Blue-Ocean-Strategy-adalah

Ketika Anda mendengar kata blue ocean, apa yang pertama kali Anda pikirkan? laut biru kah? Atau pantai? Lalu Anda bayangkan bagaimana luas dan dalamnya laut tersebut. Laut yang berisi banyak potensi akan memberikan Anda banyak manfaat jika dapat mengeksplorasinya. Menggunakan analogi yang sama, W. Chan Kim dan Renee Mauborgne memperkenalkan strategi bisnis bernama Blue Ocean Strategy. 

Dengan menerapkan strategi bisnis ini, memungkinkan Anda dapat membuka jalan potensi lebih luas lagi, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan di ruang pasar Anda. Sehingga prospek yang belum tergali ini dapat Anda gunakan sebagai senjata untuk pertumbuhan bisnis Anda. Bagi pelaku usaha, menentukan strategi apa yang akan dilakukan menjadi bagian dari upaya untuk mengembangkan bisnis. Terlebih setiap bisnis memiliki struggle-nya masing-masing, misalnya adanya kompetitor atau pesaing sehingga memaksa kita untuk terus mencari jalan keluar agar bisnis kita tidak kalah saing. Bayangkan produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak berhasil mencapai revenue goals Anda, apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana jika Anda dapat menciptakan pasar tersendiri bagi produk atau jasa Anda? Inilah yang ditawarkan oleh Blue Ocean Strategy. Kita akan belajar bagaimana cara menerapkannya, dan juga apa saja keuntungannya. 

Pada artikel ini, Anda bisa mengetahui tentang pengertian blue ocean strategy yang diulas secara lengkap dari buku Blue Ocean Strategy karya Chan Kim dan Renee Mauborgne. Simak juga apa saja keuntungan dan kelemahannya hingga cara menemukan blue ocean strategi. Lebih paham juga mengetahui cara mengimplementasikan strategi ini. Yuk cek juga contoh industri blue ocean yang pernah ada.

Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy adalah sebuah strategi bisnis yang akan membantu usaha Anda untuk mendapatkan ruang pasar tersendiri, dan terpisah dengan kompetitor-kompetitor bisnis Anda lainnya. Ruang pasar ini diibaratkan sebagai blue ocean yang menggambarkan ruangan yang nyaman, berbeda dengan red ocean yang merupakan strategi bisnis dengan ruang penuh persaingan. 

Blue ocean strategy fokus terhadap diferensiasi yang tinggi dari produk atau jasa dengan biaya rendah, sehingga membuat persaingan tidak lagi relevan. Strategi ini memungkinkan bisnis Anda memiliki target pasar yang lebih spesifik. Meskipun terkesan tanpa pesaing, namun strategi ini tetap memiliki keuntungan dan kelemahannya tersendiri. Perusahaan akan membuat lingkungan bisnis yang lebih luas dengan posisi bisnis di pasar yang belum terjamah pada persaingan bisnis melalui diferensiasi pasar produk secara simultan dengan biaya yang rendah. umumnya perusahaan yang cocok untuk menerapkan Blue Ocean strategy adalah bisnis UMKM dan startup yang baru memiliki visi misi bisnis utama yang terkait dengan inovasi dan kesiapan manajemen Proses bisnis yang lebih agile.

Manfaat Blue Ocean strategy

Blue Ocean strategy memiliki manfaat jika diimplementasikan dengan tepat yaitu pesaing bisa menjadi pemimpin pasar tanpa bermain dalam area yang sama. Dengan menerapkan strategi ini maka pembeli bisa meningkatkan minat terhadap inovasi yang ditawarkan juga manfaat dan nilai produknya. Hal ini memungkinkan pelaku usaha penat penasaran terhadap terobosan baru yang mereka anggap lebih menarik dan bermanfaat.

Keuntungan dan Kelemahan Blue Ocean Strategy

Sebelum Anda menerapkan strategi blue ocean ini, Anda perlu mengetahui apa kelemahan dan keuntungan dari strategi bisnis ini. Karena bisa jadi strategi ini mungkin akan menghambat operasional bisnis Anda, sehingga dengan mengetahui kelemahan dan keuntungan, Anda dapat mempertimbangkan apakah strategi blue ocean ini cocok bagi bisnis Anda. 

1. Kelebihan Blue Ocean Strategy

Kelebihan yang dimiliki oleh pelaku bisnis yang bisa melakukan perluasan strategi mirip seperti saat bisnis adalah sebagai penggerak pertama dalam industri. Berikut kelebihan Blue Ocean strategy. 

a. Terhindar dari Pasar Jenuh

Jika produk atau jasa Anda harus bersaing dengan brand-brand besar, dengan strategi ini produk atau jasa Anda akan berbeda dengan pesaing di bidang Anda, sembari tetap memenuhi kebutuhan pasar dengan harga terjangkau. 

b. Berpotensi untuk Tumbuh

Menerapkan strategi blue ocean berarti menciptakan nilai baru bagi konsumen atau pasar Anda dengan cara menyeimbangkan antara inovasi, layanan dengan biaya. Dengan konsumen mau membeli “nilai” pada produk Anda, memungkinkan bisnis Anda akan tumbuh melalui promosi dari mulut ke mulut. 

c. Menemukan Konsumen yang Sesuai dengan Level

Dalam blue ocean, inovasi dan keterjangkauan harga itu berada di posisi sama penting. Anda akan terus menyesuaikan inovasi dengan harga yang dapat diakomodasi oleh konsumen Anda. 

2. Kelemahan Blue Ocean Strategy

Dalam penerapannya strategi juga memiliki kelemahan. untuk mengetahui sebenarnya apa saja kelemahan Blue Ocean strategy dalam bisnis, simak ulasannya di bawah ini. 

a. Menjadi Terlalu Berambisi

Strategi ini beranggapan bahwa produk atau jasa apapun dapat menang di pasar persaingan. Namun kenyataannya tidak semudah itu untuk terus membuat inovasi. Bahkan jika Anda memiliki segudang ide, Anda akan dihadapkan dengan berbagai hambatan lain di lapangan. 

b. Terlalu Beresiko

Jika Anda telah menemukan inovasi di bidang bisnis Anda, kemudian orang-orang pada niche bisnis Anda tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda. Namun bagaimana jika hanya orang-orang tersebut yang tertarik? Dan Anda kesulitan untuk mengembangkannya di ruang pasar yang lebih luas lagi. Maka strategi ini bisa jadi terlalu beresiko. 

c. Bersifat Sementara

Inovasi yang Anda hasilkan akan memungkinkan untuk ditiru oleh kompetitor Anda. Sehingga blue ocean juga mungkin akan berubah menjadi red ocean. 

4 Tindakan Blue Ocean Strategy

Tujuan strategi ini adalah bukan untuk mengalahkan persaingan, tetapi untuk menjadikan persaingan tidak relevan lagi bagi bisnis Anda. Banyak pelaku usaha yang mungkin kebingungan untuk menguraikan bagaimana memulai strategi ini. Kim dan Mauborgne menyarankan Anda untuk mengadopsi kerangka berpikir yang disebut dengan four actions framework, yang terdiri dari:

1. Eliminate (Menghapus)

Dalam sebuah bisnis akan ada hal-hal yang dianggap baik namun tidak cukup berguna bagi masyarakat. Maka dari itu anda perlu menghapuskan beberapa hal yang tidak bernilai dari produk tersebut. Hal ini harus dilakukan agar produk bisa memaksimalkan fitur dan bagian yang tersedia. Hal tersebut membuat anda tidak perlu merasa kehilangan dan merasa ada yang kurang jika kehilangan produk. Anda Justru harus bisa menunjukkan karakter dari produk utama yang menjadi keunggulan bisnis anda.

2. Reduce (Mengurangi)

Berbeda dengan eliminasi, reduce atau reduce atau mengurangi ini adalah dengan mengurangi unsur-unsur yang nilainya kurang mampu namun masih dibutuhkan.  Jika anda tidak ingin menghilangkan fitur yang tidak berguna secara menyeluruh, di bawah di bawah standar. Dengan begitu pengeluaran akan jauh lebih hemat namun jika fitur tersebut tidak memberikan banyak kontribusi sekaligus nilai pada masyarakat maka sebaiknya hal tersebut dihilangkan saja Sehingga bisnis anda akan lebih terarah dan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih baik.

3. Raise (Meningkatkan)

Jika anda sudah mengurangi fitur yang kurang bermanfaat bagi bisnis maka selanjutnya adalah meningkatkan standar dan juga fitur yang menjadi unggulan. Cara ini bisa menjadi peluang baik bagi bisnis Anda sekaligus pembeda dari produk pesaing.

4. Create (Menciptakan)

Tindakan yang harus anda lakukan yaitu dengan menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada ada di industri. hal Tersebut bisa menciptakan terobosan baru yang mampu memikat hati para konsumen. Anda harus menciptakan fitur yang terbukti bisa memberikan nilai dan juga manfaat lebih bagi konsumen. karena diterima.

Dengan merumuskan kerangka berpikir ini, memaksa pelaku usaha untuk menyelami “blue ocean” mereka lebih dalam dan luas lagi. Sehingga dapat menciptakan perubahan dalam bisnis. 

Perbedaan Blue Ocean Strategy dan Red Ocean Strategy

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Blue Ocean strategy atau strategi samudra biru dilakukan dengan cara menghindari kompetisi dan membangun pasar sendiri. sedang Red ocean strategy adalah strategi untuk bersaing dengan pihak lain dan melakukan kompetisi. berikut perbedaan Blue Ocean strategy dan red ocean strategy. 

Blue Ocean StrategyRed Ocean Strategy
Tidak adanya kompetisiMenghadirkan kompetisi
Menciptakan pasar sendiriBersaing dengan pasar yang sudah ada
Melawan pertukaran nilai biayaMemilih antara nilai biaya
Melakukan  di diferensiasi pada sistemMelakukan pilihan strategis pada sistem
Menciptakan permintaan barubersaing dengan permintaan yang ada 

Cara Menerapkan Blue Ocean Strategy

Setelah Anda berhasil menemukan blue ocean Anda, dan merasa bahwa strategi ini layak untuk Anda coba. Maka kini saatnya Anda mengetahui cara mengimplementasikan dan mengembangkan strategi tersebut. 

a. Fokus Pada Segmen Pasar

Seperti yang kita ketahui bahwa Blue Ocean strategy adalah strategi untuk menciptakan pasar yang berbeda. pasar tersebut tidak memiliki kompetitor sehingga mampu memunculkan permintaan produk yang cukup tinggi. Maka dari itu agar tetap konsisten dengan pasar yang ada, perusahaan perlu fokus untuk menjaganya. Konsep yang juga berbeda tanpa perlu melakukan promosi namun tetap menghadirkan konsumen yang akan menjadi loyal.

b. Menciptakan Inovasi

Menciptakan inovasi adalah hal yang tidak mudah untuk diterapkan. Namun tidak ada sesuatu yang tidak mungkin selama anda terus berusaha untuk menciptakan inovasi pada produk. Terkadang inovasi tercipta karena ide yang datang secara tiba-tiba. Dengan inovasi yang rapi dan detail maka bukan hal yang mustahil untuk perusahaan memiliki pasar yang unik dan berbeda.

c. Buat slogan yang Unik

Dalam dunia bisnis brand awareness menjadi hal yang cukup penting. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan slogan unik pada produk atau merek dagang anda. Ada banyak perusahaan ternama yang memiliki slogan sederhana namun bermakna dalam. Hal yang paling penting adalah Konsumen tidak sekadar mengenal tapi juga mengingat dengan baik.

Tujuan Mempelajari Blue Ocean Strategy

Dengan mempelajari blue ocean strategi, ada berbagai hal yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Diciptakannya strategi ini bisa membantu pelaku usaha untuk membuat strategi bisnis lebih tepat dan mewujudkan tujuan bisnis Anda lebih berkembang.

a. Mengetahui Market

Sebelum anda terjun langsung ke pasar tersebut maka anda perlu tahu beberapa jenis pasar seperti yang akan anda masuki. Hal ini berkaitan dengan strategi pemasaran riset pasar jenis kompetisi dan cara bagaimana memenangkan hati konsumen.

b. Mencapai Target Dan Segmentasi Pasar

Jika anda menjual produk tanpa mengetahui dimana produk tersebut harus dijual maka nantinya akan ada banyak stok yang menumpuk di gudang. Hal ini bisa saja jadi membuat banyak stok yang beredar di pasaran namun hasil penjualan dan profit nya stuck pada satu titik. Namun jika anda mengetahui target dan segmentasi yang tepat maka anda akan tahu kepada siapa produk akan dijual.

c. Mengetahui Peluang Sukses Dan Gagal

Anda juga bisa mengetahui seberapa besar kemungkinan sukses atau gagalnya strategi yang sudah anda buat dalam pemasaran.

d. Menjadi Pemimpin Pasar

Berawal dari pemenuhan solusi atas kebutuhan konsumen Anda bisa menjadi pemimpin pasar jika dibandingkan dengan kompetitor. Pemilik usaha yang cermat dalam menangkap apa yang menjadi kebutuhan konsumen dan bisa memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Contoh Industri Blue Ocean

Meskipun blue ocean strategy ini terdengar baru, namun ada beberapa perusahaan atau industri yang telah menerapkan strategi ini. Berikut adalah contohnya:

a. Netflix

Netflix semula merupakan industri yang menawarkan penyewaan DVD yang didirikan pada tahun 1997. Seiring dengan adanya internet, Netflix memperkenalkan layanan TV streaming dan kemudahan menonton film. Hingga layanan ini dinikmati oleh konsumen sekaligus Netflix juga dapat menghemat biaya operasional mereka. 

b. Nintendo

Di tahun 2006, Nintendo menghindari persaingan dengan Xbox dan Playstation di bidang grafik. Namun sebaliknya, Nintendo justru memperkenalkan gameplay dengan kontrol gerak nirkabel yang sebelumnya tidak ada di kompetitor lain. Seperti itulah cara Nintendo menawarkan Wii Sports, sebuah game yang lebih interaktif. Dan kemudian popularitas game serta konsol game berkembang pesat. 

c. Yamaha Mio

Di awal tahun 2000, Perusahaan Honda dengan motor bebek nya masih mendominasi pangsa pasar kendaraan bermotor roda dua di Indonesia selama bertahun-tahun. Hingga pada akhirnya Yamaha mengeluarkan Ocean strategy dengan motor jenis Mio matic tahun 2003. Lalu pada tahun tersebut jenis motor matic ini langsung bumi dan menjadi Primadona hingga mampu menggeser kompetitornya. hingga kompetitornya yaitu Honda mengeluarkan motor jenis rupa yaitu Vario matic tahun 2006 untuk menjaga persaingan dengan perusahaan Yamaha dan Mio matic nya.

 d. Wardah

Contoh Blue Ocean strategy lainnya adalah perusahaan kosmetik Wardah. Perusahaan kosmetik Wardah bisa dikatakan menjadi salah satu pelopor produk kosmetik lokal yang mampu memberikan nilai keagamaan dalam kehalalan produk nya. Wardah juga berhasil menempatkan demografi wanita Indonesia yang mayoritasnya muslim. Tidak hanya itu dengan adanya kosmetik Wardah bermunculanlah produk-produk kosmetik multinasional lainnya seperti Emina, Zoya kosmetik dan L’Oreal. Wardah juga memperbanyak cabang lainnya di Wardah Store dan Konsumen juga bisa membeli produk Wardah melainkan mendapatkan pelayanan kecantikan lain seperti facial wajah, pijat tubuh dan lain-lain. Strategi yang dilakukan oleh Wardah adalah dengan melihat peluang potensi pasar agar perusahaan bisa terus meningkatkan profit dan keuntungan perusahaan.

e. Go-jek

Gojek adalah produk dari Blue Ocean strategy yang sudah mengubah gambaran industri transportasi Indonesia khususnya ojek pangkalan. Seperti yang kita ketahui gambaran industri transportasi Indonesia memiliki beberapa problem salah satunya adalah pelayanan dan pemesanan. Gojek sendiri adalah merek dari layanan berbagi tumpangan yang memungkinkan konsumen untuk memesan tumpangan dengan mudah hanya melalui akses smartphone. Ia juga memungkinkan pengguna untuk melacak perjalanan pengemudi menuju titik penjemputan secara real time. Gojek menciptakan pasar baru dengan menggabungkan teknologi yang canggih dan perangkat modern. Gojek juga membuat diferensiasi dirinya dari perusahaan taksi biasa dengan menawarkan pembayaran yang fleksibel. pendapatan yang baik bagi pengemudi dan inovasi dari pilihan layanan yang juga beragam seperti go-food dan go-mart.

Pinjaman Online Terpercaya yang Aman dan Berkredibel

Menerapkan blue ocean strategy membutuhkan konsistensi. Hal ini dapat dibangun apabila Anda berada di lingkungan yang supportive, misalnya dengan join komunitas bisnis yang akan mempertemukan Anda dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama. Dengan join komunitas ini, Anda akan memperoleh banyak manfaat seperti pelatihan bisnis, inkubasi bisnis, exhibition UMKM, networking dengan pengusaha di berbagai bidang, hingga kesempatan memperoleh pendanaan. Anda juga bisa mengajukan pinjaman online umkm terpercaya dari Danamas. Dengan pinjaman limit besar hingga Rp 2 miliar, maka bukan tidak mungkin Anda bisa membesarkan usaha Anda. Coba juga simulasikan cicilan dengan kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman yang bisa cek nilai aset properti Anda. Segera download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda segera!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

strategi-pemasaran-mie-gacoan

Terungkap! Strategi Pemasaran Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru Terlengkap

Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antr

Jenis-Jenis-Promosi-penjualan

11 Jenis Jenis Promosi Penjualan & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya mempertimbangkan bagaimana produksi dan operasionalnya berjalan dengan lancar, tetap juga bagaimana sebuah promosi dijalankan

Ide-Jualan-Bulan-Puasa

25+ Ide Jualan Bulan Puasa 2023, Rincian Harga & Untung

Ide jualan bulan puasa Selalu menjadi pertimbangan beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan berjualan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinant