anuitas adalah

Apakah anda pernah mendengar istilah anuitas? Untuk sebagian orang mungkin istilah ini agak jarang terdengar namun bagi mereka yang sudah terbiasa bekerja di bidang keuangan istilah anuitas cukup sering dan familiar. Beberapa orang yang sudah pernah mengambil pinjaman di Bank pasti sudah mengerti kurang lebihnya pengertian tentang anuitas. Namun agar anda bisa lebih paham tentang apa itu anuitas dan jenis hingga contohnya berikut ulasannya untuk anda.

Apa Itu Anuitas?

anuitas adalah

Anuitas adalah sebuah cicilan pembayaran atau penerimaan yang nilainya tetap yang bila dibayarkan atau diterima dalam kurun waktu tertentu. Anuitas biasanya ditunjukkan untuk memudahkan nasabah dalam membayar angsuran di tiap periodenya karena besar pembayaran tetap. Biasanya dimanfaatkan dalam perhitungan bunga atas pinjaman dan bunga atas investasi untuk jangka panjang.

Secara umum anuitas biasa dipakai dalam produk asuransi. Di dalam dunia asuransi anuitas bisa dipahami sebagai manfaat pensiun yang dibayarkan setiap bulan, yaitu kontrak antara karyawan dan perusahaan asuransi dimana setiap karyawan membuat angsuran yang berbeda dan imbalannya menerima pembayaran secara teratur setelah jangka waktu yang ditentukan berakhir.

Tak hanya itu di dunia investasi, anuitas dipakai untuk perencanaan keuangan masa depan untuk memberikan aliran pendapatan yang stabil selama masa pensiun. Di dalam dunia perbankan anuitas juga dipakai untuk menghitung besarnya bunga atau investasi yang bertujuan untuk memudahkan nasabah agar membayar dan mendapatkan jumlah pengembalian investasi mereka.

Jenis Anuitas

  • Anuitas Biasa

Anuitas biasa adalah jenis anuitas dimana pembayarannya berkala bagi periode tertentu yang terjadi pada akhir periode seperti pembayaran hipotek dimana pembayaran dan penerimaan hipotik dibayar saat akhir periode.

  •  Anuitas Jatuh Tempo

Anuitas jatuh tempo adalah jenis anuitas gimana pembayaran atau penerimaannya dilakukan secara berkala untuk jangka waktu tertentu yang terjadi pada awal periode. Contoh dari anuitas jatuh tempo adalah produk asuransi. Saat Anda menggunakan produk Asuransi maka diharuskan membayar premi sebelum dapat meng klaim asuransi tersebut. Selain itu asuransi produk dengan anuitas jatuh tempo adalah perjanjian sewa rental dan lain-lain.

  •  Anuitas Ditangguhkan

Anuitas ditangguhkan adalah jenis anuitas atau penerimaan berkala untuk jangka waktu tertentu yang terjadi atau dilakukan setelah lewat jangka waktu tertentu. Hal ini bisa berakibat pada pembayaran atau penerimaan sehingga bisa ditunda.

  •  Anuitas Langsung

Anuitas langsung adalah anuitas dimana penerimaan atau pembayaran dipakai secara berkala pada periode waktu tertentu atau dilakukan secara langsung tanpa penundaan dalam sebuah periode waktu tertentu. Salah satu contoh anuitas langsung adalah saat Anda membeli mobil dengan kredit. Maka pembayaran dan penerimaan tetap dan anda bisa tetap melakukannya tanpa ada penundaan periode.

Rumus Anuitas

Rumus perhitungan bunga pada anuitas adalah sebagai berikut:

Bunga Anuitas = SP x i x (30/360)

Keterangan:

SP = Saldo Pokok pinjaman bulan sebelumnya 

i = suku bunga per tahun

30 = jumlah hari dalam 1 bulan

360 = jumlah hari dalam 1 tahun

Total Angsuran (TA) = Angsuran Pokok + Angsuran Bunga

TA = P x i/1-(1+i)⁻ⁿ

Keterangan:

TA = Total Angsuran

P = Pokok pinjaman

i = Suku bunga yang dikenakan

n = Jangka waktu pinjaman

Contoh perhitungan bunga anuitas adalah PT XYZ mendapat pinjaman bank senilai Rp 200.000.000 dengan jangka waktu pembayaran 24 bulan. Bank menentukan suku bunga dalam satu tahun adalah 12%. Berapa angsuran per bulan yang harus dibayarkan oleh PT XYZ?

TA = P x i/1-(1+i)⁻ⁿ

TA = 200.000.000 x 12%:12 1-(1+0,01)⁻²⁴

TA = 200.000.000 x 0,0470734722

TA= 9.414.694,44

Sehingga nilai Total Angsuran Rp9.414.694,44, dibulatkan menjadi Rp9.414.700

Kelebihan Dan Kekurangan Anuitas

Kelebihan AnuitasKekurangan Anuitas
Memudahkan nasabah untuk melakukan pembayaran atau mendapatkan retail dari investasinya Cara perhitungan yang cukup rumit dan anda perlu menggunakan software seperti Microsoft Excel agar lebih mudah
Jumlah total angsuran perbulan tetap sama sehingga memudahkan anda dalam membayar angsuranAngsuran bunga lebih besar dibandingkan proporsi angsuran pokok di awal periode pembayaran sehingga berkurangnya saldo pokok pinjaman dirasa cukup lama
Perhitungan nilai bunganya pun cukup air di mana bunga dihitung dari sisa pokok yang belum dibayar Beberapa orang menganggap bunga anuitas bisa merugikan peminjam karena diawal komposisi cicilan lebih banyak dibayarkan untuk bunga sementara utang pokok tidak berkurang banyak maka bunga anuitas dirasa memberatkan karena beban utama dari hutang masih terbilang besar.

Contoh Penerapan Anuitas Di Dunia Perbankan

  • Tabungan Deposito

Pada umumnya penarikan deposito dilakukan secara otomatis oleh bank begitu Anda mendaftarkan diri sebagai nasabah deposit. Tak hanya bisa ditarik otomatis jumlah dana yang ditarik juga sama di tiap periodenya dan hanya bisa diambil pada beberapa bulan. Karena itulah tabungan deposito termasuk ke dalam produk anuitas jatuh tempo.

anuitas adalah
  • Pinjaman Leasing

Setelah membeli kendaraan secara kredit dari leasing maka anda akan diminta menyepakati harga baru yang terbentuk dari penjumlahan harga asli dan anuitas. Lalu harga baru tersebut akan dibagi ke dalam nominal pembayaran sesuai waktu kesepakatan.

  • Tagihan Asuransi

Saat Anda mendaftar menjadi nasabah asuransi maka anda diwajibkan membayar anuitas di tiap bulannya. Walaupun demikian anda tidak bisa menarik premi asuransi di luar waktu kesepakatan, maka dari itu asuransi tersebut masuk kedalam jenis anuitas tangguhan.

  • Iuran Dana Pensiun

Serupa seperti asuransi dan dana pensiun adalah bagian dari anuitas tangguhan dengan kewajiban pembayaran di tiap bulan dari sisi nasabah. Seperti itu Anda dapat menarik dana hanya pada waktu pensil saja sesuai dengan peraturan pemerintah.

anuitas adalah
  •  Investasi

Anuitas pada investasi contohnya saat Anda menginvestasikan uang sebesar Rp 50 juta lalu setelah 1 tahun uang tersebut akan menjadi Rp 56,5 juta. Selanjutnya uang tersebut memiliki pertambahan Rp 6,5 juta dan ini yang disebut dengan anuitas biasa karena bisa anda tarik kapanpun. 

Baca juga: Komunikasi Bisnis: Arti, Fungsi & Manfaat bagi Pengusaha

Demikian pengertian tentang anuitas yang perlu Anda ketahui, hingga contoh penerapan anuitas. Bagi Anda yang ingin memulai usaha namun kesulitan dalam hal permodalan maka bisa coba pinjaman beragunan properti di Danamas. Ada pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan tenor 1 – 10 tahun yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ajukan sekarang langsung dari aplikasi atau websitenya disini.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant