evaluasi usaha adalah

Dalam menjalankan usaha atau bisnis, tentunya Anda akan membuat tolak ukur untuk menilai tingkat keberhasilan bisnis yang dijalankan. Anda tentunya perlu membuat evaluasi untuk mengetahui tercapai atau tidaknya target dan menjadi bahan untuk tinjauan atau perbaikan di masa yang akan datang. Lantas apa yang dimaksud dengan evaluasi? Yuk simak artikel ini. 

Pengertian Evaluasi Usaha 

Evaluasi merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menilai atau memberikan analisis kinerja suatu usaha. Evaluasi ini dilakukan untuk membandingkan rencana awal yang dibuat sebelum memulai bisnis dengan hasil yang dicapai pada periode tertentu. Usaha akan dikatakan sukses apabila mampu memenuhi kewajibannya atas modal, hutang dan tentunya mendapat keuntungan dari penjualan. 

evaluasi usaha adalah

Tujuan dan Fungsi Evaluasi Usaha 

Evaluasi usaha bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan mencari solusi terbaik dari kendala yang dihadapi. Anda dapat memperoleh gambaran atas kekurangan yang perlu diperbaiki kedepannya. Evaluasi usaha juga dapat memberikan Anda sarana untuk melihat potensi agar usaha menjadi berkembang dan disukai pasar. 

Adapun fungsi dari evaluasi pasar yakni sebagai:

  1. Fungsi selektif

Evaluasi usaha memiliki peran menentukan kelayakan aspek, misalnya menentukan sumber daya manusia yang ingin ditambah atau dikurangi.

  1. Fungsi diagnosa

Evaluasi usaha yang berperan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aspek usaha, misalnya kelebihan atau kekurangan strategi pemasaran yang telah berlaku.

  1. Fungsi penempatan 

Menentukan dimana posisi terbaik untuk menempatkan pegawai ataupun cakupan usaha.

  1. Pengukur keberhasilan

Berperan sebagai pengukur tingkat keberhasilan dari suatu sistem atau kegiatan yang sudah berjalan dalam suatu periode. 

Tahapan Evaluasi Usaha 

Berikut ini adalah tahapan dalam evaluasi usaha, yang dapat Anda ketahui:

  • Analisa Aspek Pasar 

Tahapan untuk mengetahui luas pasar dan pertumbuhan permintaan dari produk atau jasa yang bersangkutan.

  • Analisa Aspek Teknis

Tahapan untuk menentukan jenis teknologi yang tepat untuk kebutuhan usaha yang akan atau sedang diuji.

  • Analisa Aspek Finansial

Analisa yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik finansial melalui data akuntasi dan keuangan nya.  

Hal yang Perlu Dievaluasi dalam Usaha

  1. Kinerja dan Target Usaha

performa  atau pencapaian tentunya harus selalu ditingkatkan karena bertujuan untuk mengembankan perusahaan atau usaha. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi kinerja dan target usaha yang sudah Anda capai selama ini untuk mengetahui pencapaian dari kinerja Anda dan mengetahui kesalahan yang Anda lakukan tanpa sadari. Dengan adanya evaluasi kinerja dan target usaha maka Anda bisa menjadi lebih produktif dan meningkatkan skill. 

  1. Perkembangan Produk atau Layanan 

Dalam menjalankan usaha, pastinya akan ada kompetitor yang membuat produk serupa. Maka Anda perlu melakukan evaluasi perkembangan produk atau layanan agar dapat bersaing dengan kompetitor. 

  1. Cash Flow Usaha

Aliran uang masuk dan keluar tentunya memerlukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi pada cash flow maka Anda dapat mengetahui kondisi kondisi keuangan apakah dalam kondisi baik atau buruk. 

evaluasi usaha adalah
  1. Riset Kepuasan Konsumen

Evaluasi pada konsumen sangat penting untuk memperbaiki hal – hal yang menjadi keluhan dari para pelanggan, dan mencari tahu apa yang perlu ditingkatkan dari produk atau jasa Anda. 

Waktu yang Tepat Dalam Evaluasi Usaha 

Sebagian pelaku usaha akan melakukan evaluasi sebelum memasuki akhir tahun dan menelaah kembali pencapaian yang telah diraih. Untuk lebih mudah melakukan perencanaan strategis, maka Anda dapat melakukan evaluasi secara:

  • Rutin atau Berkala

Lakukan evaluasi secara rutin misalkan bulanan, tiap semester, atau tahunan. Evaluasi ini dapat menyangkut kegiatan sehari-hari seperti pendapatan maupun pengeluaran. Evaluasi tahunan bisa mengenai laporan keuangan, penilaian karyawan dan juga untuk melihat peluang atau strategi yang dapat dilakukan untuk tahun berikutnya. 

  • Evaluasi Insidental

Evaluasi insidental dapat dilakukan setiap saat apabila terjadi masalah atau kemunduran pada usaha. Evaluasi ini bersifat formatif yakni dilakukan di tengah berlangsungnya proyek agar terdapat perbaikan, serta bersifat sebagai sumatif yakni mengambil pelajaran dari suatu proyek yang sudah selesai. Evaluasi ini tentunya akan jauh lebih mudah apabila memiliki catatan data audit operasional dalam satu tahun kebelakang. 

Baca juga: Cegah Kegagalan Saat Berbisnis Online, Ini Penyebab & Solusinya

Pinjaman beragunan properti untuk mengembangkan usaha Anda, dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat melakukan nilai  perhitungan properti yang Anda miliki melalui fitur yang telah kami sediakan. Coba sekarang disini

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant