Nirlaba

Secara harfiah, organisasi merupakan sekumpulan orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk meraih suatu tujuan tertentu. Sedangkan nirlaba dapat diartikan sebagai non profit. Di Indonesia sendiri, banyak sekali organisasi yang dapat membangun perekonomian, pendidikan, dan pelayanan masyarakat. Salah satunya organisasi nirlaba.

Organisasi nirlaba sendiri dapat bermanfaat dan membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya dalam sebuah negara. Karena tidak terlalu berorientasi pada keuntungan, organisasi ini juga bisa disebut dengan organisasi non profit atau NGO.

Penjelasan lebih lanjut tentang organisasi nirlaba akan dijelaskan di artikel berikut ini.

Pengertian Organisasi Nirlaba 

Organisasi non profit atau yang sering disebut dengan organisasi nirlaba adalah organisasi yang sasarannya menuju dukungan suatu kebijakan atau memberikan pemecahan masalah penting yang terjadi di suatu negara. Dengan tujuannya yang tidak komersial atau tidak menarik perhatian terhadap sesuatu yang bersifat mencari atau mendapatkan keuntungan, organisasi nirlaba bisa terbentuk dari organisasi keagamaan, organisasi politik, rumah sakit, sekolah negeri, dan organisasi lainnya.

  1. Pengertian Organisasi Nirlaba Menurut PSAK No. 45

Menurut PSAK No. 45 pengertian organisasi nirlaba adalah sebuah organisasi yang dimana perolehan sumber dayanya berasal dari sumbangan pihak anggota. Setiap para penyumbang di suatu organisasi tidak mengharapkan keuntungan yang akan didapat pada saat organisasi ini berkembang. Namun, untuk perkembangan selanjutnya organisasi tersebut akan menerima hasil pendapatan jasa yang diberikan publik atau dari kegiatan investasi. 

  1. Pengertian Organisasi Nirlaba Menurut Widodo dan Kustiawan

Widodo dan Kustiawan mendefinisikan organisasi non profit atau organisasi nirlaba sebagai salah satu instansi yang pada saat beroperasi tidak mencari laba ataupun keuntungan. Dalam artian, lembaga nirlaba ini adalah kumpulan dari beberapa orang yang memiliki tujuan bersama dan mencapai suatu tujuan yang mulia. Dalam pelaksanaannya, organisasi nirlaba juga tidak berorientasi pada pemupukan kekayaan, laba, atau mengharapkan keuntungan-keuntungan semata. Lembaga nirlaba pada dasarnya digunakan sebagai patokan dalam mencapai tujuan bagi sekelompok orang yang termasuk di dalam keanggotaan lembaga nirlaba tersebut.

Ciri – Ciri Organisasi Nirlaba

Begitu banyaknya organisasi yang ada di Indonesia membuat banyak orang tidak bisa membedakan antara organisasi satu dengan organisasi lainnya. Contohnya antara organisasi non profit/nirlaba dengan organisasi bisnis yang hanya mencari keuntungan.

Untuk memudahkan dalam mengenali lembaga nirlaba, Anda harus mengetahui beberapa ciri-cirinya. Menurut ruang lingkup PSAK No. 45, organisasi nirlaba memiliki ciri-ciri antara lain:

● Sumber daya utamanya berasal dari penyumbang yang tidak mengharapkan laba atau keuntungan yang sebanding dengan sumber daya yang mereka korbankan.

● Organisasi tersebut mampu menghasilkan barang dan jasa tanpa bertujuan untuk menuntut laba atau keuntungan. Jika entitas menghasilkan laba maka nominalnya tidak akan pernah dibagikan kepada penyumbang atau atau pemilik entitas.

● Di organisasi ini tidak ada kepemilikan yang jelas seperti organisasi lainnya. Artinya, dalam organisasi non profit ini tidak dapat dijual, dialihkan atau dikembalikan sumbangannya. Pada dasarnya, organisasi ini tidak menggambarkan adanya proporsi pembagian laba atau keuntungan pada saat likuidasi atau pembubaran organisasi.

Selain itu, Anthony and Young juga memiliki pendapat tentang karakteristik ataupun ciri-ciri organisasi nirlaba ini sendiri. Antara lain:

● Organisasinya tidak mencari keuntungan

● Memiliki pertimbangan dalam hal pembebanan pajak

● Hanya cenderung berorientasi pada pelayanan

● Terdapat banyak kendala yang bisa saja terjadi dalam proses mencapai tujuan dan strategi organisasi

● Tidak banyak mengharapkan keuntungan dari klien yang bermitra kerja dalam mendapatkan bantuan dana

● Didominasi oleh profesional

● Politik sangat berpengaruh dalam memainkan peranan organisasi.

Contoh Organisasi Nirlaba

Seperti yang telah diketahui orang banyak, bahwa organisasi non profit atau organisasi nirlaba adalah sebuah organisasi yang tidak bertujuan untuk mencari profit. Untuk itu, berikut contoh organisasi nirlaba.

  1. Yayasan

Organisasi ini memiliki landasan hukum UU No. 28 Tahun 2004 yang mendefinisikan yayasan sebagai organisasi yang didirikan berdasarkan pembagian aset. Maksudnya, organisasi ini ditujukan untuk mencapai suatu tujuan dalam bidang sosial, bidang keagamaan, atau bidang kemanusiaan lainnya yang membantu masyarakat. Yayasan memiliki ciri khasnya sendiri yaitu kepemilikannya yang eksklusif. Hal ini dapat dilihat dari susunan strukturnya yang terdiri dari dewan pengawas, dewan penasehat, dan dewan pengurus. 

  1. Lembaga Gabungan (Asosiasi)

Asosiasi dibedakan menjadi dua, yaitu asosiasi yang memiliki landasan hukum dan asosiasi yang tidak memiliki landasan hukum. Jika ada lembaga asosiasi yang ingin mendapatkan perlindungan hukum, lembaga tersebut harus mempersiapkan surat pendaftaran yang nantinya akan diajukan ke ketua pengadilan negeri. Setelah surat pendaftarannya disetujui dan disahkan oleh pengadilan distrik, maka akan keluar surat perlindungan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.

  1. Institut

Contoh organisasi yang terakhir ini adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, budaya, dan humaniora. Organisasi ini memiliki visi yang sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Contoh institusi adalah seperti sekolah formal, lembaga kursus, institut pelatihan kerja, dan lain sebagainya.

Bentuk dari organisasi ini adalah membantu melayani masyarakat, mencerdaskan anak bangsa, dan memberikan kebebasan bagi masyarakat. Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk mendirikan lembaga nirlaba yang satu ini, tapi manfaatnya sangat luar biasa.

Baca juga: Thrift: Pengertian dan Tips Memulai Bisnis Thrift

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hingga contoh organisasi nirlaba. Perlu Anda ketahui, walaupun organisasi ini tidak mencari keuntungan, namun pengelolaan keuangan pada organisasi nirlaba adalah hal penting. Hal ini dikarenakan lembaga atau organisasi non profit memiliki tanggung jawab terkait penggunaan dana yang dikelola oleh organisasi nirlaba tersebut. Baik dana dari para donatur, stakeholder, maupun negara seperti masalah perpajakannya.

Jika Anda adalah salah seorang yang bekerja di organisasi non profit dan ingin membuka usaha untuk mendapatkan pemasukan tambahan, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis adalah sebuah platform pinjaman beragunan properti dengan limit hingga 2 miliar serta tenor sampai 10 tahun. Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sudah tersedia di Play Store dan Apple Store. Coba sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant