customer-review

Perkembangan teknologi yang di era sekarang ini, membuat kegiatan review menjadi semakin lumrah untuk dilakukan. Saat ini, siapa saja bisa dengan mudah melakukan review dan kemudian dibagikan melalui sosial media. Anda bisa menemukan banyak review atau ulasan terkait sebuah produk atau jasa di internet, review ini sangat penting bagi pemilik bisnis karena bisa dijadikan masukan untuk pengembangan bisnis.

Pentingnya customer review ini harus menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis untuk memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Mungkin Anda belum menyadari bahwa customer review sangat penting untuk membangun kepercayaan dan perhatian bagi calon konsumen. Namun, pada prakteknya, cukup sulit untuk bisa mendapatkan review customer yang sudah membeli produk. Meminta review customer bisa jadi strategi bisnis untuk lebih berkembang dan meningkatkan penjualan.

Di artikel ini akan membahas tentang customer review dari pengertiannya hingga manfaatnya bagi keberlangsungan bisnis. Anda juga bisa mengetahui berbagai jenis review, tujuan review dan cara meminta review customer agar produk Anda bisa mendapatkan feedback. Namun, perlu diingat saat Anda meminta review artinya Anda juga harus siap untuk menerima atau mendengarkan berbagai kritik dan saran, positif maupun negatif. Berikut ulasan lengkap tentang customer review bagi bisnis Anda. 

Pengertian Review

Review atau ulasan adalah sebuah ringkasan, ulasan dari berbagai macam sumber seperti film, buku atau berita. Ulasan ini akan memberikan informasi seputar kekuatan, kelemahan serta kualitas dari sebuah jasa atau produk.

Secara sederhana, review produk adalah testimoni dari pelanggan mengenai kualitas dari sebuah produk atau jasa yang disampaikan berdasarkan fakta dan pengalaman langsung saat menggunakan suatu produk atau jasa tersebut. Dari review yang dilakukan oleh pelanggan ini, nantinya bisa dijadikan masukan bagi produsen untuk mengembangkan produknya supaya menjadi lebih baik.

Apa itu Customer Review

Customer review adalah sebuah komentar atau feedback dari seseorang yang membeli sebuah produk atau jasa dari sebuah bisnis.Jika seseorang pernah memberi ulasan setelah belanja secara online, maka hal itu disebut dengan customer review. Menurut Broadly, 93% pelanggan melihat review yang mereka dapatkan pada sebuah bisnis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa. Hal ini serupa dengan Anda saat melihat toko dengan review yang bagus, pasti tertarik untuk berbelanja di toko tersebut. Maka dari itu, bisnis yang memiliki sejumlah review positif akan mudah diterima di masyarakat dan mampu meningkatkan penjualan.

Cara Meminta Review Customer

Mendapatkan customer review memang cukup menantang dan membutuhkan strategi yang tepat. Cara meminta review customer ini bisa dilakukan dengan berbagai trik agar Anda mendapatkan feedback. Anda bisa sesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan untuk bisa menarik konsumen untuk mau memberikan review-nya, berikut caranya.

a. Lakukan Survey

Untuk melakukan survey, Anda bisa membuat daftar pertanyaan yang cukup potensial untuk memicu pelanggan memberikan umpan balik. Hal itu dikarenakan tidak boleh memberikan pertanyaan yang asal kepada customer. Cara ini cukup banyak dipakai pebisnis dan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Maka, Anda pun harus bisa membuat serangkaian daftar pertanyaan yang membuat pelanggan mau memberikan penilaian. Sebaiknya, lakukan survey secara rutin dan lakukan sesuai dengan produk atau jasa yang dibuat.

b. Tanya Ke Customer Secara Langsung

Tidak semua customer memberikan feedback nya secara langsung saat membeli produk atau jasa. Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada konsumen tentang kualitas produk yang dijual. Anda bisa mengarahkan konsumen untuk memberikan penilaian pada kolom atau tempat yang sudah disediakan, namun hindari memaksa. Anda bisa menggunakan list pertanyaan pada survei sebelumnya.

c. Berikan Penghargaan Kepada Customer

Cara meminta review customer selanjutnya adalah dengan memberikan sebuah reward jika mereka bersedia memberikan feedback atau review. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pebisnis kepada customernya, sehingga mereka pun akan lebih senang dan rajin untuk mengisi kolom komen. Reward yang bisa diberikan seperti diskon ongkir atau potongan harga pada produk tertentu.

d. Jaga Hubungan Baik dengan Customer

Hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara meminta review customer adalah dengan menjaga hubungan baik dengan customer. Anda bisa memperlakukan customer sebaik mungkin terutama saat berkomunikasi. Jangan ragu untuk mendengar keinginan mereka, keluhan, kritik dan saran. Walaupun hal ini cukup menantang untuk mampu mendengar kritik dan saran, namun ini bisa jadi feedback positif untuk produk Anda.

e. Buat Angket bagi Pelanggan

Jika selama ini sebelumnya Anda tidak membuat angket, lalu membagikan kepada customer, maka coba dengan trik ini. Anda bisa memberikan pertanyaan kepada customer dan meminta mereka untuk mengisi angket yang sudah disiapkan. Anda juga bisa memberikan angket untuk mereka tulis pendapat tentang produk yang disukai dan tidak disukai. 

f. Buat Google My Business

Cara meminta review customer selanjutnya adalah dengan membuat Google My Business. Anda bisa memanfaatkan layanan gratis ini untuk customer memberikan feedback mereka. Perlu diketahui, bahwa Google sering memberikan saran beberapa tempat kepada partnernya. Hal ini dilakukan Google untuk membantu memberikan penilaian terhadap suatu tempat atau toko yang mereka lewati atau kunjungi.Google business bisa dipakai mendatangkan customer karena bisa muncul di halaman pencarian.

g. Manfaatkan Media Sosial

Anda perlu memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan customer review. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan informasi tentang media sosial yang digunakan untuk berjualan online. Media sosial bisa jadi sarana media komunikasi kepada customer dan Anda juga bisa mengarahkan mereka untuk mengikuti akun media sosial dan tanya pendapat pada produk yang dijual.

h. Grup Berisi Customer

Anda bisa mendapatkan manfaat dari sebuah grup member dimana grup tersebut wadah untuk mendapatkan customer review selain informasi produk. Orang yang bergabung kedalam grup tersebut adalah customer potensial dan royal.

i. Membuat Saluran Khusus (Email / Kotak Komentar)

Saluran khusus ini bisa dijadikan tempat mendapatkan testimoni atau saran customer review. Saluran khusus tersebut bisa lewat email untuk kritik dan saran. Customer review sangat penting untuk produk yang dijual memiliki nilai baik di mata calon pembeli. Selain itu, customer review ini bisa digunakan sebagai inovasi produk agar memiliki kualitas baik dari sebelumnya.

Pentingnya Customer Review dalam Bisnis

Customer review adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh disepelekan dalam sebuah bisnis, karena banyak calon pelanggan yang akan membaca ulasan produk sebagai pertimbangan sebelum mereka melakukan pembelian. Berikut ini mengapa customer review penting dalam sebuah bisnis.

1.     Membangun Loyalitas Konsumen

Customer review bisa membangun loyalitas konsumen terhadap produk yang anda buat. Selain dengan memberikan diskon atau promo, anda bisa membangun loyalitas konsumen dengan melalui ulasan produk. Anda bisa secara rutin memberikan respon terhadap setiap ulasan yang diberikan konsumen baik ulasan positif maupun negatif. Dengan memberikan respon maka konsumen akan merasa dihargai dan semakin percaya dan loyal dengan produk anda.

2.     Tolak Ukur Kepuasan Konsumen

Dapat mengukur kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis, karena hal ini bisa membantu anda melihat apakah produk atau jasa yang anda sediakan sudah memenuhi atau melebihi ekspektasi pelanggan. Dengan ulasan-ulasan yang diberikan oleh konsumen terkait dengan produk yang anda buat, hal ini bisa membantu anda dalam mengukur kepuasan konsumen.

3.     Menumbuhkan Tingkat Kepercayaan Calon Konsumen

Kepercayaan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis, dengan banyaknya ulasan dan review  positif mengenai produk atau jasa yang anda berikan, maka hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa yakin calon pelanggan terhadap bisnis anda.

4.     Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Ulasan atau review dari pelanggan biasanya berisi pengalaman yang mereka rasakan ketika menggunakan sebuah produk, baik pengalaman positif maupun negatif. Dari ulasan tersebut, anda bisa mengetahui apa yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan dari produk atau layanan yang anda berikan ke masyarakat.

5.     Sarana Pemasaran

Pelanggan yang puas terhadap sebuah produk atau jasa, tidak segan-segan untuk menuliskan atau menceritakan pengalamannya di media sosial, forum, group, website dan halaman toko online anda. Hal ini bisa anda jadikan iklan gratis untuk mempromosikan bisnis anda. 

Tujuan Review

Sebuah review memiliki tujuan positif bagi bisnis. Untuk itu, saat Anda membangun bisnis, jangan lupa untuk meminta review dari customer agar produk yang dijual semakin baik kualitasnya, begitupun Anda mampu memuaskan konsumen. Berikut ini adalah beberapa alasan dan tujuan seseorang memberikan ulasan terhadap sebuah produk atau jasa.

1.     Memperkenalkan Merek

Pada umumnya, ketika meluncurkan sebuah produk, perusahaan akan melibatkan key opinion leader (KOL), influencer, youtuber, atau blogger untuk memberikan review terkait produk mereka. Banyak perusahaan meyakini bahwa ini cara yang paling efektif dan objektif untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk yang mereka buat.

2.     Memberikan Informasi

Penulisan sebuah review juga bertujuan untuk memberikan informasi atau gambaran mengenai merek, fungsi produk dan juga manfaat dari sebuah produk. Biasanya informasi ini akan dikemas secara singkat dan detail supaya bisa tersampaikan ke masyarakat dengan baik.

3.     Persuasi

Sebuah ulasan, secara langsung atau tidak langsung akan dapat memberikan dorongan kepada konsumen untuk melakukan pembelian. Ulasan yang positif akan menambah rasa yakin konsumen terhadap sebuah produk. Tidak semua ulasan didasari oleh motif promosi, banyak konsumen yang sukarela memberikan ulasan terhadap sebuah produk karena ingin membagikan informasi dan pengalaman positif yang ia rasakan terkait produk tersebut kepada orang lain.

Jenis-Jenis Review

Review memiliki beberapa jenis yang ternyata dalam penulisannya juga berkaitan dengan dengan subjek yang ingin di review. Bagi pebisnis, mengetahui jenis review bisa membantu Anda mencari strategi yang pas untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Sebagai customer, Anda bisa menyampaikan review dengan sesuai produk atau jasa yang Anda beli. Berikut jenis jenis review:

1.     Review Text

Review text adalah sebuah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan atau mengulas sebuah karya supaya pembaca bisa mengetahui kualitas, keunggulan serta kelemahan dari karya tersebut.

2.     Review Jurnal

Review jurnal merupakan sebuah strategi untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan mengerti inti dari penelitian yang sudah dilakukan, sehingga pembaca bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang ia perlukan.

3.     Review Gadget

Review gadget adalah ulasan mengenai sebuat gadget atau gawai. Di era sekarang ini, hampir semua orang menggunakan gadget untuk mendukung kegiatan sehari-harinya. Dengan adanya review gadget, hal ini akan memudahkan pengguna supaya tidak kesulitan dalam memiliki gadget yang bisa digunakan di kesehariannya.

4.     Review Buku

Buku merupakan jendela ilmu atau jendela dunia. Dengan adanya review buku, hal ini akan memudahkan pembaca untuk mencari atau mendapatkan bacaan/buku yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

5.     Review Elektronik

Sama seperti gadget dan buku, dalam kesehariannya manusia tidak lepas dari barang elektronik seperti TV, AC, dan lain-lain. Review elektronik sangat diperlukan oleh calon pengguna, supaya ia bisa mempunyai informasi dan referensi seputar alat elektronik yang ingin dibeli.

6.     Review Makanan

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang sangat beragam, hal ini membuat review makanan tidak akan pernah berhenti. Review makanan berguna bagi calon pembeli makanan untuk mengetahui rasa, isi, serta harga dari suatu makanan.

7.     Review Aplikasi

Dengan banyaknya gadget di masyarakat, maka semakin banyak pula aplikasi yang tersedia di dalamnya. Aplikasi ini tentunya akan mendukung aktivitas sehari-hari dari pengguna sebuah gadget. Review aplikasi ini berguna untuk menjadi bahan pertimbangan apakah aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik serta berguna bagi mereka sebelum mereka menginstall sebuah aplikasi di gadget yang mereka miliki.

8.     Review Film

Penggemar film di Indonesia juga cukup banyak, adanya review film bisa memberikan informasi seputar pemain, rangkuman cerita, dan lokasi dimana film itu dibuat yang bisa dipertimbangkan oleh penonton sebelum menonton sebuah film.

9.     Review Pakaian

Saat ini semakin banyak jenis dan model pakaian yang ada di pasar, hal ini terkadang menimbulkan kebingungan bagi masyarakat untuk memilih pakaian. Review pakaian akan sangat membantu calon pembeli untuk memiliki jenis pakaian atau style pakaian yang cocok dengan kepribadian dan gaya masing-masing.

Cara Melakukan Review

Cara melakukan review ternyata tidak bisa sembarangan. Sebagai pebisnis, Anda bisa memberikan panduan kepada customer untuk bisa memberikan customer secara lebih tepat. Gunakan cara melakukan review ini sebagai panduan membuat survey seperti kelebihan dan kekurangan, dll. Dari sisi konsumen, Anda juga bisa memberikan review yang tepat sehingga tidak hanya berguna bagi penjual tapi juga pembeli lain, apakah barang atau jasa ini cukup sepadan untuk dibeli. Berikut ini adalah tips untuk melakukan review produk supaya terlihat lebih menarik.

1.     Deskripsikan Produk dengan Lengkap

Anda bisa memulai review produk dengan memberitahukan first impression atau kesan pertama terhadap produk yang anda gunakan, sampaikan bagaimana packagingnya, kualitas packaging dan lain-lain. Kemudian anda bisa lanjutkan dengan mendeskripsikan lebih mendalam, sehingga pembaca bisa membayangkan dan merasakan produk yang anda review.

2.     Tambahkan Gambar Penunjang

Anda juga bisa tambahkan gambar penunjang, sehingga pembaca bisa lebih mudah untuk membayangkan sebelum mereka membeli dan menggunakan suatu produk.

3.     Sampaikan Kelebihan dan Kekurangan Produk

Ketika melakukan review, sampaikan ulasan berdasarkan pengalaman yang anda rasakan saat mencoba produk tersebut. Jelaskan kelebihan dari produk tersebut, dan sampaikan juga kekurangannya apabila anda temukan kekurangan dari produk tersebut, supaya menjadi pertimbangan baik untuk calon pembeli dan produsen.

4.     Berikan Bukti

Berikan bukti nyata saat menggunakan sebuah produk, sehingga konsumen dapat melihatnya dan tidak akan mempertanyakan pernyataan atau review yang anda buat. Dengan adanya bukti, maka bisa lebih meyakinkan konsumen untuk mencoba sebuah produk.

5.     Call to Action (CTA)

Dalam melakukan ulasan, jangan lupa untuk memasukan unsur Call to Action atau CTA yaitu sebuah kalimat ajakan yang mengajak para pembaca untuk ikut serta mencoba dan membeli produk yang diulas.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa review atau ulasan adalah testimoni dari pelanggan mengenai sebuah produk atau jasa yang disampaikan berdasarkan fakta dan pengalaman langsung saat menggunakan suatu produk atau jasa tersebut. Review dari pelanggan ini penting karena dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat dan juga mempengaruhi penjualan dari sebuah produk, karena semakin positif review dari sebuah produk maka semakin besar pula kemungkinan produk tersebut untuk dibeli oleh banyak orang. Kemudian dengan adanya review produk maka anda sebagai pengusaha bisa melihat hal apa yang bisa ditingkatkan dan dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Modal untuk Rencanakan Mimpi Bisnis Lebih Nyata!

Apabila anda membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan sebuah bisnis, saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah solusi bagi pendanaan usaha Anda adalah Danamas, platform pinjaman agunan properti yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. 

Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan tenor panjang hingga 10 tahun. Bisa dibayangkan bagaimana bisnis Anda mampu berkembang secara signifikan dengan modal usaha yang besar ini. Anda juga bisa simulasikan kisaran pinjaman online OJK bunga rendah 2021 di kalkulator simulasi kredit dan juga kalkulator pinjaman untuk melihat nilai properti yang Anda agunan dengan besaran pinjaman yang bisa Anda dapatkan. Untuk semakin memudahkan Anda dalam proses pengajuan, maka ajukan lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang bisa didownload di smartphone Anda, tersedia di Apple Store dan Play Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant