efisiensi kerja adalah

Efisiensi kerja sebenarnya bisa menjadi salah satu cara kita lebih produktif dan bekerja lebih efisien. Efisiensi kerja tidak melulu diartikan seperti menyederhanakan sebuah proses sehingga menjadikan hasilnya tidak maksimal. Sebenarnya jika Anda melakukan efisiensi kerja maka cara Anda bekerja bisa lebih produktif. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara yang tepat dalam melakukan efisien, berikut pembahasannya.

Apa Itu Efisiensi Kerja?

Efisiensi kerja adalah sebuah upaya untuk menemukan cara kerja yang tepat sehingga membuat pekerjaan Anda terasa lebih cepat ringan, namun tetap  memberikan hasil yang baik. Bekerja dengan efisien tak hanya tentang bagaimana Anda bekerja dengan tepat tetapi juga bagaimana cara kerja yang baik dengan upaya kecil namun hasilnya tetap maksimal. 

Jika Anda adalah seorang karyawan yang melakukan efisiensi kerja artinya Anda tidak hanya tahu bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tetapi juga memiliki kemampuan untuk memastikan pekerjaan mendapatkan hasil yang baik.

Perbedaan Efisien Dan Efektivitas

efisiensi kerja adalah

Efisien dan efektivitas  terdengar cukup mirip nyatanya efisien dan efektif adalah dua hal yang berbeda. Efisien adalah saat dimana seseorang bekerja sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan atau dibuat. Sedangkan efisien adalah aktivitas dimana seseorang bekerja dengan sumber daya dan energi yang minim serta tidak boros.

Jika dilihat dari tujuannya efisien dan efektif memiliki dua pengertian yang juga berbeda. Efektivitas adalah dimana seseorang bisa mencapai tujuan yang maksimal sesuai dengan rencana yang telah Ia buat. Sedangkan efisiensi adalah seseorang melakukan aktivitas mendapatkan hasil yang maksimal dengan input yang minim seperti menghemat waktu biaya juga tenaga.

Manfaat Efisiensi Kerja

Meningkatkan Pemasukan

Dengan lebih sedikit waktu juga biaya, maka Anda bisa meningkatkan kinerja dan menyelesaikan hal-hal lain. Anda dapat memenuhi pesanan yang lebih besar dan melakukan lebih banyak tugas penjualan dalam bisnis sehingga perusahaan juga dapat meningkatkan keuntungan dari waktu ke waktu bahkan membantu meningkatkan margin keuntungan perusahaan.

Membantu Memenuhi Permintaan

Meningkatkan efisiensi juga bisa membantu memenuhi permintaan konsumen lebih cepat. Bagi Anda yang seorang karyawan bisa memenuhi permintaan untuk bekerja lebih efisien dalam menanggapi permintaan konsumen atau pesanan yang mendesak bahkan tidak terduga. 

Jika Anda memiliki sebuah bisnis maka mungkin Anda akan menemukan konsumen yang tak hanya membutuhkan layanan yang cepat tetapi juga kepedulian terhadap kualitas produk yang baik. Untuk itu dengan efisiensi kerja, maka Anda bisa meningkatkan efisiensi produksi sehingga menghasilkan barang-barang berkualitas untuk memenuhi pesanan lebih cepat ke tangan konsumen.

Baca juga: Apa itu WFH? Ikuti Tips Agar Tetap Produktif & Semangat

Membantu Bisnis Tumbuh Lebih Baik

Dengan memiliki efisiensi kerja maka Anda bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk memperluas jaringan dan memasuki pasar baru. Dengan memiliki lebih sedikit biaya untuk memproduksi barang maka Anda bisa memiliki cukup uang untuk melakukan investasi dan menyiapkan lokasi baru. 

Kaitan Produktivitas Kerja dan Efisiensi Kerja

Pada bidang profesional, produk memiliki keterkaitan untuk menentukan sebuah keberhasilan atau kinerja pekerja. Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu daya produksi dan keproduktifan, ini berbeda dengan efisiensi yang memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas dengan baik dan tepat.

Bagaimana Cara Mengukur Produktivitas?

efisiensi kerja adalah

Produktivitas dengan mengukur output atau hasil yang diberikan seseorang selama dua periode dalam waktu bersamaan. Sebagai contoh, pada minggu lalu Anda berhasil menyelesaikan 2 laporan dan minggu ini menyelesaikan 3 laporan dengan baik, hal ini berarti produktivitas Anda meningkat dibandingkan dengan minggu lalu. Begitu pula dengan bisnis di mana akan menghitung produktivitas dengan membandingkan karyawan lokasi juga departemen.

Lalu bagaimana dengan efisiensi? Jika pada produktivitas berfokus pada output atau hasil akhir, maka  memfokuskan pada kualitas kerja yang diberikan. Efisiensi fokus pada pengamatan waktu sumber daya dan biaya yang diberikan. Sebagai contoh, pada perusahaan X menghasilkan 500 juta tiap bulannya, sedangkan pada perusahaan Z menghasilkan 400 Juta Rupiah per bulan.

Contoh:

Jika dilihat dari segi produktivitas maka kedua perusahaan tersebut memiliki output yang lebih besar pada perusahaan X ketimbang perusahaan Z.  Jika ditelusuri kembali, perusahaan X mengeluarkan uang lebih banyak untuk promosi. 

Berbeda dengan perusahaan Z yang melakukan promosi secara online sehingga biaya produksi lebih minim. Maka kesimpulannya adalah perusahaan Z jauh lebih efisien dan menghasilkan keuntungan lebih besar daripada perusahaan  X.

Cara Menyeimbangkan Produktivitas & Efisiensi Kerja

Bersikap Intensif dengan Waktu dan Sumber Daya

Cara yang pertama adalah tetap mempertahankan tingkat produksi yang ada tanpa mengurangi sumber daya yang dipakai. Jika Anda ingin meningkatkan efisiensi tanpa mempengaruhi produktivitas maka salah satu strateginya adalah dengan melakukan peninjauan terhadap semua promosi penjualan yang sudah diberikan dan ulasan yang didapat untuk bisa dipakai menentukan peringkat promosi penjualan lewat tingkat pengembalian atas investasi. 

Fokus Mengurangi Limbah

Cara kedua adalah dengan fokus mengurangi limbah hal ini untuk mendapatkan keseimbangan antara produktivitas dan efisiensi. Anda harus mencari cara untuk mengurangi pemborosan dengan menemukan alternatif yang lebih murah sehingga dapat menghasilkan kualitas produk yang sama baiknya.

Memprioritaskan Tujuan

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan memprioritaskan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan cara ini maka Anda dapat memutuskan apa yang penting dan tidak penting untuk bisnis Anda serta merelakan tujuan yang kurang penting lainnya. Untuk memastikan bahwa Anda telah mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Tingkatkan Efisiensi pada Bisnis

efisiensi kerja adalah

Dalam bisnis efisiensi kerja juga bisa dilakukan, berikut cara-cara untuk meningkatkan efisiensi bisnis:

Menyusun Rencana Kerja

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyusun rencana kerja dengan membuat daftar pekerjaan juga target yang harus dicapai pada kurun waktu tertentu. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur waktu dan pekerjaan yang harus diselesaikan di hari berikutnya. Dengan menyusun rencana pekerjaan, Anda bisa terhindar dari pekerjaan yang menumpuk hingga tekanan dalam pekerjaan.

Memberikan Pelatihan Kepada Karyawan

Latihan bisa karena mereka bisa mengembangkan kemampuannya yang sesuai dengan keahliannya. Maka hal ini akan berpengaruh pada proses pencapaian tujuan dari perusahaan.

Baca juga: Produktif adalah: Pengertian & Cara agar Tetap Produktif

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Evaluasi secara berkala dapat meningkatkan nilai efisiensi dan produktivitas perusahaan. Selain itu bisa membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis untuk waktu yang akan datang. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam proses evaluasi yaitu tenaga kerja, proses operasional, dan peralatan juga teknologi yang digunakan.

Manfaatkan Teknologi

Teknologi bisa membantu bisnis Anda dalam meningkatkan efisiensi. Hal ini dikarenakan teknologi bisa mengerjakan berbagai hal yang cepat tepat dan mudah. Untuk itu, banyak sekali perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi agar bekerja lebih efisien juga tepat. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda pasti membutuhkan biaya pengadaan teknologi tersebut. Salah satu jalannya adalah dengan modal bisnis yang cukup. 

Untuk bisa mendapatkan modal bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman beragunan properti di Lancar by Danamas yang bisa Anda akses mudah lewat aplikasi smartphone Anda. Tak hanya itu, pinjaman hingga Rp 2 miliar pun bisa langsung ada ditangan Anda setelah melalui proses pengajuan dan verifikasi yang cepat.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!