Bisnis rumahan

Bisnis rumahan kini tak hanya menjadi pilihan untuk menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga (IRT) tapi juga karyawan swasta atau mereka yang sudah memiliki penghasilan lain. Menambah penghasilan tak hanya untuk memenuhi kebutuhan masa kini, tapi juga bisa dikembangkan menjadi passive income di masa mendatang. Di tahun 2022, ada banyak sekali trend bisnis rumahan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Berikut daftar rekomendasi bisnis rumahan populer yang bisa Anda coba. 

Bisnis Rumahan Populer 2022

Makeup Artist (MUA)

Apakah Anda suka merias wajah sendiri atau teman? Apakah Anda tertarik untuk menjadikan hobi merias wajah menjadi cuan? Ini momen yang tepat untuk Anda coba keahlian merias wajah dijadikan penghasilan tambahan. Profesi makeup artist (MUA) memang sudah sangat banyak sekali ditemukan, tapi jangan jadikan hal ini membuat Anda tidak percaya diri. Hal yang perlu Anda persiapkan selain kemampuan merias wajah adalah kemampuan mempromosikan keahlian Anda lewat media sosial. 

Jadikan media sosial sarana promosi gratis ke audiens lebih luas. Lalu, kumpulkan portfolio sebanyak-banyaknya dan share di media sosial Anda. Untuk menambah kemampuan, Anda juga bisa ikut berbagai workshop atau kelas online makeup yang diselenggarakan oleh para MUA hits. Tawarkan keahlian Anda untuk berbagai makeup occasion seperti makeup wedding, makeup graduation, makeup lamaran, dll. 

Jual Jilbab / Baju Muslim

Bisnis rumahan yang populer dikalangan wanita adalah menjual jilbab dan baju muslim. Banyaknya wanita yang kini berhijab bisa jadi peluang untuk Anda menjual baju muslim, jilbab hingga mukena. Jilbab yang dijual di ecommerce pun sangat bervariasi, Anda bisa pilih model yang sesuai dengan selera Anda dan promosikan lewat media sosial. Berjualan jilbab atau baju muslim bisa dengan cara dropship atau reseller. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sesuaikan dengan kemampuan finansial, jika Anda hanya memiliki modal kecil, bisa coba dropship. 

Florist

Pernahkah Anda terpikirkan memiliki florist seperti di film-film? Kini, saatnya Anda mencoba peluang bisnis rumahan flower bouquet. Peluang bisnis ini adalah pilihan yang cocok untuk Anda pecinta bunga dan estetika. Kegiatan merangkai bunga juga membutuhkan keahlian yang bisa Anda pelajari di workshop atau kelas merangkai bunga online. Flower bouquet juga memiliki banyak variasi seperti bunga segar atau bunga kering (dried flower) yang bisa dirangkai cantik sesuai kebutuhan. Anda bisa mencari inspirasi flower bouquet di pinterest untuk kembangkan usaha merangkai bunga Anda.

Jasa Pembuatan Hampers & Bingkisan

Jika Anda merasa memiliki keahlian dalam membungkus kado atau membuat hampers yang cantik, maka ini bisa jadi ide bisnis. Hampers tidak hanya untuk bingkisan hari raya tapi juga hantaran untuk orang tersayang kapanpun. Peluang usaha hampers ini makin populer di masa pandemi karena banyak orang yang mengirimkan bingkisan untuk ulang tahun, orang yang isoman, dll karena keterbatasan waktu dan jarak untuk bertemu. Jasa merangkai bingkisan ini adalah bisnis rumah yang hits di tahun 2022, yuk coba!

Jual Camilan

Suka ngemil? Suka makan? Cocok banget bisnis rumahan membuat camilan dijadikan ide bisnis tahun ini nih! Camilan yang bisa Anda coba untuk dijual pun bervariasi, seperti cemilan manis, cemilan asin renyah, dll. Anda bisa menjual cemilan lewat ecommerce dan media sosial. Agar lebih menarik konsumen, buat kemasan yang unik hingga desain yang eye-catching sehingga produk Anda terasa lebih beda dari cemilan biasa. Bisnis rumahan cemilan sepertinya ide yang tidak akan pernah mati karena hampir semua orang suka nyemil bukan? Coba gunakan peluang ini untuk bisnis modal kecil namun bisa untung besar.

Buka Warkop Estetik

Tak hanya sekedar warkop biasa, coba membuat warung kopi yang estetik namun tetap sederhana. Warkop kekinian bisa jadi ide bisnis rumahan yang mendatangkan rezeki juga bisa viral karena Anda berani untuk tampil beda. Mungkin, membuat kedai kopi yang besar belum bisa Anda capai karena modal yang besar, untuk itu coba buat warkop kekinian yang cocok untuk anak muda nongkrong. Di warkop kekinian, Anda bisa menjual aneka kopi, mi instan, cemilan, dll. Buat warkop nyaman, bersih dengan harga yang terjangkau agar konsumen bisa menjadi pelanggan setia Anda. 

Tips Persiapan Buka Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan

Pelajari tentang Administrasi

Bisnis rumahan mungkin usaha kecil Anda yang mulai dirintis tahun ini, walaupun kecil, Anda harus tetap mempersiapkan hal-hal administratif seperti pengelolaan stok barang dan keuangan bisnis. Coba buat tabel atau catatan tentang apa saja yang Anda butuhkan, bagaimana cara Anda mendapatkan bahan baku, cara pencatatan keuangan, dll. Hal ini mungkin sederhana, namun saat menjalankan bisnis secara serius bisa jadi faktor kesuksesan bisnis Anda. 

Jangan Takut Gagal di Awal

Rasa takut, khawatir, cemas kalau dagangan tidak akan laku justru akan membuat Anda memiliki mindset untuk mudah menyerah. Kegagalan dalam bisnis mungkin saja terjadi, namun sebaiknya buatlah pola pikir bahwa apa yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih yang bisa dinikmati banyak orang. Awali bisnis rumahan Anda dengan semangat yang bisa memacu Anda lebih baik dan kreatif lagi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah coba dulu, nikmati proses dan biarkan hasilnya kita lihat nanti barulah dievaluasi. 

Pilih Bisnis sesuai Passion

Memilih bisnis rumahan yang sesuai dengan jati diri adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan, karena dengan memiliki passion dalam bidang yang Anda jalani maka bisa dilalui dengan senang hati. Di saat Anda menemukan tantangan bisnis, Anda tidak akan mudah menyerah karena pasti Anda akan terus semangat untuk mempertahankan bisnis yang Anda sukai. Kenali potensi diri dan temukan bisnis rumahan yang sesuai dengan passion. 

Tentukan Visi & Misi

Visi dan misi tak hanya dibutuhkan bagi bisnis besar, tapi juga bisnis kecil yang baru Anda rintis. Mimpi menjadi bisnis besar adalah mimpi semua pelaku bisnis ukm yang ingin terus bisa berkembang di bidangnya. Untuk itu, awali dengan menentukan visi dan misi untuk bisnis rumahan Anda agar lebih semangat untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. 

Hitung Kebutuhan Modal

Diawal, Anda pasti membutuhkan modal yang jumlah nya disesuaikan dengan model bisnis yang dijalani. Tak semua bisnis rumahan membutuhkan modal yang besar, coba hitung kebutuhan modal awal terlebih dahulu. Sebaiknya, hindari membeli barang yang diluar daftar kebutuhan modal yang Anda buat. Dengan menghitung modal, maka Anda bisa menentukan berapa jumlah stok hingga nominal yang diperlukan untuk memulai usaha ini. 

Tentukan waktu yang Tepat

Buat perencanaan bisnis dengan juga memasukkan waktu yang tepat untuk memulai usaha kecil ini. Sebelum siap launching, pastikan semua hal yang Anda butuhkan sudah siap, buat daftar apa saja yang Anda butuhkan dan bagaimana strategi promosi bisnis rumahan Anda. 

Tentukan Strategi Promosi di Awal

Di Awal perkenalan bisnis Anda, coba tentukan bagaimana Anda mulai strategi promosi. Media promosi atau pemasaran bisa sangat variatif, yang paling sering adalah menggunakan media sosial untuk sarana promosi. Jika ingin berbayar, Anda bisa coba Google Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads. 
Dari semua tips memulai bisnis rumah, tantangan moda usaha pasti selalu ada didepan mata, namun solusi juga selalu ada. Lancar by Danamas bisa menjadi solusi bagi usaha UMKM yang ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih maju juga lancar. Pinjaman beragunan properti dari Lancar by Danamas hadir untuk memberikan pinjaman cepat limit besar hingga Rp 2 miliar. Selain itu, sebagai fintech lending terpercaya, Lancar by Danamas juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK sehingga Anda tak perlu lagi khawatir dengan keamanan pinjaman online di fintech lending ini. Untuk tahu lebih lanjut tentang Lancar by Danamas, silahkan kunjungi website nya dan download aplikasinya di app store.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang untuk Bisnis UMKM

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!