Laporan keuangan dan bisnis memiliki keterkaitan yang cukup erat. Keduanya harus saling jalan dengan baik agar goal bisnis Anda tercapai dengan sempurna. Untuk membuat laporan keuangan tentu tidaklah sembarangan, namun Anda bisa mulai mempelajari cara membuat laporan keuangan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM). Laporan keuangan bisa Anda buat sendiri tanpa perlu bantuan financial planner. 

Keahlian dalam mengelola keuangan ini tentu akan membantu bisnis Anda lebih terarah. Jangan tunggu bisnis semakin besar untuk bisa membuat laporan keuangan, justru buatlah laporan keuangan sedari awal bisnis Anda dijalankan. Dari step awal inilah, Anda akan belajar bagaimana mengelola keuangan lebih tepat dan baik. Sebelum lebih jauh melihat contoh laporan keuangan untuk UMKM, yuk kita cari tahu apa itu laporan keuangan, berikut ini:

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan untuk mencatat segala transaksi keuangan yang terjadi dalam proses bisnis. Transaksi tersebut termasuk pada pembelian, penjualan dan hal-hal lain yang memiliki nilai ekonomi. Umumnya, laporan keuangan dilakukan audit oleh lembaga akuntan, pemerintahan, firma, dll. Hal ini dibuat agar tujuan pajak, investasi dan pembiayaan tercapai. Namun, jika Anda masih memiliki usaha kecil dan menengah, tidak ada salahnya untuk membuat laporan keuangan sendiri. Untuk itu, agar semua itu tercapai, maka pengelola keuangan bisnis harus membuat laporan keuangan secara tepat dan akurat. Ia juga nantinya akan bertanggung jawab atas laporan yang dibuat ini. 

Dari pengertian laporan diatas, maka kesimpulannya adalah laporan keuangan umumnya terdiri dari data transaksi keuangan perusahaan yang dibuat pada periode tertentu. Laporan ini bisa jadi bahan evaluasi untuk perkembangan usaha Anda kedepan. 

Fungsi Laporan Keuangan

Pentingnya membuat Laporan Keuangan ini bisa sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Berikut adalah fungsi laporan keuangan untuk UMKM yang ingin lebih jelas dan terperinci membuat laporan kondisi finansial bisnis Anda.

  1. Menilai Kondisi Usaha

Laporan keuangan ini mampu menjadi acuan untuk menilai kondisi bisnis Anda. Anda bisa secara terperinci mencatat kerugian keuntungan dan semua transaksi yang terjadi. Jika pada laporan keuangan tampak profit lebih banyak, itu artinya sedang berkembang pesat, begitupun sebaliknya.

  1. Bahan Evaluasi

Bahan evaluasi adalah manfaat dari dibuatnya laporan keuangan. Tanpa adanya laporan keuangan, maka tidak akan tampak evaluasi yang mungkin saja terjadi pada bisnis Anda. Laporan ini bisa jadi alat ukur saat mengevaluasi kondisi usaha yang mampu menjelaskan permasalahan juga solusinya. Maka, Anda bisa melihat apakah ada kemajuan atau justru adanya kemunduran. 

  1. Bentuk Tanggung Jawab Perusahaan

Jika Anda ingin memiliki usaha kecil yang berkembang dan maju menjadi usaha besar, maka mulai dengan terbiasa membuat laporan keuangan. Di perusahaan besar, laporan keuangan adalah bentuk tanggung jawab mereka terhadap diri sendiri, investor, pemerintah dan stakeholder lain yang terkait. Untuk itu, laporan keuangan harus dibuat secara detail agar hasilnya sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Menengah untuk Pemula

Jenis Laporan Keuangan

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasa dibuat untuk bisnis. Berbagai laporan keuangan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini harus disesuaikan karena laporan keuangan memiliki fungsi dan prinsip yang berbeda pada tiap jenisnya. Jadi, Anda juga harus membedakan proses pembuatannya. 

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan perusahaan yang dibuat untuk kepentingan usaha atau bisnis. Pada laporan laba rugi, terdapat isi tentang pengeluaran dan pemasukan yang cukup detail. Isi dari laporan ini adalah data pendapatan juga beban yang nantinya akan ditanggung oleh sebuah perusahaan. Laporan laba rugi akan menunjukkan dengan detail kondisi keuangan perusahaan di akhir periode tertentu, sehingga Anda bisa melihat lebih rinci. Umumnya, laporan laba rugi ini dikerjakan di akhir bulan atau akhir tahun pada suatu perusahaan, sehingga bisa terlihat jelas kondisi sebulan atau setahun terakhir. 

Contoh Laporan Laba Rugi

Sebagai jenis laporan keuangan yang paling sering dipakai oleh UMKM, laporan laba rugi ini bisa menunjukkan keuntungan usaha Anda. Didalamnya juga terdapat informasi besar kecilnya kerugian yang terjadi. Berikut contohnya:

Table

Description automatically generated

Tak hanya pemilik perusahaan yang bisa melihat kondisi keuangan perusahaan secara lebih jelas dan terperinci, tetapi juga stakeholder nya. Laporan laba rugi bisa menjadi dasar evaluasi yang jelas sehingga bisa jadi pertimbangan untuk kebijakan perusahaan selanjutnya. Pada laporan laba rugi terdapat jenis lainnya, antara lain single step dan multi step.

  • Laporan Laba Rugi (Single Step)

Laporan single step pada laporan laba rugi juga sering disebut sebagai laporan tunggal. Pada jenis ini hanya terdapat satu kategori pendapatan dan pengeluaran. Laporan ini sifatnya cukup sederhana dan tidak berisi detail perputaran keuangan yang terjadi di perusahaan tersebut. Berikut rumus single step pada laporan laba rugi:

Penghasilan = (Pendapatan + Keuntungan) – (Beban + Kerugian)

Laporan laba rugi single step ini menggunakan persamaan dasar akuntansi dari aktivitas keuangan bisnis. Maka, rumus ini sangat mudah dipahami dan cocok dengan bisnis berskala kecil. 

  • Laporan Multiple Step

Laporan multiple step pada laba rugi berisikan informasi umum daripada laporan single step. Laporan multiple step ini memiliki banyak persamaan yang bisa menentukan nantinya seluruh perhitungan untung rugi. Jenis laporan keuangan laba rugi ini mampu memecah pendapatan dan biaya operasional serta pendapatan juga biaya non-operasional. Laporan laba rugi ini sangat terkait dengan operasi bisnis yang tak terkait dengan operasinya secara langsung. Ada 3 formula yang digunakan pada laporan multiple step ini, antara lain:

  1. Laba Kotor = Penjualan Bersih – Biaya Barang Terjual
  2. Pendapatan Operasi = Laba Kotor – Beban Operasi
  3. Penghasilan Bersih = Penghasilan Operasi + Item Non-Operasi

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan ini sering disebut dengan cashflow. Cash Flow pada laporan keuangan berisikan catatan informasi tentang pemasukan dan pengeluaran pada satu periode. Laporan ini bisa berguna untuk mengevaluasi struktur keuangan yang termasuk didalamnya adalah likuiditas dan solvabilitas, juga aktiva bersih perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan isi laporan keuangan ini sebagai strategi adaptif untuk menghadapi perubahan kondisi perusahaan juga peluang bisnis. 

Pada perusahaan besar, umumnya, laporan arus kas (cashflow) dibuat pada bagian finance yang nantinya akan diserahkan ke pihak stakeholder. Nantinya stakeholder akan memasikan dengan baik pos pengeluaran dan pemasukan. 

Contoh Laporan Arus Kas

Text

Description automatically generated with medium confidence

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal juga disebut dengan ekuitas. Ekuitas adalah jenis laporan keuangan yang ada pada perusahaan publik. Tujuan dari laporan keuangan ini agar perusahaan atau bisnis Anda ada gambaran jika terjadi peningkatan juga penurunan kekayaan pada periode tertentu. Seperti yang telah dikatakan, pada laporan perubahan modal ini hanya ada pada perusahaan besar. Hal ini karena perusahaan besar memiliki struktur kepemilikkan yang lebih rumit dalam perubahan akun ekuitas di tahun tertentu. Adapun tujuan dari adanya laporan modal yaitu memberi laporan tentang perubahan modal kerja dan ikhtisar dari investasi serta dana yang didapat pada satu periode juga aktiva pembayaran. 

Contoh Laporan Perubahan Modal

Application, table, Excel

Description automatically generated

Laporan Neraca

Jenis laporan keuangan ini sering juga disebut dengan balance sheet. Balance sheet umumnya berisikan informasi mengenai akun akun aktiva dan banyak hal yang jadi kewajiban perusahaan pada satu periode. Pada penerapannya, laporan neraca ini memiliki 2 jenis yakni stafel (vertical) dan skontro (horizontal). Pada dasarnya, laporan neraca ini merupakan gabungan dari beberapa laporan keuangan yang dibuat pada waktu tertentu seperti satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk menentukan Langkah selanjutnya yang terkait dengan finansial pada tahun berikutnya.

Contoh Laporan Neraca

Laporan neraca bisa menunjukkan aktiva pada perusahaan, jumlah hutang yang ditanggung juga. 

Table

Description automatically generated

Di Dalam laporan neraca terdapat gabungan dari semua laporan keuangan seperti siapa pemegang saham, siapa kreditur, peraturan pemerintah dan kebijakan lainnya. Informasi yang didapat ini sebaiknya tidaklah bocor karena memiliki peran untuk kemajuan bisnis Anda. Maka, sebaiknya hanya orang internal yang bisa mengetahui informasi ini, 

Tujuan dari laporan keuangan neraca ini bisa mengetahui beberapa kondisi keuangan di perusahaan sehingga pemilik dan staff internal yang terkait bisa mengetahui kondisi perusahaan dalam keadaan baik atau tidak. Makin terperinci, laporan neraca ini sebaiknya tidak boleh memiliki selisih sekecil rupiah apapun. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya cek ulang kembali dan revisi. Revisi bisa dilakukan hingga kurun waktu yang sudah ditentukan.

Catatan Laporan Keuangan

Catatan ini mengacu pada informasi tambahan yang bisa menjelaskan secara jelas bagaimana sebuah bisnis perusahaan bisa sampai pada angka laporan keuangan. Catatan ini juga bisa membantu Anda untuk melihat ada atau tidaknya penyimpangan yang terjadi di tiap tahun. Walaupun bukanlah hal yang wajib dibuat, namun dengan membuat catatan laporan keuangan dapat memberikan informasi yang lebih jelas di kolom pernyataan. Informasi ini bisa memperlihatkan pokok masalah yang mungkin saja terjadi di keuangan bisnis. 

Itu tadi penjelasan tentang laporan keuangan, dari pengertian, fungsi dan jenis laporan keuangan. Setiap laporan keuangan yang Anda buat adalah bentuk tanggung jawab terhadap perusahaan atau bisnis yang Anda jalani. Mulai coba praktekkan dan lihat hasil laporan keuangan bisnis Anda.

Ubah Properti jadi Modal Usaha dari Lancar by Danamas

Pencatatan laporan keuangan ini juga termasuk pencatatan jika adanya modal usaha yang masuk. Jika Anda menjalankan bisnis dan mendapatkan modal, maka sebaiknya catat semua pada laporan keuangan. Hal ini termasuk juga saat Anda mendapatkan pinjaman modal usaha dari Lancar by Danamas. Modal usaha ini bisa Anda kelola untuk mendukung bisnis lebih maju lagi. Lancar by Danamas mampu memberikan pinjaman beragunan properti yang bisa bantu bisnis Anda lebih besar. Pinjaman tersebut bisa disesuaikan dengan nilai properti yang Anda miliki. Untuk lebih jelasnya lagi, simulasikan nilai properti Anda dengan kalkulator properti dari Lancar by Danamas

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia? Apa Saja?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Mungkin saja Anda ingin mulai bekerja, namun bingung pekerjaan apa yang ingin anda lakukan. Jika anda ingin membuat uang yang banyak dari pekerjaan anda, atau mungkin anda baru saja memulai pekerjaan dan ingin bayaran yang cukup. Di artikel ini, kami akan merangkum beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran cukup tinggi. Yuk, simak artikel ini! Mungkin saja Anda bisa menemukan pekerjaan yang anda inginkan juga.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Anda ingin bekerja di luar negeri? Berikut adalah sebuah daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia, dengan perhitungan gaji per tahun. Ada beberapa yang mungkin tidak diduga, lho! :

  • Alih bedah syaraf memiliki bayaran sekitar US$ 381.000 atau Rp 5,4 Miliar per tahun. Alih bedah ini sedikit berbeda dari ahli bedah syaraf, namun bayarannya juga sama-sama besar, dengan bayaran US$ 251.000 atau Rp 3,5 Miliar per tahun
  • Pengacara merupakan sebuah pekerjaan yang juga dibayar mahal. Pasalnya, pengacara per tahunnya bisa menghasilkan US$ 141.890 atau sekitar Rp 2 Miliar.
  • CEO merupakan sebuah pekerjaan yang penting untuk hal-hal yang bersifat hukum. Gaji pengacara memang merupakan gaji yang besar, dengan jumlah US$ 200.140 atau setara dengan Rp 2,8 M per tahunnya. 
  • Orthodontist, yakni ahli gigi,  memiliki gaji per tahun sebanyak $264,850 
  • Psikolog juga memiliki gaji yang cukup besar, dengan gaji yang banyak sebesar $86,181 per tahunnya. Di luar negeri, beberapa sekolah memiliki psikolog di dalam sekolah, dan pekerjaannya membantu pelajar untuk merasa aman dan nyaman. Gaji psikolog sekolah per tahun adalah sekitar $66.000.

Daftar Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia

Di Indonesia, juga ada banyak pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, lho! Berikut adalah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia per tahun 2022, dihitung dari per bulannya: 

  • Ahli pertambangan bisa mendapatkan sekitar Rp 15.900.000 per bulan, membuatnya salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.
  • Manajer bank juga merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, dengan penghasilan Rp 12.000.000 atau setara dengan Rp 144.000.000 per tahun.
  • Kepala dari sumber daya manusia (Head of HRD) memiliki gaji sebesar Rp 15.000.000 yang bisa didapatkan per bulannya. 
  • Ahli perminyakan dan gas adalah pekerjaan selanjutnya yang memiliki gaji yang cukup besar, yakni sebesar Rp 17.000.000 per bulan.
  • Dikala waktu dimana media sosial merupakan sebuah kunci untuk mempromosikan barang, gaji Content manager menjadi sebuah hal yang cukup tinggi. Seorang content manager dapat menerima Rp 20.000.000 per bulannya. Sama halnya dengan dokter spesialis, yang juga mendapat sekitar Rp 20.000.000 per bulan. 
  • Pilot merupakan orang-orang yang mengendarai pesawat. Pilot memiliki gaji yang cukup tinggi, dengan bayaran mencapai sekitar Rp 50.000.000 per bulannya.
  • Jika anda merupakan seorang CEO, COO atau CFO, anda merupakan bagian dari C-suite. Gaji yang didapatkan oleh para C-suite adalah Rp 100.000.000 per bulannya. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Ada banyak lagi daftar pekerjaan yang dapat memberikan gaji yang cukup tinggi. Pilihan pekerjaan yang anda inginkan berada di tangan anda sendiri. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya cocok untuk anda dan gaji cukup untuk keperluan anda. Untuk memilih sebuah pekerjaan, anda harus pintar dalam memilih pekerjaan. Sama seperti pekerjaan, anda juga harus pintar dalam memilih pinjaman untuk modal usaha perusahaan anda. Lancar by Danamas merupakan fintech pinjaman beragunan yang menggunakan properti sebagai jaminannya. Ingin tahu lebih lanjut, segera kunjungi kami di www.lancar.id!

Tips onboarding

Pengertian dan Pentingnya Onboarding Karyawan

Setiap perusahaan, pastinya akan merekrut karyawan baru untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Sebagai perusahaan yang baik, dalam merekrut karyawan baru tentunya harus membuat karyawan tersebut dapat menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru sehingga karyawan tersebut betah dan dapat bekerja dengan baik. 

Proses penyesuaian tersebut tidak hanya dilakukan bagi karyawan baru, namun juga untuk memberikan citra positif perusahaan agar kinerja karyawan lebih baik. Untuk itulah sangat pentingnya onboarding. Apa yang dimaksud dengan onboarding karyawan? Simak dalam artikel ini! 

Apa itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding

Onboarding karyawan adalah proses yang dilakukan agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perannya di lingkungan kerja yang baru. Onboarding karyawan berfungsi bagi produktivitas perusahaan kedepannya, karena dengan adanya onboarding karyawan, karyawan baru tersebut dapat mengenal dengan jelas lingkup pekerjaan dan juga orang-orang yang akan berkoordinasi dengannya. Sehingga karyawan baru dapat memberikan output kinerja yang jauh lebih optimal. 

Biasanya di dalam sebuah perusahaan, salah satu yang bertanggung jawab ketika sedang melakukan onboarding yakni dari divisi HRD. Dimana tugasnya adalah memperkenalkan karyawan baru dalam lingkungan dan perannya agar dapat menjalan tugas dengan baik dan nyaman. 

Pentingnya Onboarding

Proses penyesuaian karyawan dalam lingkungan barunya pastinya sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja. Apabila karyawan merasa nyaman dengan lingkungan kantor, pastinya akan memberikan hasil kinerja yang baik. Oleh karena itu onboarding penting karena dapat memberikan: 

  1. Kesempatan dalam mengenalkan dan memastikan bahwa karyawan tersebut mengerti mengenai  visi,misi dan nilai perusahaan.
  2. Merupakan masa yang tepat bagi karyawan baru untuk memahami tanggung jawab, hak, hingga prosedur yang berlaku di perusahaan
  3. Kesempatan bagi karyawan untuk memutuskan melanjutkan masa kerjanya atau tidak. Masa onboarding merupakan masa yang tepat untuk karyawan menentukan motivasi kerja, hingga kinerja lingkungan di sekitarnya. 
  4. Menumbuhkan engage dari karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan kesempatan yang baik untuk berkarir di perusahaan tersebut dan menurunkan tingkat karyawan untuk berpindah (turnover).

Tips Onboarding ke Karyawan

Tips onboarding

Berikut ini adalah beberapa tips onboarding yang bisa Anda lakukan ke karyawan baru: 

  1. Dilakukan sejak Offering Letter Ditandatangani  

Karyawan baru tentunya akan merasa lebih tenang jika pada saat menandatangani offering letter, dengan keputusan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan akan bekerja dan mempekerjakan karyawan tersebut dengan adanya bukti offering letter yang telah ditandatangani. Usahakan saat hari pertama masuk kerja, karyawan telah mendapatkan perlengkapan kantor, meja kerja, hingga proses administrasi yang telah dipersiapkan. 

  1. Jangan Berlebihan dalam Merancang Onboarding 

Saat hari pertama karyawan masuk, pastikan Anda mengajaknya dalam sesi orientasi. Perhatikan dengan baik jadwal kegiatan dan materi informasi yang hendak diberikan kepada karyawan baru dan jangan memberikan semua informasi dalam satu hari, karena dapat membuat karyawan tidak mengerti poin yang Anda sampaikan. Diskusikan dengan Manajer divisi karyawan baru tersebut untuk mengoptimalisasi proses onboarding. 

  1. Libatkan Karyawan Baru dalam Berbagai Perbincangan 

Agar onboarding karyawan baru bisa berjalan dengan lancar, maka Anda dapat melibatkan karyawan baru tersebut dalam topik perbincangan, sehingga mereka dapat menunjukkan kapabilitasnya. Karyawan baru juga dapat belajar bagaimana pengalaman yang didapat ketika melakukan diskusi dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang jauh lebih optimal.

  1. Jangan Memberikan Beban Kerja yang Berat di Awal 

Dalam proses atau periode onboarding biasanya karyawan akan diberikan tugas yang sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Namun masih sebatas permulaan. Jangan langsung memberikan beban kerja yang berat, hal ini dapat mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja. 

Tips Onboarding Karyawan Online

Tips onboarding

Seperti yang Anda ketahui, semenjak pandemi covid-19 berlangsung maka banyak perusahaan yang menerapkan sistem online atau remote. Hal inilah yang kemudian menjadikan adanya karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah atau secara remote. Untuk melakukan proses onboarding secara online, maka biasanya dilakukan setelah kandidat menandatangani offering letter. 

Anda juga bisa menggunakan program onboarding secara online, yakni dengan menyiapkan file berbentuk PPT, administrasi, serta alat kantor yang dikirimkan ke alamat karyawan baru.  tersebut. Memaksimalkan proses onboarding dengan menambahkan new hire booklet atau informasi bermanfaat lain yang dapat membantu karyawan baru beradaptasi di perusahaan dan tentunya mengenalkan karyawan baru di sektor internal perusahaan.  

Baca juga: Apa itu Employee Engagement & Manfaat, Cara Meningkatkannya

Cobalah untuk melakukan kegiatan daily meeting  secara online agar karyawan baru tidak bingung ketika berada dalam lingkungan kerjanya. Selain itu dengan adanya daily meeting maka mereka dapat mengetahui rekan kerjanya serta mengetahui job desk secara detail ataupun bertanya mengenai pendapat ataupun masalah yang dialami. Lancar by Danamas merupakan platform digital untuk pinjaman online yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha. Hanya dengan agunan properti dan pengajuan Anda bisa dilakukan secara mudah kapanpun dan dimanapun. Segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 miliar. Anda juga dapat menghitung nilai properti Anda disini.

Cara Merekrut Talent

Cara Merekrut Talent yang Tepat untuk Perusahaan

Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaan dapat meningkatkan budaya kerja dan dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Anda tentunya ingin merekrut karyawan yang dapat berdampak positif bagi perusahaan, bukan? Lantas bagaimana cara merekrut karyawan yang tepat? Simak artikel berikut ini. 

Cara Merekrut Talent yang Ideal

Cara Merekrut Talent

Untuk mendapatkan talent yang ideal dan cocok untuk pekerjaan yang dituju dan sesuai dengan perusahaan maka dibutuhkan beberapa cara yang tepat, seperti:

  1. Definisikan Job desc Sebelum Memulai Rekrutmen

Merekrut talent atau kandidat yang tepat perlu dimulai dengan adanya informasi dan analisis mengenai tugas, tanggung jawab, keterampilan yang diinformasikan dengan jelas. Dengan adanya deskripsi pekerjaan tentunya membantu para calon pelamar untuk menentukan apakah profil mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu Anda pun dapat merekrut karyawan yang tepat. 

  1. Merencanakan Strategi Perekrutan Karyawan

Setelah mendefinisikan job description, maka langkah selanjutnya adalah melibatkan karyawan atau manajer yang sedang mencari karyawan untuk divisi tersebut. Manajer akan menilai apa yang tepat untuk divisinya tersebut sehingga profil calon talent sesuai dengan user yang akan bekerja dengannya. 

  1. Membuat Checklist untuk Proses Rekrutmen 

Buatlah tracker dan checklist untuk mempermudah Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Dengan Adanya checklist,  Anda bisa melihat dan melacak upaya perekrutan mana kandidat yang telah Anda masukkan ke bagian shortlisting dan mana yang tidak karena dalam proses perekrutan pastinya akan ada banyak kandidat yang mendaftar, dan tentunya hal ini akan membantu proses rekrutmen lebih efisien. 

  1. Memeriksa Latar Belakang dan Referensi 

Pemeriksaan latar belakang dan referensi merupakan salah satu langkah yang penting untuk merekrut kandidat. Anda perlu memastikan bahwa keterampilan, pengalaman, yang dimiliki oleh calon kandidat sesuai dengan jobdesk yang akan diberikan. Anda bisa melakukannya saat sesi wawancara. 

  1. Mengajukan Pertanyaan yang Tepat saat Wawancara

Sesi wawancara merupakan sesi yang sangat penting dalam proses perekrutan hal ini dapat menggali lebih dalam calon kandidat yang Anda pilih. Apakah gaji nya sesuai dengan yang dapat Anda berikan, latar belakang dan pengalam kerja yang sesuai, serta mengetahui karakter atau first impression dari si talent tersebut. 

Aspek Penting saat Merekrut Karyawan

Cara Merekrut Talent

Untuk merekrut karyawan yang tepat, maka diperlukan beberapa aspek. Berikut ini adalah aspek- aspek yang dinilai dari seorang kandidat dalam proses rekrutmen seperti:  

  1. Keterampilan Teknis (Hard skill)

Keterampilan teknis biasanya berkaitan dengan keterampilan kandidat dalam pekerjaannya. Kemampuan ini contohnya seperti penggunaan bahasa asing, menggunakan software. Kemampuan teknis juga biasanya dapat didukung dan dibuktikan melalui sertifikasi. 

  1. Kompetensi (Soft Skill)

Kompetensi kerja mengacu pada kemampuan teknis dan perilaku di tempat kerja. Beberapa contoh softskill yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim, memecahkan masalah, dan bernegosiasi. 

  1. Kepribadian

Kepribadian merupakan pola karakteristik seseorang ketika merasakan emosi, berpikir, dan juga berperilaku. Kepribadian seseorang tentunya akan berdampak pada pekerjaan, budaya kerja, dan juga rekan kerjanya. 

  1. Motivasi Kerja

Motivasi kerja atau work values merupakan kepercayaan dan juga preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan serta perusahaan. Motivasi kerja mencakup dua nilai yakni intrinsik dan ekstrinsik. Nilai intrinsik merupakan hal yang mencakup tanggung jawab serta tugas yang dikerjakan dalam suatu posisi. Nilai ekstrinsik merupakan apa yang didapatkan dari tempat kerja diluar dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara Agar Talent Tertarik Bekerja di Perusahaan Anda 

Cara Merekrut Talent

Menurut Forbes, generasi milenial mencari budaya dan tujuan yang cocok dengannya. Maka dari itu agar talent tertarik bekerja di perusahaan Anda, perlu dipastikan bahwa budaya kerja perusahaan Anda cocok dengan budaya calon kandidat tersebut. Budaya merupakan kekuatan yang tidak terlihat dalam membentuk kesuksesan perusahaan dan menjadi kunci untuk mempertahankan top management pada perusahaan. 

Setiap Perusahaan pastinya mempunyai budaya yang khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain, inilah yang dapat Anda tampilkan ketika Anda membuka lowongan dan pada saat sesi wawancara kandidat, Anda bisa mencoba menjelaskan dan menceritakan budaya kerja yang ada dalam perusahaan Anda. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Merekrut dan Memasarkan Perusahaan Melalui Linkedin

Platform Linkedin menjadi salah satu platform untuk mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Bagi Anda yang memiliki halaman perusahaan akan membuat perusahaan rincian tentang profil, produk, serta daftar pekerjaan menggunakan karir add on page. Namun ada fitur – fitur berbayar untuk melakukan ini. Anda juga dapat memberikan tentang budaya perusahaan, bagaimana suasana bekerja, testimoni dari karyawan, dan lain sebagainya. 

Berikut Ini adalah manfaat atau kegunaan dari Linkedin yang dapat Anda dapatkan.

  1. Banyak perusahaan yang memiliki Linkedin Company Pages, sehingga akan membuat kandidat dan recruiter lebih mudah memunculkan profil perusahaannya.
  2.  Memberikan kesempatan untuk mengembangkan jaringan Perusahaan Anda.
  3. Anda dapat melihat profil singkat pelamar melalui Linkedin.
  4. Linkedin dapat berfungsi untuk mencari kandidat dengan tepat sesuai divisi atau jobdesk yang dibutuhkan melalui talent finder. 

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha atau perusahaan Anda, jangan bingung! Lancar By Danamas merupakan solusi yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mendapatkan tambahan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Cukup dengan dokumen sertifikat properti saja, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan aman, mudah, dan proses yang cepat. Kunjungi website Lancar by Danamas disini!