Magang

Pastinya, sudah tidak asing bagi Anda ketika mendengar kata internship atau  magang. Ya, magang sendiri adalah suatu tahap dimana mulainya masa kerja dan berakhirnya masa pendidikan. Magang dianggap penting untuk sebagian orang karena berguna untuk mempersiapkan segala hal sebelum mereka benar-benar masuk ke dunia kerja. Di beberapa perguruan tinggi pun, magang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan demi melengkapi berkas kelulusan. 

Jika Anda merupakan seorang mahasiswa semester akhir ataupun masyarakat umum yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti program magang di suatu instansi atau perusahaan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu secara detail terkait dengan magang. Maka dari itu, simak artikel berikut untuk tahu lebih lanjut.

Pengertian Internship atau Magang

Secara teknis, internship atau magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi yang telah didapat selama masa pendidikan atau bangku kuliah, yang dimana langsung dilakukan di dunia kerja. Hal ini bertujuan agar seseorang yang mengikuti program magang, dapat memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya. Pun menurut peraturan yang tertuang dalam Undang-Undang menyebutkan bahwa magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan. 

Selain itu, magang juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan No. Per. 22/Men/IX/2009 yang juga membahas pemagangan ini secara spesifik di dalam negeri. Sejak menginjak bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), seharusnya pelajar sudah umum dengan yang namanya internship atau yang lebih dikenal dengan istilah Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Manfaat dan Tujuan Magang

Pada umumnya, program internship atau magang ini memiliki tujuan utama yaitu sebagai momen untuk mempersiapkan para pelajar maupun mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja dan berkontribusi memberikan keterampilan yang dibutuhkan di perusahaan nantinya.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari program magang, yaitu:

  1. Membuka Wawasan

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, Anda pasti masih awam dengan dunia kerja. Maka dari itu, program magang ini dibuat agar Anda bisa memahami seluk beluk di dunia kerja. Supaya setelah melewati masa magang, Anda diharapkan sudah terbiasa dengan industri kerja. Banyak hal yang bisa didapatkan dengan mengikuti program magang seperti ini. Misalnya tentang pembagian tugas di masing-masing divisi perusahaan, keterlibatan pada sebuah project perusahaan, kebutuhan skill, atau kompetensi pada suatu suatu posisi, dan lain sebagainya. Yang pasti, semua wawasan yang akan Anda dapatkan ketika magang, akan berguna dan akan membuat Anda lebih siap untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

  1. Memperluas Jaringan atau Relasi

Relasi atau jaringan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia kerja. Dengan mengikuti program magang, Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru yang telah berpengalaman di dunia industri. Jaringan baru ini nantinya baru akan sangat terasa membantu Anda ketika sudah memasuki dunia kerja. Jika diibaratkan, hal ini sama dengan berinvestasi. Anda tidak akan tahu mendapat pekerjaan dari siapa. Maka dari itu, berusahalah bersikap baik pada semua orang yang Anda temui ketika masa magang.

  1. Mengembangkan Skill atau Keterampilan

Ketika magang, Anda akan mendapatkan sejumlah tugas. Tugas-tugas seperti ini biasanya membutuhkan keterampilan praktis. Anda bisa belajar banyak dari setiap tugas yang diberikan untuk menambah skill baru, ataupun memperdalam skill yang telah ada untuk memudahkan Anda menerapkannya ketika nanti benar-benar masuk ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya. 

  1. Memberi Nilai Lebih

Persaingan ketat di dunia kerja mengharuskan Anda memiliki perbedaan dan nilai lebih jika dibandingkan dengan pelamar lainnya agar dilirik oleh perusahaan. Pengalaman magang bisa Anda cantumkan di CV. Mencantumkan pengalaman magang akan membuat kamu memiliki nilai lebih dibanding para pencari kerja yang lain. 

  1. Membuka Peluang Pekerjaan

Selama menjalani masa magang, Anda diharapkan untuk bisa menjadi seorang yang profesional dan berkepribadian yang bagus. Besar peluangnya bagi Anda untuk diangkat menjadi karyawan saat perusahaan tersebut membuka lowongan di kemudian hari.

Tips Sukses Magang

Ada beberapa tips sukses untuk Anda yang tertarik ingin mengikuti program magang. Yaitu:

  1. Proaktif Mencari Informasi Magang dan Persiapkan Diri 

Untuk mendapatkan informasi tentang magang, tentunya Anda harus proaktif mencarinya dimana saja. Tidak terbatas di career center milik instansi dimana Anda menuntut ilmu. Carilah informasi mengenai program magang yang sesuai dengan bidang Anda. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan surat keterangan magang dari kampus. Lengkapi semua berkas dan buatlah aplikasi lamaran magang Anda agar menarik dan dilirik oleh perusahaan.

  1. Jangan Menjadikan Uang Sebagai Orientasi

Boleh-boleh saja jika Anda bertanya-tanya tentang gaji yang akan Anda dapatkan. Tapi, jangan terlalu berorientasi pada uang ketika sudah mengikuti program magang. Pihak perusahaan memang akan memberikan uang saku, namun memang nominalnya tidak terlalu besar. Fokuslah terhadap pengembangan keterampilan dan siapkan diri Anda dalam mengenal dunia industri yang nyata.

  1. Melaksanakan Program Magang dengan Baik

Ketika melaksanakan program magang, pastikan Anda menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan dengan maksimal. Anda harus bertanggung jawab atas semua kerjaan yang telah dipercayakan oleh perusahaan kepada Anda. Selain kinerja, attitude yang baik juga akan dilihat oleh perusahaan. Tetaplah sopan dan ramah kepada semua orang di lingkungan kerja dan jagalah tata krama.

Jika Anda merupakan mahasiswa semester akhir yang haus akan pengalaman bekerja, selain mengikuti program magang, Anda juga bisa memulai untuk membuka usaha sendiri. Memang banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin menjalankan usaha, terutama adalah modal.

Baca juga: 11 Instagram Tools untuk Membantu Meningkatkan Bisnis Anda

Namun, jangan khawatir. Segera realisasikan ide-ide kreatif Anda tanpa hambatan modal bersama Danamas. Danamas Pinjaman Bisnis merupakan pinjaman beragunan properti dengan limit hingga 2 Miliar dan tenor hingga 10 tahun. Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis kini bisa diakses melalui Play Store dan Apple Store. Jadi, sudah siapkah Anda untuk memulai bisnis sendiri? Coba sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant