Digital-marketing-adalah

Di era digitalisasi seperti sekarang, dunia marketing juga mengalami perkembangan. Salah satunya terlihat dari hadirnya digital marketing sebagai salah satu strategi yang digunakan banyak perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Tapi sebenarnya apa itu digital marketing? Digital marketing adalah strategi pemasaran memakai media digital dan internet.

Maka, mempelajari dasar-dasar digital marketing penting sekali untuk para pebisnis agar bisa bertahan dan memperkenalkan produk hingga perusahaan mereka lewat internet. Digital marketing adalah salah satu cara untuk melakukan promosi agar produk yang dipasarkan bisa cepat dikenal oleh banyak orang.

Apakah anda sudah menggunakan digital marketing dalam berbisnis? Ya, digital marketing adalah trik jitu yang bisa menjadi pilihan. Namun dalam hal digital marketing tentu ada strategi yang perlu dilakukan agar anda dikenal masyarakat lebih luas sesuai dengan target yang anda harapkan. Simak ulasan tentang Digital marketing berikut ini:

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand dengan menggunakan media digital atau internet. Fungsinya adalah untuk mendongkrang penjualan, agar bisa menembus berbagai lapisan masyarakat.

Promosi ini dilakukan untuk menarik para konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Sekarang ini, hampir semua orang bisa mengakses internet dimanapun berada. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para perusahaan untuk menjadikan digital marketing sebagai pilihan utama untuk berpromosi.

Perusahaan berlomba-lomba membuat konten yang menarik. Bahkan tidak sedikit yang menggaet artis papan atas untuk memasarkan produknya. Ada beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk digital marketing, yaitu Search Engine Optimization (SEO), iklan online (Google Ads, FB Ads), iklan televisi, radio, mobile marketing, media cetak, billboard elektronik, email marketing dan lain sebagainya.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian digital marketing secara umum sudah dijelaskan di atas. Namun, beberapa ahli memiliki pendapat masing-masing tentang definisi digital marketing. Berikut adalah penjelasannya:

  • Kleindl & Burrow (2005)

Digital marketing adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep ide harga promosi dan distribusi. Dapat disimpulkan bahwa digital marketing diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

  •  Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Media tersebut seperti blog, email, adwords dan berbagai jaringan media sosial lainnya.

  • Heidrick & Struggles (2009)

Menurut hedrick dan struggle,  digital marketing adalah sebuah hal yang memanfaatkan dunia digital dalam melakukan periklanan. Kegiatan promosi ini dilakukan tanpa harus menggembar-gemborkan secara langsung namun memiliki efek yang cukup berpengaruh.

  • Coviello, Miley and Marcolin (2001)

Digital marketing adalah penggunaan internet atau pemanfaatan teknologi interaktif dalam menciptakan dan menghubungkan sebuah komunikasi. komunikasi tersebut terjadi di antara konsumen spesifik dengan perusahaan.

Manfaat Digital Marketing

Banyak pebisnis dan perusahaan yang melakukan digital marketing. Bahkan sampai menggelontorkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit untuk membuat materi yang diposting secara online. Hal tersebut membuktikan kalau banyak sekali manfaat dari digital marketing. Jadi manfaat digital marketing adalah:

  • Membantu Menjangkau Target Audiens

Anda bisa menjangkau target audiens lewat digital marketing atau secara online melalui media sosial atau internet. Selain itu aktivitas marketing juga dilakukan secara online, sehingga bukan tidak mungkin aktivitas perusahaan anda bisa dikenal oleh banyak masyarakat terutama yang sesuai dengan target market anda.

  • Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Dengan menggunakan saluran digital untuk pemasaran maka ini sangat membantu percepatan perkembangan bisnis anda yang sifatnya tidak selalu pemasaran fisik seperti baliho, brosur, atau banner. Selain itu semua materi marketing dapat disebarkan lewat dunia hanya dengan beberapa klik saja lewat internet.

  • Mempermudah Evaluasi Strategi

Dengan digital marketing anda bisa memiliki kemudahan dalam mengevaluasi hasil pemasaran. Anda bisa memonitor secara langsung banyaknya target market yang anda jangkau durasi baca atau menonton konten Anda hingga persentase konversi yang dihasilkan. Dengan data aktual dan akurat, maka anda bisa mengevaluasi strategi marketing lebih efektif. Selain itu Anda juga bisa menentukan strategi marketing mana saja yang berhasil dan tidak berhasil.

  • Digital Marketing Bisa Mengurangi Biaya Pemasaran

Jika dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional maka budget yang dibutuhkan untuk Digital marketing lebih terjangkau dan efisien. Maka banyak ahli pemasaran berpendapat bahwa content marketing adalah salah satu komponen terpenting dalam strategi marketing sebuah perusahaan. 

  • Membangun Citra Bisnis Di Dunia Digital

Sebagian besar perusahaan menggunakan digital marketing sebagai cara untuk membangun karakter atau personal perusahaan mereka. Hal ini dilakukan bertujuan untuk memanusiakan sebuah perusahaan agar pelanggan lebih tertarik untuk berinteraksi sehingga bisa meningkatkan loyalitas.

Baca juga:

Apa itu Marketing: Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya!

Pengertian Marketing Mix 4P Beserta Contohnya

7 Jenis Digital Marketing

Bagi anda yang ingin mencoba digital marketing untuk promosi bisnis. Anda bisa mencoba 7 jenis digital marketing yang akan di bahas di bawah. Cara tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Berikut adalah ulasannya:

  1. Situs Online

Dengan adanya situs online seperti website, hal ini membuktikan eksistensi dari sebuah bisnis. Selain itu calon konsumen juga dapat menilai kelayakan dan keabsahan sebuah bisnis anda. Hal ini tampak dari sebuah kualitas situs yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Pengalaman saat menjelajah situs bisnis akan membuat calon konsumen tertarik hingga melakukan pembelian di situs website anda.

  1. SEO atau Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO (pengoptimalan mesin telusur). Menggunakan jasa pakar SEO merupakan keputusan yang besar. Penggunaannya bisa meningkatkan peringkat situs dan juga menghemat waktu. 

Jika bisnis yang digeluti masih skala kecil, anda bisa melakukan ini sendiri untuk menghemat biaya. Yang perlu diingat, efek menggunakan SEO biasanya baru terlihat setelah 4 bulan sampai 1 tahun. 

  1. PPC atau Pay Per Click

Pay per click atau PPC adalah ketika pengiklan membayar tiap kali ada pengguna yang klik iklan mereka. Cara ini dinilai cepat untuk membeli kunjungan pelanggan dibandingkan mencoba mendapatkan kunjungan secara organik.

  1. Media Sosial

Kini banyak dari kita menggunakan media sosial di kehidupan sehari-hari. Media sosial bisa jadi peluang yang sangat menguntungkan untuk mengembangkan bisnis yang bagian dari proses Digital marketing. Untuk itu Anda bisa membuat konten-konten yang menarik di media sosial untuk meningkatkan interaksi antara pengikut dan bisnis yang Anda geluti.

  1. Video Online

Digital marketing juga memungkinkan untuk melakukan pemasaran produk lewat video. tentunya Anda bisa membuat video yang menarik informatif dan berkualitas sehingga media menjadi lebih efektif dan penyampaiannya pun akan lebih mudah dipahami. Metadata dan kata kunci yang berhubungan juga bisa direkatkan di video tersebut hal itu menjadi salah satu strategi yang diterapkan pada video online.

  1. Afiliasi Atau Iklan Online

Pemasaran yang dilakukan lewat digital marketing lainnya adalah afiliasi yang memanfaatkan sebuah popularitas rekanan. Hal ini untuk meningkatkan produk layanan dan pemasaran bisnis. Afiliasi berlaku di media sosial, situs, blog, dan media lainnya rekan afiliasi. Biasanya Anda juga akan memperoleh sebuah bayaran yang berasal dari setiap referensi yang diberikan oleh pelanggan.

  1. Pemasaran Melalui Pesan

Pemasaran melalui pesan seperti SMS, email, dan aplikasi lainnya seperti Whatsapp, juga bisa dilakukan oleh digital marketing namun perlu diperhatikan bahwa pemasaran lewat pesan ini sebaiknya jangan sampai membuat calon konsumen merasa terganggu sehingga pastikan materi yang dikirim bermanfaat bagi penerima.

Bagaimana Strategi Digital Marketing

Dalam berbisnis tentu saja memerlukan strategi agar bisnis terus berkembang. Begitu juga dengan digital marketing. Ada strategi-strategi yang bisa dilakukan, agar promosi terus berjalan lancar. Beberapa strateginya adalah:

  1. Tentukan Buyer Persona

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencari tahu personal konsumen anda. Buyer personal bisa menentukan keberhasilan digital marketing di mana anda mengetahui profil target market produk Anda. Dengan mengetahui buyer persona maka nantinya anda akan lebih mudah menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran.

  1. Identifikasi Kebutuhan Target Pasar

Agar digital marketing sukses, maka Anda harus memiliki kemampuan mengidentifikasikan kebutuhan buyer persona pada target market. Sebelum menawarkan layanan ke target pasar, maka anda perlu memastikan produk sudah menjawab masalah yang konsumen alami. Anda harus cari tahu dengan riset pasar membuat FGD atau focus group discussion, bergabung komunitas lainnya.

  1. Susunan Marketing Plan

Setelah mengetahui poin target market, maka selanjutnya Anda bisa melakukan promosi yang masif namun sebelumnya sebaiknya membuat marketing plan agar promosi kalian lebih efektif. Marketing plan adalah sebuah rencana pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis pada periode tertentu. Dengan marketing plan maka semua strategi promosi akan lebih terarah dan efisien.

  1. Memanfaatkan Berbagai Media Digital Marketing

Ada banyak sekali media digital marketing yang bisa anda gunakan dari mulai berbayar hingga yang gratis. Channel marketing ini berfungsi untuk membangun komunikasi dan memperluas jaringan bisnis. Media digital marketing tersebut seperti Google bisnis, WhatsApp bisnis, website landing page, content marketing, blog, email marketing, video marketing, social media marketing, TVC Advertising, affiliate marketing.

  1. Terapkan Strategi Copywriting

Digital marketing juga membutuhkan strategi copywriting yang nantinya berguna pada artikel blog, caption Instagram, dan video marketing. Tidak hanya sekedar membuat kata-kata copywriting adalah teknik membujuk pembaca untuk mengikuti perintah bisa dalam bentuk bertransaksi mendaftar mendownload dan lain-lain.

  1. Gunakan Marketing Tools 

Manfaatkan marketing tools yang sesuai dengan bisnis Anda. Marketing tool seperti bisa membantu mengevaluasi hasil digital marketing Anda. Kini sudah banyak sekali itu tools SEO yang bisa anda manfaatkan.

  1. Pahami Metrik Digital Marketing Dan Proses Evaluasi

Untuk melakukan Digital marketing maka anda perlu memiliki kemampuan mengevaluasi performanya, hal ini untuk menentukan apakah strategi Anda sudah memiliki pengaruh terhadap bisnis atau belum. 

Baca juga:

9 Strategi Marketing Jitu Yang Terbukti Efektif

Marketplace Vs Ecommerce: Mana Yang Lebih Unggul?

Pengertian PPC Dan SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara untuk meningkatkan kemungkinan agar tautan bisnis muncul pada halaman dan urutan atas pada mesin pencari Google. Dengan cara ini maka anda memiliki peluang untuk membuat calon konsumen membuka website anda. 

SEO bisa dilakukan secara organik atau menyisipkan sebuah keyword atau kata kunci yang relevan pada artikel di situs bisnis anda. Kata kunci ini lah yang akan menjadi langkah dimana situs terlihat di mesin pencari seperti Google.

Metode PPC pada digital marketing adalah metode bayar per klik. Hal ini akan memastikan sebuah situs bisnis menjadi lebih unggul diantara situs-situs lainnya tentunya dengan kata kunci yang sama pada saat pencarian di mesin pencari. Penyedia layanan PPC salah satunya adalah Google Ads. 

Iklan yang ada di mesin pencari merupakan salah satu PPC yang populer. Hal ini karena pengiklan bisa menawar penempatan iklan di link sponsor mesin pencari saat pengguna sedang mencari kata kunci yang berhubungan dengan penawaran bisnis mereka.

Cara Memulai Bisnis Digital Marketing

Apakah anda baru merintis bisnis? Masih bingung promosi produk dengan cara apa? Yuk, coba digital marketing. Di era modern seperti sekarang, produsen dan konsumen sudah banyak yang memanfaatkan digitalisasi. Sebelum menjalankan strategi digital marketing, ada langkah-langkah yang bisa jadi panduan:

  1. Tentukan Target Pasar dan Pilihan Produk

Hal yang pertama adalah menentukan target pasar. Pastikan produk yang anda jual memiliki pasarnya sendiri. Setelah mengetahui target pasar, selanjutnya adalah menjadikan produk yang anda jual bisa menjadi solusi dan jawaban dari permasalahan konsumen atau target pasar tadi.

  1. Buat Website

Setelah mengetahui target pasar dan produk apa yang akan dipasarkan. Selanjutnya adalah membuat website. Walaupun sebenarnya bisa berjualan di marketplace. Tapi situs tersebut bukanlah milik anda. Jadi sebaiknya tetap memiliki website sendiri.

  1. Buat Media Sosial

Media sosial adalah sarana yang harus dimasukkan ke dalam list. Karena berbagai lapisan masyarakat sudah merambah ke media sosial. Sehingga promosi akan lebih mudah. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok.

  1. Manfaatkan SEO & Social Media Ads

Terapkanlah SEO dan social media ads. Dengan SEO, bisnis anda bisa muncul di laman pertama mesin pencari. Sedangkan social media ads bisa menjadi cara cepat agar produk dikenal masyarakat.

Cara Membuat Buyer Persona

Buyer persona bisa memberikan gambaran siapa pelanggan yang cocok, masalah yang mereka hadapi dan bagaimana mereka mengambil keputusan untuk membeli produk anda. Karena bisa saja orang yang membeli produk memiliki alasan yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat anda selaku pebisnis harus membuat lebih dari satu persona pelanggan. Tapi bagaimana caranya. Yuk lihat langkah-langkah membuat buyer persona:

  1. Penelitian Menyeluruh

Riset ini membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Karena prosesnya tidak mudah. Anda harus meneliti seluruh konsumen yang pernah membeli produk atau jasa yang anda jual. Kumpulkan informasi tentang usia, lokasi, minat, tingkah laku, cara pembelian dan lainnya.

Agar informasi yang diperoleh benar, anda juga bisa mengkonfirmasi data tadi melalui survei online, focus group atau bahkan menanyakan langsung. Anda juga bisa mencari tau apakah konsumen tersebut pernah berinteraksi dengan kompetitor. Jika pernah, identifikasi dengan benar agar anda bisa mengembangkan produk dan tidak kalah dari kompetitor.

  1. Cari Tau Masalah Pelanggan

Agar bisnis terus berkembang, anda perlu masukan dari para konsumen. Apakah produk yang dipasarkan sudah menjawab kebutuhan pelanggan atau belum. Anda bisa meminta pelanggan untuk membuat review setelah menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan. Jika ada hal yang mereka tidak sukai dari produk anda. Anda dan tim bisa melakukan evaluasi.

  1. Identifikasi Tujuan Pelanggan

Identifikasi tujuan pelanggan juga penting dilakukan. Misalnya apa tujuan mereka memakai produk anda dan bukan pesaing, apa produk yang dibeli digunakan untuk pribadi atau profesional. Dengan demikian, anda bisa menyajikan konten atau produk yang sesuai.

  1. Pahami Manfaat Produk 

Setelah melakukan riset mendalam tentang pelanggan. Anda bisa menggali lebih lanjut, apakah produk yang anda pasarkan bisa menjawab permasalahan masyarakat atau tidak. Dari sanalah anda bisa tau kalau produk anda bisa membantu konsumen.

  1. Ubah Riset Jadi Buyer Persona

Data tentang pelanggan tadi bisa anda identifikasi dan kelompokkan. Misalnya pelanggan wanita berusia 27 tahun, tinggal di kota besar dan bekerja di perusahaan bonafit. Kelompokkan itu ke satu daftar buyer persona. Hasil tersebut bisa memudahkan untuk pengembangan produk, pembuatan konten pemasaran dan lainnya.

Contoh Buyer Persona Industri Makanan

Membuat buyer persona memang gampang-gampang susah. Agar anda lebih mudah untuk membuat buyer persona, di bawah ada contoh buyer persona makanan. Bisa anda ganti sesuai dengan bisnis yang anda jalani.  Dari data buyer persona di bawah, anda bisa membuat strategi pemasaran atau penjualan yang bisa membantu mereka mencapai ambisinya.

Buyer persona bisnis makanan. Target pasar adalah remaja usia 12-18 tahun. Anda bisa identifikasi kelompok pelanggan inti sebagai remaja yang suka produk kekinian dan hits. Maka informasi buyer persona adalah:

  • Remaja bernama Aira Aqueela 
  • Usia 17 tahun
  • Sekolah SMA di salah satu SMA negeri di Jakarta Selatan
  • Sekolah dari senin-sabtu di kawasan elit
  • Tinggal di Jakarta Selatan bersama orang tua di perumahan
  • Uang saku dari orang tua 
  • Diantar jemput dengan mobil
  • Di akhir pekan sering ke cafe bersama teman-teman untuk makan makanan yang sedang hits

4 Contoh Digital Marketing Yang Sukses

  1. Netflix

Netflix adalah perusahaan yang bergerak di layanan streaming film dan kini menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Sebelum populer seperti sekarang ini, Netflix sudah ada sejak tahun 1997 dengan menyewakan film DVD dengan durasi tertentu, namun Netflix berkembang hingga menjadi layanan digital pertama di tahun 2007 saat perkembangan internet di Amerika cukup pesat. 

Netflix berkolaborasi dengan perusahaan produk film yang membuatnya makin sukses serta melakukan berbagai aktivitas media sosial dengan konten yang yang menarik orang seperti konten lucu dan Meme yang terkait dengan film atau serial yang sedang ditayangkan. Alhasil Netflix menjadi perusahaan streaming film dengan jumlah pengguna hingga 167 juta Pada tahun 2020.

  1. Tokopedia

Tokopedia sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia juga menunjukkan kesuksesan dalam digital marketing. Tokopedia diluncurkan pada tahun 2009 dan memiliki visi agar perusahaannya bisa dikenal oleh masyarakat luas dari pembeli maupun penjual. Kini Tokopedia menjadi salah satu startup Unicorn yang ada di Indonesia dengan berbagai proses yang sudah mereka lalui salah satunya lewat digital marketing. 

Tokopedia mengoptimalisasikan search engine marketing dan social media advertising sebagai bagian dari digital marketing hingga mampu menggandeng figur publik dan selebritas untuk mempromosikan perusahaan mereka. Berawal dari public figure lokal yang menjadi brand Ambassador, kini Tokopedia juga mengenai publik figur luar negeri salah satunya adalah idol group asal Korea BTS.

  1. Erigo

Erigo adalah salah satu brand fashion lokal yang cukup populer belakangan ini. melancarkan strategi digital marketing lewat website dan media sosial seperti Instagram. Erigo juga bekerjasama lewat endorsement dengan beberapa public figure dan bekerjasama dengan artis terkenal seperti Raffi Ahmad. Lewat berbagai strategi digital marketing nya, erigo berhasil dikenal di kancah internasional lewat New York Fashion Week 2022.

  1. Skin Care Scarlett Whitening

Salah satu brand kecantikan yang juga berhasil karena strategi digital marketing adalah Scarlett whitening. Ia memanfaatkan media sosial sebagai salah satu upaya digital marketing dengan menggandeng influencer dan mengulas produk mereka secara masif. Tak hanya lewat endorse, Scarlett whitening juga meminimalisasikan budget marketing lewat strategi affiliate marketing yang dipercaya oleh masyarakat karena dianggap memberikan ulasan dan testimoni asli. Setelah bisnisnya semakin berkembang kini Scarlett whitening mulai melebarkan bisnisnya dan menggaet sejumlah public figur internasional seperti song joong-ki dan twice sebagai brand Ambassador mereka.

Cara Strategi Erigo untuk Branding

Tiap perusahaan memiliki taktik dan trik sendiri untuk memasarkan produknya. Tak terkecuali Erigo. Strategi branding erigo memang sangat menonjol. Mereka tidak perhitungan untuk menggelontorkan uang dalam jumlah banyak. 

Ya, mereka menggaet para influencer untuk mempromosikan produknya. Di zaman sekarang, menggunakan influencer sebagai ajang promosi adalah sebuah keharusan, agar bisnis bisa cepat berkembang dan dikenal masyarakat.

Dalam pemilihan influencer juga tidak sembarangan. Erigo menggunakan jasa influencer dari berbagai kalangan, tidak hanya di bidang fashion seperti model, tapi juga bidang lainnya. Hal itu karena masing-masing influencer memiliki pelanggan yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan target pasar yang dituju.

Dukung Strategi Bisnis Dengan Modal Usaha Berizin OJK

Namun, jika Anda kekurangan biaya untuk promosi, maka ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu mengajukan pinjaman di Danamas dengan limit terbesar hingga Rp 2 miliar. Pengajuan pinjaman yang mudah, bunga rendah dan tenor bisa sampai 10 tahun.

Pinjaman online terpercaya ini juga sudah mengantongi izin dan diawasi OJK. Jadi semua prosesnya aman. Jika anda masih ragu, anda bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti yang dimiliki dengan menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman.

Unduh Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di playstore dan langsung ajukan pinjaman agunan properti yang bisa dengan mudah Anda akses dimanapun dan kapanpun. Yuk Download sekarang! Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

peluang-usaha-menjanjikan-2023

70 Peluang Usaha 2023 Menjanjikan & Tidak Ada Matinya

Peluang usaha ditahun ini punya banyak sekali pilihan, terutama bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil. Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membangun bisnis sebagai

pendanaan-jangka-pendek-manfaat-untuk-bisnis

Pendanaan Jangka Pendek Untuk Bisnis dan Manfaatnya!

Pendanaan jangka pendek dapat menjadi cara yang bagus bagi perusahaan untuk mengakses arus kas, baik bagi mereka yang baru memulai, ingin meningkatkan, atau merencanakan masa

startup-incubator

10 StartUp Incubator Untuk Kembangkan Apapun BisnisAnda

Startup Incubator memiliki peran yang sangat aktif dalam membangun pola pikir yang efisien juga penentuan life cycle bisnis kedepannya. Saat ini para pemuda yang meng