endorsement

Anda tentunya sering melihat selebgram mengiklankan suatu produk di media sosial. Mereka mempromosikan barang ataupun jasa sehingga pengikutnya tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa tersebut. 

Dalam dunia bisnis, endorse bisa menjadi salah satu strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Apa itu endorse dan bagaimana endorse bisa meningkatkan bisnis? Simak dalam artikel ini. 

Apa Itu Endorsement? 

endorsement

Endorse merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah dukungan atau persetujuan. Kata endorse menjadi bagian dari aktivitas promosi yang memanfaatkan orang lain untuk mendukung dan juga memasarkan barang atau jasa.

Pada zaman sosial media yang digunakan banyak orang, banyak pemilik bisnis memanfaatkan kegiatan endorsement sebagai bentuk kegiatan promosi agar barang dan jasanya dikenal banyak khalayak dan mendapatkan penjualan yang baik. Biasanya, endorse dilakukan oleh seorang public figure, atau selebgram yang memiliki jumlah pengikut(follower) yang banyak pada sosial media. 

Manfaat dari Endorsement

Sebagai pemilik bisnis, Anda pastinya ingin agar usaha Anda dapat berjalan dengan laris di pasaran. Tujuan utama dari endorsement adalah untuk meningkatkan penjualan pada produk atau jasa yang ditawarkan. Selain untuk meningkatkan penjualan, Endorsement juga dapat berfungsi sebagai branding dan pengenalan produk. Biasanya para calon konsumen akan mendapatkan kepercayaan atau tertarik apabila seorang public figure menggunakan produk atau jasa tersebut. Maka dari itu pemilihan public figure atau selebgram yang tepat dapat menjadikan produk atau jasa Anda lebih dikenal luas. 

Kelebihan Menggunakan Endorsement 

endorsement

Berikut ini merupakan kelebihan menggunakan Endorsement untuk produk atau jasa Anda, yakni: 

  1. Sebagai Media Promosi 

Endorsement dapat digunakan sebagai media promosi, yakni dengan menggunakan public figure, atau selebgram yang memiliki target audience yang sesuai dengan produk atau jasa Anda. Public figure atau selebgram tersebut nantinya akan memposting konten yang berkaitan dengan produk Anda melalui media sosialnya, sehingga para pengikutnya dapat mengetahui produk atau jasa Anda. 

  1. Menghemat Biaya Pemasaran

Selain efektif, pemasaran yang dilakukan menggunakan endorsement juga dapat menghemat biaya pemasaran. Dana yang dikeluarkan jauh lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran lain seperti melalui televisi maupun radio. 

  1. Meningkatkan Jumlah Pengikut (Followers) 

Saat seorang public figure atau selebgram memposting suatu produk, maka kebanyakan pengikut atau fansnya  pasti akan tertarik dengan produk tersebut. Hal ini dapat membuat produk Anda dikenal banyak orang, dan mendapatkan jumlah pengikut maupun meningkatkan jumlah penjualan. 

Baca juga:

Manfaat & Strategi Marketing Melalui Media Sosial

Pentingnya Review Pelanggan Agar Usaha Makin Sukses

11 Jenis Promosi & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Kerugian Endorsement 

Selain adanya kelebihan, endorsement juga mendatangkan kerugian apabila tidak dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa kerugian dari endorsement:

  • Tidak Sesuai dengan Target Market 

Untuk melakukan endorsement, Anda pasti akan mengeluarkan biaya untuk public figure atau selebgram yang dituju, namun apabila target market dari public figure tersebut tidak sesuai dengan produk ataupun jasa Anda, maka Anda akan mengalami kerugian. Maka dari itu pilihlah talent endorsement  yang sesuai dengan produk atau jasa Anda. Misalnya Anda memiliki usaha alat masak, Anda bisa menyasar para public figure yang bergerak dibidang kuliner atau berprofesi sebagai chef.  

  • Membayangi Produk

Seorang public figure tentunya tidak hanya mengiklankan satu produk, hal ini dapat membuat produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya yang serupa. Maka dari itu Anda perlu memberikan pengarahan yang jelas serta adanya perjanjian kerjasama yang sesuai. Apabila waktu kontrak yang digunakan sudah selesai, maka public figure tersebut  diperbolehkan atau dapat meng endorse produk serupa dari brand lain. 

Panduan Memilih Endorsement 

endorsement

Dalam memilih endorsement, ada beberapa panduan yang dapat Anda lakukan, agar tidak salah langkah. Berikut beberapa panduannya: 

  1. Jumlah Followers

Banyaknya follower mempengaruhi strategi pemasaran untuk produk Anda. Anda dapat memilih talent yang memiliki banyak follower yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun pastikan bahwa pengikut yang mereka miliki merupakan pengikut atau follower aktif bukan follower yang didapat dari pembelian follower. 

  1. Engagement Rate

Semakin besar engagement rate, maka semakin besar nilai yang ditawarkannya dan semakin besar pula peluang keberhasilan endorsement dapat dilakukan. Angka ini dapat membuktikan bahwa pengikut yang dimiliki ialah pengikut atau follower asli bukan palsu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi engagement rate, salah satunya yakni interaktif antara talent dengan pengikutnya. 

  1. Persona

Persona merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan selain jumlah follower dan engagement rate. Persona merupakan karakter dari public figure atau selebgram yang akan Anda tuju. Dengan persona yang tepat maka pemilihan target audience yang dituju dapat tepat sasaran. Contohnya Anda memilih make up artist untuk mengiklankan produk kecantikan, Peralatan Bayi  seperti popok, kepada public figure yang baru memiliki anak bayi, koki  terkenal untuk alat peralatan masak dan lain sebagainya.   

  1. Biaya yang Ditentukan 

Biaya atau budget menjadi hal yang tidak kalah penting. Dalam menjalankan endorsement, pastikan Anda memilih talent yang sesuai dengan biaya yang telah ditentukan. Apabila budget telah tersedia lebih banyak, maka Anda bisa menggunakan talent yang memiliki lebih banyak pengikut.  


Jadikan properti Anda sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Lancar by Danamas merupakan platform pinjaman beragunan properti yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan tambahan dana sebagai modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Hanya dengan sertifikat properti, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha yang aman, mudah dan cepat. Ajukan sekarang disini!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-menambah-followers-ig

15 Cara Menambah Followers IG Organik Terbaru Sesuai Algoritma Tanpa Aplikasi

Cara menambah followers IG tidaklah sesulit sebelumnya yang sama sekali tidak bisa diprediksi. Bahkan terkadang Anda harus sampai melakukan beberapa cara-cara seperti follow for follow. Namun, saat ini algoritma Instagram hadir lebih menyesuaikan dengan kebutuhan user, dimana sebenarnya jauh lebih kompleks karena memperhatikan relevansi dan konsistensi. 

Strategi branding sangatlah ampun untuk membangun bisnis, salah satunya melalui Instagram. Jadi, sudah waktunya bagi kita mulai memahami bagaimana Instagram bekerja. Sebetulnya, pengalaman yang ingin ditonjolkan Instagram dari waktu ke waktu tentu saja akses kemudahan dan relevansi konten yang dapat berkaitan dengan usernya. Sehingga, waktu yang user habiskan dalam Instagram bisa menjadi lebih lama durasinya. Nah, inilah yang menjadi fundamental awal berpikir bagaimana Anda menambah followers bukan? Mulai dari membantu Instagram untuk menyediakan konten yang terbaik dan sesuai dengan target pasar Anda. 

Menarik bukan perpindahan cara berpikir algoritma dan machine learning saat ini? Penasaran, yuk sama-sama kupas tuntas bagaimana cara jitu menambah followers IG organik, tanpa website ataupun aplikasi! 

Mengapa Harus Optimasi di Instagram?

Riset dikemukakan dari We Are Social menyatakan bahwa Indonesia adalah pengguna Instagram terbanyak pada posisi ke-4 di dunia. Hasil riset ini diambil pada bulan April 2022. Sudah jelas saat ini tentu semakin bertambah, meskipun adanya Tik Tok. Persebaran pengguna terbanyak byotu 21.6% individu penggunanya berusia 25-34 tahun dan 3,1% untuk usia 18-24 tahun. Daya waktu yang dihabiskan user menatap Instagram mencapai 74 menit per hari dibandingkan Tiktok yang lebih tinggi yaitu 1,5 jam. 

Ini beberapa alasan pendukung mengapa bisnis Anda perlu mengoptimasi Instagram untuk strategi marketing: 

  • Instagram memiliki pengguna aktif 1 miliar, terlepas dari seberapa besar potensi pasar Anda. Namun, ini adalah wadah yang cocok untuk memperkenalkan produk dan mengoptimasinya untuk menjadi pembelian. 
  • Pengguna aktif Instagram saat ini adalah mereka yang usianya lebih dari 34 tahun atau lebih. Dimana ini bisa dikategorikan sebagai masyarakat yang memiliki kekuatan membeli yang tinggi. 
  • Setiap hari paling tidak user memiliki kebiasaan memiliki 53 menit untuk ada di dalam Instagram. 83% dari penggunanya memiliki tujuan untuk mencari produk atau jasa. Jadi dengan menggunakannya secara efektif, Anda bisa dengan sangat mengoptimalkan pasar agar dapat melakukan pembelian di berbagai platform Anda. 

15 Cara Menambah Followers IG Organik, Tanpa Bayar Untuk Jangka Panjang! 

Optimasi secara organik perlu dilakukan dengan membuat akun Anda tampil berdasarkan preferensi pasar Anda. Mulai terlebih dahulu dengan mengemukakan siapa Anda lewat kata kunci yang tepat. Jika tidak, maka Anda tidak bisa mengoptimalkan akun. Semua dimulai dengan kata kunci yang tepat. Nah, untuk itu ini dia langkah yang perlu Anda siapkan untuk mengoptimasi Instagram agar bisa menambah banyak followers! 

1. Gunakan Reels 

Aktifkan Instagram Anda dengan menggunakan reels, saat menggunakan reels Anda bisa jadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan banyak orang yang bukan berasal dari followers Anda. Namun, pastikan dulu untuk melakukan riset konten yang hendak Anda gunakan untuk menjadi reels. 

Menurut beberapa riset menggunakan jenis konten seperti: behind the scene, menambah teks pada video dan konten how to tips. Ini nyatanya membantu pergerakan reels bisa memiliki jangkauan yang luas. Dari sini Anda bisa menentukan siapa target pasar dengan konteks video dan konten yang ditampilkan. 

Jangan lupa diakhir dari Reels selalu menghimbau user untuk follow agar bisa menambah penggemar dari konten Anda. Jadi, apa kuncinya? Selalu analisa pasar, tentukan kebutuhan dan permasalahan mereka, mulai pecahkan masalah tersebut lewat konten Anda! Konten berguna, tentu saja followers meningkat. Autoritas akun semakin baik, Wow menarik bukan! 

2. Bio Profil yang Jelas + Tagar

Prinsip utama adalah pastikan agar bio profil Anda memiliki pesan yang disampaikan, paling tidak menjelaskan siapa Anda dan apa yang Anda jual atau tawarakan. Unique selling point, inilah yang sangat berguna untuk membantu Anda jadi lebih menarik dan berbeda dengan audiens lainnya. 

Penggunaan tagar yang tepat dan sudah diriset, nah Anda tentu bisa menggunakan kolom search untuk mencari apa saja kira-kira tagar yang potensial untuk Anda miliki dan secara konsisten menaruhnya dalam setiap post Anda. Pastikan juga memiliki CTA (Call to Action), diimanakah Anda akan menjual barang atau melakukan pembelian atau jasa. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan beberapa 3rd party apllication yang gratis seperti linktree. Nah, dengan menggunakan ini Anda jadi lebih efisien, Andapun bisa menggunakan link tersebut untuk menyebarkannya ke dalam komunitas Anda. Jadi, mudah bukan 2 cara untuk menambah followers IG Anda? Kuncinya, berikan makna dan konteks pada mesin, maka audieins dengan sendirinya akan datang! 

cara-menambah-followers-ig

3. Business Account & Hindari Diprivat!

Pastikan mengkonfigurasi akun Anda menjadi akun bisnis, ini jelas membuat akun Anda tidak diprivat. Hindari memprivat akun Anda, karena user yang datang tentu tidak memiliki akses untuk melihat akun dan bisnis Anda. Dengan mengaktifkan business account, Anda bisa menganalisa berbagai interaksi yang timbul terhadap berbagai kreatif yang Anda tampilkan.  

4. Kolaborasi Tingkatkan Engagement

Untuk meningkatkan engagement, Anda hanya perlu menciptakan kolaborasi yang kuat dengan audiens. Adapun cara yang bisa Anda coba seperti mengadakan Giveaway. Sistem yang diberlakukan dapat mengundang sebanyak-banyak orang untuk melakukan tagging, sehingga secara tidak langsung adanya branding yang dibangun lewat aktivitas tersebut.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan bekerja sama kolaborasi dengan brand lainnya, sehingga Anda bisa bertukar segmen pasar. Biasanya tidak banyak brand yang mau menerima jika Anda sama sekali belum memiliki followers. Untuk itu, ada nilai lain yang dapat Anda barter. Atau jika memang memiliki budget yang cukup tinggi, Anda bisa gunakan event untuk mengundang banyak orang. Bagaimana mendatangkan audiensnya? Anda bisa melakukan iklan dengan Instagram Ads. 

5. Sales Promotion 

Untuk mendukung jalannya akun Instagram dengan baik, Anda bisa membagikan akun Instagram Anda kepada beberapa komunitas terkait yang Anda aktif di dalamnya. Mulai lakukan berbagai promosi menggunakan Whatsapp lewat berbagai promo. Dengan ini, Anda bisa mengajak banyak orang untuk mengikuti akun Anda dan mendapatkan promo. 

6. Gunakan Alt Text 

Alt text berfungsi untuk memberikan konteks kepada kata kunci dengan menempatkannya pada setiap postingan Instagram yang sudah Anda post. Ini memberikan konteks lebih tepat kepada mesin Instagram untuk setiap foto-foto yang Anda post. 

Meski tidak menjamin, namun dengan mengadakan ini pada setiap postingan Anda, tentu membantu munculnya peluang konten Anda untuk tampil dalam discovery page Instagram ataupun saat user mencari konten dengan akta kunci yang tertarget seperti konten Anda. 

7. Riset Tagar untuk Caption

Tagar bisa dijadikan untuk mengumpulkan kata-kata kunci yang menarik dan masih berhubungan dengan kata kunci induk. Memiliki kata kunci yang terurai dengan baik melalui tagar justru sangat membantu memberikan konteks kepada mesin pencari Instagram. 

Lakukan riset tagar dengan benar terhadap konten-konten Anda, sehingga konten bisa berfungsi dengan baik terhadap kontribusi pertumbuhan organic traffic Anda. Jangan lupa juga untuk selalu mengkombinasi brand keyword dan searchable keyword. Tagar memiliki kemampuan untuk menjadi sebagai katalog produk online Anda. Jadi, pastikan untuk mengklasifikasikan tagar berdasarkan nama brand dan kata kunci pencarian terkait produk. Misal #localbrandA berarti ini menjadi kata kunci brand, #taskulitberkualitas berarti ini menjadi kata kunci penemuan produk. 

8. Waktu yang Tepat

Ini fungsi dari mengaktifkan Business Account tentunya untuk meneliti waktu yang tepat untuk melakukan postingan. Anda bisa melihat dari bar yang paling tinggi setiap jamnya juga setiap harinya. Dengan memiliki pengetahuan ini sudah jelas Anda bisa memprediksi kapan waktu yang tepat untuk memposting. 

Nah, jika posting yang Anda lihat nyatanya tinggi di jam 6 sore, maka ada baiknya untuk menaikkan postingan Anda di 1 atau 2 jam sebelumnya. Ini jelas membantu Anda untuk mendapatkan potensi konten Anda untuk dilihat oleh banyak orang atau paling tidak target audiens Anda.

9. Geo Tagging 

Bicara tentang geo tagging, sudah pasti ini berbicara tentang lokasi. Mengapa penting untuk memasukkan lokasi setiap Anda memposting konten? Ini jelas membantu meningkatkan probabilitas Anda bisa hadir dalam discovery page orang-orang yang ada dalam lokasi yang sama dengan Anda dan kebetulan sedang mencari konten yang mereka butuhkan. Jadi, jangan abaikan fitur geo tagging ini. 

10. FAQ di Highlights 

Kehadiran FAQ di highlights sebenarnya membantu konsumen Anda untuk memperhatikan sisi kualitas dan kekuatan brand Anda. Jadi, jangan lewatkan untuk memberikan FAQ yang lengkap pada Instagram Anda. Ini sangat membantu untuk menambahkan kredibilitas pada brand Anda. 

11. Follow Followers Kompetitor  

Salah satu cara yang tidak pernah bisa diabaikan adalah dengan mengikuti followers dari kompetitor dan memberikan interaksi kepada mereka. Seperti like, comment atau jika Anda memiliki promo, Anda bisa mengirimkan direct message berisikan promosi atau kupon untuk menarik perhatian mereka. 

12. Konten Kreatif

Konten adalah kunci dari segalanya, sama halnya seperti apa yang dikemukakan oleh Bill Gates yang menyatakan bahwa “Content is The King”. Jadi, jika Anda bisa menonjolkan sejak awal bahwa Anda memiliki konten yang menarik, lengkap dan jelas. Sudah pasti Anda menarik banyak perhatian setiap orang yang sudah mengunjungi profil Anda.  

Untuk itu memiliki konten kreatif akan sangat membantu Anda untuk menjadi lebih menarik terutama jika Anda memiliki warna yang senada dan produk-produk yang memang berkualitas. Setidaknya tunjukkan keunggulan Anda dari segi design ataupun konten. Jadi lebih kreatif dan mantap di depan audiens!

13. Pos Foto di Akun Pribadi & Bisnis 

Sudahkah Anda mengetahui fitur terbaru dimana Anda bisa mengajak akun lain untuk posting konten yang sama dengan Anda. Post tertaut ini bisa Anda gunakan dengan menghubungkan postingan dengan akun Instagram Anda. Pastikan memiliki followers yang cukup banyak, atau jika tidak terlalu banyak, Anda bisa menggunakan KOL (key opinion leader)

14. Video Product Tutorial 

Biasanya jika menggunakan video produk, ini justru akan membantu Anda untuk membuat tutorial produk yang baik. Ini bisa jadi salah satu bentuk pengujian terhadap produk Anda, untuk memastikan apakah produk Anda menjawab permasalahan dan kebutuhan dalam masyarakat. Nah, dengan menampilkan video tutorial melalui reels, ini jelas menambah viewers yang kemungkinan besar bisa menjadi followers Anda. Pastikan video konten berkualitas, ya! 

15. Rekomendasi Lokal

Untuk rekomendasi pastikan untuk selalu mengikuti trends dalam masyarakat setempat. Anda tidak harus selalu memberikan pengetahuan terkait produk yang dijual. Namun, untuk memasarkan produk dan brand agar semakin luas, Anda juga bisa menulis rekomendasi terkait rekomendasi tempat-tempat sekitar yang bisa dikunjungi untuk makan siang, refreshing atau sekedar staycation bersama keluarga. 

Konsistensi Awal Dari Bisnis Berbuah Manis

Gimana? Sudah paham bukan cara menambah followers IG secara organik dan efisien? Usaha yang dilakukan dengan konsistensi signifikan biasanya memberikan Anda pola terhadap bisnis. Sama halnya dengan mengoptimalkan cara menambah followers IG itu sendiri. Dengan banyaknya followers, bisnis akan semakin terlihat kredibel dan ini juga merupakan cara mengoptimalkan target pasar Anda. Mulailah konsistensi untuk membangun branding Anda adalah suatu langkah konkrit yang tepat. 

Konten adalah tahapan awal yang konkrit dalam bisnis dan wajib diteruskan dari waktu ke waktu untuk membangun hubungan dengan audiens. Biasanya dengan konten yang dibangun secara konsisten, teratur dan baik, ini jelas akan memberikan tujuan yang jelas bagi bisnis. Mulailah untuk berkreasi dengan konten produk Anda, dengan adanya wadah seperti Instagram dan fitur reelsnya. Ini justru membuat Anda semakin lebih baik untuk melakukan riset konten yang tepat.

Ambil Kesempatan Modal Usaha Besar Untuk Strategi Promosi

Jika Anda membutuhkan dana untuk menambah modal usaha membuka usaha baru, maka Anda dapat mengajukan pinjaman dana bisnis untuk kebutuhan bisnis Anda. Untuk meminjam dengan dana yang besar, Anda wajib mendapatkan pinjaman online terpercaya. Pastikan untuk memastikan memilih pinjaman online terpercaya

Danamas adalah pinjaman online terpercaya yang telah diawasi, terverifikasi dan berizin OJK sejak tahun 2000. Dapatkan pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan tenor 10 tahun. Bunga bersaing dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Ajukan pinjaman Anda di Danamas, jangan lupa kalkulasi terlebih dahulu dengan kalkulator simulasi kredit pinjaman online

Usaha-Warung-Sembako

10+ Strategi Usaha Warung Sembako, Rincian Biaya & Modal Usaha

Usaha warung sembako kini menjadi incaran banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis UMKM. Anda pasti cukup sering melihat banyak warung sembako di sekitar Anda. Namun, apakah usaha warung sembako tersebut adalah peluang yang cukup bagus di tahun ini? Usaha kecil dan menengah seperti warung sembako ini ternyata bisa bersaing dengan toko retail besar lainnya.

Peluang usaha warung sembako ini bisa jadi pilihan jitu untuk Anda yang baru mau terjun ke dunia bisnis. Bukan tanpa alasan, karena modal usaha warung sembako cenderung lebih rendah dibandingkan usaha lainnya. Selain itu, perputaran barangnya pun lebih cepat dengan barang-barang yang bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Strategi usaha warung sembako ini perlu Anda pelajari agar konsumen atau pelanggan terus berdatangan. Hal ini karena, warung sembako juga bersaing dengan toko retail minimarket. Jangan khawatir, karena artikel ini Anda akan dipandu cara memulai usaha warung sembako yang tepat agar bisa didatangi banyak pelanggan. Simak ulasan artikelnya dibawah ini yuk!

Usaha Warung Sembako

Warung sembako adalah warung atau tempat usaha yang menjual bahan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat dalam menjalankan kesehariannya, seperti beras, minyak goreng, gula, air mineral, peralatan mandi hingga peralatan cuci. Usaha warung sembako merupakan usaha yang populer dan memiliki peluang yang bagus karena setiap orang tentunya membutuhkan bahan sembako tersebut.

Warung sembako ini memiliki dua jenis tipe yaitu warung kelontong yang biasanya ukurannya lebih kecil dan hanya menggunakan modal sedikit, dan warung agen yang menyediakan barang dalam jumlah lebih banyak serta ukuran bangunannya juga biasanya lebih besar. Biasanya pemilik warung kelontong akan berbelanja di warung agen dan menjual kembali barang tersebut di warung kelontong.

Strategi & Cara Memulai Usaha Warung Sembako

Dalam memulai usaha warung sembako, maka perlu beberapa strategi atau cara tepat yang harus dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis lebih lancar dan mudah. Apabila anda tertarik untuk membuka warung sembako, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan sebelum membuka warung sembako.

1.     Tentukan Modal

Modal merupakan hal yang sangat penting saat anda ingin memulai sebuah bisnis atau usaha, karena dengan ini anda juga bisa menentukan keuntungan dan kerugian dari usaha yang anda lakukan. Begitu juga dengan usaha warung sembako, anda harus mengeluarkan modal untuk mendekorasi warung, menyewa ruko dan membeli produk sembako untuk dijual kembali di warung anda. Penentuan modal ini akan membuat anda belajar bagaimana cara mengelola keuangan bisnis kecil ini.

2.     Tentukan Lokasi

Penentuan lokasi juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam membuka warung sembako. Pastikan lokasi bisnis anda strategis, karena hal ini juga akan menentukan penghasilan yang anda dapatkan dari warung anda.

3.     Survei Harga Di Warung Lain

Lakukan survei harga di warung lain, karena anda harus mengetahui harga pasaran dari produk yang dijual. Pastikan ana tidak menjual barang dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan warung sembako lainnya.Tetapi jangan juga menjual produk dengan harga di bawah pasar, hal ini tidak baik untuk kedepannya. Pastikan anda menjual produk dengan harga yang sudah disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi warung anda.

4.     Sediakan Kebutuhan Sembako Yang Lengkap

Pastikan juga warung sembako anda menyediakan kebutuhan yang komplit, dengan ini pembeli akan lebih menyukai datang ke warung anda karena mereka bisa menemukan semua kebutuhan pokok yang mereka cari tanpa harus mengunjungi banyak warung.

5.     Variasikan Produk Dagangan

Kebutuhan pelanggan atau pembeli senantiasa terus berganti, variasikan barang dagangan anda dengan berbagai macam kebutuhan masyarakat. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang sedang naik dan disukai sehingga warung yang anda jalankan bisa laris manis.

6.     Lengkapi Dengan Kebutuhan Penunjang

Jangan lupa untuk melengkapi warung sembako yang anda kelola dengan alat penunjang lain seperti timbangan, kantong belanja, mesin penghitung dan peralatan lain yang dapat menunjang usaha anda dalam melayani pelanggan.

7.     Cari Pemasok Dengan Harga Yang Terjangkau

Ini juga merupakan salah satu unsur penting untuk memulai usaha warung sembako. Anda bisa mencari supplier yang menawarkan harga tidak terlalu tinggi sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

8.     Perhatikan Kualitas Barang

Walaupun anda menyediakan barang atau kebutuhan dengan harga yang murah, anda juga harus tetap memperhatikan kualitas dari barang yag anda jual. Apabila anda hanya mengandalkan harga murah tetapi kualitas barang tidak baik, nantinya hal ini akan membuat pelanggan beralih ke warung lain. Jadi, pastikan anda menjual produk yang berkualitas.

9.     Berikan Pelayanan Yang Terbaik

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, hal ini bisa membuat mereka nyaman saat berbelanja di warung anda.

10.  Pastikan Stok Barang Tersedia Dan Buat Pembukuan

Pastikan kelancaran dari jumlah ketersediaan barang yang anda jual, sehingga pelanggan dapat terus membeli barang di warung anda tanpa perlu khawatir kehabisan atas produk yang mereka cari. Selain itu anda juga harus mulai untuk membuat pembukuan atas usaha anda sehingga catatan keuangan bisa dicatat secara detail. Pembukuan ini nantinya juga akan membantu anda untuk mengambil keputusan terkait warung sembako yang sedang anda jalankan.

Surat Izin Usaha Warung Sembako (SIUP)

Usaha warung sembako atau juga yang disebut dengan ritel tradisional diartikan sebagai perusahaan atau usaha kecil dan menengah yang menjual barang dagangan secara eceran. Bentuk atau jenis dari usaha warung sembako ini adalah dengan menjual barang kebutuhan sehari-hari yang berada pada wilayah perumahan, pedagang kaki lima, pedagang yang berjualan di pasar tradisional. Izin usaha warung sembako atau toko kelontong ini dibutuhkan saat Anda ingin mendirikan usaha warung sembako.

A. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan yang merupakan perizinan operasional sebuah usaha barang atau jasa. SIUP bisa menjadi salah satu legalitas yang harus dipahami saat Anda memulai bisnis startup. SIUP untuk perdagangan mencakup kegiatan jual beli sedangkan SIUP jasa meliputi aktivitas sewa-menyewa dengan kekayaan bersih diatas Rp 50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).

Namun, jika pendapatan bersih dibawah Rp 50 juta, maka bisa mengajukan SIUP jika Anda menghendaki, contohnya untuk memenuhi persyaratan pinjaman ke lembaga keuangan atau ikut tender pengadaan barang dan jasa.

Seusia dengan Pasal 4 ayat 1 huruf C Permendag 46/2009, bahwa setiap perusahaan yang melakukan usaha perdagangan wajib memiliki surat izin usaha. Berikut kriteria wajib memiliki SIUP:

  • Usaha yang dijalankan adalah perseorangan atau persekutuan
  • Kegiatan usaha diurus, dijalankan atau dikelola oleh pemiliknya ataupun anggota keluarga dekat.
  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta dan tidak termasuk tanah dan bangunan. Namun, perusahaan perdagangan mikro harus tetap mendapatkan SIUP jika dikehendaki oleh perusahaan.
  • Sebaiknya, permohonan surat izin usaha ini diajukan kepada Pejabat Penerbit SIUP dengan melampirkan surat permohonan yang ditandatangani oleh Pemilik atau Pengurus Perusahaan dengan materai dan dokumen yang disyaratkan dalam Lampiran II Permendag 36/2007.

Adapun syarat Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

1. Syarat SIUP untuk Perorangan

  • Fotokopi KTP pemegang saham perusahaan / pemilik usaha
  • Fotokopi NPWP
  • Surat domisili asli / SITU
  • Neraca Perusahaan
  • Materai Rp 10.000
  • Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)
  • Surat izin lain yang terkait usaha yang dijalankan

2. Syarat SIUP untuk Perseroan Terbatas (PT)

  • Fotokopi KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab Perusahaan/pemegang saham
  • Fotokopi KK jika penanggung jawabnya seorang perempuan
  • Fotokopi NPWP
  • Surat Keterangan Domisili / SITU
  • Fotokopi Akta Pendirian PT dan fotokopi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum
  • Surat Izin Gangguan (HO) dan Surat Izin Prinsip
  • Neraca perusahaan
  • Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar).
  • Materai Rp10.000
  • Surat izin teknis dari instansi terkait jika diminta

3. Syarat SIUP untuk Koperasi

  • Fotokopi KTP Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas Koperasi
  • Fotokopi NPWP dan Fotokopi Akta Pendirian Koperasi
  • Daftar susunan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas
  • Fotokopi SITU dari Pemerintah Daerah (Pemda)
  • Neraca koperasi
  • Materai senilai Rp10.000
  • Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Izin lain yang terkait lainnya

4. Syarat SIUP Untuk Perseroan Terbuka (Tbk.)

  • Fotokopi KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan
  • Fotokopi SIUP sebelum menjadi perseroan terbuka
  • Fotokopi Akta Notaris Pendirian dan Perubahan perusahaan dan surat persetujuan status perseroan tertutup menjadi perseroan terbuka dari Departemen Hukum dan HAM
  • Surat keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal bahwa perusahaan yang bersangkutan telah melakukan penawaran umum secara luas dan terbuka
  • Fotokopi Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan (STP-LKTP) tahun buku terakhir
  • Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (2 lembar)

B. Langkah untuk Permohonan SIUP

Untuk membuat SIUP, maka Anda membutuhkan beberapa langkah permohonan. Anda perlu memiliki formulir pendaftaran yang bisa didapat dari kantor dinas perdagangan. Lebih lengkap cara permohonan SIUP, berikut langkah-langkahnya.

  1. Ambil Formulir Pendaftaran: Anda perlu mengambil formulir pendaftaran di Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran tersebut dan bubuhkan tanda tangan diatas materai Rp 6.000. Lalu, fotokopi 2 rangkap dan gabungkan bersama dengan syarat administrasi pembuatan SIUP
  3. Melakukan Pendaftaran: Setelah itu, lakukan transaksi pembayaran SIUP di setiap daerah biaya tentu akan berbeda.
  4. Pengambilan SIUP: SIUP akan selesai dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu setelah permohonan yang nantinya petugas dari kantor dinas akan menghubungi Anda.

14 Barang Wajib Untuk Buka Bisnis Warung Sembako

Ketika membuka usaha warung sembako, pastikan juga anda menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan masyarakat, supaya warung sembako anda laris manis diserbu pembeli. Berikut rekomendasi barang yang harus ada di warung sembako:

1.     Beras

Beras adalah salah satu makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi anda untuk menjual beras di warung sembako yang sedang anda kelola.

2.     Minyak Goreng

Masyarakat Indonesia juga menyukai berbagai olahan goreng-gorengan, sehingga minyak goreng juga wajib ada dalam daftar barang yang ada di warung sembako anda.

3.     Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pastikan kamu menyediakan tempat penyimpanan khusus yang rapi untuk telur, mengingat telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah pecah.

4.     Tepung Terigu

Bahan masakan yang satu ini juga banyak dibutuhkan oleh banyak orang baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun usaha.

5.     Mi Instan

Mi Instan juga wajib anda sediakan karena makanan ini terkadang menjadi alternatif makanan orang Indonesia setelah nasi. Pastikan anda menyediakan mie instan ini dari berbagai merek dan rasa.

6.     Cemilan Makanan Ringan

Beberapa camilan makanan ringan yang bisa anda sediakan di warung sembako adalah wafer, biscuit, permen, ciki, cokelat dan sebagainya.

7.     Air Mineral

Setiap individu membutuhkan air minum, sehingga air mineral wajib ada di dalam daftar barang yang dijual. Anda bisa menyediakan air mineral dalam berbagai kemasan mulai dari kemasan gelas hingga gallon.

8.     Minuman Kemasan

Supaya lebih lengkap, anda juga bisa menyediakan beragam minuman kemasan seperti minuman berenergi, susu UHT, teh, kopi dan lain-lain.

9.     Bumbu Masak Instan

Produk satu ini sering dicari oleh ibu-ibu karena memudahkan mereka dalam membuat makanan. Anda bisa menyediakan bumbu masak instan untuk ikan goreng, ayam goreng, tempe goreng, sayur sop hingga penyedap rasa. Anda juga bisa menyediakan berbagai bumbu utama seperti gula, garam dan merica.

10.  Makanan Kalengan

Jangan lupa juga untuk menyediakan makanan kalengan seperti sarden dan kornet, anda bisa menyediakannya dalam berbagai macam ukuran menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

11.  Perlengkapan Mandi

Selain keperluan masak, warung sembako yang anda kelola juga harus dilengkapi dengan produk kebersihan tubuh atau perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi dari berbagai macam merek dengan berbagai ukuran.

12.  Pembalut

Produk lain yang harus ada di warung sembako adalah pembalut, mengingat setiap bulannya pasti ada Wanita yang mengalami menstruasi. Anda bisa menyediakan berbagai jenis pembalut dengan berbagai macam merek dan ukuran.

13.  Popok Bayi

Selain pembalut, popok bayi sekali pakai juga salah satu produk yang bisa anda jual. Terdapat dua tipe popok bayi, yaitu celana dan perekat. Anda bisa menyediakan keduanya karena pemakaiannya menyesuaikan dengan usia anak.

14.  Rokok

Rokok menjadi salah satu barang yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Anda bisa menjual rokok dalam bentuk per bungkus satu kemasan atau secara eceran/batangan.

Rincian Biaya Usaha Warung Sembako

Berapa kira-kira biaya yang diperlukan untuk membuka warung sembako rumahan? Berikut ini contoh rincian modal warung sembako yang bisa anda jadikan inspirasi.

Apabila anda membuka warung sembako di rumah dan sudah memiliki ruangan tersendiri untuk warung tersebut, berarti anda hanya perlu menyiapkan peralatan seperti etalase, timbangan, kalkulator, rak, dan lain-lain. Untuk biaya membeli peralatan tersebut setidaknya anda membutuhkan modal kurang lebih Rp3.000.000, hal ini bisa berubah tergantung dari berapa banyak peralatan yang harus anda beli.

Selain itu, jangan lupa untuk menghitung biaya operasional bulanan seperti biaya air, listrik dan tambahan dagangan yang habis. Anda bisa mengalokasikan modal kurang lebih Rp2.000.000 untuk keperluan tersebut.

Selain itu, untuk membeli barang yang akan dijual, anda bisa mengalokasikan modal Rp5.000.000 dan anda sudah bisa mendapatkan bahan-bahan sembako yang cukup lengkap seperti beras, telur, minyak goreng, gula dan lain-lain.

Itulah contoh rincian modal untuk membuka warung sembako yang bisa anda jadikan inspirasi. Dengan modal kurang lebih Rp10.000.000 anda sudah bisa memulai bisnis dengan membuka warung sembako. Tentunya, harga-harga diatas bisa berubah menyesuaikan dengan jumlah barang yang ingin anda jual.

Jalankan Strategi Bisnis dengan Modal Usaha UMKM ini!

Apabila anda membutuhkan modal atau tambahan dana untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, anda bisa mendapatkan tambahan dana dari pihak lain karena saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman dana. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman multiguna yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. 

Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan jaminan properti. Pengajuan bisa anda ajukan dengan mudah dan praktis serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Kemudahan juga bisa dirasakan dengan adanya kalkulator simulasi kredit yang bisa Anda coba untuk simulasikan cicilan Anda. Selain itu, coba juga kalkulator pinjaman untuk hitung dan cek nilai properti yang Anda jadikan agunan di Danamas. Langsung download aplikasinya sekarang juga untuk pinjaman online umkm terpercaya!

Employee-engagement

Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Salah satu faktor penting untuk menjaga kinerja dan loyalitas karyawan adalah employee engagement. Untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif, suportif dan aktif tentu diperlukan usaha dari manajemen perusahaan dan keterlibatan pihak di perusahaan terkait. Pertama kali istilah ini dipopulerkan oleh Gallup Consultant di tahun 2004. Walaupun serupa tapi ternyata employee engagement berbeda dengan employee happiness atau kebahagiaan dalam bekerja. 

Loyalitas dalam bekerja dibutuhkan, walau kenyataannya, banyak pekerja yang bahagia bekerja di perusahaan tersebut tapi tidak engaged dengan visi dan misi perusahaan serta tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Jadi meskipun kebahagiaan karyawan adalah hal penting, tapi membuat karyawan engaged sangat penting untuk memberikan kenyamanan bekerja.

Memiliki pekerja yang engaged bekerja di perusahaan anda merupakan sebuah hal yang bagus. Untuk mencapai ini, tentu saja karyawan harus merasa terhubung dengan nilai-nilai perusahaan. Dengan ini, Employee Engagement ada di dalam perusahaan! Yuk, simak artikel ini dalam membahas Employee Engagement!

Apa Itu Employee Engagement 

Berdasarkan definisi, employee engagement merupakan usaha yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengetahui hubungan antara organisasi dan karyawannya. Employee Engagement bisa dilihat dari segi kualitatif maupun kualitatif. Gallup Consultant membuat konsep ini populer pada tahun 2004, dan prinsip employee engagement masih diadopsi dan digunakan hingga saat ini. 

Employee engagement adalah sebuah konsep yang memang serupa dengan tingkat kebahagiaan dalam bekerja, namun keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Menurut Kevin Kruse, mungkin ada banyak karyawan yang memang senang bekerja disebuah perusahaan namun terkadang mereka tidak terlalu ‘terhubung’ dengan visi misi serta tugas yang menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di perusahaan. Dengan ini, memanglah penting untuk mengetahui tingkat kebahagiaan karyawan, namun untuk mengetahui seberapa engaged karyawan disebuah perusahaan jugalah penting terhadap kenyaman bekerja di sebuah perusahaan.

Strategi Employee Engagement

Dalam menjalankan employee engagement, ada baiknya bilamana anda juga menyusun sebuah strategi untuk menyusun employee engagement. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan kategori karyawan yang ada di perusahaan anda, kemudian menyusun strategi yang cukup untuk perusahaan anda. Untuk mengetahui tingkatannya, karyawan di perusahaan anda harus mengisi sebuah kuesioner yang dinamakan The Gallup Q12 Index, dimana 12 pernyataan akan disediakan dan karyawan diberikan kesempatan untuk memberikan skala 1-5, dimana 1 artinya sangat tidak setuju dan 5 yang artinya sangat setuju. Berikut adalah tingkatan yang terdapat di Employee Engagement:

  • Sangat tidak engaged
  • Tidak engaged
  • Hampir engaged
  • Engaged
  • Sangat engaged

Manfaat Employee Engagement

Employee Engagement sebenarnya merupakan hal yang cukup penting bagi sebuah perusahaan. Tak hanya itu saja tapi juga memberikan manfaat yang besar untuk perusahaan dan karyawan. Pentingnya Employee Engagement bisa dilihat dari dua sisi yang berbeda, yakni dari sisi perusahaan dan juga karyawan. 

1. Manfaat Employee Engagement Bagi Karyawan

Jika dilihat dari sisi para karyawan, employee engagement merupakan sebuah hal yang penting karena dengan ini, karyawan dapat menyadari peran mereka dalam perusahaan dan menjadikan hal tersebut sebuah dorongan untuk merasa bersemangat dalam pekerjaan mereka dan juga membuat mereka merasa kalau mereka memberikan kontribusi yang bagus untuk tujuan perusahaan.

a. Bentuk Ikatan Kuat Dengan Perusahaan

Tujuan utama adanya employee engagement yaitu untuk menciptakan hubungan yang erat. Hal tersebut membuat karyawan lebih dihargai oleh perusahaan. Mereka akan bangga sudah berhasil bekerja di perusahaan tersebut dan bersedia memberikan kemampuan terbaik.

b. Ciptakan Iklim Inovatif

Tak jarang inovasi perusahaan hadir karena memiliki karyawan yang kreatif. Dengan adanya employee engagement, maka akan memicu terciptanya iklim yang inovatif. Tentu saja suasana di perusahaan akan menyenangkan bila menerapkannya dengan baik.

c. Lebih Mudah Selesaikan Konflik

Dengan adanya employee engagement, maka akan memotivasi karyawan untuk merasa dihargai. Tak terkecuali dalam menyelesaikan konflik, misalnya dihadapi masalah yang berkaitan dengan perusahaan tempat bekerja. 

Metode employee engagement ini adalah metode yang didalamnya mampu membuat karyawan bisa bekerja maksimal tanpa menghiraukan konflik yang sebelumnya sudah terselesaikan.

2. Manfaat Employee Engagement Bagi Perusahaan

Jika dilihat dari sisi perusahaan, employee engagement diadakan agar dapat melihat seberapa loyal seorang karyawan bekerja di kantor mereka. Selain itu, perusahaan juga ingin melihat bagaimana karyawan dapat menyelesaikan tugas mereka tepat waktu dengan kualitas yang bagus dan dapat merasa bangga atas pekerjaan mereka. Jika karyawan dapat engaged dengan baik, diharapkan hal ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas mereka dan juga mempertahankan para karyawan di perusahaan atau membuat tingkat turnover rate menurun.

a. Terbentuk Komitmen

Manfaatnya yaitu perusahaan akan membentuk komitmen baik dengan karyawan. Dengan adanya karyawan yang engaged, maka perusahaan akan memperoleh karyawan yang loyal dan bisa menjaga nama baik bisnis.

b. Punya Karyawan Suportif

Jika employee engagement sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya, maka karyawan yang dimiliki perusahaan akan lebih suportif. Tak hanya itu saja, karyawan juga akan selalu berlaku positif. Sehingga tujuan utama perusahaan bisa lebih mudah dicapai.

5 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Employee Engagement

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi employee engagement? Jika di perusahaan anda masih belum menerapkan sistem ini dengan benar, sebaiknya anda mempelajari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya, agar bisa melakukan perbaikan jika dirasa ada kekurangan.

1. Kekuatan Kepemimpinan

Menurut Laurie Sudbrink yang merupakan seorang pendiri Unlimited Coaching Solution Inc mengatakan “Pemimpin memiliki peran signifikan dalam membentuk employee engagement”. “Kemampuan pemimpin secara otentik membangun hubungan dengan anggota tim, tingkat self awareness, tanggung jawab, kesehatan dan kesejahteraan, semuanya dapat berdampak signifikan ke employee engagement”. Jadi seorang pemimpin memang harus mempertimbangkan kualitas dari kepemimpinannya agar tercipta hubungan kerja yang positif, konstruktif dan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan.

2. Peluang Pengembangan Karir

Merujuk pada HBR, karyawan yang memperoleh peluang pengembangan karir 15% lebih terlibat dan mempunyai retensi 34% lebih tinggi jika dibandingkan mereka yang tidak. Ketika perusahaan memberikan peluang pada karyawan untuk fokus mengembangkan karir, maka perusahaan akan mendapatkan tren positif di employee engagement. Adanya peluang tersebut, akan membuat karyawan tetap ada di organisasi karena para karyawan bisa mengembangkan karir dan mendorongnya untuk memberikan kinerja terbaik.

3. Umpan Balik & Penghargaan

Salah satu komponen penting dalam employee engagement adalah komunikasi yang baik antara karyawan dan manajemen. Membangun sistem feedback merupakan cara baik untuk mengasah keterampilan komunikasi tersebut. Ketika memberikan feedback, ada “penghargaan” yang juga turut andil. Agar efektif, penghargaan dibuat atas pencapaian spesifik jadi karyawan tau peran mereka untuk kesuksesan perusahaan dan hal tersebut membuatnya merasa dihargai.

4. Budaya Peduli & Saling Mendukung

Menunjukkan dukungan, kepedulian dan penghargaan akan membuat karyawan merasa kalau kinerjanya berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan. Hal tersebut tentu akan menciptakan pengalaman kerja positif dan tingkatkan skor employee engagement.

5. Kejelasan Visi & Misi Perusahaan

Berdasarkan survey Porter Novelli menunjukkan kalau 70% karyawan mengungkapkan tidak akan bekerja di perusahaan tanpa tujuan yang kuat dan 90% karyawan bekerja di perusahaan dengan tujuan kuat akan merasa terinspirasi, loyal dan termotivasi. Saat karyawan memiliki tujuan yang sama dengan rekan kerja yang lain dan komitmen kuat terhadap visi, misi dan nilai perusahaan maka employee engagement akan terbangun kuat. 

10 Program Untuk Meningkatkan Employee Engagement 

Di bawah ini ada beberapa program yang bisa digunakan untuk meningkatkan employee engagement. Perusahaan bisa menerapkannya, walaupun semua kembali ke kebutuhan dan cara masing-masing agar para karyawan senang bekerja di perusahaan. Karyawan yang loyal dan senang, maka kinerjanya bisa meningkat dan tentu saja performa perusahaan juga akan meningkat.

1. Lunch-Learning

Lunch-learning maksudnya adalah makan siang dan belajar. Namun belajar disini bukan mempelajari hal yang berat, tapi bertujuan untuk mengenali satu sama lain dengan tau tanggal ulang tahun dan lainnya. Pastikan acara singkat tapi berkesan dan tidak membosankan.

2. Perayaan

Banyak perusahaan yang selalu mengadakan acara tahunan untuk merayakan anniversary perusahaan tiap tahunnya. Tapi sebenarnya perayaan lain juga bisa dilakukan seperti event nasional atau internasional seperti makan malam Thanksgiving, Halloween dan lainnya.

3. Pelatihan

Pelatihan sering kali diingat sebagai kegiatan yang membosankan. Untuk membuatnya menyenangkan, carilah pembicara khusus untuk sesi pelatihan yang materinya menarik dan menyegarkan, seperti mengajarkan karyawan untuk mempelajari sesuatu yang baru.

4. Olahraga Bersama

Untuk menjalin keakraban antar karyawan bisa dibentuk tim-tim olahraga. Misalnya olahraga basket, sepak bola, badminton, senam dan lainnya.

5. Hari Khusus Khas Perusahaan

Cara lain untuk tingkatkan awareness sekaligus branding adalah dengan membuat hari khusus. Contohnya adalah “casual day”, jadi di hari tersebut para karyawan bebas memakai baju santai tapi sopan versi mereka.

6. Gathering

Gathering di luar kantor dengan mengajak anggota keluarga adalah kegiatan yang disukai banyak karyawan. Misalnya menginap di villa, membakar daging atau jagung di malam hari atau kegiatan seru lainnya.

7. Galang Dana & Hari Amal

Mengadakan penggalangan dana dan hari amal adalah salah satu cara lain untuk menyatukan karyawan demi kebaikan. Misalnya turut menyumbang atau mengadakan “Jumat Berkah” jadi tiap jumat memberikan makanan gratis pada orang yang membutuhkan.

8. Nonton Bersama

NoBar bisa menjadi aktivitas menyenangkan. Tidak harus menonton film, tapi bisa juga konser atau pertunjukan lain. Hal tersebut bisa membuat karyawan semakin akrab.

9. Bar Nights

Ada perusahaan yang memberikan kesempatan karyawan untuk mengeluarkan “unek-unek” dengan mengadakan bar night tiap minggunya di bar lokal. Dengan berbincang santai antar karyawan, bisa meningkatkan rasa percaya satu sama lain.

10. Sesi Games, Kompetisi & Turnamen

Untuk menghilangkan kepenatan bekerja, karyawan bisa dilibatkan dalam sebuah permainan, turnamen ataupun kompetisi. Misalnya mengadakan turnamen tenis, pingpong atau billiard. Tak hanya itu saja, bisa juga membentuk liga sepakbola atau futsal.

Cara Mengukur Employee Engagement

The Gallup Q12 Index merupakan sebuah tolak ukur yang digunakan untuk mengukur employee engagement. Berikut adalah 12 pernyataan dalam Q12 Index yang muncul dan dimana anda dapat menjawab dari skala 1 sampai 5, dimana 1 artinya sangat tidak setuju dan 5 yang artinya sangat setuju:

  1. Saya mengetahui apa yang perusahaan harapkan dari saya
  2. Saya tahu apa yang diekspektasikan perusahaan kepada saya
  3. Saya memiliki kebutuhan yang cukup untuk dapat bekerja dengan baik 
  4. Saya memiliki kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan saya dengan baik setiap hari ketika hari kerja
  5. Dalam rentang 7 hari, saya mendapatkan pujian dan/atau penghargaan atas kerja saya
  6. Supervisor, atau siapapun itu di kantor, peduli dengan saya sebagai seorang manusia
  7. Ada sebuah sosok di pekerjaan yang membantu saya untuk mengembangkan diri.
  8. Opini saya merupakan sesuatu yang berarti. 
  9. Visi dan misi kantor membuat saya merasa pekerjaan saya adalah pekerjaan yang penting
  10. Rekan kerja saya berambisi untuk melakukan pekerjaan dengan kualitas yang bagus
  11. Saya memiliki teman baik di kantor
  12. Dalam rentang 6 bulan, ada orang dari kantor yang menanyakan progress 
  13. Sampai tahun ini, saya memiliki kesempatan untuk belajar dan bertumbuh disaat saya bekerja.

Setelah kuesioner tersebut diisi, terdapat sebuah perhitungan lagi. Pertanyaan nomor 1,2,11, dan 12 dikalikan 2. Kemudian, angka tersebut dijumlahkan sesuai dengan angka skala yang dipilih di pertanyaan-pertanyaan lainnya. Jika sudah, anda bisa melakukan identifikasi dan dapat membuat sebuah kategori karyawan dengan perhitungan sebagai berikut:

65 – 80 = sangat engaged

33 – 64 = engaged

16 – 32 = actively disengaged

Cara Meningkatkan Engagement Karyawan 

Seperti yang kita ketahui, employee engagement merupakan sebuah hal yang penting dan wajib ditingkatkan untuk kelangsungan perusahaan. Ingin meningkatkan employee engagement di perusahaan anda? Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan hal tersebut:

  • Rekrutlah karyawan yang memiliki visi yang serupa dengan perusahaan. Dengan ini, akan terjadi kerjasama tim yang baik ketika terdapat sebuah penempatan untuk pekerjaan nanti.

  • Pelatihan karyawan merupakan sebuah hal yang penting karena melalui pelatihan, ilmu baru akan diterima oleh karyawan dan ilmu tersebut mungkin bisa digunakan untuk kemajuan perusahaan dan bahkan juga membantu agar melihat visi perusahaan dengan lebih jelas.

  • Berilah kesempatan berpendapat untuk para karyawan. Dengan ini, karyawan dapat menjadi kreatif. Dengan ide-ide yang dimiliki oleh para karyawan, perusahaan bisa saja berkembang secara pesat karena mereka memiliki ide-ide yang dimiliki oleh karyawan dan mungkin saja ide-ide tersebut dapat membantu mendorong kemajuan.

  • Kepedulian merupakan sebuah hal yang baik. Tunjukan rasa kepedulian di dalam perusahaan anda, namun tetap professional. 

  • Cobalah melakukan outbound training sehingga team building akan semakin terbentuk dan terasa. Dengan naiknya team building, ada kemungkinan besar tim dapat bekerja dengan baik secara bersama.

  • Beri penghargaan terhadap kinerja jika memang hal tersebut dirasa pantas. Sekecil apapun penghargaannya, akan terasa bermakna bagi pekerja. 

  • Berikan kesempatan bagi semua orang dengan latar belakang yang berbeda-beda untuk bergabung menjadi bagian dari tim. Makin beragam anggotanya, maka semakin luas juga wawasan diterima tiap orang.

  • Perhatikan insentif yang pantas. Pekerja yang tidak mendapat upah sebagaimana mestinya pasti akan mengeluh dan hal ini jangan dianggap remeh. Urusan yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

  • Ada jenjang karir untuk tiap profesi. Karyawan tentu tidak mau menerima tanggung jawab jika tahu masa depannya tidak jelas. Bila dalam kurun waktu 5-10 tahun ada di posisi yang sama, maka diketahui kalau manajemen perusahaannya bobrok

  • Perusahaan juga bisa menanggung asuransi kesehatan para karyawannya. Karena pekerja ini tidak hanya meluangkan waktu untuk kemajuan perusahaan, tapi juga berkorban pikiran dan tenaga.

12 Indikator Employee Engagement / Cara Mengukur Engagement Karyawan 

Apa employee engagement bisa diukur? Bagaimana cara mengukur employee engagement? Apakah rumit? Untuk membantu tim HR dalam mengukur employee engagement, ada beberapa cara yang bisa anda jadikan referensi, yuk simak rinciannya!

1. Survei

Survei dinilai konsisten, cepat dan bisa segera ditindaklanjuti ketika mengukur employee engagement. Dengan melakukan survei, maka akan banyak tanggapan dan ini mendorong keterlibatan karyawan. Umumnya, sebuah survei berupa pertanyaan singkat, sederhana dan fokus di hal tertentu. Misalnya survei mengenai kepuasan kerja:

  • Apa anda punya peluang untuk berkembang dalam tim saat ini?
  • Apa tim menginspirasi untuk memberikan usaha terbaik?
  • Apa anda merasa pimpinan tim mempertimbangkan pendapat anda ketika mengambil keputusan?

2. Tingkat Retensi Karyawan

Dengan mengukur tingkat retensi karyawan, maka bisa diketahui employee engagementnya. Tingkat retensi perusahaan yang baik, akan membuat perusahaan:

  • Menciptakan tim yang baik
  • Mengurangi biaya rekrutmen
  • Bangun budaya organisasi yang solid
  • Tingkatkan produktivitas

3. eNPS

Mekanisme eNPS sama dengan survei. Berbentuk pertanyaan tapi pakai skala. Seperti:

  • Misal skala 1-10
  • Skala ada 3, yaitu promotor (skala 9-10), pasif (skala 7-8), detractor (skala <6)
  • Pertanyaan tentang “Seberapa besar anda rekomendasikan organisasi ini sebagai tempat bekerja?” atau “Berdasarkan pengalaman, seberapa besar anda rekomendasikan organisasi kami ke saudara atau teman?”

4. Tingkat Turnover

Saat ada karyawan yang baru bekerja beberapa bulan tapi sudah memilih resign dan keadaan tersebut terjadi berulang kali, maka akan membuat tingkat turnover tinggi. Dampaknya adalah biaya rekrutmen membengkak, menurunkan moral karyawan lain dan mengganggu kerja tim.

5. ROI

Return of investment (ROI) yang tinggi, tentu akan menghasilkan karyawan yang lebih produktif. Berdasarkan studi Gallup menunjukkan kalau organisasi yang memprioritaskan employee engagement mengalami kenaikan 20% penjualannya.

6. FGD

Untuk mengukur employee engagement memakai focus group discussion (FGD), maka tim HR harus memilih perwakilan karyawan yang representatif dari divisi-divisi dan memiliki pertanyaan untuk bahan diskusi. Dengan melakukan FGD, maka perusahaan akan punya insight mengenai kesukaan dan ketidaksukaan karyawan serta untuk perbaikan operasional bisnis.

7. Produktivitas Karyawan

Untuk mengetahui produktivitas, caranya adalah dengan membagi pendapatan perusahaan per kuartal atau per tahun dengan jumlah total karyawan. Dari sana, bisa dibandingkan hasilnya dengan pendapatan periode sebelumnya, tren dan pola.

8. One-on-One-Meeting

Melakukan one-on-one meeting secara berkala misalnya sebulan atau dua bulan sekali. Keuntungan melakukan kegiatan ini adalah anda bisa mengobrol, berbagi umpan balik dan tetap menjaga kerahasiaan. Misalnya anda berdiskusi tentang ketakutan menyampaikan saran pada perusahaan.

9. Review Perusahaan

Review perusahaan di situs pencari kerja (Jobstreet, Glassdoor, LinkedIn) dari karyawan ataupun mantan karyawan bisa digunakan tim HR untuk meninjau kembali tentang operasional bisnis, sikap pimpinan, sistem human resources, keterlibatan karyawan ke perusahaan sampai kejadian yang dialami atau dirasakan oleh karyawan tersebut.

10. Tingkat Absensi

Masalah absensi adalah indikator untuk berbagai hal seperti tata kelola buruk, kondisi kerja yang buruk, kepemimpinan yang jelek, peraturan cuti yang menyulitkan karyawan dan lainnya. 

11. Exit Interview

Dengan menggunakan exit interview, HR akan tau alasan karyawan resign. Selain itu juga bisa tau hal positif dan negatif yang terjadi di tempat kerja, apa yang mendorong mereka untuk resign. Dalam hal ini diperlukan kejujuran dari karyawan tersebut.

12. Kepuasan Pelanggan

Aktivitas karyawan ternyata bisa berdampak pada kepuasan pelanggan. Sering kali kepuasaan pelanggan rendah terhadap barang atau jasa perusahaan karena adanya keterlibatan karyawan. 

Siapkan Modal Usaha Aman untuk Kembangkan Usaha!

Anda memiliki sebuah perusahaan dan memerlukan biaya untuk keperluan karyawan juga? Jangan khawatir, karena kami dari Danamas siap membantu anda dalam menyediakan sebuah pinjaman dengan tenor yang fleksibel mulai dari 1 sampai 10 tahun. Aliran dana segar yang bisa anda pinjam dimulai dari 50 Juta hingga 2 miliar, lho! 

Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini juga menawarkan bunga efektif yang rendah. Yuk coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Agar akses dan permohonan peminjaman lebih mudah dan praktis, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis segera. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!