karakteristik-kewirausahaan

Sekarang ini banyak profesi wirausahawan mulai digandrungi banyak orang.  Usaha ini mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Apakah Anda tertarik untuk menjadi wirausaha? Yuk simak artikel berikut ini dan perbedaannya dengan wiraswasta. 

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun, asalkan Anda memiliki minat untuk membangun usaha dari dasar. Kewirausahaan merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak pemikiran,strategi, dan juga pertimbangan. Kewirausahaan adalah aktivitas untuk membangun usaha agar menciptakan produk atau jasa baru dengan kreatif dan juga inovatif, sehingga produk atau jasa yang dihasilkan menarik perhatian orang lain. 

Karakteristik Kewirausahaan 

Untuk menjadi wirausaha yang baik, maka diperlukan karakteristik seperti:

  1. Jujur 

Jujur merupakan hal utama jika ingin menjadi wirausaha yang sukses. Apabila Anda menjadi pemimpin dalam usaha tersebut, pastinya Anda juga ingin memiliki karyawan yang berkepribadian jujur sehingga membuat usaha berkembang dan pesat. 

  1. Disiplin

Disiplin menjadi salah satu modal utama jika ingin memulai wirausaha. Memiliki sifat disiplin dapat memberikan semangat serta motivasi untuk terus menjalankan pekerjaan usaha sesuai dengan target yang ingin dicapai. 

  1. Kreatif dan inovatif

Memiliki kreativitas dan juga inovasi membuat Anda menciptakan hal yang berbeda sehingga tidak akan kalah saing dengan kompetitor lainnya. 

  1. Berkomitmen Tinggi

Dengan memiliki komitmen tinggi dan prinsip yang teguh, usaha dapat berkembang dan mencapai kesuksesan.

  1. Mandiri dan Realistis

Karakteristik yang dimiliki ketika berwirausaha adalah mandiri serta realistis. Hal ini karena berwirausaha membutuhkan kemampuan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan cepat. 

  1. Memiliki Keterampilan Personal

Ketika berwirausaha, Anda tentunya harus memiliki keterampilan yang menunjang misalnya kemampuan berkomunikasi, dan bernegosiasi sehingga mampu bekerja sama dengan pihak lain yang dapat menguntungkan usaha yang dijalani. 

Tujuan Kewirausahaan 

Adapun tujuan dari kewirausahaan adalah:

  1. Mensosialisasikan kewirausahaan kepada masyarakat

Saat wirausaha mulai sukses, maka masyarakat akan tergerak untuk termotivasi dan mencari tahu tips dan trik berwirausaha sehingga menjadi inspirasi untuk membangun usaha sendiri.

  1. Membudayakan perilaku, sikap, dan semangat untuk berkemampuan dalam wirausaha

Salah satu tujuan wirausaha yakni membudayakan sikap, dan semangat serta kemampuan dalam berwirausaha. Mereka yang telah berhasil dalam melakukan wirausaha tentunya akan menjadikan masyarakat untuk bersemangat dan berjuang dengan gigih afar usaha yang dijalankan berhasil.

  1. Meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas dan kompeten

Sumber daya manusia merupakan faktor yang penting untuk menjalankan usaha. Hal ini karena sumber daya manusia dapat berpengaruh pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas pekerjaan yang dihasilkan. 

  1. Memajukan serta Mensejahterakan Masyarakat

Ketika suatu usaha berkembang dan menjadi sukses, maka otomatis membutuhkan karyawan untuk dapat menjalankan dan mempertahankan usaha tersebut. Dengan adanya penambahan sumber daya manusia, maka lapangan pekerjaan akan menjadi terbuka dan berpotensi untuk mengurangi pengangguran. 

Perbedaan Wirausaha dengan Wiraswasta 

Wirausaha Wiraswasta 
Wirausaha dapat menjalankan usaha mereka sekaligus sebagai owner Seorang yang bekerja di perusahaan atau ditempat orang lain (karyawan)
Wirausaha menjalankan usaha dapat lebih dari satu bidang saja. Terbuka pada banyak usaha dibidang lain Terbatas pada satu bidang saja, sulit membuka peluang di bidang lain karena tuntutan dan kewajiban 
Memiliki karakter mandiri, mengambil risiko dan pemikiran out of the box sehingga memiliki ide untuk inovasi. Wirausaha umumnya sulit mengambil keputusan karena memerlukan persetujuan dari atasan atau direksi. 

Baca juga: Trik & Strategi Negosiasi Bisnis Agar Deal

Anda tertarik menjadi wirausaha dan ingin mengembangkan usaha? Danamas Pinjaman Bisnis bisa menjadi salah satu platform yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Pinjaman beragunan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dapat Anda ajukan melalui smartphone  ataupun website.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant