanan pasar yang bisa anda jual dari mulai Jajanan tradisional seperti kue basah, gorengan dan lain-lain. Banyak orang yang memilih jajanan pasar untuk dijadikan pilihan takjil saat berbuka puasa karena rasanya yang manis dan ukurannya yang kecil. Jajanan pasar juga sering menjadi pilihan untuk mereka yang ingin memberikan kue box untuk berbuka puasa. Ide jualan bulan puasa dengan jajanan pasar bisa dipilih dari jajanan pasar manis hingga asin.

7. Lauk-pauk

Ide jualan bulan puasa untuk makanan lainnya adalah dengan berjualan lauk pauk atau hidangan matang. Beberapa orang memilih untuk juga membeli lauk-pauk makanan matang karena mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk bisa masak berbuka puasa dan sahur di rumah. Lauk pauk makanan matang pun memiliki banyak pilihan yang bervariasi dari mulai ayam daging tahu tempe dan sayuran.

8. Gorengan

Gorengan adalah salah satu ide jualan bulan puasa yang paling laris diburu oleh banyak orang. Masyarakat Indonesia sangat suka sekali dengan gorengan, maka dari itu, ini adalah peluang yang sangat baik khusus bagi Anda yang ingin berjualan saat bulan puasa. Ada banyak sekali jenis gorengan yang bisa anda pilih untuk dijadikan ide jualan bulan puasa seperti tahu tempe bakwan risol pastel dan lain-lain. Hampir semua orang memilih gorengan untuk dijadikan takjil buka puasa mereka.

9. Martabak Manis Coklat Keju

Salah satu ide jualan makanan bulan puasa lainnya yang cukup populer adalah martabak manis coklat dan keju. Beberapa orang memilih untuk berbuka puasa dengan takjil yang manis seperti martabak yang memiliki topping coklat ataupun keju. Anda bisa menjajakan atau menjual martabak dengan ukuran yang mini sehingga cocok untuk dijadikan takjil saat bulan puasa.

10. Makanan Khas Timur Tengah

Saat bulan puasa adalah momen yang sangat tepat untuk anda menjual makanan khas timur tengah karena lebih unik dan jarang dijual di manapun. Ada berbagai makanan khas timur tengah yang bisa jadi ide jualan di bulan puasa seperti kebab, sambosa, nasi kebuli, roti maryam, nasi Biryani, baklava dan lain-lain. Berjualan makanan khas timur tengah di bulan puasa adalah peluang bisnis yang bagus bagi Anda yang ingin mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas lagi. 

11. Frozen Food

Ide jualan bulan puasa lainnya adalah frozen food. Ini adalah peluang yang sangat bagus bagi Anda yang menargetkan pangsa pasar mereka yang Ingin mencari makanan simpel untuk dijadikan stok selama bulan puasa. Ada berbagai macam frozen food yang bisa jadi pilihan seperti aneka sosis, aneka bakso,aneka dimsum, dan lain sebagainya. Jika anda berencana untuk menjual frozen food untuk ide jualan bulan puasa tahun ini maka pastikan makanan tersebut dalam keadaan yang baik walaupun tidak disimpan dalam freezer saat menjualnya.

12. Minuman Kekinian

Ide jualan minuman bulan puasa semakin banyak yaitu dengan menjual minuman kekinian. Minuman kekinian yang bisa dijual saat bulan Ramadan seperti Thai tea, minuman Boba, milkshake atau es kocok dan lain-lain. Tipikal dari minuman kekinian ini adalah banyaknya toping yang menjadi pilihan untuk dicampurkan ke dalam minuman dengan berbagai macam rasa .

13. Es Buah

Ide jualan minuman bulan puasa lainnya adalah es buah. Anda bisa menjual es buah yang dicampurkan dengan berbagai macam jenis buah-buahan tropis. Es buah ini bisa diolah menjadi sop buah juga yaitu dengan campuran susu untuk menambah kesegaran. Beberapa orang juga memilih es buah sebagai pilihan Takjil buka puasa karena lebih menyegarkan dan buah juga air dingin nya. Anda bisa variasikan rasanya dengan menggunakan rasa sirup yang berbeda di setiap menu minuman es buah ini.

14. Minuman Segar Dingin

Minuman segar dingin juga jadi pilihan untuk peluang ide jualan bulan puasa 2022. Saat orang mencari minuman segar untuk berbuka puasa maka umumnya mereka akan memilih minuman minuman dingin yang memiliki rasa bervariasi seperti es campur, es segar rasa sirup atau rasa buah-buahan,  es segar nata de coco dan es segar agar-agar.

15. Minuman Bersantan Tradisional (Es Pisang Ijo, Es Dawet / Cendol)

Masyarakat Indonesia sangat suka makanan dan minuman yang bersantan bahkan mereka memilih minuman bersantan tradisional sebagai takjil bulan puasa mereka. Ini adalah peluang bagi Anda yang Ingin berjualan minuman di bulan puasa. Ada berbagai minuman bersantan tradisional yang khas Indonesia seperti es dawet atau es cendol, es pisang ijo dan lain-lain. Anda bisa menjual minuman bersantan ini di wadah yang memudahkan orang untuk menyantapnya nya Walaupun sedang berada di perjalanan.

16. Bubur dan Kolak

Orang Indonesia juga sangat menyukai bubur khas tradisional sebagai takjil bulan puasa. Anda bisa berjualan bubur dan kolak saat bulan puasa dan pasti diburu oleh banyak orang karena hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan. Ada banyak sekali bubur tradisional yang bisa dijadikan ide jualan bulan puasa seperti bubur sumsum dan bubur biji salak. Selain itu Anda juga bisa berjualan kolak pisang ataupun kolak singkong yang Pasti laris dibeli oleh banyak orang saat bulan Ramadhan.

17. Dessert box

Ide jualan bulan puasa lainnya yang belakangan ini cukup banyak diminati oleh orang adalah dessert box. Dessert box adalah makanan penutup yang manis dikemas dalam wadah berbentuk kotak dengan rasa yang beraneka ragam seperti Red Velvet, Oreo maupun black forest. Jika anda memiliki kemampuan untuk membuat dessert maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjual dessert box sebagai pilihan ide jualan bulan puasa. Ada banyak sekali resep dessert box yang bisa anda coba dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar.

18. Asinan Sayur & Asinan Buah

Asinan sayur dan asinan buah juga menjadi salah satu pilihan beberapa orang yang ingin berjualan di bulan puasa dengan menawarkan makanan yang berbeda, daripada jenis makanan takjil lainnya. Nyatanya saat bulan puasa asinan sayur dan asinan buah juga diburu oleh beberapa orang karena rasanya yang cukup menyegarkan.

19. Roti dan Pastry

Roti dan pastry juga bisa menjadi pilihan ide jualan bulan puasa yang cukup menjanjikan dan kini banyak sekali penggemar roti dan pastry. Ada banyak aneka roti yang bisa Anda jadikan ide jualan bulan puasa seperti roti sobek, roti dengan berbagai isi, roti unyil, roti selai, dll. Selain roti, Anda juga bisa mencoba berjualan pastry seperti kue pie buah, pie keju, pie coklat, danish, dll.

20. Aneka Puding 

Pudding juga bisa jadi pilihan ide jualan bulan puasa yang banyak peminatnya. Puding yang lembut dan segar adalah takjil bulan puasa favorit banyak orang. Anda bisa berkreasi membuat aneka puding, seperti puding buah, puding oreo, puding regal, dll dengan fla nya. Cukup buat puding di wadah yang tidak terlalu besar dan siap untuk langsung dinikmati. 

3 Ide Jualan Online Bulan Puasa

Tidak hanya berjualan secara offline, saat bulan puasa, Anda juga bisa berjualan online dan tidak kalah ramai pembeli lho! Banyak orang mencari barang-barang berikut ini untuk mendukung ibadah mereka juga di bulan ramadhan. Berikut ide jualan online bulan puasa yang bisa Anda coba.

a. Menjual Perlengkapan Ibadah

Bulan puasa atau Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, banyak umat muslim berlomba-lomba menunaikan ibadah untuk mendapatkan limpahan rahmat di bulan puasa. Permintaan akan perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, tasbih dan sebagainya biasanya mengalami peningkatan di bulan puasa.

b. Menjual Pakaian Muslim

Bulan puasa atau Ramadhan akan diikuti dengan lebaran Idul Fitri sebagai penutupnya. Mendekati hari raya Idul Fitri, biasanya banyak umat muslim yang mencari pakaian muslim baru untuk menyambut hari raya tersebut. Oleh karena itu, bisnis baju muslim menjadi ide bisnis yang menarik untuk dicoba di bulan puasa, apabila anda merasa ini terlalu mahal, anda juga bisa menjadi reseller pakaian muslim sehingga modal yang anda perlukan juga tidak terlalu besar.

c. Jasa Membuat Parcel Ramadhan

Selain kue kering dan baju baru, mengirim parsel juga menjadi tradisi saat Ramadhan. Mendekati hari raya Idul Fitri, banyak masyarakat Indonesia yang mencari jasa membuat parcel untuk dikirimkan kepada kerabat, teman dan kolega bisnisnya. Anda bisa menyediakan beragam parcel mulai dari kue, makanan, minuman hingga pakaian yang di dekorasi secantik mungkin.

Tips Bisnis di Bulan Puasa agar Laris

Untuk bisa laku dibeli banyak pelanggan, maka berjualan membutuhkan strategi. Anda tidak bisa hanya sekedar berjualan, namun perlu melakukan persiapan dan beberapa hal yang bisa mendukung jualan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat memulai usaha atau berjualan di bulan puasa supaya semakin menambah keuntungan.

1.     Pilih Usaha yang Mudah

Meskipun banyak peluang bisnis yang bisa anda jalankan di bulan puasa, pilihlah usaha yang mudah dilakukan disesuaikan juga dengan kemampuan yang anda miliki. Jangan sampai anda salah pilih bisnis, yang akan membuat anda kerepotan dan mengurangi waktu anda bersama keluarga.

2.     Tentukan Target Pasar

Sebagai negara yang memiliki banyak umat muslim, terbilang cukup mudah untuk menemukan dan menentukan target pasar untuk menjalankan bisnis di bulan puasa di Indonesia. Tentunya target anda adalah umat muslim, lalu anda bisa mengerucutkan lagi target pasar anda sesuai dengan produk yang ingin anda jual. Misalkan anda ingin menjual baju muslim, anda bisa targetkan produk tersebut untuk dijual kepada wanita dewasa, pria dewasa atau anak-anak. Dengan target pasar yang spesifik, nantinya akan memudahkan anda dalam menemukan calon pembeli dan menerapkan strategi pemasaran.

3.     Pilih Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang strategis apabila anda ingin menjalankan bisnis makanan atau minuman. Anda bisa bergabung dengan penjual lainnya di tempat khusus untuk berbuka puasa atau ditempat yang sering dilalui oleh banyak orang ketika menjelang puasa. Biasanya pembeli akan banyak berdatangan ke lokasi

4.     Coba Bisnis Online

Selain berjualan secara offline, anda juga bisa menjajakan barang yang anda jual secara online melalui marketplace atau media sosial. Dengan berjualan secara online, anda bisa mempunya pembeli yang berasal dari luar kota dan memperoleh lebih banyak konsumen.

5.     Promosi Melalui Media Sosial

Jangan lupa promosikan usaha anda melalui media sosial untuk menambah pelanggan. Anda bisa melakukan promosi di media sosial dengan berbagai cara seperti memberikan diskon di waktu tertentu, produk gratis sebagai hadiah kuis atau bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan usaha anda.

6.     Siapkan Modal

Yang paling penting adalah siapkan modal usaha yang cukup. Anda bisa memulai dari usaha dengan modal yang kecil dan jangan lupa untuk merinci semua kebutuhan agar estimasi modal yang dibutuhkan dapat diketahui dengan jelas dan tepat.

Berani Memulai Bisnis dengan Modal Aman!

Itu dia ide bisnis dan tips untuk menjalankan sebuah usaha di bulan puasa. Apabila anda hanya ingin berjualan di bulan puasa saja, anda bisa memilih ide bisnis yang mudah dan murah. Namun, apabila bisnis yang anda jalankan di bulan puasa memiliki banyak pelanggan, tidak ada salahnya bagi anda untuk meneruskan dan mengembangkan bisnis tersebut. 

Apabila anda membutuhkan modal tambahan, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah satunya adalah Danamas, fintech yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pinjaman umkm online terpercaya ini bisa memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses. 

Semakin mempermudah, Anda bisa simulasikan cicilan di kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk lihat nilai aset properti yang Anda jadikan agunan. Pengajuan bisa anda lakukan melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang kini bisa di download di smartphone Anda. Download aplikasinya di Play Store atau Apple Store sekarang!

customer-review

Customer Review: Pengaruh, Cara Mendapatkan & Pentingnya Untuk Bisnis

Perkembangan teknologi yang di era sekarang ini, membuat kegiatan review menjadi semakin lumrah untuk dilakukan. Saat ini, siapa saja bisa dengan mudah melakukan review dan kemudian dibagikan melalui sosial media. Anda bisa menemukan banyak review atau ulasan terkait sebuah produk atau jasa di internet, review ini sangat penting bagi pemilik bisnis karena bisa dijadikan masukan untuk pengembangan bisnis.

Pentingnya customer review ini harus menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis untuk memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Mungkin Anda belum menyadari bahwa customer review sangat penting untuk membangun kepercayaan dan perhatian bagi calon konsumen. Namun, pada prakteknya, cukup sulit untuk bisa mendapatkan review customer yang sudah membeli produk. Meminta review customer bisa jadi strategi bisnis untuk lebih berkembang dan meningkatkan penjualan.

Di artikel ini akan membahas tentang customer review dari pengertiannya hingga manfaatnya bagi keberlangsungan bisnis. Anda juga bisa mengetahui berbagai jenis review, tujuan review dan cara meminta review customer agar produk Anda bisa mendapatkan feedback. Namun, perlu diingat saat Anda meminta review artinya Anda juga harus siap untuk menerima atau mendengarkan berbagai kritik dan saran, positif maupun negatif. Berikut ulasan lengkap tentang customer review bagi bisnis Anda. 

Pengertian Review

Review atau ulasan adalah sebuah ringkasan, ulasan dari berbagai macam sumber seperti film, buku atau berita. Ulasan ini akan memberikan informasi seputar kekuatan, kelemahan serta kualitas dari sebuah jasa atau produk.

Secara sederhana, review produk adalah testimoni dari pelanggan mengenai kualitas dari sebuah produk atau jasa yang disampaikan berdasarkan fakta dan pengalaman langsung saat menggunakan suatu produk atau jasa tersebut. Dari review yang dilakukan oleh pelanggan ini, nantinya bisa dijadikan masukan bagi produsen untuk mengembangkan produknya supaya menjadi lebih baik.

Apa itu Customer Review

Customer review adalah sebuah komentar atau feedback dari seseorang yang membeli sebuah produk atau jasa dari sebuah bisnis.Jika seseorang pernah memberi ulasan setelah belanja secara online, maka hal itu disebut dengan customer review. Menurut Broadly, 93% pelanggan melihat review yang mereka dapatkan pada sebuah bisnis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa. Hal ini serupa dengan Anda saat melihat toko dengan review yang bagus, pasti tertarik untuk berbelanja di toko tersebut. Maka dari itu, bisnis yang memiliki sejumlah review positif akan mudah diterima di masyarakat dan mampu meningkatkan penjualan.

Cara Meminta Review Customer

Mendapatkan customer review memang cukup menantang dan membutuhkan strategi yang tepat. Cara meminta review customer ini bisa dilakukan dengan berbagai trik agar Anda mendapatkan feedback. Anda bisa sesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan untuk bisa menarik konsumen untuk mau memberikan review-nya, berikut caranya.

a. Lakukan Survey

Untuk melakukan survey, Anda bisa membuat daftar pertanyaan yang cukup potensial untuk memicu pelanggan memberikan umpan balik. Hal itu dikarenakan tidak boleh memberikan pertanyaan yang asal kepada customer. Cara ini cukup banyak dipakai pebisnis dan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Maka, Anda pun harus bisa membuat serangkaian daftar pertanyaan yang membuat pelanggan mau memberikan penilaian. Sebaiknya, lakukan survey secara rutin dan lakukan sesuai dengan produk atau jasa yang dibuat.

b. Tanya Ke Customer Secara Langsung

Tidak semua customer memberikan feedback nya secara langsung saat membeli produk atau jasa. Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada konsumen tentang kualitas produk yang dijual. Anda bisa mengarahkan konsumen untuk memberikan penilaian pada kolom atau tempat yang sudah disediakan, namun hindari memaksa. Anda bisa menggunakan list pertanyaan pada survei sebelumnya.

c. Berikan Penghargaan Kepada Customer

Cara meminta review customer selanjutnya adalah dengan memberikan sebuah reward jika mereka bersedia memberikan feedback atau review. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pebisnis kepada customernya, sehingga mereka pun akan lebih senang dan rajin untuk mengisi kolom komen. Reward yang bisa diberikan seperti diskon ongkir atau potongan harga pada produk tertentu.

d. Jaga Hubungan Baik dengan Customer

Hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara meminta review customer adalah dengan menjaga hubungan baik dengan customer. Anda bisa memperlakukan customer sebaik mungkin terutama saat berkomunikasi. Jangan ragu untuk mendengar keinginan mereka, keluhan, kritik dan saran. Walaupun hal ini cukup menantang untuk mampu mendengar kritik dan saran, namun ini bisa jadi feedback positif untuk produk Anda.

e. Buat Angket bagi Pelanggan

Jika selama ini sebelumnya Anda tidak membuat angket, lalu membagikan kepada customer, maka coba dengan trik ini. Anda bisa memberikan pertanyaan kepada customer dan meminta mereka untuk mengisi angket yang sudah disiapkan. Anda juga bisa memberikan angket untuk mereka tulis pendapat tentang produk yang disukai dan tidak disukai. 

f. Buat Google My Business

Cara meminta review customer selanjutnya adalah dengan membuat Google My Business. Anda bisa memanfaatkan layanan gratis ini untuk customer memberikan feedback mereka. Perlu diketahui, bahwa Google sering memberikan saran beberapa tempat kepada partnernya. Hal ini dilakukan Google untuk membantu memberikan penilaian terhadap suatu tempat atau toko yang mereka lewati atau kunjungi.Google business bisa dipakai mendatangkan customer karena bisa muncul di halaman pencarian.

g. Manfaatkan Media Sosial

Anda perlu memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan customer review. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan informasi tentang media sosial yang digunakan untuk berjualan online. Media sosial bisa jadi sarana media komunikasi kepada customer dan Anda juga bisa mengarahkan mereka untuk mengikuti akun media sosial dan tanya pendapat pada produk yang dijual.

h. Grup Berisi Customer

Anda bisa mendapatkan manfaat dari sebuah grup member dimana grup tersebut wadah untuk mendapatkan customer review selain informasi produk. Orang yang bergabung kedalam grup tersebut adalah customer potensial dan royal.

i. Membuat Saluran Khusus (Email / Kotak Komentar)

Saluran khusus ini bisa dijadikan tempat mendapatkan testimoni atau saran customer review. Saluran khusus tersebut bisa lewat email untuk kritik dan saran. Customer review sangat penting untuk produk yang dijual memiliki nilai baik di mata calon pembeli. Selain itu, customer review ini bisa digunakan sebagai inovasi produk agar memiliki kualitas baik dari sebelumnya.

Pentingnya Customer Review dalam Bisnis

Customer review adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh disepelekan dalam sebuah bisnis, karena banyak calon pelanggan yang akan membaca ulasan produk sebagai pertimbangan sebelum mereka melakukan pembelian. Berikut ini mengapa customer review penting dalam sebuah bisnis.

1.     Membangun Loyalitas Konsumen

Customer review bisa membangun loyalitas konsumen terhadap produk yang anda buat. Selain dengan memberikan diskon atau promo, anda bisa membangun loyalitas konsumen dengan melalui ulasan produk. Anda bisa secara rutin memberikan respon terhadap setiap ulasan yang diberikan konsumen baik ulasan positif maupun negatif. Dengan memberikan respon maka konsumen akan merasa dihargai dan semakin percaya dan loyal dengan produk anda.

2.     Tolak Ukur Kepuasan Konsumen

Dapat mengukur kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis, karena hal ini bisa membantu anda melihat apakah produk atau jasa yang anda sediakan sudah memenuhi atau melebihi ekspektasi pelanggan. Dengan ulasan-ulasan yang diberikan oleh konsumen terkait dengan produk yang anda buat, hal ini bisa membantu anda dalam mengukur kepuasan konsumen.

3.     Menumbuhkan Tingkat Kepercayaan Calon Konsumen

Kepercayaan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis, dengan banyaknya ulasan dan review  positif mengenai produk atau jasa yang anda berikan, maka hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa yakin calon pelanggan terhadap bisnis anda.

4.     Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Ulasan atau review dari pelanggan biasanya berisi pengalaman yang mereka rasakan ketika menggunakan sebuah produk, baik pengalaman positif maupun negatif. Dari ulasan tersebut, anda bisa mengetahui apa yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan dari produk atau layanan yang anda berikan ke masyarakat.

5.     Sarana Pemasaran

Pelanggan yang puas terhadap sebuah produk atau jasa, tidak segan-segan untuk menuliskan atau menceritakan pengalamannya di media sosial, forum, group, website dan halaman toko online anda. Hal ini bisa anda jadikan iklan gratis untuk mempromosikan bisnis anda. 

Tujuan Review

Sebuah review memiliki tujuan positif bagi bisnis. Untuk itu, saat Anda membangun bisnis, jangan lupa untuk meminta review dari customer agar produk yang dijual semakin baik kualitasnya, begitupun Anda mampu memuaskan konsumen. Berikut ini adalah beberapa alasan dan tujuan seseorang memberikan ulasan terhadap sebuah produk atau jasa.

1.     Memperkenalkan Merek

Pada umumnya, ketika meluncurkan sebuah produk, perusahaan akan melibatkan key opinion leader (KOL), influencer, youtuber, atau blogger untuk memberikan review terkait produk mereka. Banyak perusahaan meyakini bahwa ini cara yang paling efektif dan objektif untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk yang mereka buat.

2.     Memberikan Informasi

Penulisan sebuah review juga bertujuan untuk memberikan informasi atau gambaran mengenai merek, fungsi produk dan juga manfaat dari sebuah produk. Biasanya informasi ini akan dikemas secara singkat dan detail supaya bisa tersampaikan ke masyarakat dengan baik.

3.     Persuasi

Sebuah ulasan, secara langsung atau tidak langsung akan dapat memberikan dorongan kepada konsumen untuk melakukan pembelian. Ulasan yang positif akan menambah rasa yakin konsumen terhadap sebuah produk. Tidak semua ulasan didasari oleh motif promosi, banyak konsumen yang sukarela memberikan ulasan terhadap sebuah produk karena ingin membagikan informasi dan pengalaman positif yang ia rasakan terkait produk tersebut kepada orang lain.

Jenis-Jenis Review

Review memiliki beberapa jenis yang ternyata dalam penulisannya juga berkaitan dengan dengan subjek yang ingin di review. Bagi pebisnis, mengetahui jenis review bisa membantu Anda mencari strategi yang pas untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Sebagai customer, Anda bisa menyampaikan review dengan sesuai produk atau jasa yang Anda beli. Berikut jenis jenis review:

1.     Review Text

Review text adalah sebuah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan atau mengulas sebuah karya supaya pembaca bisa mengetahui kualitas, keunggulan serta kelemahan dari karya tersebut.

2.     Review Jurnal

Review jurnal merupakan sebuah strategi untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan mengerti inti dari penelitian yang sudah dilakukan, sehingga pembaca bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang ia perlukan.

3.     Review Gadget

Review gadget adalah ulasan mengenai sebuat gadget atau gawai. Di era sekarang ini, hampir semua orang menggunakan gadget untuk mendukung kegiatan sehari-harinya. Dengan adanya review gadget, hal ini akan memudahkan pengguna supaya tidak kesulitan dalam memiliki gadget yang bisa digunakan di kesehariannya.

4.     Review Buku

Buku merupakan jendela ilmu atau jendela dunia. Dengan adanya review buku, hal ini akan memudahkan pembaca untuk mencari atau mendapatkan bacaan/buku yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

5.     Review Elektronik

Sama seperti gadget dan buku, dalam kesehariannya manusia tidak lepas dari barang elektronik seperti TV, AC, dan lain-lain. Review elektronik sangat diperlukan oleh calon pengguna, supaya ia bisa mempunyai informasi dan referensi seputar alat elektronik yang ingin dibeli.

6.     Review Makanan

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang sangat beragam, hal ini membuat review makanan tidak akan pernah berhenti. Review makanan berguna bagi calon pembeli makanan untuk mengetahui rasa, isi, serta harga dari suatu makanan.

7.     Review Aplikasi

Dengan banyaknya gadget di masyarakat, maka semakin banyak pula aplikasi yang tersedia di dalamnya. Aplikasi ini tentunya akan mendukung aktivitas sehari-hari dari pengguna sebuah gadget. Review aplikasi ini berguna untuk menjadi bahan pertimbangan apakah aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik serta berguna bagi mereka sebelum mereka menginstall sebuah aplikasi di gadget yang mereka miliki.

8.     Review Film

Penggemar film di Indonesia juga cukup banyak, adanya review film bisa memberikan informasi seputar pemain, rangkuman cerita, dan lokasi dimana film itu dibuat yang bisa dipertimbangkan oleh penonton sebelum menonton sebuah film.

9.     Review Pakaian

Saat ini semakin banyak jenis dan model pakaian yang ada di pasar, hal ini terkadang menimbulkan kebingungan bagi masyarakat untuk memilih pakaian. Review pakaian akan sangat membantu calon pembeli untuk memiliki jenis pakaian atau style pakaian yang cocok dengan kepribadian dan gaya masing-masing.

Cara Melakukan Review

Cara melakukan review ternyata tidak bisa sembarangan. Sebagai pebisnis, Anda bisa memberikan panduan kepada customer untuk bisa memberikan customer secara lebih tepat. Gunakan cara melakukan review ini sebagai panduan membuat survey seperti kelebihan dan kekurangan, dll. Dari sisi konsumen, Anda juga bisa memberikan review yang tepat sehingga tidak hanya berguna bagi penjual tapi juga pembeli lain, apakah barang atau jasa ini cukup sepadan untuk dibeli. Berikut ini adalah tips untuk melakukan review produk supaya terlihat lebih menarik.

1.     Deskripsikan Produk dengan Lengkap

Anda bisa memulai review produk dengan memberitahukan first impression atau kesan pertama terhadap produk yang anda gunakan, sampaikan bagaimana packagingnya, kualitas packaging dan lain-lain. Kemudian anda bisa lanjutkan dengan mendeskripsikan lebih mendalam, sehingga pembaca bisa membayangkan dan merasakan produk yang anda review.

2.     Tambahkan Gambar Penunjang

Anda juga bisa tambahkan gambar penunjang, sehingga pembaca bisa lebih mudah untuk membayangkan sebelum mereka membeli dan menggunakan suatu produk.

3.     Sampaikan Kelebihan dan Kekurangan Produk

Ketika melakukan review, sampaikan ulasan berdasarkan pengalaman yang anda rasakan saat mencoba produk tersebut. Jelaskan kelebihan dari produk tersebut, dan sampaikan juga kekurangannya apabila anda temukan kekurangan dari produk tersebut, supaya menjadi pertimbangan baik untuk calon pembeli dan produsen.

4.     Berikan Bukti

Berikan bukti nyata saat menggunakan sebuah produk, sehingga konsumen dapat melihatnya dan tidak akan mempertanyakan pernyataan atau review yang anda buat. Dengan adanya bukti, maka bisa lebih meyakinkan konsumen untuk mencoba sebuah produk.

5.     Call to Action (CTA)

Dalam melakukan ulasan, jangan lupa untuk memasukan unsur Call to Action atau CTA yaitu sebuah kalimat ajakan yang mengajak para pembaca untuk ikut serta mencoba dan membeli produk yang diulas.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa review atau ulasan adalah testimoni dari pelanggan mengenai sebuah produk atau jasa yang disampaikan berdasarkan fakta dan pengalaman langsung saat menggunakan suatu produk atau jasa tersebut. Review dari pelanggan ini penting karena dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat dan juga mempengaruhi penjualan dari sebuah produk, karena semakin positif review dari sebuah produk maka semakin besar pula kemungkinan produk tersebut untuk dibeli oleh banyak orang. Kemudian dengan adanya review produk maka anda sebagai pengusaha bisa melihat hal apa yang bisa ditingkatkan dan dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Modal untuk Rencanakan Mimpi Bisnis Lebih Nyata!

Apabila anda membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan sebuah bisnis, saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah solusi bagi pendanaan usaha Anda adalah Danamas, platform pinjaman agunan properti yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. 

Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan tenor panjang hingga 10 tahun. Bisa dibayangkan bagaimana bisnis Anda mampu berkembang secara signifikan dengan modal usaha yang besar ini. Anda juga bisa simulasikan kisaran pinjaman online OJK bunga rendah 2021 di kalkulator simulasi kredit dan juga kalkulator pinjaman untuk melihat nilai properti yang Anda agunan dengan besaran pinjaman yang bisa Anda dapatkan. Untuk semakin memudahkan Anda dalam proses pengajuan, maka ajukan lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang bisa didownload di smartphone Anda, tersedia di Apple Store dan Play Store.

Apa-yang-dimaksud-dengan-UKM

Apa yang Dimaksud dengan UKM & 20 Ide Bisnis UMKM Terbaru!

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan, salah satunya adalah dengan membangun sebuah bisnis. Belakangan ini istilah UKM sering kali terdengar dan menjadi salah satu solusi bagi orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Bahkan UKM banyak menjadi pilihan bagi seorang pemula. Namun, apa yang dimaksud dengan UKM? UKM kepanjangan dari usaha kecil dan menengah.

Terlebih lagi saat pandemi di mana banyak orang yang harus menambahkan penghasilan atau sedang tidak lagi mendapatkan penghasilan tetap, seperti PHK, sehingga mereka harus mencari nafkah lewat bisnis UKM. Walaupun istilah UKM sudah sangat terkenal, tapi ternyata ada orang yang belum tau apa yang dimaksud dengan UKM. Padahal UKM ini bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Siapa pun bisa mencoba bisnis UKM dan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar juga bisa didapatkan siapapun. Sebelum tahu strategi menjalankan bisnis UKM, ketahui juga apa yang dimaksud dengan UKM, apa jenis-jenisnya, apa UKM dan UMKM sama? bagaimana cara memulai dan mengembangkannya? dan hal-hal yang berkaitan dengan upaya lainnya berikut ini:

Apa Itu UKM?

Apa yang dimaksud dengan UKM? UKM adalah jenis bisnis yang dijalankan dalam skala kecil hingga menengah. UKM bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan melainkan perusahaan yang berdiri sendiri pada skala kecil. 

Jenis UKM di Indonesia

Ternyata ada beberapa jenis UKM yang ada di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2008, UKM atau usaha kecil menengah dibagi menjadi tiga kelompok yaitu usaha mikro usaha kecil dan usaha menengah.

a. Usaha Mikro

Usaha mikro adalah usaha yang dimiliki oleh perorangan dan badan usaha milik perorangan. Usaha mikro memiliki aset maksimal Rp 50 juta yang tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Omset pada usaha mikro maksimal 300 juta per tahun.

b. Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha yang berdiri sendiri bukan merupakan anak usaha cabang atau usaha menengah hingga besar. Usaha kecil memiliki aset dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta yang di luar tanah dan bangunan. Hasil penjualan pada usaha kecil biasanya mencapai Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar per tahun. 

c. Usaha Menengah

Usaha menengah dimiliki oleh perorangan atau badan usaha milik pribadi yang bukan cabang atau anak usaha perusahaan lain. Jumlah aset yang dimiliki usaha menengah adalah Rp 500 juta. Sedangkan untuk omzet atau penjualan yang didapat sebesar Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar per tahun.

Peran UKM di Indonesia

UKM adalah salah satu jenis usaha yang memiliki kontribusi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. UKM juga berperan untuk memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Peran UKM tersebut hanya bisa dirasakan oleh negara berkembang tetapi juga negara maju. 

UKM mampu menyerap banyak tenaga kerja lebih banyak dibandingkan bisnis besar. Selain itu, UKM dalam PDB (produk domestik bruto) juga memiliki peran yang cukup besar dibandingkan dengan usaha skala besar.

Perbedaan UKM dan UMKM

Apa UKM dan UMKM sama? Apa yang dimaksud dengan UKM? Ternyata masih banyak orang yang mengira kalau keduanya adalah hal yang sama. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada rincian perbedaan antara UKM dan UMKM. Simak yuk!

AspekUKMUMKM
KomoditiSudah memiliki produk utama ada produk yang lebih variatif.Produk dapat berubah sewaktu-waktu
Tempat usahamenetap di satu tempat memiliki beberapa tempat usahaBelum memiliki tempat usaha yang tetap
Administrasi keuanganmemiliki manajemen finansial yang baik dan teratur rutin melakukan auditPengelolaan finansial masih sederhana belum memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha
Pekerjamemiliki SDM yang lebih berpengalaman & kompetenPemilik usaha biasanya turun langsung ke lapangan
Izin usahasudah terdaftar dan memiliki legalitas (NPWP, izin usaha, hak cipta)Belum memiliki izin usaha

7 Contoh UKM di Indonesia

UKM di Indonesia makin berkembang dan hal ini tentu berdampak positif karena bisa meningkatkan perekonomian. Apa saja contoh UKM di Indonesia? Berikut ini ada 7 contoh UKM di Indonesia, mulai dari kuliner, fashion, agribisnis, pendidikan dan pelatihan sampai jasa kebersihan. Intip yuk rinciannya!

1. UKM Kuliner

Jenis kuliner adalah salah satu UKM yang paling banyak ditemui di Indonesia. Jenis bisnis ini hampir dibutuhkan oleh semua orang karena pasti semua orang membutuhkan makan. Untuk itu, bisnis kuliner adalah peluang yang sangat baik dan bisa dikembangkan menjadi lebih sukses. 

Untuk bisa memulai bisnis kuliner Anda membutuhkan modal yang variatif tergantung jenis makanan yang ingin anda promosikan. Kunci untuk mengembangkan usaha kuliner adalah pada rasa layanan harga dan strategi pemasaran. 

2. UKM Fashion

Makanan bahan makanan fashion juga salah satu bisnis UKM yang kini banyak ditemui pada anak muda. Ini menghasilkan profit yang cukup berlipat ganda terutama pada hari-hari besar seperti lebaran dan Natal. terus berkembang bisa menjadi peluang yang baik bagi anda untuk melakukan inovasi pada bisnis fashion.

3. Agribisnis

Agribisnis meliputi sayur, telur, hingga daging. UKM agribisnis merambat pada bidang pertanian dan peternakan yang umumnya didominasi oleh pebisnis di desa. Contoh UKM di bidang agribisnis seperti ternak sapi, ayam petelur, budidaya tanaman, bibit tanaman, dan lain-lain.

4. Pendidikan Dan Pelatihan

Pada bidang pendidikan juga bisa dijadikan bisnis yang cukup menguntungkan seperti mengadakan kursus atau pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawan kantoran atau pelajar. Untuk memulai usaha di bidang pendidikan, maka anda harus memiliki kemampuan dasar yang bisa anda jadikan bisnis.

Baca juga; Daftar Bisnis rumahan yang Populer di Tahun Ini

5. UKM Produk Kreatif

Produk kreatif adalah kerajinan tangan yang nilainya bisa sangat tinggi karena memiliki keunggulan dan keunikan. Produk kerajinan tangan juga cukup variatif seperti pada produk fashion aksesoris kecantikan produk dapur dan ornamen rumah tangga.

6. Teknologi dan Internet

KM di bidang teknologi dan internet juga sangat berkembang pesat belakangan ini. Bisnis ini juga dibutuhkan oleh masyarakat karena kebutuhan komunikasi yang yang mereka lakukan sehari-hari. Contoh dari UKM teknologi dan internet adalah pengembangan aplikasi smartphone.

7. Usaha Jasa Kebersihan

Salah satu UKM yang juga cukup populer belakangan ini adalah usaha jasa kebersihan seperti usaha laundry, Jasa membersihkan rumah, jasa desinfektan, jasa sedot debu, dan lain-lain. Bagi mereka yang memiliki kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk mengurus rumah.

Cara Memulai Bisnis UKM

Sering mendengar bisnis gulung tikar di tahun pertama dirintis? Hal itu bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan dan langkah yang salah ketika ingin mengembangkannya. Berikut adalah tips untuk memulai bisnis bagi pemula agar bisa cepat berkembang, yaitu:

a. Lakukan Riset

Sebelum memulai usaha, pastikan anda melakukan riset pasar dan tau target pasar. Memahami apa yang konsumen inginkan akan memudahkan anda untuk menjual produk. Bersamaan dengan itu, anda juga bisa survey dan observasi lokasi yang memiliki potensi memberikan untung besar. Hal tersebut bisa dimulai dengan menentukan dan meneliti target pasar seperti apa yang anda tuju.

b. Persiapkan Mental

Ketika anda siap untuk berbisnis, jangan hanya memikirkan keuntungannya saja, tapi siapkan mental juga untuk segala kemungkinan buruk dan tantangan yang harus dilewati. Pebisnis besar pasti memiliki mental kuat, berani dan tahan banting dalam proses mengembangkan usahanya.

c. Bangun Relasi

Saat mulai mendirikan bisnis, tidak hanya anda dan konsumen yang terlibat tapi ada banyak pihak yang juga turut andil. Jadi bangunlah relasi seluas-luasnya seperti dengan pelaku bisnis lain yang bisa diajak kerja sama atau vendor-vendor terpercaya.

d. Siapkan Modal

Modal merupakan salah satu pondasi utama dalam berbisnis. Banyak orang yang mengira untuk bisa memulai bisnis, modal yang dimiliki harus banyak. Padahal tidak begitu. Modal usaha bisa menyesuaikan dan kelola seefektif mungkin dengan riset dan survey yang sudah dilakukan sebelumnya.

e. Tentukan Lokasi

Memilih lokasi untuk membuka usaha sangat penting dilakukan. Carilah yang strategis, yang bisa menghasilkan mobilitas dan kegiatan penjualan tinggi. Di era digital seperti sekarang, “lokasi” tidak selalu berarti tempat. Pertimbangkan penggunaan platform digital sebagai “lokasi” bisnis, bila memang sesuai dengan produk yang ditawarkan. 

11 Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar

Semua orang pasti ingin bisnisnya berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan. Walaupun dimulai dari bisnis kecil, bukan berarti bisnis anda tidak bisa menjadi besar. Nah, jika anda ingin bisnis yang anda jalankan cepat mengular. Berikut ada 11 cara yang bisa anda coba:

1. Pilih Jenis Usaha Bermodal Kecil Yang Cocok

Langkah yang pertama adalah tentukan usaha yang cocok dan pas untuk anda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan hal yang anda sukai atau dari hobi. Jadi, ketika menjalaninya dan ada rintangan yang harus dilalui, anda tidak akan terbebani atau merasa berat. Jika anda hobi traveling, anda bisa membuka usaha travel, fotografer, tour guide dan lainnya.

2. Riset Pasar

Dengan melakukan riset pasar, anda jadi tau apa yang dibutuhkan konsumen. Nah disitulah anda akan hadir, sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi. Tak hanya itu saja, dengan riset pasar anda juga jadi tau siapa saja kompetitor anda. Dari kompetitor, anda bisa belajar menganalisa keunggulan bisnis anda dibandingkan kompetitor atau sebaliknya.

3. Alokasikan Modal Dengan Tepat

Ada dua cara untuk mengalokasikan modal. Pertama yaitu capital expenses, dimana modal dipakai untuk membeli bahan baku, alat-alat dan perlengkapan bisnis. Contoh bila anda membuka usaha laundry maka pembelian mesin cuci, mesin pengering, sabun cuci, pengharum termasuk pengeluaran ini.

Kedua adalah operational expenses yaitu pengeluaran operasional seperti sewa gedung, bayar listrik, gaji karyawan dan lainnya. Dengan mengalokasikan modal secara tepat, maka modal kecil bisa dipakai seefektif dan seefisien mungkin.

4. Pilih Lokasi Tepat

Pemilihan lokasi sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis. Memilih tempat yang ramai dan tepat bisa membuat usaha lebih cepat berkembang. Bagi anda yang baru memulai bisnis, jangan ragu untuk menggunakan lahan yang ada. Seperti teras atau garasi rumah. Bahkan perusahaan besar Apple, Google, Microsoft, Amazon dan lainnya bermula dari garasi rumah sebelum besar seperti sekarang.

5. Manfaatkan Peralatan Yang Ada

Ketika ingin merilis bisnis, tidak selamanya harus menggunakan peralatan baru dan canggih. Tapi anda bisa memanfaatkan alat yang sudah dimiliki untuk meminimalisir pengeluaran. Namun, jika nanti bisnis sudah besar dan alat yang ada sudah tidak memungkinkan untuk dipakai, anda bisa membeli alat yang baru dan canggih.

6. Manfaatkan Sosial Media

Kecanggihan sosial media bisa anda manfaatkan untuk berpromosi gratis dan menjangkau berbagai kalangan sampai ke luar pulau atau bahkan luar negeri. Anda bisa memposting gambar menarik dan berikan promo, maka akan banyak pelanggan yang membeli. Pemasaran menggunakan sosial media memang sangat menguntungkan, karena gratis tapi efeknya cepat. Hal ini akan membantu untuk mengembangkan bisnis, walaupun memiliki modal yang kecil.

7. Bijak Pakai Modal

Bijaklah menggunakan modal, hindari membeli barang yang belum diperlukan. Karena modal yang dimiliki terbatas, jadi pakailah dengan baik. Jangan sampai modal sudah habis untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan atau tidak penting. Buatlah rencana belanja dengan rinci dan lengkap, jadi hanya membeli yang memang ada di list itu saja.

8. Libatkan Orang Terdekat

Anda bisa melibatkan orang terdekat seperti suami, kakak, adik, saudara atau sahabat. Nanti setelah bisnis sudah mulai berkembang dan besar, barulah mulai rekrut pegawai dari luar untuk membantu jalannya bisnis.

9. Manajemen Waktu

Sebagai seorang pebisnis, anda dituntut untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu dengan tepat, efektif dan tetap menguntungkan. Anda bisa membuat timeline selama 1 bulan ke depan apa saja yang harus dilakukan. Jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Hal yang perlu diingat adalah ketika menunda pekerjaan, maka modal akan terus terpakai tanpa ada hasil signifikan dan dengan begini anda akan kalah dari kompetitor yang sedang membangun bisnisnya.

10. Inovasi Produk

Kebanyakan konsumen mudah bosan dan memilih produk dengan inovasi baru. Saat konsumen bosan, maka ia akan pindah ke tempat lain yang dirasa lebih menarik. Contohnya adalah warung bakso, sekarang ini banyak sekali variasi bakso yang bisa ditemukan. Bahkan ada bakso beranak, bakso lobster, bakso bakar, bakso balungan dan lainnya. Hal tersebut membuat konsumen penasaran dan ingin mencicipinya. Karena itulah lakukan inovasi untuk memanjakan konsumen, sehingga usaha anda bisa bertahan dan terus berkembang.

11. Bahan Baku Murah Berkualitas

Lakukanlah survey untuk menemukan supplier bahan baku yang bisa memberikan harga murah tapi berkualitas bagus. Anda bisa mencari di internet atau bertanya pada pebisnis lain. Jangan ragu untuk bernegosiasi demi mendapatkan harga miring.

20 Ide Bisnis UKM Tahun 2022

Sebelum memulai suatu bisnis, anda harus survey dahulu untuk menentukan target pasar. Pastikan usaha anda ini akan membantu para konsumen untuk menyelesaikan masalahnya. Selain itu anda harus memiliki kemampuan agar bisnis produk atau jasa bisa terus berkembang. Berikut ada 20 ide bisnis yang bisa dijadikan pilihan:

a. Bisnis F&B

Bisnis FnB mulai dari makanan sampai minuman memang memiliki peluang tinggi. Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang stabil dan maju bahkan di kala pandemi sekalipun. Hal ini tentu saja didukung oleh kemampuan adaptasi para pengusaha  agar bisnisnya bisa tetap eksis.

  1. Coffee Shop

Saat ini keberadaan Coffee shop sangat menjamur. Kita bisa sangat mudah menemukannya. Anda harus memilih lokasi yang strategis, misalnya dekat perkantoran, kampus atau dekat fasilitas umum. Pastikan tempatnya enak untuk nongkrong, bisa disesuaikan dengan desain interior, menu dan lagu yang diputar. Karena selain nongkrong, biasanya banyak orang yang bekerja di sana. Sehingga butuh tempat yang nyaman. 

  1. Catering

Anda bisa memilih ingin usaha katering makanan sehat, makanan prasmanan untuk acara besar, makanan untuk diet dan lainnya. Jika baru memulainya, anda bisa mengajak anggota keluarga untuk membantu atau hanya menerima orderan dalam jumlah yang sedikit, misalnya untuk pengajian, arisan, makan siang di sekolah atau daycare.

  1. Frozen Food

Frozen food makin diminati masyarakat. Karena sangat praktis dan bisa dikonsumsi kapanpun. Karena tingginya permintaan, tentu profit yang diberikan juga tinggi. Saat ini frozen food sudah sangat bervariasi, tidak hanya nuget ayam, kaki naga, dan baso. Tapi ada juga tempura, siomay, pempek, risol, fish stick, mix vegetable, ayam bumbu kuning, ayam sambal rica, ayam kalasan dan lainnya.

  1. Kedai Makanan

Makanan masih menjadi kebutuhan primer semua orang. Ketika membuka usaha ini, perhatikanlah lokasi, kebersihan dan rasa. Menu yang disajikan bisa disesuaikan dengan keahlian anda dalam memasak. Jika berada di lingkungan kantor atau kampus bisa sedia makanan rumahan, yang dilengkapi sayur dan lauk lengkap.

  1. Food Truck

Usaha ini dinilai efisien dan tidak memerlukan modal yang besar. Karena biaya menyewa atau mendirikan tempat untuk berjualan tentu memerlukan uang yang banyak. Dengan berjualan menggunakan food truck, anda jadi bisa memperluas jangkauan restoran sehingga lebih efisien. Tak hanya itu aja, anda juga berkesempatan mengikuti beragam event. Rekomendasi mobil food truck seperti Isuzu Traga, Toyota Dyna dan Daihatsu Gran Max.

  1. Kursus Masak

Berbagi ilmu adalah kegiatan yang mulia. Dengan memiliki keterampilan dalam suatu bidang, anda bisa membaginya ke orang lain. Salah satunya yaitu kursus masak. Jika ingin kursus dilaksanakan online, anda bisa merekam videonya dengan alat yang ada misalnya pakai handphone.

  1. Minuman

Tak hanya makanan yang kini mendapat perhatian, tapi minuman juga makin naik daun. Apalagi semenjak ada boba, crystal jelly dan lainnya membuat varian minuman semakin banyak. Sekarang ini minuman selalu mengikuti tren bisnis dan pasar. Perhatikan keunikan packaging sampai harga per botolnya. 

b. Bisnis Tanaman & Buah

Bisnis lain yang cukup menjanjikan adalah berasal dari bahan pangan, karena dibutuhkan semua orang. Olahan tanaman sampai buah-buahan bisa digunakan sebagai sumber bisnis baru. Berikut adalah rekomendasinya:

  1. Jus & Salad Buah

Bisnis jus dan salad bisa sangat menguntungkan, karena saat ini makin banyak orang yang memikirkan gaya hidup sehat. Untuk mencegah buah busuk, anda bisa mengolahnya menjadi jus dan salad. Yang terpenting adalah pakai buah berkualitas baik. Perhatikan fisik, tekstur sampai baunya. Pastikan masih segar.

  1. Parsel

Parsel masih sangat diminati ketika mengunjungi orang terkasih, misalnya sedang sakit atau acara-acara penting. Agar anda tidak perlu menyetok buah terlalu banyak, anda bisa memasarkannya secara online.

  1. Bibit Tanaman

Anda bisa menjalin hubungan dengan komunitas petani budi daya. Dengan begitu, bisa saling bertukar informasi mengenai tanaman, tak terkecuali bibitnya. Range harga bibit mulai dari Rp 30.000 tiap kotak. Pastikan pasokan bibit lancar dan anda jual bibit yang banyak peminatnya. Agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, anda bisa memasarkannya via online.

  1. Toko Bunga

Pada momen atau acara penting, banyak orang yang saling berkirim bunga kepada orang terkasih. Nah ini bisa anda jadikan peluang untuk berjualan buket bunga atau bunga papan. Tak hanya itu saja, anda juga bisa membuka workshop merangkai bunga, untuk sekali pertemuan bisa dibandrol Rp 350.000 per orang lho.

c. Bisnis Jasa

Usaha jasa tentu menuntut anda untuk memiliki keterampilan sampai pengetahuan yang mumpuni di bidang tersebut. Tak hanya itu saja, diperlukan juga kreativitas agar usaha yang digeluti memiliki perbedaan dibanding pesaing. Manfaatkanlah personal branding untuk memaksimalkan penerimaan penawaran.

  1. Barber Shop

Alat yang diperlukan untuk membuka barbershop adalah alat cukur atau razor, water spray, shaving cream, sisir berbagai ukuran, apron, clipper atau mesin cukur, kursi barber dan handuk. Belanja alat seperti ini ditambah keahlian bisa menjadi investasi jangka panjang.

  1. Daycare Anak

Bisnis daycare sangat dibutuhkan bagi pasangan suami istri yang bekerja. Jika lokasi dekat dengan perkantoran, bisa menyasar pada pekerja disana. Anda juga bisa bekerja sama dengan katering untuk makan siang anak-anak.

  1. Aksesoris Handmade

Untuk anda yang senang dengan karya seni perhiasan. Pembuatan seni handmade ini cocok untuk digeluti karena modalnya juga tidak banyak. Hanya saja keterampilan dan imajinasi tinggi sangat diperlukan. Anda bisa memasarkan ke media sosial ataupun komunitas.

  1. Reseller Online

Jenis usaha ini biasanya dilakukan di industri pakaian sehingga cocok dilakukan bagi anda yang tertarik pada dunia fashion. Memulai bisnis ini tidak sulit dan tidak terlalu menyita waktu. Bahkan sebagian besar orang menjalankan bisnis ini hanya sebagai usaha sampingan saja.

  1. Pet Kit

Peluang membuka pet kit makin meningkat, apalagi saat Covid-19 merebak, adopsi hewan peliharaan naik sampai 250%. Biaya grooming biasanya sekitar Rp 55.000, sedangkan untuk makanannya bervariasi mulai dari Rp 20.000 sampai ratusan ribu rupiah. Hal ini bisa menjadi lahan basah bagi anda yang berminat. Pastikan memilih tempat strategis yang dilalui banyak orang.

  1. Pengembangan Aplikasi

Bagi anda yang memiliki kemampuan dibidang IT, bisnis ini cocok untuk anda. Makin berkembangnya penggunaan smartphone, makin beragam pula aplikasi yang ada didalamnya. Tren pengembangan aplikasi terus berkembang seperti tren virtual reality (VR). Hal itu membuat potensi akan bisnis ini makin besar.

d. Fashion & Style

Jika ingin bergelut dibidang fashion & style pastikan anda memahami trend fashion yang sedang populer. Manfaatkan platform online untuk memasarkan produk. Maksimalkan ide dengan melakukan benchmark di bisnis sejenis yang ada di pasar.

  1. Perhiasan

Banyak sekali anak muda yang menggunakan perhiasan ketika bepergian, baik casual ataupun ke pesta. Lifestyle seperti ini yang bisa dijadikan target pasar. Apalagi perhiasan tidak selalu mahal seperti emas atau berlian, tapi ada juga titanium sampai perak. Untuk promosi, aktiflah secara online dan buat branding yang kuat karena hal itu akan memacu anak muda untuk mereferensikan satu sama lain. Jadi kreasikan perhiasan sesuai dengan target pasar.

e. Properti & Bahan Bangunan

Bisnis yang menyediakan kelengkapan untuk properti juga bisa menjadi bisnis yang diandalkan. Perlengkapan tersebut merupakan kebutuhan tiap rumah tangga yang bisa diperlukan sewaktu-waktu. Berikut adalah bisnis yang bisa dipilih:

  1. Kos-kosan

Sumber passive income satu ini sangat diminati banyak orang. Harga tanah yang terus meningkat, ditambah proses urbanisasi juga tinggi. Dengan memiliki kos-kosan, akan menguntungkan bagi anda. Apalagi jika lokasinya strategis, seperti dekat kampus atau perkantoran.

  1. Toko Listrik

Toko listrik bisa menjanjikan untuk jangka waktu lama. Agar sukses berkecimpung di bisnis ini, pastikan supplier yang anda pilih siap untuk mengirimkan barang tepat waktu dan berkualitas baik. Selain itu, pengetahuan anda tentang kabel, cara merakit dan memasang kabel bisa menjadi nilai tambah toko.

4 Tips Mengembangkan UKM

Memulai sebuah bisnis tentu tidak mudah, banyak hal yang perlu dipersiapkan agar bisnis bisa terus eksis dan berkembang. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar bisnis UKM semakin maju dan mendapatkan keuntungan yang besar, antara lain:

1. Kenali Kompetitor

Menurut Keppres Nomor 9 tahun 1998, pengertian UKM adalah sebuah usaha kecil dimana adanya perlindungan untuk mencegah timbulnya persaingan yang kurang sehat. Dengan mengetahui kompetitor, Anda maka anda bisa mengetahui beberapa informasi penting yang nantinya bisa dipakai sebagai acuan untuk mengembangkan bisnis ke depan. Tidak lupa adalah untuk selalu original artinya tidak menjiplak atau menyontek karya dan ciri khas orang lain.

2. Tingkatkan SDM

Pengembangan pengembangan produk dan jasa tentu memerlukan SDM yang handal. Cara ini adalah salah satu langkah untuk memajukan bisnis UKM anda. Dengan begitu Anda bisa membangun tim yang memiliki visi dan misi yang sama untuk keberhasilan UKM.

3. Perluas Jaringan

Anda bisa mengembangkan usaha kecil dan menengah jika memiliki jaringan yang cukup luas. contohnya ada bisa menggandeng Para investor atau pebisnis lain untuk melakukan kolaborasi dan bekerja sama agar bisnis Anda semakin berkembang dan dikenal oleh banyak masyarakat.

4. Optimalkan Layanan Konsumen

Saat anda memiliki pembeli atau pelanggan maka pertahankan mereka melalui pelayanan yang terbaik. Bangun hubungan yang baik lewat layanan konsumen yang mampu mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan berkelanjutan.

Tak sedikit pengusaha yang sulit mengembangkan bisnisnya, karena modal yang tidak mencukupi. Jangan khawatir, karena kini ada solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan modal usaha mudah dan aman yaitu Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK ini hadir dengan pinjaman beragunan properti untuk modal usaha hingga Rp 2 miliar. 

Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini juga memberikan masa tenor yang lama, mulai dari 1 hingga 10 tahun. Tentu saja bunganya rendah, mulai dari 15,25% per tahunnya. Yuk simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Langsung download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis dan ajukan pinjaman modal usaha sekarang! Untuk info selengkapnya, klik DISINI!