Contoh-proposal-bisnis

Dalam sebuah bisnis, adanya proposal bisnis cukup penting. Sebagai dokumen tertulis yang dibuat dengan isi yang relevan dengan bisnis Anda. Umumnya, proposal bisnis sering dipakai untuk pebisnis yang ingin mencari investor sebagai bentuk dokumen pendukung. Di proposal bisnis, Anda bisa menunjukkan latar belakang dan tujuan bisnis yang bisa dilihat oleh investor agar bersedia memberikan modal usaha. 

Pembuatan proposal bisnis UMKM tidak bisa sembarangan terlebih lagi jika Anda mengajukan proposal untuk pihak yang nantinya akan bekerjasama dengan Anda. Maka dari itu, penting sekali melihat bagaimana komponen hingga struktur proposal bisnis UMKM yang tepat bagi keberlangsungan bisnis Anda. Dengan pembuatan proposal umkm yang benar, maka usaha Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Tak hanya modal bisnis, dengan memiliki proposal bisnis juga bisa memberikan ide tentang inovasi untuk bisnis Anda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin, apa yang Anda ajukan atau propose untuk pihak ketiga menjadi pertimbangan tersendiri. Ide dan inovasi dari produk yang sedang Anda garap bisa dituangkan di proposal bisnis umkm. Lalu, bagaimana cara membuat proposal bisnis umkm tersebut, berikut ulasannya.

Apa itu Proposal Bisnis UMKM?

Proposal bisnis umkm adalah sebuah dokumen dengan data tertulis yang dibuat oleh pemilik usaha yang berisikan gambaran tentang semua aspek terkait dengan bisnis yang dijalankan. Aspek tersebut mencakup info internal maupun eksternal dan realistis sesuai dengan fakta. Selain itu, proposal bisnis juga berisikan informasi tentang nama bisnis, latar belakang, visi misi dan pendanaan, dll. Sebaiknya, proposal bisnis dibuat dari awal bisnis tersebut berjalan.

Manfaat Proposal Bisnis UMKM

Manfaat atau fungsi proposal bisnis bagi pebisnis sangat penting terutama bagi mereka yang ingin mengadakan suatu program bisnis. Manfaat dari pembuatan proposal bisnis ini bisa membantu usaha Anda untuk bisa lebih maju seperti dipakai untuk pengajuan tender, untuk mendirikan umkm, untuk mengadakan seminar, dll. Berikut informasi manfaat serta fungsi proposal bisnis umkm yang bisa Anda ketahui.

  • Sebagai Dasar untuk Mendirikan UMKM & Usaha Besar

Proposal bisnis bisa menjadi catatan yang dapat memberikan penjelasan tujuan dari bisnis. Hal ini dikarenakan sebuah proposal bisnis memiliki beberapa unsur yang termasuk profil bisnis, struktur organisasi perusahaan, dsb. 

  • Syarat Pengajuan Tender kepada Lembaga Pemerintah & Swasta

Proposal bisnis adalah salah satu syarat untuk pengajuan tender. Lembaga-lembaga pemerintah atau swasta akan menyeleksi berdasarkan proposal terlebih dahulu.

  • Syarat saat Mengadakan Seminar, Diskusi Pelatihan dll

Proposal bisnis juga dibutuhkan saat Anda ingin mengadakan seminar, sehingga detail acara bisa dirancang dengan baik.

Jenis Proposal Bisnis

Proposal bisnis memiliki beberapa jenis yang tentu bisa Anda pilih dengan sesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Jenis proposal bisnis antara lain proposal bisnis formal, informal, unsolicited proposal. Berbagai jenis proposal ini memiliki pengertian yang berbeda tergantung jenis usaha yang dijalankan.

  • Proposal Bisnis Formal

Jenis proposal ini berguna sebagai respon terhadap permintaan proposal pihak lain yang ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Isi proposal bisnis ini dirancang lebih formal dari susunan bahasa hingga susunan format proposal untuk meningkatkan peluang kerjasama.

  • Proposal Bisnis Informal

Proposal ini dibuat oleh calon pelanggan yang tertarik pada produk perusahaan. Isinya juga bisa disesuaikan dengan sudut pandang dari klien sehingga bisa lebih mudah dipahami dan bisa meningkatkan konversi penjualan bisnis. 

  • Unsolicited Proposal

Jenis proposal bisnis ini bisa tersusun tanpa adanya permintaan resmi yang cukup jelas. Umumnya, unsolicited proposal berisi uraian yang cukup singkat, padat dan jelas. Selain itu, unsolicited juga berisi data generik perusahaan. 

Format Proposal Bisnis

Dalam pembuatan proposal bisnis, terdapat format yang perlu Anda masukkan seperti pendahuluan, profil bisnis Anda, struktur organisasi, jenis produk, keunggulan produk, dll. Format dalam proposal bisnis ini bisa membantu Anda untuk bisa membuat proposal usaha umkm lebih mudah karena sudah lebih tertata dengan baik. Berikut unsur pada proposal bisnis yang bisa Anda masukkan saat membuat proposal bisnis:

  • Pendahuluan

Di Bagian pendahuluan, berisi visi dan misi perusahaan. Setelahnya, berisikan latar belakang pendirian usaha. Dari bagian ini tampak proposal memiliki peluang yang bisa menguntungkan investor. Sebaiknya, proposal bisnis dibuat secara singkat, padat dan jelas dengan kalimat persuasif. 

  • Profil Bisnis

Profil bisnis ini berisikan penjelasan usaha yang ingin diajukan secara terperinci. Umumnya, bagian ini menerangkan tentang jenis bisnis, nama bisnis dan merek hingga lokasi operasional.

  • Struktur Organisasi Perusahaan

Di Bagian ini, proposal bisnis menjelaskan tentang struktur organisasi. Isi ini menjelaskan sistem usaha yang akan bekerja, bagian-bagian yang terbentuk dalam organisasi. Struktur organisasi tersebut meliputi pengelola, pemilik bisnis, HR, marketing, dll. 

  • Produk Perusahaan

Pada proposal bisnis juga mencantumkan produk yang ditawarkan dan peluangnya untuk menarik minat investor memberikan suntikan dana. Selain itu, coba jelaskan bagaimana produk dibuat beserta keunggulannya, sehingga investor memiliki gambaran tentang bisnis Anda. 

  • Jenis Produk

Jenis produk ini berisikan tentang informasi berbagai jenis produk yang Anda jual.

  • Pembuatan Produk

Pembuatan produk berisikan tentang bagaimana proses produk tersebut dibuat, alat yang dibutuhkan, hingga SDM dan modal untuk proses produksi. 

  • Keunggulan Produk

Jelaskan berbagai keunggulan produk yang dimiliki oleh perusahaan, hal-hal yang membedakan dari produk lainnya.

Analisis Pasar & Persaingan

Analisis pasar juga dibutuhkan dalam pembuatan proposal bisnis, analisis tersebut termasuk kompetitor dan target pasar. Berikan informasi siapa kompetitor dan bagaimana Anda bisa terlihat berbeda dari kompetitor. Selain itu, berikan juga informasi target market Anda, uraikan secara jelas dan details. Pada analisis ini bisa mencakup teknik SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, & Threat). Berikut penjelasan tentang analisis pasar yang berguna untuk pembuatan proposal bisnis, sebagai berikut:

  • Strength (Kekuatan)

Kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan atau produk tersebut sehingga terlihat lebih unggul dari produk lainnya.

  • Weakness (Kelemahan)

Sebuah keterbatasan atau kekurangan perusahaan terhadap kemampuan dan pesaingnya bisa menjadi hambatan untuk melancarkan usahanya.

  • Opportunities (Peluang)

Peluang adalah situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Di peluang juga bisa mengidentifikasikan segmentasi pasar yang sebelumnya terlewatkan, perubahan teknologi dan membaiknya hubungan dari pembeli & pemasok.

  • Threat (Ancaman)

Informasi tentang situasi yang kurang menguntungkan bagi perusahaan. Ancaman menjelaskan adanya hambatan yang bisa memperlambat kinerja perusahaan. Faktor ancaman tersebut seperti pertumbuhan pasar yang lamban, meningkatnya kekuatan tawar menawar pembeli, perubahan teknologi, dll.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

Cara Membuat Proposal Usaha

Dalam pembuatan proposal usaha ukm, ada beberapa struktur yang yang perlu Anda perhatikan. Struktur dalam proposal usaha umkm ini bisa membantu Anda untuk membuat proposal secara sistematik sehingga Anda pun lebih mudah dalam perancangan proposal ini. Berikut kerangka atau struktur yang bisa Anda coba ikuti.

BAB1: Pendahuluan

Susunan kerangka pertama pada proposal bisnis adalah pendahuluan. Pada pendahuluan berisikan latar belakang, yang menjelaskan alasan Anda membangun usaha ini. Aspek pada kerangka proposal bisnis ini antara lain:

  • Latar Belakang
  • Visi
  • Misi
  • Tujuan
  • Waktu pelaksanaan kegiatan bisnis

BAB2: Tinjauan Umum

Pada tinjauan umum berisi gambaran strategi bisnis Anda. Pada analisis SWOT bisa dimasukkan di BAB 2 ini. Aspek pada tinjauan umum, antara lain:

  • Profil usaha
  • Struktur kepemilikan
  • Lokasi usaha
  • Strategi bisnis
  • Analisi SWOT

BAB 3: Manajemen Produksi

Di bagian ini menjelaskan tentang bagaimana pengelolaan usaha Anda dan produk apa saja yang dijual. Anda bisa menjelaskan kegiatan operasional yang Anda lakukan. Aspek pada manajemen produksi ini antara lain:

  • Bahan pembuatan produksi
  • Peralatan
  • Sistem kegiatan operasional
  • Proses produksi

BAB 4: Rancangan Biaya & Pendapatan

Pada bab ini menginformasikan rincian modal, biaya operasional dan pendapatan usaha. Tulis keuangan bisnis Anda sebenar-benarnya, terutama ini berguna jika ditujukan bagi investor untuk bisa melihat kondisi keuangan Anda. Aspek kerangka proposal usaha dibagian ini antara lain:

  • Modal & pemasukan
  • Perhitungan harga jual
  • Perhitungan laba rugi usaha

Bab 5: Penutup

Di bab terakhir merangkum semua inti informasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Aspek pada bab ini adalah kesimpulan dari proposal bisnis.

Demikian contoh proposal bisnis dan penjelasannya untuk Anda bisa uraikan saat membuat proposal usaha. Sebagai dokumen yang penting bagi Anda dan investor, Anda harus membuatnya secara jelas dan details. Namun, ada hal simple yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha tanpa membuat proposal bisnis, yaitu mengajukan Pinjaman umkm online online terpercaya .Di Danamas, Anda bisa mendapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar. Kemudahan mendapatkan modal usaha ini bisa Anda ajukan sekarang lewat aplikasi Danamas pinjaman bisnis, praktis dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis-online-tanpa-modal

31 Bisnis Online Tanpa Modal & Ide Bisnis Online, Ini Dia Daftarnya!

Bisnis online tanpa modal memang sepertinya tidak mudah untuk dijalankan, namun bukan berarti tidak mungkin ya teman-teman! Membangun bisnis memang bukan hal yang sederhana,

usaha-sampingan

20+ Usaha Sampingan Karyawan Pasti Cuan

Usaha sampingan karyawan bisa jadi sumber pendapatan pasif yang memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Usaha sampingan kini tidak hanya dilakukan oleh para ibu rumah tangga a

visioner-adalah

Visioner adalah, Karakter dan Tips untuk Mengasahnya

Visioner adalah kemampuan untuk melihat lebih jauh ke depan dan memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan jangka panjang. Seorang visioner memiliki kemampuan untuk memvisual