prive-adalah

Mencatat semua transaksi dalam sebuah perusahaan ataupun bisnis adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Pencatatan transaksi tersebut termasuk juga pendapatan dan hasil penjualan hingga pengeluaran dan Pembelian bahan baku. Dengan pencatatan semua aktivitas transaksi tersebut barulah arus kas bisa diketahui secara lengkap dan mampu menunjukkan kondisi keuangan bisnis yang sebenarnya. Salah satu jenis pengeluaran yang sering terlewat dan kurang adanya pencatatan pada laporan keuangan khususnya bisnis kecil adalah prive.

Dalam ilmu ekonomi akuntansi, prive adalah pengeluaran yang terjadi karena penarikan uang yang dilakukan oleh pemilik bisnis. Karena mengambil sebagian aset yang dimiliki oleh bisnis maka penarikan uang seperti itu jika tidak dilacak bisa dianggap sebagai kehilangan keuntungan dengan nilai yang cukup besar pada waktu yang singkat. 

Dalam artikel ini anda akan mengetahui pengertian prive pengaruh prive pada pencatatan akuntansi karakteristik prive dalam akuntansi kategori price cara menghitung hingga cara mengelola price dengan bijak. simak penjelasan lengkapnya tentang prive dalam akuntansi dibawah ini.

Apa Itu Prive dalam Akuntansi

Prive adalah sebuah pengambilan kebagian modal atau aset pada sebuah bisnis. Pengambilan modal tersebut digunakan untuk kebutuhan pribadi dari pemilik bisnis yang bersangkutan. Pada bisnis individual ataupun kemitraan penarikan transaksi bisa dilakukan secara tradisional. Sementara pada perusahaan besar biasanya penarikan transaksi dirujuk sebagai aktivitas distribusi. Saat pihak pemilik bisnis melakukan penarikan uang dari perusahaan untuk kebutuhan ataupun penggunaan pribadi, maka perusahaan akan mengambil dana dari bagian modelnya.

Hal ini cukup masuk akal karena pada dasarnya pihak pemilik bisnis memiliki saham pada perusahaan nya sendiri. Pemilik mampu mendapatkan dana tunai sebagai ganti dari kepemilikan sebagian modalnya dalam perusahaan. Lalu pihak perusahaan akan melakukan pencatatan pada entri jurnal yang ada kaitannya dengan penarikan dana oleh pemilik tersebut dengan melakukan debit penarikan oleh pemilik dan melakukan kredit uang cash. Penarikan dana oleh pemilik termasuk sebagai ekuitas atau akun modal sementara yang ditutup pada akun modal dari pemilik di pencatatan akhir tahun.

Pengaruh Prive Pada Pencatatan Akuntansi

Pencatatan akuntansi juga memiliki kaitan dengan akun prive yang merupakan proses pencatatan dari setiap penarikan dana atau modal dari pemiliknya. Penarikan tersebut bisa berupa aset, khususnya yang berupa uang lalu ditarik melalui bisnis dan perusahaan oleh pihak pemilik untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Lalu apa saja yang termasuk dengan penarikan dalam sebuah bisnis? Penarikan atau withdrawal dalam sebuah bisnis menyangkut pada aset yang tidak hanya berupa uang atau dana tunai.

Penarikan aset tersebut adalah milik perusahaan dan juga termasuk sebagai salah satu aset yang bisa ditarik dari sebuah bisnis oleh pihak pemilik yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Maka dari itu penarikan atau prive juga bisa berupa peralatan atau produk yang tidak terjual dan diambil dari persediaan,  dan untuk keperluan pribadi pihak pemilik.

Karakteristik Prive Dalam Akuntansi

Salah satu fungsi dari pencatatan akun prive yaitu untuk menjaga stabilitas saldo modal perusahaan. maka dari itu memiliki beberapa karakteristik dalam akuntansi. Dilansir situs bisnis berikut adalah beberapa karakteristik akun prive. 

a. Melacak Modal Yang Dipakai Untuk Kebutuhan Pribadi

Melalui akun prive maka anda bisa melacak total modal atau biaya yang ditarik dari bisnis oleh pemiliknya untuk kebutuhan pribadi. hal ini bisa memudahkan pengawasan terkait dengan penarikan dana oleh pemilik bisnis juga memastikan bahwa total saldo modal yang dimiliki oleh perusahaan terjaga dan sesuai dengan arus kas yang sudah tercatat.

b. Tidak Termasuk Sebagai Akun Permanen Atau Akun Berkelanjutan

Akun prive tidak termasuk catatan keuangan yang permanen atau berkelanjutan. Di akhir periode pada tahun keuangan maka akun prive diseimbangkan dengan kredit pada buku besar. Lalu sisanya akan dikirimkan ke jumlah modal atau sisi ekuitas pihak pemilik bisnis dari neraca dan termasuk ke dalam jenis debit.

Akun penarikan ini hanya bisa dipakai pada tahun selanjutnya untuk melacak adanya penarikan dana dari bisnis di tahun atau periode sebelumnya. Maka dari itu jenis akun ini tidak termasuk sebagai akun permanen atau akun berkelanjutan dan hanya merupakan akun sementara dalam pembukuan keuangan.

c. Tidak Termasuk Sebagai Akun Pengeluaran Pada Bisnis

Karakteristik dari akun prive yang terakhir adalah bukan termasuk sebagai akun pengeluaran, meskipun pengurangan pada total dana yang ada pada sebuah bisnis atau perusahaan. Alasannya adalah penarikan dana yang dilakukan oleh pemilik usaha tidak termasuk sebagai pengeluaran dari aktivitas bisnis. Hal tersebut hanyalah pengurangan jumlah ekuitas bisnis yang dipakai untuk keperluan pribadi pemilik. Jika akun prive dijadikan sebagai akun pengeluaran, pencatatannya hanya akan ditulis pada laporan laba rugi perusahaan bukan pada neraca. 

d. Pencatatan Prive Dalam Laporan Perubahan Modal

Penarikan modal sebagai piutang dengan begitu investor wajib mengembalikan modal atau uang yang mereka tarik. Hal ini membutuhkan komitmen agar mencegah terganggunya harus permodalan perusahaan.

Catat setiap penarikan sebagai pengurangan modal. hal ini perlu dilakukan jika investor menarik atau mengurangi modal secara langsung.

Mengecualikan prive dari laporan laba rugi, maka penarikan pada debit tidak masuk ke dalam laba rugi melainkan sebagai pengurangan modal yang diambil langsung dari modal. Jadi penarikan dianggap sebagai kegiatan di luar aktivitas.

Kategori Prive

Prive atau penarikan dana dan Aset oleh pemilik perusahaan juga mencakup beberapa kategori yang bisa dimasukkan ke dalam ranah akun prive itu sendiri. berikut beberapa kategori transaksi yang juga termasuk prive lebih lengkap dijelaskan di bawah ini.

  • Membagi laba dengan menggunakan nama baik dalam bentuk apa saja
  • Anggota CV yang menggunakan dana perusahaan untuk kepentingan pribadinya
  • Sekutu pasif atau aktif yang menarik modalnya
  • Gaji yang akan dibayarkan kepada sekutu pasif atau aktif dalam hal modalnya tidak terbagi dalam bentuk saham.

Cara Menghitung Prive

Dikarenakan prive bisa ditarik dari besaran modal investor yang berarti mengurangi total modal dalam perusahaan maka Aktivitas ini harus dicatat dalam akuntansi yang dicatat dalam laporan perubahan modal. Anda bisa menggunakan metode berikut sebagai pengurangan modal perusahaan rumus prive adalah sebagai berikut:

Prive = modal akhir – (modal awal + laba)

Sebagai contoh perhitungan prive berikut ini:

Pt. XYZ memiliki modal awal Rp 150 juta dengan laba bersih Rp 50 juta. Lalu investor yang menarik dana dan tersisa modal Rp 170 juta. Maka total prive bisa dihitung sebagai berikut ini:

Prive = Modal akhir – (Modal awal + Laba)

Prive = Rp170 juta – (Rp 150 juta + Rp 50 juta)

Prive = Rp170 juta – (Rp200 juta) = -Rp30 juta

Keterangan: tanda (-) menunjukkan penarikan modal.

Cara Mengelola Prive Dengan Bijak 

Setelah anda mengetahui definisi prive kategori karakteristik dan contoh perhitungan maka anda perlu tahu bagaimana cara mengelola dengan baik. berikut adalah tips untuk mengelola akun prive dengan tepat. 

  • Membatasi jumlah penarikan: Anda perlu membatasi jumlah penarikan jangan sampai melebihi 50% dari modal awal sehingga tidak mengganggu kestabilan finansial perusahaan.
  • Menyiapkan dana cadangan: Jika Anda ingin finansial perusahaan tidak terganggu Maka perlu adanya dana darurat sebagai backup untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga.
  • Tidak Melebihi Imbal Hasil: Anda juga perlu membuat kebijakan bahwa total prive adalah kurang dari imbal hasil yang didapat oleh investor. Hal ini penting untuk menghindari masalah keuangan perusahaan.
  • Melakukan Evaluasi Prive: Lakukan evaluasi secara rutin untuk memantau aktivitas investor dalam pengelolaan modal perusahaan. penarikan dana melebihi persentase yang diberikan sehingga tidak berpengaruh pada kinerja bisnis.
  • Memisahkan Urusan Pribadi Dan Perusahaan: Urusan pribadi dan perusahaan  maka dihimbau agar investor tidak terlalu banyak menarik modal untuk memenuhi gaya hidup mereka. 

Pilih Modal Usaha dari Fintech Aman Berizin OJK!

Penting sekali untuk mengetahui prive dalam bisnis Anda, sehingga Anda pun bisa lebih mudah untuk mengatur keuangan bisnis. Selain itu, jika Anda membutuhkan pendanaan dalam usaha dengan pinjaman online terpercaya berizin OJK, maka ajukan properti Anda sebagai agunan di Danamas dan dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan tenor yang panjang. Untuk mempermudah simulasi cicilan, coba gunakan kalkulator simulasi kredit. Selain itu, coba juga kalkulator pinjaman untuk lihat nilai jual aset yang Anda ingin agunkan. Yuk download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sekarang juga di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant