cara menghitung diskon

Diskon merupakan pengurangan harga tercatat yang diberikan atau ditawarkan pihak penjual ke pihak pembeli ketika berbelanja. Strategi pemasaran ini seringkali ditemukan terutama saat menjelang perayaan hari besar, misalnya seperti Lebaran, Natal, dan Tahun baru, ataupun momentum lainnya. Hal ini bertujuan untuk menarik masyarakat dalam membeli sebuah produk. Lantas apa saja hal penting untuk memberikan diskon? Simak dalam artikel berikut ini. 

Pengertian Diskon

Diskon merupakan bentuk strategi pemasaran pada penjualan yang memberikan potongan harga tanpa mengurangi kualitas dari barang yang akan dijual. Potongan nilai barang ini berbentuk persentase diskon ataupun nominal harga. 

Macam – Macam Diskon

Adapun macam- macam dari diskon adalah:

  1. Diskon Persentase

Diskon persentase merupakan diskon yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan. Diskon persentase pun bervariasi ada yang 25%, 50%, dan seterusnya. Perusahaan memberikan diskon ini ketika sedang melakukan cuci gudang atau produk yang dinilai tidak begitu laku dipasaran. 

  1. Diskon Pengurangan Harga

Dalam hal ini, perusahaan akan menggunakan batas minimal harga kemudian akan langsung mengurangi pengurangan. Misalnya beli produk senilai 500 ribu dan mendapatkan voucher belanja 50 ribu. Diskon tidak melulu melalui potongan harga persentase, bisa juga berupa voucher, yang bisa dimanfaatkan untuk selanjutnya. 

  1. Gratis Ongkir

Potongan selanjutnya adalah belanja online gratis ongkos kirim. Ada beberapa barang yang diinginkan dengan selera, namun terkendala dengan ongkir yang mahal. Maka dari itu gratis ongkir ini bisa menjadi salah satu cara untuk menarik pembeli. 

  1. Diskon untuk Produk Khusus

Diskon ini biasanya ditentukan oleh penjual dan berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Selain itu jenis ini bisa diterapkan hanya untuk orang terpilih saja, misalnya member dengan gold, premium, dan lain sebagainya. 

Hal Penting Dalam Memberikan Diskon 

Dalam memberikan diskon, tentunya tidak boleh dilakukan tanpa adanya pertimbangan yang matang. Jika Anda ingin melakukan potongan maka cari waktu yang tepat dan apa tujuan yang hendak dicapai:

  1. Memanfaatkan Momen dan Hari Tertentu

Perusahaan biasanya memberikan diskon pada hari atau momen tertentu. Misalnya jika produk yang ditawarkan adalah mengenai pendidikan seperti buku, alat tulis maka bisa memanfaatkan promo tahun ajaran baru.

  1. Diskon untuk Barang yang Minim Peminat

Bagaimana menentukan barang yang akan di diskon? Bisa dengan barang yang sepi dengan peminat namun dibutuhkan banyak orang. Hal ini agar barang tersebut habis daripada menumpuk dan tidak terjual. 

  1. Memberi diskon untuk Followers

Untuk toko online, banyaknya pengikut bisa mendatangkan peluang untuk Anda. saat memberikan diskon ke follower, mereka tidak hanya sekedar menjadi pengikut di media sosial saja, namun juga membeli produk yang ditawarkan. 

Cara Menghitung Diskon

Berikut ini adalah cara menghitung diskon yang diberikan oleh sebuah toko atau perusahaan. 

Diskon Off

Diskon off terkadang terdapat di pusat perbelanjaan dengan tulisan diskon off. Misalnya adalah diskon 20%off. Perhitungannya adalah besaran diskon dikali dengan harga diskon lalu dibagi 100.

Contoh:

Harga barangnya Rp 400.000, maka 20 x Rp 400.000 = Rp 8juta: 100 = 80ribu.  Rp 400.000 – 80.000 Jadi yang harus sibayar adalah sebesar Rp 320.000.

Diskon A% + B%

Misalkan harga barang adalah Rp 400.000 dengan diskon 30+20 persen, perhitungannya adalah 

Diskon pertama – 30% x Rp 400.000 = Rp 120000

Diskon kedua – 20% x Rp 120.000 = Rp 24.0000

Total diskonnya= Rp 120.000 +Rp 24.000 = Rp 144.000

Total harga yang harus dibayar yakni: Rp 400.000 – Rp 144.000 = Rp 256.000

Baca juga: Persuasi: Pelajari Hal Ini untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Danamas Pinjaman bisnis merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang dapat membantu Anda mendapatkan tambahan modal mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Ajukan sekarang juga! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant