kta adalah

Kredit bisa menjadi salah satu alternatif bagi seseorang apabila membutuhkan dana dalam jumlah besar dan dengan waktu yang singkat. Salah satu yang diminati adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. KTA dianggap lebih sederhana dibandingkan dengan pinjaman lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai KTA, Yuk baca lebih lengkap pengertiannya dalam artikel berikut ini. 

Pengertian KTA 

Kredit Tanpa Agunan merupakan produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank, dimana nasabah tidak memerlukan agunan ataupun jaminan. Ketentuan ini berbeda dengan proses kredit lainnya yang biasanya memerlukan jaminan seperti kendaraan, rumah, dan lain sebagainya.   

Kredit Tanpa Agunan juga dapat diartikan sebagai produk pinjaman yang lebih cepat dibandingkan dengan kredit lainnya dan dengan persyaratan yang tidak terlalu rumit. Namun tidak semua orang dapat mengajukan pinjaman KTA akan langsung disetujui. Pihak bank tentunya akan melakukan survei terlebih dahulu dengan melihat riwayat kredit dari pemohon. 

kta adalah

Jenis KTA 

Terdapat beberapa jenis KTA diantaranya adalah KTA reguler dan KTA Payroll. KTA reguler merupakan kredit tanpa agunan yang telah disediakan oleh lembaga keuangan untuk masyarakat umum. Peminjam tidak perlu menjadi nasabah yang bersangkutan saat ingin mengajukannya dan dapat mengajukan KTA reguler melalui lembaga manapun. 

Sedangkan KTA Payroll merupakan Kredit Tanpa Agunan yang ditujukan untuk karyawan dari perusahaan yang menggunakan sistem payroll tersebut. Jenis ini banyak digunakan oleh karyawan untuk mendistribusikan gaji karyawan. Kelebihan dari KTA ini adala pencairan dana yang lebih cepat  

Syarat Pengajuan KTA

Sebelum mengambil KTA, ada baiknya Anda konsultasikan kepada petugas yang melayani. Biasanya persyaratan untuk pengajuan KTA adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berumur 21- 55 tahun
  3. Memiliki pendapatan bersih bulanan minimum UMR (setiap lembaga/ bank memiliki minimum yang berbeda)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
kta adalah

Perlu diketahui bahwa setiap bank tempat pengajuan KTA tentunya akan memiliki persyaratan yang berbeda. Anda sebagai peminjam sebaiknya menanyakan hal tersebut secara rinci melalui customer service tempat Anda mengajukan kredit. 

Contoh KTA

Apabila Anda mengajukan pinjaman ke Bank senilai Rp 20 juta, dalam proses pinjaman tersebut bank tidak akan meminta jaminan apapun, Anda akan dicek terlebih dahulu misalkan untuk kelayakan pinjaman dan informasi lainnya. Setelah disetujui, Anda hanya perlu membayar angsuran setiap bulannya sesuai dengan tanggal ataupun persetujuan lainnya. 

Hal Penting Sebelum Mengajukan KTA 

Perlu diperhatikan sebelum pengajuan pinjaman KTA adalah 

  • Persyaratan dan bunga pinjaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap lembaga atau bank tentunya memiliki persyaratan dan bunga pinjaman yang beragam. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda mengetahui besaran bunga dan persyaratannya.

  • Lakukan Simulasi Cicilan KTA

Besaran cicilan yang dibayarkan bergantung pada jangka waktu dan pinjaman Anda. dengan adanya simulasi cicilan KTA  tentunya memudahkan peminjam untuk mengetahui besaran angsuran yang dibayarkan. 

  • Menggunakan Pinjaman KTA dengan Bijak

Jika Anda lolos mengajukan pinjaman KTA, usahakan untuk tidak lupa membayar angsuran dan melunasinya dengan tepat. Risiko biaya keterlambatan justru tentunya akan membebankan cicilan Anda. 

Baca juga: Terkuak Rahasia Para Miliarder & Tips Suksesnya

Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan, Danamas sebagai platform P2P lending menyediakan pinjaman tanpa agunan dengan limit hingga Rp 7,5 juta dan Danamas Pinjaman Bisnis, yakni pinjaman beragunan properti dengan limit hingga Rp 2 miliar.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant