Bisnis-Real-Estate

Banyaknya pendatang yang ke Ibukota atau bahkan ke tempat tertentu tentunya membutuhkan tempat tinggal. Membuka bisnis kos-kosan bisa menjadi salah satu peluang yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Apakah Anda tertarik membuka kos- kosan? Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kos-kosan.

Cara Memulai Bisnis Kos- Kosan  

Untuk Anda yang ingin mencoba memulai bisnis kos-kosan berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan, misalnya seperti seperti:

  1. Memiliki Bangunan  

Jika Anda sudah mempunyai lahan sendiri, Anda wajib untuk membangun ataupun merombaknya untuk dijadikan kamar sesuai dengan perencanaan Anda. Jika Anda belum memiliki lahan, maka wajib untuk membandingkan harga dan mencari tempat yang sesuai. Lakukanlah survei untuk mendapatkan harga dan juga potensi lokasi yang sesuai untuk mendapatkan potensi kos-kosan.

  1. Memilih Lokasi Kos

Anda harus mencari tempat lokasi yang memiliki akses yang dekat dengan fasilitas umum, misalnya seperti stasiun, rumah sakit, ataupun perkantoran. Hal tersebut akan memberikan potensi untuk mendapatkan harga sewa yang lebih baik. 

  1. Konsep Kos

Anda sebaiknya membuat konsep yang menarik, sesuai dengan target yang diinginkan oleh konsumen Anda. Jangan menggunakan konsep yang sembarangan.misalnya pegawai pabrik, kantoran, atau mahasiswa pastinya akan memilih kamar dengan konsep minimalis atau petak, karena hidup sendiri. Berbeda dengan yang sudah memiliki keluarga, yang pastinya membutuhkan rumah kontrakan yang lebih luas. 

  1. Fasilitas Kos

Selain fasilitas kamar kos, Anda juga wajib untuk memperhatikan fasilitas seperti penyediaan Wifi, laundry, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk bersaing dengan kos-kosan lainnya. 

  1. Melakukan Riset Harga Kos

Lakukanlah riset untuk mendapatkan perbandingan agar harga Anda bisa bersaing dengan harga yang lain sehingga bisa mendapatkan harga yang sesuai dan balik modal. 

Keuntungan Bisnis Kos Kosan

  1. Bisa Dijadikan Pendapatan Pasif 

Keuntungan dari bisnis kos ialah menjadi sumber penghasilan pasif atau bahkan aktif. Dengan memiliki indekos, setiap bulannya Anda akan menerima pendapatan dari hasil sewa tersebut. 

  1. Tidak Sepi Peminat

Setiap orang tentunya membutuhkan tempat tinggal, dibandingkan dengan jenis properti yang lainnya, indekos bisa dibilang sebagai properti yang dicari dan tak sepi peminat. Setiap bulannya akan ada orang yang mencari kos untuk tempat tinggal sementara. 

  1. Bisnis Minim Risiko

Bisnis properti merupakan bisnis yang bisa dibilang minim risiko, karena harganya setiap tahun pasti meningkat. Maka dari itu bisnis kos bisa sangat menguntungkan dan tidak pernah mati. 

Kekurangan Bisnis Kos-Kosan 

Selain keuntungan, berikut ini bisa jadi kekurangan dari bisnis indekos

  1. Jangka Waktu Sewa yang Pendek 

Dibandingkan dengan sewa rumah, biasanya sewa kontrakan lebih pendek misalnya bulanan. Hal ini karena penyewa bisa mencoba menikmati tempat kosnya, apabila dirasa nyaman maka akan memberikan biaya sewa selama satu tahun.

  1. Ada Risiko untuk Hal Negatif 

Anda bisa saja tidak mengetahui dengan siapa menyewakan kos tersebut. Ada juga yang dapat menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan pemilik kosan untuk hal-hal yang negatif. Untuk itu Anda perlu berhati-hati dalam memilih penyewa. Anda bisa memasang CCTV di beberapa titik rumah yang dinilai merupakan tempat strategis. 

  1. Modal Awal Cukup Besar

Modal yang dikeluarkan untuk membeli tanah, membangun rumah, merenovasi ataupun pembelian furniture tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. 

Biaya Perhitungan Bisnis Kos Kosan

Misalkan Anda ingin membangun kos dengan 5 kamar, 3×3 meter dengan kamar mandi dalam. Biaya lahan 15 meter persegi, harga per meter persegi Rp 1 juta maka harga tanah yang dibeli adalah Rp 15 juta. Biaya bangun 2,5 juta per meter persegi dengan ukuran kamar 3×3. 5 kamar total luasnya adalah 45 meter persegi. Maka perhitungan biaya bangun rumah kos yakni luas 1 kamar kos x harga per meter persegi, yakni 9 meter persegi x Rp 2,5 juta yakni Rp 22,5 juta dengan total kamar 5 pintu x harga permeter persegi 45 meter x Rp 2,5 juta maka total perkiraan biaya bangunan kos 5 kamar yang perlu dipersiapkan adalah Rp 112,5 juta.

Baca juga: Thrift: Pengertian dan Tips Memulai Bisnis Thrift

Apabila Anda ingin membuka bisnis kos, dan membutuhkan tambahan modal usaha. Maka Danamas Pinjaman Bisnis dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor panjang dan bunga yang bersaing.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant