Pinjaman online OJK

Pinjaman kini sudah memiliki berbagai jenis, baik itu legal maupun ilegal. Banyak pesan masuk ke dalam telepon genggam masyarakat menawarkan pinjaman. Sayangnya, pinjaman tersebut merupakan sebuah pinjaman illegal. Namun jangan khawatir, karena pinjaman online juga ada yang legal, dan pinjaman tersebut adalah pinjaman yang sudah berizin oleh OJK. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut yuk!

Apa Itu Pinjaman Online OJK?

Untuk memulai sebuah pinjaman online atau fintech lending, mengantongi izin dari OJK adalah salah satu cara paling penting untuk dilakukan. OJK (atau otoritas jasa keuangan) memiliki wewenang untuk memberikan izin kepada perusahaan fintech lending atau pinjaman online jika perusahaan tersebut sudah memenuhi standar yang OJK telah siapkan. 

Dengan cara ini juga, pinjaman online atau fintech yang hendak mendaftarkan perusahaan mereka di OJK juga harus bergerak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Per tanggal 2 Maret 2022, tercatat ada 102 Pinjaman Online legal yang sudah diakui oleh OJK. Hal ini didukung oleh sebuah unggahan dari halaman instagram OJK yang diunggah pada hari Kamis tanggal 17 Maret. 

Pinjaman online OJK

Di unggahan tersebut, terdapat sebuah daftar nama penyedia pinjaman yang legal dan juga beberapa nama situs laman dari pinjaman tersebut. Menurut unggahan OJK tersebut, terdapat ada 8 pinjaman online syariah dan juga ada 94 pinjaman online yang konvensional.

Beda Pinjaman Online & Fintech Lending

Meskipun keduanya menyediakan pinjaman, pinjaman online dan fintech lending merupakan dua hal yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara fintech lending dan juga pinjaman online:

  • Fintech merupakan singkatan dari financial technology, dimana hal tersebut merupakan sebuah sebutan bagi hal-hal financial yang bisa diselesaikan melalui sebuah aplikasi atau teknologi secara online. Pinjaman online itu sendiri merupakan bagian dari finance technology. Finance technology itu sendiri memiliki 4 kategori yang berbeda, dan pinjaman online jatuh dalam kategori deposito, pinjaman dan menambah modal. 

  • Fintech lending merupakan sebuah lembaga yang pastinya sudah memiliki izin dari OJK. Selain itu, Fintech lending juga merupakan anggota dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia).
    Hal ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki bagi fintech sehingga fintech tersebut bisa dikatakan sebagai legal. Jika sebuah pinjaman online tidak memiliki pernyataan bahwa mereka adalah sebuah lembaga fintech berizin dari OJK, anda bisa menyatakan bahwa pinjaman online tersebut adalah pinjaman online yang illegal.

  • Fintech Lending yang legal memiliki sertifikasi dan cara-cara yang legal dan aman ketika menagih bayaran, karena telah mengikuti sertifikasi yang dilakukan oleh AFPI. Sedangkan untuk pinjaman online, cara menagih pembayaran biasanya bisa melibatkan ancaman bahkan kekerasan

Baca juga: Daftar Terbaru! Pinjaman Online Yang Terdaftar Di OJK

Manfaat pinjam uang di fintech lending

Meminjam melalui fintech lending memiliki manfaatnya tersendiri. Berikut adalah beberapa manfaat fintech lending untuk keperluan pinjaman anda:

  • Memberikan akses kepada semua orang dengan mudah, termasuk kepada orang yang unbankable
  • Dengan mudah memberikan modal usaha kepada mereka yang membutuhkan dengan aplikasi yang tersedia
  • Proses peminjaman dana yang cepat serta proses cair cepat sehingga target bisa terpenuhi secepat mungkin
  • Persyaratan yang mudah untuk diikuti sehingga dapat mendaftar dengan mudah
  • Memiliki modal yang fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan keperluan usaha atau keperluan pribadi

Cara Agar Mendapatkan Modal Usaha?

Pinjaman online OJK

Mendapatkan modal usaha di waktu-waktu terdekat ini memang merupakan sebuah hal yang cukup rumit. Namun, jangan gundah! Karena perkembangan teknologi yang terjadi pada masa ini, anda bisa saja mendapatkan modal usaha dengan mudah. Caranya cukup mudah, namun hal pertama yang pasti harus dikerjakan terlebih dahulu adalah anda harus tahu anda akan meminjam dimana. Hal ini bisa anda lakukan dengan memeriksa halaman OJK untuk daftar 102 pinjaman online yang masih legal dan diawasi oleh OJK.

Setelah mengetahui pinjaman yang akan dituju, hal selanjutnya yang dilakukan adalah anda dapat mencari tahu soal lembaga tersebut. Pastikan sebelum meminjam, anda menemukan bukti bahwa perusahaan tersebut sudah memang memiliki izin dari OJK dan merupakan anggota AFPI. Selain itu, pastikan anda juga tahu peraturan dari fintech tersebut, dimulai dari berapa banyak limit yang tersedia, tenor dan bunga yang berlaku dalam perusahaan tersebut.

Terakhir adalah anda langsung meminjam. Jika anda sudah merasa aman dan nyaman serta sudah pasti, anda dapat mulai mengajukan pinjaman kepada perusahaan pinjaman tersebut. Pastikan anda meminjam jumlah yang sesuai dengan keperluan anda, serta membayar kembali tagihan pada waktunya.

Lancar by Danamas adalah sebuah fintech pinjaman yang legal dan sudah mengantongi izin OJK dan juga merupakan sebuah pinjaman online yang memiliki limit yang fleksibel dan tenor yang cukup lama sehingga anda dapat memiliki modal yang cukup serta waktu yang cukup pula untuk membayarnya kembali. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-networking

Apa Itu Networking, Manfaat & Cara Mengasahnya

Networking adalah kunci dari kesuksesan di masa mendatang. Banyak orang bilang bahwa kepintaran adalah hal yang penting untuk mencapai kesuksesan. Tapi tanpa networking

kisaran-biaya-kuliah-di-oxford-university

Biaya Kuliah di Oxford University 2023 dan Beasiswa yang Tersedia

Berapa biaya kuliah di oxford university? Banyak orang ingin berkuliah di Universitas Oxford karena universitas ini dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di

peluang-usaha-menjanjikan-2023

70 Peluang Usaha 2023 Menjanjikan & Tidak Ada Matinya

Peluang usaha ditahun ini punya banyak sekali pilihan, terutama bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil. Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membangun bisnis sebagai