Cara Daftar Antrian Online Bpjs Kesehatan Online

Pasti anda sering mendengar istilah BPJS. Salah satu program pemerintah ini memberikan pelayanan bagi masyarakat  agar mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan salah satunya adalah fasilitas kesehatan dari BPJS Kesehatan. 

Saat diluncurkannya program pemerintah yaitu BPJS Kesehatan ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang terbantu akan adanya BPJS Kesehatan. Agar anda semakin memahami bagaimana BPJS kesehatan memberikan pelayanannya, hingga cara daftar antrian online BPJS Kesehatan, simak artikel ini hingga akhir.

Apa itu BPJS Kesehatan

Cara Daftar Antrian Online Bpjs Kesehatan Online

BPJS Kesehatan memiliki kepanjangan yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan. BPJS Kesehatan adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan khusus dari pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Jaminan kesehatan ini dikhususkan selain untuk rakyat Indonesia juga bagi pegawai negeri sipil (PNS), penerima dana pensiun PNS dan TNI/Polri, perintis kemerdekaan, beserta keluarganya dan badan usaha lainnya. 

Apa Beda BPJS Kesehatan & JKN?

Program pemerintah yang diselenggarakan pada tahun 2014 ini memiliki dasar hukum UU Nomor 24 Tahun 2011. BPJS memiliki program baru yaitu bernama jaminan kesehatan nasional atau JKN. 

JKN diselenggarakan melalui sistem asuransi dimana masyarakat harus membayar iuran dalam jumlah ringan sebagai tabungan untuk biaya perawatan ketika sakit di masa yang akan datang. Lalu apa bedanya BPJS Kesehatan dengan JKN?

Apa itu JKN?

JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional adalah sebuah program pelayanan kesehatan yang perwujudan dari BPJS kesehatan. Sistem JKN menggunakan sistem asuransi sehingga masyarakat harus membayar iuran dan mencairkannya saat terjadi hal-hal yang sesuai ketentuan pada JKN. 

Program JKN memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki proteksi kesehatan dengan cara yang lebih baik dan mendapatkan manfaatnya di kemudian hari. Untuk masyarakat yang kurang mampu, maka ia bisa mendapatkan PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang akan ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Dengan adanya program ini, maka seluruh kalangan masyarakat Indonesia bisa menikmati fasilitas kesehatan dari pemerintah ini.

Apa Itu BPJS Kesehatan?

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah sebuah badan atau perusahaan asuransi yang sebelumnya bernama PT Askes. Perusahaan inilah yang menyelenggarakan perlindungan kesehatan bagi para pesertanya. Perlindungan kesehatan ini didapat dari BPJS ketenagakerjaan yang merupakan transformasi dari Jamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja. 

Dari pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara keduanya adalah, JKN merupakan nama programnya, sedangkan BPJS adalah sebuah badan penyelenggara nya dan kinerja nya diawasi oleh dewan jaminan sosial nasional.

Jenis-Jenis BPJS

Lembaga pemerintahan ini memiliki dua jenis jaminan untuk masyarakat yaitu BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Kesehatan

Salah satu program jaminan dari pemerintah yang cukup disorot oleh banyak masyarakat adalah BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan juga disebut jaminan kesehatan nasional atau JKN. dasar hukum penyelenggaraan dari JKN yaitu UU Nomor 40 Tahun 2004 dan keanggotaannya ditandai dengan memiliki kartu Indonesia sehat termasuk bagi mereka penerima bantuan iuran dari pemerintah.

Manfaat BPJS Kesehatan

Pelayanan yang diberikan oleh cukup komprehensif melalui rujukan berjenjang tergantung pada indikasi medis pasien.  Bagi anda yang merupakan peserta BPJS maka manfaat berikut bisa Anda rasakan antara lain:

  • Dapat penyuluhan tentang perilaku hidup sehat atau pengelolaan lingkungan hidup
  • Setiap peserta BPJS (anak) mendapatkan imunisasi dasar yaitu BCG, DPT-HB, campak dan polio
  • Masyarakat yang merupakan peserta BPJS juga memperoleh pelayanan KB seperti kontrasepsi, konseling kandungan, hingga tubektomi dan vasektomi
  • Peserta BPJS bisa mendapatkan pemeriksaan gagal ginjal, bedah jantung hingga kanker
  • Skrining kesehatan menurut risiko penyakit atau dampak lanjutan 

Secara umum, peserta BPJS mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama berupa rawat inap intensif atau non intensif, bisa juga mendapatkan rujukan lanjutan berupa rawat jalan atau inap. Perbedaannya terletak pada kelas-kelas BPJS yang diambil oleh masyarakat.

BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar Antrian Online Bpjs Kesehatan Online

Program BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan hari tua atau JHT. Program ini dikhususkan untuk pengusaha dan pekerja, dan pembayarannya bisa ditanggung pengusaha atau perorangan. 

Tujuan dari JHT yaitu memberikan penghargaan ketika karyawan telah pensiun, mengalami cacat tetap atau meninggal dunia. Keanggotaannya ditandai dengan memiliki kartu peserta Jamsostek atau KPJ. 

Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan akan mendapatkan nomor keanggotaan, sedangkan jika mereka yang bekerja di sektor non-formal tanpa upah tidak memiliki nomor kepesertaan namun keduanya tetap terdaftar dalam sistem BPJS. 

Siapa Saja Yang Bisa Daftar BPJS Kesehatan ?

Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional, maka peserta JKN adalah seluruh rakyat Indonesia. Kepesertaan JKN adalah bersifat wajib, tidak terkecuali juga masyarakat tidak mampu karena metode pembiayaan kesehatan individu ini ditanggung oleh pemerintah. 

Berapa Iuran BPJS?

Pembagian besar kecilnya iuran BPJS didasari pada kemampuan ekonomi peserta, seperti berikut ini:

Iuran BPJS Kesehatan

Besaran iuran BPJS Kesehatan ditentukan menurut kelas, yaitu dari kelas 1 hingga kelas 3. Setiap tahunnya iuran BPJS bisa berubah-ubah, per Januari 2021 nominal besaran iuran BPJS ditetapkan sebagai berikut:

  • BPJS kesehatan kelas 1: Rp150.000 per bulan
  •  BPJS kesehatan kelas 2: Rp100.000 per bulan
  • BPJS Kesehatan  kelas 3: Rp35.000 per bulan. Tarif ini sudah dipotong oleh subsidi pemerintah sebesar Rp7.000 dari total nominal seharusnya adalah rp 42.000

Nominal iuran BPJS tersebut berlaku bagi peserta mandiri dan bukan pekerja. Jika anda adalah seorang karyawan kantoran maka bisa membayar tarif BPJS sebagai berikut:

  • Pembayaran iuran BPJS sebesar 1% dari total gaji
  • Perusahaan wajib membayar iuran 4% dari total gaji pekerjanya
  • Batas maksimal gaji yang iuran BPJS yang ditanggung oleh perusahaan adalah sebesar Rp12 juta.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Berikut besaran nominal iuran BPJS Ketenagakerjaan:

  • Bagi peserta penerima upah, nominal yang harus dibayarkan adalah 2% Sedangkan perusahaan tempat anda bekerja harus membayar sebesar 3,7%.
  • Bagi pekerja upah, besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah 2% dari upah per bulan
  • Untuk BPJS ketenagakerja seperti pekerja migran, maka  nominal yang harus dibayarkan adalah Rp50.000 –  Rp600.000 per bulan 

Cara Daftar BPJS Online

Jika anda ingin mendaftar menjadi peserta BPJS maka bisa dilakukan secara online. berikut berkas atau dokumen yang perlu Anda siapkan:

  • Alamat email aktif
  • Nomor handphone aktif
  • Nomor kartu keluarga
  • Nomor KTP

Langkah Langkah Pendaftaran BPJS Online:

  • Download aplikasi JKN mobile di ponsel
  • Buka aplikasi lalu klik ‘daftar’
  • Pilih menu ‘Pendaftaran peserta baru’
  • Baca ketentuan pendaftaran lalu klik ‘setuju’
  •  Masukkan nomor induk kependudukan dan kode captcha
  •  Lalu lakukan pengisian data yang dibutuhkan dan ketuk ‘pilihan selanjutnya’
  •  Pilih fasilitas kesehatan yang anda inginkan
  •  Masukkan alamat email dan klik ‘simpan’
  •  Tunggu verifikasi via email
  • Buka virtual account yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan, lalu anda sudah bisa membayar premi nya
  • Jika premi sudah berhasil dibayarkan maka anda sudah terdaftar sebagai peserta
  • Kini kartu BPJS kesehatan anda berbentuk virtual di aplikasi

Cara Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memiliki layanan antrian online pada aplikasinya mobile JKN dan website antrian.bpjs-kesehatan.go.id. Layanan antrian online BPJS Kesehatan ini bisa dipakai untuk mendapatkan nomor antrian di faskes pertama dan faskes rujukan. Layanan online ini dimanfaatkan bagi seluruh peserta BPJS Kesehatan yang masih aktif. 

Anda hanya perlu memasukkan username atau email atau nomor BPJS serta password untuk bisa mengakses aplikasi mobile JKN dan website antrian faskes BPJS.

Nomor antrian online BPJS Kesehatan didapat dari layanan yang sudah terhubung dengan faskes terkait. Jika anda sudah mendapatkan nomor antrian, maka selanjutnya Anda bisa mendatangi faskes sesuai dengan waktu yang tertera dan bisa mendapatkan pelayanan dari dokter.

Berikut cara antri online BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN:

  • Registrasi aplikasi mobile JKN
  • Download aplikasi mobile JKN di Smartphone anda
  • Klik menu pendaftaran penggunaan mobile dan masuk kedalam halaman registrasi
  • Masukkan data yang dibutuhkan pada kolom yang disediakan meliputi nomor kartu BPJS, nomor KTP, nama ibu kandung, tanggal lahir, nomor HP, email, password. Anda harus pastikan bahwa alamat email dan handphone masih aktif sehingga bisa diakses lewat alamat email untuk kode verifikasi.
  • Klik ‘register’
  • Klik ‘ok’ dan kembali ke halaman login.

Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan Di Aplikasi Mobile JKN

  • Lakukan login ke mobile JKN lewat email atau nomor BPJS dan masukkan password yang anda daftarkan sebelumnya.
  • Pendaftaran klik ‘menu pendaftaran pelayanan’
  • Pilih poli yang akan dituju
  • Lalu selesai, dan nomor antrian anda akan diterima secara otomatis.

Baca juga: Paklaring adalah: Pengertian, Contoh, Syarat Membuatnya

Cara Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan Lewat Website

  • Buka website di www.antrian.bpjs-kesehatan.go.id
  • Masuk ke dalam kolom yang telah disediakan
  • Sesuai dengan halaman yang telah ditampilkan
  • Klik login
  • Masuk ke dalam halaman dashboard kemudian klik console box
  • Klik BPJS
  • Tulis nomor KTP atau nomor kartu BPJS di kolom yang tersedia
  • Pilih Poli dan dokter yang tersedia lalu klik ‘lanjutkan’
  • Nomor antrian akan keluar secara otomatis. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki kesulitan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan, kini tak perlu lagi khawatir karena ada BPJS Kesehatan yaitu JKN. Dengan program yang diberikan oleh pemerintah ini, maka Anda bisa sesuaikan iuran asuransi BPJS ini dengan kemampuan Anda. Alternatif lain untuk menangani pembiayaan kesehatan adalah dengan mencoba mendaftarkan diri Anda di Lancar by Danamas. Produk fintech lending ini menawarkan pinjaman untuk biaya darurat yakni biaya medis dari rumah sakit.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Apa itu bangkrut?

Bangkrut  dan Pailit, Apakah Perbedaannya? 

Di dunia bisnis atau usaha, mungkin akan sering terdengar istilah bangkrut dan pailit. Istilah bangkrut dan pailit terutama memiliki pengertian yang berbeda, lho! Lalu apa yang dimaksud dengan bangkrut atau pailit? Apakah yang menjadi perbedaan keduanya? Simak dalam artikel berikut ini! 

Apa Itu Bangkrut? 

Apa itu bangkrut?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah bangkrut didefinisikan sebagai kondisi dari sebuah toko, perusahaan, atau bisnis yang menderita kerugian besar sehingga harus gulung tikar atau jatuh. Bangkrut berarti adanya sebuah kerugian yang menyebabkan perusahaan tersebut terpaksa harus tutup. Kerugian ini bisa diartikan sebagai kondisi dimana arus keuangan dari toko, perusahaan, atau bisnis tersebut berada dalam kondisi yang tidak baik atau tidak sehat. 

Terdapat indikator yang menjadi dasar bahwa suatu perusahaan diputuskan dalam kondisi bangkrut yakni dari segi indikator operasional dan manajerial. Menurut Mahkamah Konstitusi penyebab terjadinya kebangkrutan yakni ditandai dengan terjadinya miss management dan faktor eksternal diluar kewenangan pemilik usaha. 

Secara singkat, Pailit berarti terjadi kemacetan pembayaran. Pailit merupakan keadaan dimana debitur atau orang yang mempunyai utang karena perjanjian atau Undang- Undang pelunasannya dapat ditagih di muka pengadilan memiliki kesulitan untuk membayar hutangnya kepada kreditur.  

Perbedaan Bangkrut dan Pailit

Dilihat dari pengertiannya, perusahaan yang mengalami kondisi bangkrut disebabkan oleh kondisi keuangan yang tidak sehat. Dikatakan tidak sehat karena laba yang diperoleh tidak bisa menutup kerugian yang ada. Sedangkan perusahaan dinyatakan pailit karena perusahaan tersebut tidak bisa membayar hutang- hutangnya. Perusahaan yang memiliki keuangan sehat tetap bisa dinyatakan pailit oleh putusan pengadilan niaga. 

Dalam kondisi bangkrut, perusahaan atau bisnis dapat menjalankan kegiatan operasional perusahaannya dibawah pengawasan pengadilan dan perusahaan pun mendapatkan jaminan perlindungan dari pengadilan hingga kondisi keuangannya lebih baik atau stabil.

Sedangkan ketika perusahaan mengalami pailit, maka perusahaan diwajibkan untuk membayar hutangnya dengan berbagai cara, termasuk dengan membagikan harta kepada para kreditur sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan. 

Perusahaan dapat mengalami pailit, biasanya disebabkan oleh beberapa hal, misalnya seperti

  1. Tidak mampu untuk menangkap kebutuhan konsumen
  2. Terlalu fokus pada pengembangan produk
  3. Tidak melakukan inovasi
  4. Kurang mengamati pergerakan kompetitor
  5. Harga terlalu mahal
  6. Memiliki hutang 

Adapun peristiwa pailit yang pernah terjadi di Indonesia terjadi pada perusahaan Nyonya Meneer, PT Asuransi Jiwa Nusantara, Bali Kuta Residence, PT Peti Kemas Multicon, Akira. Pailit telah diatur melalui sebuah Undang- Undang nomor 37 tahun 2004 mengenai kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang. 

Cara Menghindari Bangkrut 

Apa itu bangkrut?

Untuk menghindari terjadinya bangkrut pada perusahaan atau bisnis Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Melakukan Evaluasi Bisnis

Pada perusahaan yang mengalami kemunduran biasanya bisa dideteksi pada jauh hari. Caranya dengan melihat apakah terdapat kemajuan terhadap bisnis yang dijalankan. Bila tidak ada kemajuan bahkan apabila terjadi kemunduran, maka segera lakukan evaluasi bisnis. Tujuan dari evaluasi bisnis adalah untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh mengenai penyebab yang menjadi permasalahan mengenai mengapa suatu bisnis bisa tidak terdapat kemajuan.  

  1. Mempertimbangkan Ide Karyawan

Setelah melakukan evaluasi dan mencari penyebab mengenai terjadinya kemunduran bisnis, mungkin Anda bisa mempertimbangkan ide- ide dari karyawan sekalipun untuk memberikan solusi dan mengembangkan perusahaan. Solusi yang bisa dilakukan berupa strategi atau bahkan inovasi terhadap produk yang dijalankan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara brainstorming atau mengadakan rapat gabungan atau rapat antar divisi. 

  1. Meminta Pendapat dari Para Profesional

Selain ide dari karyawan, tentu saja Anda bisa meminta pendapat dari para profesional yang ahli dibidangnya. Anda bisa meminta saran ataupun pendapat dari profesional yang bisa memberikan solusi serta sebuah perspektif yang baru. Tidak menutup kemungkinan juga para profesional ini mungkin saja akan menawarkan bantuan sebagai investor atau pendanaan (berbentuk finansial) yang dapat membantu menyelamatkan kondisi perusahaan atau bisnis. 

  1. Meningkatkan Pelayanan terhadap Pelanggan 

Mungkin salah satu penyebab perusahaan mengalami kemunduran, karena kurangnya pelayanan terhadap pelanggan. Penting sekali untuk mengetahui target pasar yang dituju. Pelanggan adalah faktor yang penting, karena dengan adanya pelanggan maka produk atau jasa kita akan memiliki konsumen. Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan bisa dilakukan dengan survey, misalnya melalui feedback terkait produk atau jasa Anda. dengan adanya survey atau masukan dari pelanggan maka bisa menggerakan bisnis Anda ke arah yang lebih baik serta memungkinkan untuk memunculkan ide baru. 

  1. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Langkah selanjutnya yakni melakukan efisiensi dari berbagai sektor. Efisiensi yang dilakukan bisa dalam bentuk penghematan atau pengeluaran rutin yang dilakukan. Misalnya pengurangan biaya operasional yang tidak memberikan dampak pada kelangsungan bisnis.  

Penyebab Bisnis Bangkrut

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah bisnis bisa berujung pada kebangkrutan, seperti misalnya:

  • Tidak cermat dalam mengelola keuangan perusahaan. Misalnya terlalu sering melakukan promosi sehingga biaya menjadi membengkak.
  • Tidak peka pada pergerakan pasar. Sebuah bisnis tentunya harus mengetahui apa yang menjadi minat pasar atau konsumennya agar tidak ditinggalkan dan tetap melakukan peningkatan kualitas agar dapat bersaing dengan kompetitornya.
  • Terlambat dalam mengejar inovasi dan perkembangan teknologi. Seperti yang Anda ketahui bahwa teknologi digital sekarang ini bisa menjadi salah satu bentuk untuk memperkenalkan produk Anda. Maka dari itu coba mulai melakukan inovasi serta menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. 
  • Adanya musibah atau bencana alam. Adanya musibah atau bencana alam dapat menimbulkan kerugian dan juga menyebabkan kebangkrutan. Dalam situasi seperti ini, diharapkan untuk bisa mencari jalan keluar, atau mengajukan permohonan kepada bank atau platform keuangan (Pinjaman Online) yang menawarkan pinjaman modal usaha. Terdapat banyak platform pinjaman online untuk mengembangkan bisnis. Seperti salah satunya adalah Danamas. Platform pinjaman online Legal dengan beragunan properti yang bisa Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar.  Sambil mengajukan pinjaman, Anda bisa sembari mencari cara untuk bertahan dan bangkit kembali. 

Syarat Dapat Pinjaman Modal Dari Pemerintah

Pembiayaan modal pemerintah merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial yang menjadi kemandirian untuk menyasar usaha mikro yang berada di lapisan bawah. Di tengah persaingan bisnis di  berbagai macam sektor, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan kapasitasnya. Berikut ini adalah jenis modal usaha atau pinjaman modal yang disediakan oleh pemerintah untuk memajukan UMKM. Simak dalam artikel berikut ini. 

Jenis Modal Usaha

Untuk membantu mengembangkan usaha para pelaku UMKM, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung perekonomian dan juga meningkatkan kinerja UMKM, yakni dengan mengajukan kredit dari Pemerintah (KUR) yang mulai diterapkan sejak tahun 2007.

Program ini ditujukan bagi Anda yang memerlukan bantuan permodalan. Penyalurannya bekerjasama dengan berbagai bank, diantaranya adalah Mandiri, BNI, BRI, BTPN, dan sebagainya. Untuk mendapatkan modal jenis KUR atau pengajuan kredit dari Pemerintah, Anda wajib memiliki usaha yang belum berjalan, namun dapat mengakses perbankan. Pada pinjaman KUR tidak menuntut pengembalian secepatnya, karena dalam beberapa kondisi ini diberlakukan bagi bantuan wanita rawan sosial, dan bantuan wirausahawan muda. Bantuan untuk wanita rawan sosial adalah bantuan yang ditujukan bagi ibu-ibu yang ingin membuat UMKM. 

Pinjaman modal usaha dari pemerintah

Selain KUR, ada pinjaman modal lain yakni Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program ini merupakan sebuah program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri Jika melalui KUR pengajuannya melalui bank pemerintah dengan limit pinjaman hingga Rp 500 juta dan syarat bisnis yang dilakukan tidak dijadikan sebagai jaminan pada bank, sementara PKBL adalah bentuk implementasi CSR atau Corporate Social Responsibility dari Badan Usaha Milik Negara. Pada dasarnya PKBL lebih banyak memberi pinjaman mikro kepada pengusaha kecil yang potensial seperti misalnya, pemberian dana pinjaman pada komunitas pengrajin, dan lain sebagainya. 

Selain bantuan kredit, pemerintah juga memiliki program bukan kredit yakni PNPM Mandiri. PNPM mandiri dianggap sebagai program untuk menanggulangi kemiskinan terutama yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat. Program ini memberikan adanya pelayanan pada masyarakat melalui sebuah program, kebijakan, dan penganggaran yang berpihak pada masyarakat. Selain modal dalam bentuk dana, pemerintah juga memberikan bantuan modal berbentuk alat kerja misalnya seperti mesin, tenda kaki lima, kulkas dan lain sebagainya yang diperuntukan bagi UMKM baru misalnya  seperti contohnya ialah UMi, UMi adalah pembiayaan ultra mikro yang memberikan pemerintah sebagai pinjaman modal usaha. UMi memiliki tujuan yakni pinjaman modal yang ditujukan pada mereka yang membutuhkan pinjaman Rp 10 juta. 

Syarat Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Gratis

Untuk Anda yang tertarik dengan pinjaman modal dan, ingin mengajukan pinjaman modal UMi, berikut ini adalah beberapa ketentuan yang dapat Anda ikuti yakni: 

  • Usaha Anda tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan maupun koperasi.
  • Memiliki Izin usaha atau surat keterangan usaha
  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Baca Juga: Bukti Perkembangan Fintech Bantu UMKM Makin Maju

Perbedaan UMi dan KUR

Pinjaman modal usaha dari pemerintah

Berikut ini adalah perbedaan antara KUR dan UMi yakni berdasarkan lembaga penyalur, plafon, penerima, tenor pinjaman, agunan, pendampingan dan pelatihan, konsep dukungan pemerintah, prosedur pinjaman. Berikut adalah perbedaannya.

  • Lembaga penyalur:  UMi disalurkan lembaga keuangan bukan Bank (LKBB), sedangkan KUR disalurkan perbankan atau melalui lembaga keuangan.
  • Besaran pinjaman atau plafon kredit: UMi maksimal Rp 10 Juta, sedangkan KUR Rp 25 juta untuk mikro dan Rp 500 juta untuk ritel.
  • Penerima pinjaman: UMi menawarkan pelaku usaha ultra mikro,  sedangkan KUR membidik pelaku usaha kecil dan menengah. .
  • Tenor pinjaman: UMi menawarkan jangka waktu pinjaman hingga 52 minggu, sementara KUR memberikan jangka waktu lebih dari satu tahun. 
  • Agunan atau jaminan: UMi tidak meminta syarat jaminan ataupun agunan untuk pembiayaan kelompok, sedangkan KUR  mensyaratkan adanya agunan atau pinjaman. 
  • Pendampingan dan pelatihan: UMi mewajibkan adanya pelatihan ataupun pendampingan, sedangkan pada KUR tidak mewajibkan adanya pendampingan maupun pelatihan. 
  • Dukungan Pemerintah: Pada UMi dapat kucuran dana melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang diberikan ke LKBB dengan kisaran bunga 2% hingga 4%, sedangkan KUR mendapatkan subsidi bunga dari pemerintah. 
  • Prosedur Pinjaman: UMi menggunakan mekanisme LKBB, sedangkan pada KUR menggunakan mekanisme perbankan. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman modal usaha, Fintech Peer to Peer Lending (P2P)  Lancar by Danamas dapat memberikan pinjaman modal beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Pinjaman ini dapat Anda dapatkan dengan aman karena telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan melalui proses yang mudah dan cepat. Anda juga dapat mengetahui besaran pinjaman atau nilai properti yang Anda miliki melalui fitur perhitungan

ekuitas

Pengertian Ekuitas, Jenis, Unsur & Pentingnya bagi Perusahaan

Dunia keuangan, akuntansi dan bisnis pasti familiar dengan istilah ekuitas. Istilah ekuitas umumnya terdengar pada masalah hak dan kepemilikan. Beberapa orang sering menyamakan istilah ekuitas dengan modal, namun apakah kedua hal tersebut memang sama atau berbeda.

Ekuitas sering dijadikan sebagai sebuah penentu, apakah perusahaan memiliki kondisi yang sehat atau tidak.  Selain itu ekuitas juga sering dijadikan sebuah peranan yang cukup penting dalam melihat seberapa besar aset yang perusahaan memiliki dan seberapa banyak kewajiban yang harus ditunaikan.

Apa Itu Ekuitas

Ekuitas memiliki arti kekayaan bersih dari sebuah perusahaan. Definisi lebih lanjutnya tentang ekuitas adalah hak dari seorang pemilik perusahaan atas aset perusahaan setelah semua kewajiban dalam neraca terbayarkan. Ekuitas adalah hak dari pemilik perusahaan terhadap aset tersebut setelah dikurangi liabilitas. Liabilitas adalah jumlah uang yang akan dikembalikan ke pemegang saham, maka selanjutnya ekuitas juga bisa disebut sebagai modal atau kekayaan dari bisnis. 

Unsur-Unsur Ekuitas

  • Modal Yang Di Setor

Modal yang disetor adalah sejumlah uang yang disetorkan atau ditanamkan oleh pemilik perusahaan pada pemegang saham ke perusahaan tersebut.  Hal tersebut dibagi menjadi dua yaitu:

  •  Modal Saham Atau Jumlah Nilai Saham Yang Ada

Agio atau disagio saham yaitu selisih nilai setoran dari pemegang saham dengan jumlah nilai saham. Agio adalah jika selisihnya bernilai positif sedangkan disagio adalah selisih nilai yang bernilai negatif.

  •  Keuntungan Yang Tidak Dibagi

Keuntungan yang tidak dibagi disebut dengan keuntungan yang ditahan adalah hasil dari keuntungan bersih operasional perusahaan yang hasilnya tidak diambil oleh pemilik atau pemegang saham. 

  • Model Dari Penilaian Kembali

Jika saat perusahaan melakukan hitung ulang, maka akan ada penyesuaian nilai aset yang bisa terjadi selisih yang bisa mengubah neraca perusahaan. Maka inilah yang nantinya akan menjadi modal dari penilaian kembali.

  •  Modal Dari Hibah

Semua bentuk penambahan nilai aset setelah liabilitas maka akan menjadi nilai ekuitas. Dalam hal ini juga termasuk jika perusahaan mendapatkan modal hibah atau sumbangan. Modal hibah adalah penanaman modal yang terjadi saat perusahaan mengalami penambahan aset tanpa melakukan pengeluaran.

  • Model Lainnya 

Modal lainnya dalam ekuitas bisa berupa cadangan dana yang didapat oleh perusahaan. Tersebut bisa dipakai untuk melakukan ekspansi dan persiapan pelunasan obligasi cadangan penurunan harga dan lain-lain.

Jenis Ekuitas

  • Ekuitas Pemegang Saham

Ekuitas pemegang saham adalah sebuah nilai semua total aset yang akan kembali ke pemegang saham jika aset tersebut terlikuidasi perusahaan sudah dibayarkan.

  • Ekuitas Pemilik Perusahaan

Ekuitas perusahaan definisi yang serupa dengan ekuitas pemegang saham namun hal yang membedakan adalah keuntungan dari ekuitas pemilik saham nantinya akan mengambil semua bidang usaha termasuk yang tidak ada pada Bursa Efek.

  •  Pembiayaan Ekuitas

Ekuitas bisa terjadi saat sebuah perusahaan berhasil atau memiliki prospek yang cukup menjanjikan namun tidak mendatangkan profit. Saat hal ini terjadi maka salah satu langkah untuk mencari modalnya adalah dengan melakukan pembiayaan ekuitas. Cara pembelian ekuitas antara lain menjual saham yang sudah ada di perusahaan ke investor lain hasil dari penjualan tersebut bisa untuk mengembangkan usaha nantinya.

  •  Ekuitas Rumah

Ekuitas rumah juga disebut dengan nilai rumah. Ekuitas rumah adalah sebuah cara menilai rumah setelah mengurangi total nilai hipoteknya. Ekuitas ini penting bagi mereka yang ingin beli atau jual rumah. 

  • Ekuitas Merek

Ekuitas merek adalah nilai sebuah merek yang mengacu pada sebuah perusahaan. Jenis ekuitas ini juga mengacu pada emosi dan tanggapan yang ada pada orang saat melihat dan mendengar nama brand. Ekuitas merek ini berkaitan dengan brand awareness. 

Tujuan Ekuitas

Ekuitas bertujuan untuk mengetahui bagian dari hak pemilik yang ada pada perusahaan. Bagian dari hak ini akan menjadi hal yang wajib untuk dilaporkan. Nilai ekuitas ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang sumber dana dari perusahaan. 

Pentingnya Ekuitas bagi Perusahaan

Nilai ekuitas akan mencerminkan nilai sebuah perusahaan. Nilai ini bisa jadi faktor yang menentukan harga saham dari perusahaan itu. Pemahaman akan ekuitas perusahaan ini sangatlah penting bagi pebisnis. Dengan memahami berapa nilai ekuitas, aset atau kepemilikan yang mereka punya, maka mereka juga akan mengetahui berapa nilai tersebut. 

Ekuitas Harus Dilaporkan

Ekuitas sangat penting sehingga perlu dilaporkan. Nilai ini nantinya akan tercantum pada laporan awal perusahaan. Fungsi dari pelaporan nilai ekuitas adalah untuk menginformasikan kepada pihak yang berkepentingan tentang efisiensi dan kepengurusan dari perusahaan.

Ekuitas perlu dilaporkan karena untuk memberikan informasi yang jelas tentang history dan prospeknya di masa yang akan datang dari investasi yang diberikan pemilik atau pemegang saham.

Pelaporan Ekuitas

  • Pelaporan Ekuitas Saham

Saham bisa dianggap sebagai penambah modal, tapi juga bisa hanya sebagai barang yang diperjual belikan. Maka, pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari selisih nilai yang mereka dagangkan. Calon investor bisa membeli beberapa lembar saham yang mereka butuhkan, dan pelaporan pada jurnalnya adalah,

kas = saham

Jika harga meningkat, maka kas yang masuk ke perusahaan pun akan bertambah, maka pelaporan jurnalnya adalah,

kas = saham + agio saham.

Harga nominal saham bisa lebih rendah dari nilai saham. Kondisi ini terjadi saat investor menilai perusahaan itu memiliki prospek yang kurang baik. Maka orang yang mau membeli saham tersebut pun akan sepi. Sepinya peminat otomatis akan menurunkan nominal saham itu. Jika hal ini terjadi, maka nanti akan muncul selisih antara harga saham. 

Lalu, akan muncul (Kas = Disagio Saham + Saham) pada jurnal.

  • Laporan Ekuitas Laba ditahan

Laba yang ditahan bisa mempengaruhi ekuitas. Laba ditahan adalah laba yang dihasilkan perusahaan tapi hasilnya tidak dibagikan kepada pemilik modal. Tujuan dari laba ditahan adalah untuk memperbesar modal perusahaan dan menutupi beberapa kewajiban yang dimilikinya. Keuntungan terjadi saat pendapatan lebih besar daripada nilai beban produksi maka pada jurnal pelaporannya tertera seperti berikut:

Pendapatan = beban produksi ditambah laba

Jika laba tersebut akan menjadi laba yang ditahan maka akun laba pun harus dibuat menjadi 0 dan pindahkan ke akun laba ditahan, maka pada jurnal laporan akan tertera seperti berikut ini:

Laba = laba ditahan

  • Laporan Ekuitas Laba Yang Dibagikan

Laba yang dibagikan dikenal dengan istilah dividen. Dividen adalah pembagian keuntungan kepada pemegang saham berdasarkan pada banyaknya saham yang dimiliki. Nantinya pembagian ini akan mengurangi keuntungan yang ditahan dan juga nilai kas yang tersedia dari perusahaan tersebut. Pembagian dividen bisa berupa uang maupun surat berharga. Jika dibagikan dalam bentuk uang maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Tanggal pengumuman dimana tanggal saat manajemen mengumumkan akan membagikan dividen dalam bentuk kas.
  • Tanggal ex dividen adalah tanggal penghentian penjualan saham di Bursa untuk sementara waktu
  • Waktu pencatatan adalah tanggal dimana manajemen menunjukkan memo kepada pemegang saham sehingga mereka bisa tahu mereka akan mendapatkan berapa dan kapan
  • Tanggal pembayaran adalah merupakan tanggal dimana dividen bisa terbayarkan secara tunai kepada pemegang saham. 

Dengan mengetahui tentang ekuitas bagi perusahaan, maka Anda pun memahami bahwa ekuitas memiliki peranan penting dalam perusahaan. Saat bisnis Anda semakin besar, maka ekuitas pun sebaiknya dilaporkan sehingga Anda bisa mengetahui laba yang Anda miliki. 

Untuk bisa mengembangkan bisnis, maka Anda membutuhkan modal usaha yang banyak. Namun, tahukah Anda dimana mendapatkan modal usaha yang aman dan berizin OJK? Jawabannya adalah pada Lancar by Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK berada pada Sinar Mas Group sehingga Anda tak perlu ragu dengan kredibilitasnya. Lancar by Danamas bisa menjadi solusi pengembangan bisnis Anda dengan pinjaman agunan properti sebesar Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Miliki kemudahan pinjaman modal usaha dari Lancar by Danamas sekarang juga!