Cara buat WA Bisnis

WA bisnis kini banyak dibuat oleh mereka yang mulai membangun bisnis. Dulu, keberadaan whatsapp (WA) hanya sebatas chat personal antar orang, namun kini whatsapp jadi pilihan pebisnis umkm untuk memudahkannya berkomunikasi dengan pelanggan dengan fitur tambahan dari wa bisnis. 

WA bisnis baru dirilis di Indonesia pada 2018 dan ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi. Sebagai salah satu aplikasi chat yang populer di Indonesia, whatsapp bisnis adalah solusi yang tepat untuk bisa berkomunikasi sekaligus promosi. Berikut cara buat wa bisnis untuk tingkatkan penjualan:

Cara buat WA Bisnis

Cara Buat WA bisnis

Sebelum anda mengetahui secara lengkap apa saja fitur juga manfaat WhatsApp bisnis, maka  saya akan beritahu cara membuat wa bisnis yang tepat:

Download aplikasi Whatsapp

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi WhatsApp bisnis di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Masukkan Nomor Telepon

Setelah anda menginstal WhatsApp bisnis di handphone, Maka selanjutnya adalah daftarkan nomor telepon anda. Nomor telepon yang Anda daftarkan sebaiknya adalah nomor untuk keperluan bisnis. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah proses verifikasi saat mendaftarkan nomor telepon di WhatsApp bisnis. Selain itu nomor khusus ini juga bisa menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur.

Lengkapi Profil Bisnis Anda

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan melengkapi profil bisnis anda. Jika anda tidak memiliki profil bisnis, maka sebaiknya buat dulu profil bisnis sebelum membuat WhatsApp bisnis. Cara melengkapi profil bisnis adalah dengan klik menu setting > bisnis setting > profile. Anda harus pastikan bahwa informasi yang dicantumkan itu cukup detail dan sesuai dengan bisnis Anda, bisa mencakup nama bisnis, di telepon, alamat, kategori, email, sosial media atau website.

Atur Menu Balas Pesan Otomatis

Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis di WhatsApp bisnis. Fitur WhatsApp bisnis ini akan memudahkan Anda saat membalas pesan pelanggan diluar jam kerja. Berikut cara membuat wa bisnis untuk mengatur pesan otomatis:

Klik setting > bisnis setting > pilih opsi ‘away message’ atau ‘greeting message’ atau bisaj juga ‘quickreplies’.

Maka anda sudah bisa mengatur isi pesan balasan secara otomatis. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatur waktu pengiriman pesan sesuai dengan kebutuhan anda.

Fitur-Fitur Whatsapp Bisnis Yang Penting

WhatsApp bisnis dan Whatsapp messenger mirip namun penggunaannya bisa saja berbeda. Ada beberapa fitur WhatsApp bisnis yang tidak anda temukan di WhatsApp Messenger pada umumnya. 

Nama Akun Pengguna

Ini merupakan hal teknis yang membedakan WhatsApp bisnis dengan Whatsapp messenger yakni Pengaturan mengubah nama akun. Pada WhatsApp Messenger, anda bisa mengganti nama akun kapanpun anda mau. Selain itu, Anda bisa memasukkan atau menambahkan emoji sesuka hati anda. berbeda dengan Whatsapp bisnis, yang memiliki ketentuan dalam pembuatan nama akun bisnis. Ketentuan tersebut adalah Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital, kecuali untuk akronim dan hanya huruf pertama yang bisa dikapitalkan. 

Syarat Membuat Nama Akun di Whatsapp Bisnis:

  • Tidak boleh ada tambahan diantara setiap kata titik Apabila nama bisnis Anda terdiri dari 2 kata atau lebih dari 1 kata maka pemisah kata tersebut hanyalah sebuah spasi.
  • Tidak bisa menambahkan tanda baca
  • Tidak menggunakan emoji, simbol, dan karakter spesial apapun.
  • Tidak menambahkan karakter non-alfanumerik atau karakter yang bukan merupakan angka atau huruf.

Fitur Pesan Otomatis

WhatsApp bisnis menyediakan 3 fitur pesan otomatis yaitu away message, greeting message dan quick replies.

  • Away message: Fitur balas pesan otomatis pada WhatsApp bisnis Ketika anda ketika ada pesan masuk dari konsumen di luar jam kerja atau pada saat bisnis Anda libur. Maka sangat berguna untuk membalas pesan otomatis sesuai dengan preferensi anda.
  • Greeting message: Sebuah fitur WhatsApp bisnis untuk membalas pesan otomatis yang anda kirimkan disaat konsumen pertama kali menghubungi anda.
  • Quick reply: Fitur WhatsApp bisnis yang bisa membuat teks balasan untuk hal-hal yang sering ditanyakan oleh konsumen. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat beberapa pesan balasan yang memiliki peluang besar hal yang ditanyakan oleh konsumen tentang bisnis.

Cara Tulis Merk di WA Bisnis

Nama bisnis anda tidak boleh hanya terdiri dari: 

  • Nama lengkap seseorang
  • Istilah umum seperti pakaian, makanan, dll
  • Lokasi geografis seperti Jakarta
  • Kurang dari 3 karakter. 

Ketentuan tersebut harus menjadi concern Anda saat membuat akun bisnis di WhatsApp. Jika anda ingin mengubah nama bisnis, maka anda akan menghilangkan status akun bisnis resmi. 

Baca juga: Rahasia Memulai Bisnis Restoran agar Ramai Pengunjung

Profil Pada Akun Bisnis

Pada profil di akun Whatsapp bisnis memuat informasi tentang bisnis Anda seperti nama alamat, kategori bisnis, deskripsi tentang bisnis Anda, akun media sosial hingga situs website (jika ada). Menu informasi ini hanya bisa ditemukan di WhatsApp bisnis, tidak ada di WhatsApp Messenger. Nantinya pelanggan bisa melihat informasi yang sudah anda buat tersebut. Cara mengedit profil bisnis di WhatsApp bisnis sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp bisnis lalu klik opsi lainnya lalu klik setelan lalu klik nama bisnis anda.
  • Klik edit
  • Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui lalu simpan

Pada profil akun bisnis WhatsApp Anda juga bisa menambahkan halaman Facebook dan Instagram. caranya cukup mudah yaitu dengan mencantumkan url pada salah satu form atau kolom situs web. 

Buat Katalog di WA Bisnis

Pada WhatsApp bisnis fitur selanjutnya yang sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis adalah katalog. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa dilihat oleh konsumen saat membuka profil WhatsApp. Pada katalog di WhatsApp bisnis, Anda juga bisa memasukkan foto produk hingga keterangan detail seperti harga produk.

Cara menggunakan fitur katalog pada WhatsApp bisnis adalah dengan membuka menu pengaturan-pengaturan bisnis, katalog.

Statistik Pesan

Pada WhatsApp bisnis, Anda bisa melihat jumlah statistik pesan yang terkirim diterima dan dibaca. Fitur ini tentu sangat membantu pelaku bisnis untuk meninjau pesan mana saja yang ternyata efektif dan tidak efektif.

Cara untuk mengecek jumlah statistik pada WhatsApp bisnis adalah dengan klik tombol menu lalu setelan > setelan bisnis > statistik.

Kategori Bisnis

Pada kolom profil di Whatsapp bisnis terdapat menu kategori bisnis. Selanjutnya Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai dengan usaha yang Anda lakukan. Namun jika ternyata kategori bisnis anda tidak terdapat dalam kategori bisnis di WhatsApp bisnis maka anda bisa pilih “others”.

Label di WA Bisnis

Fitur pada WA bisnis adalah fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan tersebut seperti prospek menunggu pembayaran pesan baru dan pesan selesai. Dengan adanya fitur label pada WA bisnis maka anda akan mudah membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. sehingga kedepannya Anda bisa memfollow up pelanggan atau konsumen yang belum membayar.

Berikut cara menggunakan fitur label pada WhatsApp bisnis:

  • Menerapkan Label

Klik dan tahan chat lalu pilih label Lalu Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau bisa tambah label baru.

  •  Lalu Temukan Konten Berlabel

Untuk menemukan konten yang dilabeli maka anda bisa buka layar C lalu Klik tombol menu klik label dan klik salah satu label yang ingin anda lihat.

  • Mengelola Label

Kelola label dengan cara buka chat lalu Klik tombol menu, lalu label titik pada menu ini anda bisa menggunakan berbagai fitur pengaturan antara lain:

  • Mengedit atau menghapus label
  • Menambahkan warna pada label agar bisa lebih mudah dibedakan
  • Membuat pesan broadcast yang bisa dikirim ke setiap konsumen dengan label tertentu

Tanda Centang Pada Akun Bisnis Di Whatsapp Bisnis

Mirip seperti pada media sosial, WhatsApp bisnis juga bisa memberikan centang pada akun bisnis yang anda buat pihak WhatsApp bisnis akan memberikan centang warna hijau pada akun yang sudah terverifikasi oleh mereka. Umumnya akun bisnis yang sudah resmi dan terverifikasi akan tampak centang hijau pada profil atau disamping judul chat. Dengan fitur ini maka bisnis Anda bisa terlihat lebih profesional dan juga Kredibel sehingga lebih dipercaya oleh banyak konsumen.

Alasan Harus Pakai WA Bisnis Untuk Usaha

  • Memudahkan Komunikasi Dengan Konsumen

Alasan pertama Mengapa menggunakan WhatsApp bisnis penting untuk keberlangsungan usaha anda, karena lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan. Terlebih lagi pada WhatsApp bisnis terdapat fitur yang mendukung seperti greeting message dan quick message. Bisnis ini sangat membantu Anda saat membalas pesan di luar jam kerja. Kemudahan berkomunikasi dengan konsumen ini juga sangat didukung oleh fitur-fitur yang membantu pebisnis semakin mudah berkomunikasi dan juga terlihat lebih profesional.

  • Lebih Terpercaya

Kejahatan dalam dunia bisnis online sangatlah marak terjadi. Maka pembeli maupun penjual harus selalu memperhatikan juga mengecek terlebih dahulu saat ingin melakukan transaksi jual beli online. Hal ini dilakukan agar menghindari tindak kriminal yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu. Maka dengan adanya fitur profil bisnis pada WA bisnis, pembeli bisa mudah melakukan pengecekan terhadap Informasi Bisnis yang tercantum pada profil tersebut. Calon konsumen pun akan lebih yakin terhadap bisnis anda dengan informasi yang detail termasuk website dan akun media sosial.

  • Lebih Mudah Untuk Mempromosikan Produk

tak hanya sebagai alat berkomunikasi, WhatsApp bisnis juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Mempromosikan produk lewat WhatsApp bisnis bisa dengan cara menggunakan fitur katalog yang telah disediakan pada fitur katalog, misalnya Anda bisa memasukkan foto hingga deskripsi lengkap berikut harga produk.

WA Bisnis bisa Anda gunakan sebagai alat pendukung dalam hal komunikasi untuk usaha umkm Anda. Selain aplikasi chat yang memadai, dalam bisnis juga membutuhkan modal usaha. Modal usaha yang aman dan terpercaya adalah hal yang krusial karena lewat pendapatan modal bisnislah, usaha Anda bisa semakin maju. 

Dalam memilih modal bisnis pun tidak boleh sembarangan, wajib untuk Anda lihat apakah peminjam modal usaha sudah berizin OJK? Jika belum, maka sebaiknya pilih fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK, seperti Lancar by Danamas. Dengan keunggulan pinjaman modal usaha beragunan properti yang Lancar by Danamas tawarkan, maka Anda bisa berekspansi bisnis lebih luas lagi. 

Lancar by Danamas menawarkan pinjaman modal usaha dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor minimal 1 tahun – 10 tahun. Semakin solutif karena suku bunga dari Lancar by Danamas cukup rendah, maka bisnis Anda pun bisa tetap berjalan dengan lancar tanpa hambatan dalam hal keuangan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!