distributor adalah

Dalam dunia bisnis, ada istilah yang sering atau tidak asing  didengar yaitu “distributor”. Apakah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan distributor? Yuk simak artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai distributor dan bagaimana tips nya agar bisa menjadi distributor yang sukses.

Pengertian Distributor 

Distributor merupakan sebutan pihak yang melakukan kegiatan distribusi. Distributor sendiri berasal dari kata distribute artinya adalah distribusi. Distributor biasanya menjual barang dalam jumlah besar sebagai penghubung pertama produsen dengan konsumen. Distributor juga mendapatkan harga yang lebih murah dari pabrik. Peran distributor dinilai cukup krusial dan menguntungkan produsen maupun konsumen. Untuk itu dalam hal ini produsen barang biasanya akan memilih distributor dari jejaring konsumennya. Jadi secara harfiah, distributor merupakan pelaku usaha yang melakukan penyaluran produk dari produsen ke konsumen. 

distributor adalah

Fungsi Distributor

Adapun fungsi dari distributor adalah sebagai berikut:

  1. Membeli Produk 

Distributor membeli produk berupa barang maupun jasa dari produsen secara langsung dan kemudian mendistribusikan ke pedagang lainnya atau ke konsumen langsung.

  1. Menyimpan Produk

Distributor juga bertugas untuk menyimpan produk sebelum disebarkan ke konsumen.

  1. Menjual Produk

Penjualan distributor ditujukan untuk pengecer atau konsumen dan mengambil keuntungan dari penjualan tersebut.

  1. Memilah Produk 

Barang yang dijual oleh distributor dipilah sesuai dengan jumlah, jenis, dan ketetapannya sebelum didistribusikan ke konsumen. Maka dari itu distributor dapat menyortir mana yang layak untuk dijual atau tidak. 

  1. Promosi 

Produsen atau pabrik biasanya hanya melakukan produksi dan tidak melakukan promosi. Dengan adanya distributor maka diperlukan untuk mengenalkan barang dan memberikan informasi kepada konsumen.  

distributor adalah

Jenis Distributor 

Distributor melakukan bentuk usaha yang berbeda, makaa dari itu terdapat beberapa jenis distributor. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah jenis distributor yang bisa Anda temukan:

  1. Agen sebagai perantara pemasaran produk atau jasa yang dilakukan atas nama perusahaan
  2. Makelar yakni mempertemukan produsen dan konsumen untuk melakukan kontrak atau transaksi.
  3. Importir, menyalurkan produk dari luar ke dalam negeri ataupun sebaliknya yakni dari dalam ke luar negeri.
  4. Retailer yakni pedagang yang mengecer produk dalam jumlah satuan lalu menjualnya kembali ke konsumen.
  5. Komisioner, menerima komisi karena menjadi perantara transaksi penjualan atas nama pribadi. 

Strategi Distributor

Dalam melakukan strategi berbisnis, biasanya distributor juga melakukan strategi  untuk mendapatkan konsumen seperti:

  1. Memberikan garansi produk

Dengan adanya garansi produk, konsumen tentunya akan merasa aman bila ada barang yang memiliki kerusakan hal ini dapat meminimalisir kerugian yang didapat oleh konsumen. 

  1. Proses belanja yang mudah

Distributor dapat menyediakan sistem pembayaran online sehingga memudahkan konsumen dalam membeli barang.  

  1. Layanan terbaik 

Sebagai distributor tentunya harus memberikan layanan terbaik agar memudahkan pelanggan menyampaikan saran maupun kritik, dengan itu distributor biasanya menyediakan contact center untuk membantu konsumen mendapatkan info sesuai yang dibutuhkan,  ataupun menyampaikan saran. 

Kemampuan Dasar Distributor 

Untuk Anda yang ingin menjadi distributor, tentunya harus memiliki skill yang dapat menunjang pekerjaan Anda sebagai distributor, adapun kemampuan dasar yang harus dimiliki distributor yakni: 

  1. Mengatur Logistik

Kemampuan logistik digunakan untuk mengatur dan memastikan penyaluran barang dan jasa berada di waktu yang tepat. 

  1. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Pelanggan merupakan hal yang penting, Anda harus memiliki kemampuan membangun hubungan yang baik dengan konsumen sehingga konsumen tersebut mau dapat bekerja sama dengan waktu yang lama.

  1. Negosiasi

Negosiasi digunakan untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Sebagai distributor tentunya membutuhkan kemampuan negosiasi untuk membuat kesepakatan dengan klien

  1. Pemasaran 

Untuk membuat produk Anda dikenal orang, tentunya Anda perlu melakukan pemasaran dan juga strategi yang tepat. 

Tips Menjadi Distributor Sukses

  1. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Hindarilah kesalahan yang dapat mengurangi kepercayaan konsumen, utamakan klien yang terlebih dahulu memesan dan membayar. Serta kualitas dari produk yang Anda jual.  Dengan perlakukan yang baik kepada konsumen, maka klien akan merasa dihargai dan juga diperhatikan.

  1. Memonitor Kas Secara Teratur 

Mampu merancang dan mengelola keuangan secara tepat. Dengan memonitor keuangan secara teratur dan tepat, maka Anda dapat mengetahui informasi terkait dengan financial bisnis Anda, serta melakukan strategi yang tepat, misalnya untuk menambah pemasaran, pekerja, ataupun yang lainnya.

distributor adalah
  1. Kontrol Persediaan Barang 

Anda harus dapat menjamin ketersediaan stok serta kualitasnya, Anda juga perlu mengontrol segi pengiriman serta jadwal kadaluarsa, terutama apabila Anda sebagai distributor makanan. Selain itu pastikan stok yang diperlukan agar tidak mengalami kerugian. Konsumen tentunya akan senang apabila barang yang diinginkan tersedia. Sekalipun tidak tersedia, upayakan agar konsumen mengetahui kapan waktu pesanan dapat sampai, dan tidak menunggu lama.

Baca juga: Bisnis Dropship: Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Anda berniat untuk menjadi distributor, atau ingin mengembangkan usaha? Pinjaman bisnis Danamas dapat membantu Anda untuk mendapatkan modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar dengan tenor hingga 10 tahun.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant