faktor penyebab kegagalan wirausaha

Di masa sekarang, banyak sekali warga Indonesia yang ingin melakukan kegiatan wirausaha. Hal tersebut mungkin didorong karena banyaknya peluang bisnis yang ada di Indonesia. Namun, dari sekian banyak wirausaha, kegagalan terkadang terjadi danhal tersebut memiliki faktor penyebab kegagalan wirausaha yang berbeda-beda. Di artikel ini, mari simak bagaimana caranya melanjutkan perusahaan wirausaha kita dan menghadapi kesalahan ketika menjalankan wirausaha ini!

Tips wirausaha pemula

Semua memiliki sebuah tahapannya sendiri. Memulai sebuah wirausaha merupakan sebuah hal yang memerlukan proses yang lama. Bagi pemula, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa tips utama berikut ini:

  • Jangan malu belajar

Untuk mencoba sesuatu yang baru, proses belajar merupakan sesuatu yang wajar untuk dilewati. Jika anda baru pertama kali hendak melakukan wirausaha, janganlah anda malu belajar. Lebih baiknya, anda belajar dari apa yang telah diberikan pada kesempatan tersebut, sehingga pada kedepannya, anda dapat menjalankan perusahaan dengan baik tanpa rasa ragu.

  • Jangan takut gagal

Kegagalan merupakan sebuah hal yang wajar terjadi karena beberapa dari kita tidak tahu harus melakukan apa. Karena ini, janganlah takut untuk gagal, karena kegagalan merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan. Gunakan kegagalan tersebut sebagai sebuah pembelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang lama. Ingat-ingat apa yang salah dan lakukan hal lain demi menghindari kesalahan tersebut.

  • Coba segala kesempatan 

Jika sebuah kesempatan hadir untuk kita, coba saja jalankan. Kembali lagi ke poin sebelumnya, janganlah takut untuk mengambil desisi dan jangan takut membuat kesalahan. Ambil segala kesempatan yang tersedia. Mungkin saja kesempatan tersebut membuahkan sebuah hasil yang ternyata menguntungkan bagi anda ataupun perusahaan anda.

  • Siap bekerja keras
faktor penyebab kegagalan wirausaha

Memulai sesuatu yang baru pasti membutuhkan sebuah kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Memulai sebuah perusahaan, anda harus siap bekerja keras dan siap menghadapi tantangan yang akan ada di kedepan harinya.

  • Pantang menyerah

Apapun percobaannya, anda harus pantang menyerah dalam menjalankan usaha anda. Dengan anda yang pantang menyerah, hal tersebut bisa membantu dalam memulai bisnis wirausaha anda. Mungkin juga hal tersebut menjadi sebuah inspirasi bagi bawahan anda untuk tetap bekerja demi perusahaan anda.

Alasan coba berwirausaha

Melakukan wirausaha merupakan sebuah hal yang memang mungkin bisa melelahkan dan menarik. Namun, mengapa sebenarnya anda ingin melakukan wirausaha? Berikut adalah beberapa alasan mengapa wirausaha bisa menjadi sebuah alternatif dalam pekerjaan:

  • Fleksibel

Membangun sebuah wirausaha pastilah fleksibel. Karena semua keputusan adalah milik sang pendiri. Jika mau, pemilik bisa mengadakan rapat terlebih dahulu jika ingin memilih sesuatu. Wirausaha membuka peluang bekerja sama dan juga banyak ide baru untuk dikembangkan di bisnis.

  • Tidak terkait jam kerja

Dengan tanpa terikatnya anda dengan jam kerja, anda bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat atau mungkin bisa bekerja di waktu yang anda bisa tentukan sendiri. Anda tidak harus lagi berangkat pagi atau bahkan hingga pulang malam ketika anda menjadi pengusaha.

  • Mencoba hal baru

Jika anda bosan dengan pekerjaan anda yang sekarang, wirausaha dapat membantu mengubahnya. Dengan wirausaha, anda dapat bebas berekspresi dan juga mencoba banyak hal yang anda lewati ketika bekerja sebelumnya

  • Mengikuti tren sekarang

Banyak wirausaha yang memiliki konsep modern dan dapat diikuti dengan baik dan diterima di tengah kalangan manusia. Karena banyaknya ini, ada banyak toko yang membuka toko mereka sesuai dengan tren sekarang. Secara langsung, wirausaha memiliki sebuah situs untuk melakukan challenge sendiri karena harus berkompetisi dengan entertainment lain.

Baca juga: Apa itu Wirausaha & Manfaat Berwirausaha

Penyebab wirausaha gagal

Terkadang saat kita sudah berhasil, ada saja sedikit masalah dan tantangan yang kemungkinan anda akan hadapi ketika membuka sebuah perusahaan. Beberapa dari tantangan tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Impulsif

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita sudah mencapai titik finish yang kita inginkan, pasti ada satu yang menjadi masalah bagi kita untuk berlari maju ke depan. Terkadang, nafsu ingin memimpin serta nafsu untuk cepat selesai dan cepat kaya. Karena ini, banyak masalah bisa tumbuh karena seseorang menginginkan sesuatu dengan lebih cepat dimana kemungkinan kesalahan bisa saja terjadi.

  • Tidak memikirkan resiko

Jika membuat sebuah perusahaan, manajemen adalah sebuah aspek penting dalam sebuah pekerjaan. Jika manajemen tidak memikirkan resiko yang akan hadir, hasilnya bisa jadi sangat berantakan dan bisa mengacaukan perusahaan wirausaha.

  • Tidak memperhitungkan persaingan

Terkadang, kita harus hati-hati kepada toko lawan dan memperhatikan apa yang mereka jual atau lakukan untuk promosi. Wirausaha bisa saja gagal ketika lawan memiliki sesuatu yang menarik, namun kita tidak memilikinya.

  • Tidak ada modal

Karena tidak memiliki modal yang cukup, sebuah wirausaha bisa saja gagal. Pada tahap awal wirausaha, modal adalah sebuah hal yang penting karena hal tersebut membantu untuk mengembangksn perusahaan secara lanjut.

Oleh karena itu, Lancar by Danamas siap membantu Anda untuk membangun bisnis wirausaha anda. Hanya dengan beberapa berkas dan ketukan melalui platform online kami, anda dapat memiliki modal untuk usaha anda.

  • Tidak ada pengalaman dan keahlian, serta kurangnya dukungan

Meskipun sebelumnya dikatakan tidak apa-apa untuk gagal, hal ini biasa disebabkan karena kurangnya pengalaman dan kurangnya keahlian. Dengan ini, kemungkinan juga akan memilih sebuah pilihan yang akhirnya berujung kegagalan dalam wirausaha.

Terkadang, kurangnya dukungan juga mendorong sebuah kegagalan. Rasa bahwa tidak ada yang mendukung bisa saja membuat seseorang merasa bahwa wirausaha ini merupakan sesuatu yang tidak usah di coba. Mereka akan melupakan semua usaha mereka dan meninggalkan perusahaan wirausaha mereka.

Persiapan sebelum wirausaha

Untuk memulai sebuah wirausaha, sebuah persiapan pasti diperlukan agar memiliki hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus disiapkan ketika memulai sebuah wirausaha:

  • Potensi pasar

Mengetahui potensi pasar merupakan sesuatu yang mendasar dalam membangun sebuah wirausaha. Dengan mengetahui pasar anda, dengan ini juga anda mengetahui apa yang anda ingin jual ke publik. Anda dapat mengetahui apa yang paling cocok untuk toko anda sehingga dapat menarik perhatian pelanggan dari daerah anda.

  • Modal yang dimiliki

Siapkan modal yang cukup untuk membuat wirausaha anda. Karena modal ini merupakan salah satu kunci untuk mempersiapkan sebuah wirausaha yang sukses. Modal dapat membeli barang yang akan ingin dijual serta dapat menyiapkan anda untuk keperluan yang lain seperti biaya untuk mendirikan bangunan toko anda dan juga mempersiapkan persediaan untuk dijual atau tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memulai wirausaha tersebut

  • Memperhitungkan persaingan dan resiko bisnis

Ketahuilah siapa penyaing dan juga resiko bisnis anda. Dengan mengetahui hal ini, anda bisa antisipasi pergerakan selanjutnya yang mungkin akan diambil oleh pesaing anda, dan anda bisa meminimalisir resiko yang mungkin akan terjadi saat menjalankan bisnis anda

  • Mental 

Hal paling penting dalam memulai sebuah wirausaha adalah kesiapan mental. Apakah anda siap mengerjakan dan menjalankan wirausaha ini, baik sendiri maupun dengan rekan-rekan lain? Siap untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan saat melakukan wirausaha? Siap untuk menerima banyak resiko yang mungkin akan datang saat menjalankan perusahaan? Jika seluruh jawabannya adalah iya, anda siap untuk menjalankan perusahaan anda!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!